JasaAhliSEO

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Macam-Macam Web Server

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat besar agar pengguna website bisa selalu mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Ada macam-macam web server yang bisa kamu ketahui. Apa saja? Inilah informasinya.

Cari Jasa SEO? Hubungi kami sekarang 085694640209

Macam-macam Web Server 

Sebelum menginjak pembahasan pada macam-macam web server, maka alangkah baiknya untuk mengerti penjelasan web server terlebih dahulu. Pengertian dari web server sendiri sebuah software yang nantinya bisa digunakan oleh manusia dalam memberikan pelayanan informasi data. Sedangkan fungsi utama dari web server ini adalah untuk menerima permintaan HTTPS maupun HTTP dari client.

Sederhananya, web server adalah sebuah perantara dari apa yang kamu minta melalui browser dan yang ditampilkan di hasil penelusuran. Jadi ketika kamu mengakses suatu situs, tugas web server adalah menampilkan hasil sesuai yang kamu inginkan. Di bawah ini merupakan macam-macam web server yang bisa kamu pahami: 

1. Apache

Web server pertama adalah Apache, yang termasuk dalam salah satu macam web paling banyak di gunakan di internet saat ini. Apache saat ini hadir dengan bentuk perangkat lunak server atau juga bisa disebut sebagai software. Sedangkan dalam sistematika software tersebut akan menggantikan kegunaan dari fungsi server sebenarnya. Apache sendiri memiliki fungsi untuk melakukan hubungan antara browser dan server dari pengunjung web dan memberikan file keluar masuknya.

2. Internet Information Service (IIS)

Berikutnya adalah salah satu web server dari perusahaan teknologi raksasa, yaitu Microsoft. IIS ini adalah web server yang dihasilkan oleh Microsoft dan telah terintegrasi dalam operasi sistem Windows. Saat ini IIS masih kalah populer dengan beberapa web server lainnya.  Meski demikian IIS sudah melakukan evolusi dan perkembangan secara masih dari jangka waktu awal berdirinya. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kelemahan IIS adalah dari aspek keamanannya. Namun kamu tidak perlu khawatir sebab versi terbaru ISS sudah mampu mengatasi permasalahan dari versi-versi sebelumnya. Hal ini mampu untuk menarik lebih banyak pengguna untuk menggunakan IIS.

3. ZEUS

Web server berikutnya yang bisa kamu ketahui adalah ZEUS yang pada mulanya hanya berjalan menggunakan sistem operasi dari UNIX. Perancangan ZEUS sebagai web server ini bertujuan agar mampu melakukan optimasi dan proses handle web secara statis maupun dinamis.

Zeus ini dinilai lebih fleksibel dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihannya. Selain ini kemampuan Zeus untuk melakukan integrasi pada aplikasi dinilai cukup luas. Inilah yang membuat Zeus memiliki kisaran paling tertinggi pada server komersial perangkat lunak.

4. Xitami 

Web server selanjutnya adalah Xitami yang bisa digunakan secara gratis dan telah open source. Web server ini merupakan hasil garapan dari iMatix Corporation yang mana proses pengembangan web server ini untuk pertama kalinya dilakukan di tahun 1996. Beberapa keunggulan dari Xitami ini adalah seperti kemudahan digunakan atau user friendly, memiliki dokumentasi yang cukup memadai, open source dan dapat berjalan dalam platform.

5. Apache Tomcat

Server web selanjutnya adalah dari Apache Tomcat yang merupakan sebuah aplikasi open source. Server web ini termasuk salah satu wadah dalam bentuk web aplikasi yang telah berbasis java. Hal tersebut menjelaskan bahwa web server in sudah bisa digunakan untuk menjalankan JSP atau Java Server Pages dalam sebuah aplikasi web.

Itulah macam-macam web server yang bisa kamu ketahui. Jika kamu mencari jasa yang tepat untuk urusan website dan pengoptimalannya dalam mesin pencari, maka https://jasaahliseo.com/ adalah jawabannya. Tidak hanya berpengalaman, tapi juga sudah memiliki kompetensi yang tinggi dan senantiasa berkomitmen untuk memberikan kualitas terbaik di setiap project mereka.

Baca juga ini: Cara Memilih Backlink yang Baik dan Benar Pakai 3 Cara Berikut Ini

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us