Logo jasaahliseo

Breadcrumb SEO: Definisi, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Membuat

Breadcrumb SEO

Share:

Breadcrumb SEO merupakan salah satu aspek on page yang wajib dioptimasi para pengelola website. Jika sebelumnya Anda belum pernah mendengar terminologi ini, sebaiknya simak informasi dalam artikel berikut.Sedikit bocoran informasi, di sini akan diulas mengenai apa itu breadcrumb, jenis-jenis yang perlu diketahui, hingga keuntungan memasangnya di website. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan cara membuat breadcrumb untuk situs web yang dikelola dari ulasan berikut. Yuk, langsung saja simak!

Definisi Breadcrumb SEO

Berasal dari kombinasi dua kata, yakni breadcrumb yang artinya remah roti dan SEO atau Search Engine Optimization. Breadcrumb SEO dasarnya merupakan salah satu SEO teknis yang terkesan sepele tetapi punya pengaruh dalam menaikkan ataupun menurunkan ranking situs web.Adanya teknik ini terinspirasi dari kisah Hansel dan Gretel yang meninggalkan jejak di hutan dengan menggunakan remahan roti. Ini dimaksudkan agar tidak tersesat ketika di hutan dan keduanya bisa kembali lagi ke rumah.Dalam SEO sendiri, keberadaan breadcrumb memiliki tujuan serupa dengan maksud meninggalkan remah roti dalam kisah Hansel dan Gretel. Tepatnya untuk membantu pengunjung agar bisa kembali ke laman sebelumnya dengan mudah.

Tipe-Tipe Breadcrumb dalam Website

Untuk diketahui, bentuk dari breadcrumb bisa dikatakan bervariasi. Namun rata-rata, posisinya terdapat di bagian kiri atas website, seperti home / about us atau home > about us. Selain model seperti tadi, ada juga tipe breadcrumb lainnya. Lebih lanjut mengenai ini, simak pointers berikut:
  • Breadcrumb Hierarki atau Location Breadcrumb

Jenis ini menampilkan posisi laman yang sedang dilihat. Selain itu, terdapat beberapa nama laman sebelumnya yang termasuk struktur dari posisi laman di mana Anda berada.  Misalnya, Anda membuka halaman artikel dengan judul “Mengapa Penting Breadcrumb untuk SEO”. Secara otomatis, tampilan breadcrumb adalah home > konten > teknologi > mengapa penting breadcrumb untuk SEO.
  • Breadcrumb History atau Path Breadcrumb

Tipe navigasi ini memperlihatkan nama-nama laman yang sudah Anda kunjungi dalam satu waktu di suatu situs. Contohnya, Anda membuka laman tekno kemudian masuk ke menu “About us”. Meskipun ini tidak terstruktur sebenarnya, tampilan dalam breadcrumb tetap tekno > about us.
  • Breadcrumb Atribut

Pada dasarnya, jenis ini mirip dengan tipe pertama. Bedanya, nama strukturnya tidak umum, tetapi menggunakan kata kunci yang kerap dicari pengguna internet. Misalnya, baju > baju wanita > baju wanita murah, dan seterusnya.
Baca lebih lanjut  Solusi Praktis Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia: Panduan SEO 2023

Keuntungan Membuat Breadcrumb dalam Website

Sebelumnya disebutkan jika salah satu tujuan memasang breadcrumb ialah memudahkan pengunjung mengetahui di mana posisinya berada. Untuk diketahui, itu merupakan salah satu keuntungan menggunakan teknik breadcrumb SEO. Namun, masih ada beberapa keuntungan lain dari pengoptimalan teknik ini. Berikut diantara keuntungan tersebut:

1. Meminimalisir Risiko Bounce Rate

Bounce rate merupakan kondisi yang harus dicegah oleh tiap-tiap pengelola website. Hal ini dikarenakan, bounce rate menunjukkan tanda-tanda bahwa situs web mengalami penurunan kualitas yang signifikan.Sebagai informasi, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bounce rate. Salah satunya adalah ketidakhadiran fitur breadcrumb. Fitur yang tampak sepele ini bisa saja menjadi penyebab utama bounce rate. Terutama ketika situs web bermasalah dalam hal backspace.Anda mungkin memiliki pengalaman masuk ke situs web yang sulit dikembalikan ke laman sebelumnya. Meskipun ditekan berkali-kali, laman yang dibuka tetap itu-itu saja. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah ketidakhadiran breadcrumb.Saat mengalami hal tersebut, Anda tentu akan merasa kesal sehingga memutuskan untuk tidak melanjutkan pencarian informasi di website tersebut. Serupa dengan itu, banyak pengunjung lainnya juga berkemungkinan melakukan hal serupa. Untuk meminimalisir hal tersebut, sebaiknya segera terapkan breadcrumb. 

2. Memperbesar Peluang Domain Authority

Bisa dikatakan sebagai antonim dari bounce rate. Domain authority merupakan kondisi di mana situs web Anda mengalami peningkatan kualitas yang sangat baik. Ini dikarenakan, pengunjung tidak langsung keluar setelah membaca satu halaman saja. Namun, pengunjung tertarik untuk tahu lebih lanjut konten lain dalam artikel Anda.Jika Anda memasang breadcrumb, peluang seperti disebutkan di atas bisa dikatakan cukup besar. Pasalnya, proses masuk ke laman berikutnya ataupun sebelumnya jadi lebih mudah dengan adanya tombol jejak ini.
Baca lebih lanjut  Optimasi Website Berita: 7 Strategi SEO Paling Ampuh yang Harus Anda Coba

3. Memaksimalkan Pengalaman Pengunjung Situs Web 

Siapapun yang merasakan kemudahan dalam suatu aktivitas pasti tidak akan bosan melakukan hal sama lagi. Jelasnya, ketika situs web dilengkapi breadcrumb, pengunjung tentu akan merasa dimudahkan dalam pencarian informasi yang dibutuhkannya.Dengan demikian, jika konten benar-benar relevan untuk sekelompok pengunjung, bukan tidak mungkin website Anda akan dikunjungi kembali. Pengalaman yang dirasa maksimal oleh pengunjung ini bisa meningkatkan page authority. Walaupun tidak secara otomatis, peningkatannya bisa dirasakan.

