Logo jasaahliseo

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

blog dan website

Share:

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website tempat untuk melakukan penjualan atau branding yang lebih dominan dengan produk, pelayanan dan juga lainya. Sebelum itu mari mengenal apa itu blog dan juga apa itu website.

Cari Jasa SEO? Hubungi kami sekarang 085694640209

Memahami Apa itu Blog

Menurut Wikipedia, web blog atau blog adalah suatu bentuk aplikasi web berupa kumpulan halaman-halaman yang setiap halamannya berisi teks-teks. Sederhananya, blog adalah kumpulan halaman yang berisi konten tertentu bertujuan mengedukasi,mengenalkan.

Menulis konten atau artikel blog bisa mencakup berbagai topik, mulai dari menulis tentang pengalaman pribadi, cerita perjalanan, resep, tips dan trik, dan masih banyak lagi. Jadi melalui blog, Anda bebas mengekspresikan ide Anda secara tertulis.

Memahami Apa itu Website

Menurut Wikipedia, situs web atau situs web adalah kumpulan situs web yang saling berhubungan. Seperti blog, halaman di situs Anda dapat diakses oleh siapa saja selama mereka terhubung ke internet.

Ketika ditautkan ke blog, blog sebenarnya adalah salah satu jenis dan bagian dari sebuah situs web. Jadi blog adalah bagian dari sebuah situs, tetapi tidak semua situs adalah blog.

Apa perbedaan blog dan website ?

Ada banyak perbedaan bisa dikatakan hampir mirip namun jelas berbeda satu dengan lainya, kenali perbedaan blog dan website secara mudah di bawah ini ?

Baca lebih lanjut  7 Plugin SEO WordPress yang Wajib Dipakai

1. Gaya Bahasa

Perbedaan antara blog dan website yang biasa Anda temui adalah gaya bahasanya. Jika diperhatikan, blog sering menggunakan bahasa santai. Karena tujuannya adalah untuk berkomunikasi dengan audiens target. Personanya jelas untuk mendapat audiens target secara tepat. 

Ini berbeda dengan situs web yang lebih profesional untuk bisnis. Pasalnya, target audiens sebuah website lebih umum. Akibatnya, bahasa juga menjadi lebih formal dan relevan sehingga pesan segera sampai.

2. Tujuan Berlangganan

Masih tentang konten, perbedaan selanjutnya antara blog dan website: tujuan berlangganan. Karena blogger sangat rajin mempublikasikan konten baru, blogger sering memasang fitur berlangganan, yang dikenal sebagai RSS feed. Fitur ini memungkinkan pelanggan blog untuk diberitahu setiap kali ada konten baru.

Anda juga dapat menemukan tombol berlangganan di situs web untuk menarik pelanggan dengan produk jualan anda. Bedanya, biasanya fitur tersebut memungkinkan pengunjung mendapatkan update produk yang ada di web tersebut.

3. Kemudahan

Dalam hal ini, blog lebih mudah dibuat dan digunakan daripada situs web. Kita hanya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging gratis. Fitur sederhana dan mudah digunakan akan memungkinkan pemula untuk mengoperasikan blog dengan baik.

Sedangkan jika ingin memiliki website, kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti nama domain, web hosting, script yang akan diupload ke web hosting, software File Transfer Protocol (FTP). Untuk pengguna pemula, kami mungkin merasa sulit untuk menggunakan situs ini untuk pertama kalinya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya tutorial untuk memandu kita.

4. Performa

Tampilan desain template yang bagus dan fungsionalitas yang lebih lengkap membuat website semakin bagus saat digunakan. Programmer membuat website yang terlihat lebih profesional dan memenuhi kebutuhan pemilik dan pengunjung website.

Baca lebih lanjut  Google PageSpeed Insight: Pengertian dan Cara Penggunaanya 

Sedangkan blog untuk tujuan penulisan memiliki fungsi yang terbatas, dan dapat terlihat kaku bila terpaksa digunakan untuk tujuan lain, seperti media bisnis online.

5. Konten

Pembagian konten pada blog biasanya dilakukan melalui tag atau kategori. Misalnya, di blog Wholo, Anda dapat menemukan kategori seperti tutorial WordPress, belajar SEO, copywriting, kampanye media sosial, dan bisnis.

Berbagi konten di situs web biasanya dilakukan berdasarkan produk atau layanan yang ditawarkan. Misalnya, di Whello Anda dapat menemukan layanan pengembangan situs web, layanan optimasi mesin pencari (SEO), layanan iklan mesin pencari (SEA), layanan media sosial, layanan pengembangan aplikasi, dan layanan copywriting.

6. Cara Komunikasi

Komunikasi di blog bersifat interaktif karena pembaca blog dapat mengomentari setiap artikel atau konten yang dibuat.

Hal ini berbeda dengan cara komunikasi di website yang biasanya tidak menyediakan kotak komentar untuk konten, melainkan mengarahkan pengunjung website ke call center (kontak) perusahaan untuk dapat berkomunikasi dengan pemilik website.

7. Cara Pengelolaan

Tidak banyak manajemen yang bisa dilakukan di blog. Biasanya, manajemen blog termasuk membuat konten, menambahkan widget, mengelola desain blog, mengubah tema, dan menyesuaikan domain. Semua pengelolaan yang bisa dilakukan di blog juga bisa dilakukan di website. Yang membedakan adalah pengelolaan optimasi website.

Hal ini dikarenakan, website tersebut di-host, dan di dalam hosting tersebut terdapat control panel yang menyediakan banyak fitur optimasi yang dapat digunakan. Misalnya hal-hal seperti fitur optimasi yang membuat website berjalan cepat (tidak lemot), fitur cache management yang bisa meningkatkan performa website, dll.

Promo jasa seo

Kesimpulannya

Secara umum, Anda dapat mengatakan bahwa setiap blog adalah bagian dari situs web. Namun, tidak semua melulu  website dapat kita disebut blog. Baik blog maupun website merupakan elemen penting untuk mendukung sebuah bisnis di era teknologi.

Baca lebih lanjut  Inilah 7 Cara Jasa Website Wordpress Bekerja Mudah dan Gampang

Pada saat yang sama, secara fungsional, blog lebih efektif dalam menarik pengunjung secara organik melalui berbagai konten pendidikan. Nah, traffic organik ke blog Anda nantinya bisa diarahkan ke website utama untuk action berupa pembelian, order, dan lainnya.

Bagaimana, Apakah Anda bisa memahami penjelasan di atas?

Untuk mendukung kelancaran aktivitas bisnis Anda, pastikan Anda sudah memiliki blog dan website terbaik. https://jasaahliseo.com/services/  sendiri menyediakan jasa pembuatan website profesional yang dapat digunakan untuk membuat website pernikahan, toko online, company profile, blog pribadi. Dan juga https://jasaahliseo.com tentunya menyediakan bagian terpenting dalanm sebuah website yaitu optimasi.

Baca juga ini: Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us