4. Meningkatkan Kualitas di Mata Search Engine

Satu lagi keuntungan memasang breadcrumb SEO di situs web Anda, yaitu meningkatkan kualitas website di mata search engine. Berdasarkan informasi dari laman Yoast SEO, Google menyukai situs web yang punya struktur jelas.Pasalnya, keberadaan struktur tersebut dapat memudahkan proses crawling maupun indexing. Dengan demikian, peringkat website Anda juga bisa saja naik secara perlahan jika mengoptimalkan teknik SEO ini.

Cara Membuat Breadcrumb di Situs Web

Jika Anda tertarik membuat breadcrumb di situs web yang dikelola, perlu diketahui bahwa ada beberapa cara untuk melakukannya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan Plugin untuk CMS (Content Management System) WordPress

Untuk para pengguna CMS WordPress, pemasangan breadcrumb SEO bisa dimulai dengan menginstal plugin yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai informasi, terdapat beberapa plugin yang direkomendasikan untuk digunakan para pengelola situs web berbasis WordPress. Di antaranya:
  • Yoast SEO,
  • Rank Math,
  • NavXT,
  • All in One SEO,
  • WooCommerce, dan
  • Flexy Breadcrumb.
Jika Anda sudah memilih salah satunya, jangan lupa untuk menyalin script khusus terlebih dulu. Kemudian, gunakan kode tersebut untuk memasang breadcrumb di situs web. Caranya, Anda bisa masuk ke menu “Plugin” lalu temukan opsi breadcrumb. Terakhir, masukkan kode sesuai dengan plugin yang dimiliki dan kustomisasi.

2. Gunakan Kode Khusus Website CMS Native Coding

Bagi Anda yang menggunakan CMS Native, memasang breadcrumb bisa dikatakan sedikit lebih sulit. Pasalnya, Anda perlu membuat kode yang sesuai dengan tipe website secara mandiri untuk membuat breadcrumb. Meski begitu, hal ini bisa jadi hal yang mudah jika Anda menggunakan Jasa SEO Jakarta terbaik.
Baca lebih lanjut  Jasa SEO Murah Bergaransi Halaman 1 Google, Ada atau Tidak?

Ingin Mengoptimasi Breadcrumb SEO di Website Anda?

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor penentu ranking suatu situs web. Bukan hanya soal keyword, bukan cuma tentang breadcrumb, melainkan tekniknya secara keseluruhan. Oleh karena itu, pengelola disarankan untuk memaksimalkan teknik optimasi website-nya di berbagai aspek. Tidak terkecuali dengan breadcrumb SEO.Terlebih untuk para pengelola situs pemula mungkin cenderung masih kebingungan. Apabila saat ini Anda butuh jasa untuk menerapkan fitur breadcrumb atau mengoptimalkan SEO di aspek lainnya, jangan ragu hubungi jasaahliseo.comJasa ini dapat membantu situs web Anda agar maksimal dalam hal SEO sehingga punya peluang lebih mudah naik peringkat. Tidak hanya mengenai breadcrumb saja, namun pengguna akan diberikan layanan lengkap untuk optimasi web agar lebih maksimal. Anda bisa langsung berkonsultasi secara gratis sesuai kebutuhan optimasi yang Anda butuhkan. Segera kunjungi laman utama jasa ini di jasaahliseo.com.

FAQ tentang Breadcrumb SEO

Apa itu Breadcrumb SEO, dan mengapa penting untuk situs web?

Breadcrumb SEO adalah struktur navigasi yang menunjukkan jalur lengkap pengguna melalui situs web. Penting karena memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs dan mengurangi bounce rate.

Apa saja tipe-tipe Breadcrumb yang umum digunakan dalam situs web?

Tipe-tipe Breadcrumb umum meliputi Breadcrumb Hierarki, Breadcrumb History, dan Breadcrumb Atribut, yang masing-masing menunjukkan posisi dan sejarah navigasi pengguna.

Apa keuntungan utama dari penggunaan Breadcrumb dalam situs web?

Keuntungan utama termasuk meminimalisir risiko bounce rate, memperbesar peluang domain authority, memaksimalkan pengalaman pengunjung, dan meningkatkan kualitas situs web di mata search engine.

Bagaimana cara membuat Breadcrumb di situs web menggunakan CMS WordPress?

Anda dapat memasang plugin seperti Yoast SEO, Rank Math, atau NavXT, lalu menyalin dan memasang script khusus dari plugin yang dipilih ke situs web Anda melalui menu ‘Plugin’ pada dasbor WordPress.

Apakah ada saran untuk mengoptimalkan teknik Breadcrumb SEO dan faktor SEO lainnya dalam situs web?

Disarankan untuk memaksimalkan optimasi SEO di berbagai aspek, termasuk Breadcrumb SEO, dan untuk mencari bantuan dari ahli SEO seperti jasaahliseo.com untuk layanan lengkap dalam mengoptimalkan situs web secara keseluruhan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us