Logo jasaahliseo

7 Trik Copywriting Google Ads yang Harus Anda Ketahui untuk Menarik Pelanggan

copywriting Google Ads

Share:

Mampu menulis dengan teknik copywriting Google Ads menjadi skill yang harus dimilikinya belakangan ini. Tentu pengguna Google tidak asing dengan iklan-iklan yang kerap kali muncul ketika menjelajahi internet. Jika dilihat, menulis tulisan pendek untuk iklan tersebut terlihat mudah tetapi belum semua tepat dan mampu menghasilkan CTR atau Click Through Rate yang tinggi. 

CTR merupakan banyaknya pengguna untuk meng-klik tautan yang dibuat untuk iklan. Maka dari itu, penting sekali untuk memahami bagaimana cara melakukan copywriting yang benar.

Apa Itu Copywriting?

Untuk mempromosikan produk, Anda perlu memperhatikan teknik copywriting yang tepat. Mempelajari teknik ini nantinya akan membantu pengguna agar produk yang dipromosikan terlihat menarik di mata konsumen. Mungkin Anda tidak asing dengan kalimat-kalimat atau tulisan yang berisikan ajakan untuk iklan penjualan barang maupun jasa.

Tulisan-tulisan tersebut dikerjakan oleh seorang copywriter atau yang melakukan copywriting. Seorang copywriter memiliki tugas untuk menghubungkan antara penjual dengan pembeli melalui tulisan, gambar, video, audio, atau jenis lainnya.

Seseorang yang membuat copywriting dituntut untuk menulis teks dengan sangat kreatif dan sesuai riset yang dilakukan. Selain itu, copywriter perlu menguasai teknik penulisan pada berbagai media, khususnya pada situs website

Jika teknik copywriting Anda sudah maksimal, maka dengan sendirinya CTR atau Click Through Rate akan naik. Di bawah ini beberapa trik copywriting Google Ads yang bisa Anda terapkan:

Jenis-jenis Copywriting

Tujuan dari copywriting adalah untuk mengajak calon konsumen mengunjungi iklan Anda. Sekedar informasi, bahwa teknik memiliki berbagai jenis dengan tujuan dan fungsi masing-masing. Berikut ini adalah jenis copywriting beserta penjelasan singkatnya:

1. Marketing Copywriting

Terdapat copywriting yang terfokus untuk menawarkan produk atau jasa yaitu jenis marketing copywriting. Selain menawarkan produk, jenis ini juga terfokus dalam memberikan solusi konsumen serta menyampaikan manfaat dari produk. Sedangkan tujuan utamanya yaitu sebagai alat untuk meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Baca lebih lanjut  Jasa Iklan Google Ads Indonesia Bergaransi

2. Brand Copywriting

Adapun metode penulisan berikutnya adalah brand copywriting. Teknik ini difungsikan untuk menyampaikan identitas dan citra dari brand yang sedang dipromosikan. 

Selain fungsi tersebut terdapat fungsi lainnya yaitu dapat dijadikan pembeda antara brand satu dengan brand lainnya. Bentuk umumnya seperti tagline atau slogan brand dan sering diletakkan pada halaman dan logo “Tentang kami”.

3. SEO Copywriting

Selain kedua jenis copywriting di atas, metode lainnya yaitu SEO copywriting. SEO copywriting memiliki tujuan untuk menarik perhatian pembaca atau calon konsumen dan menempatkan konten pada Google. Nantinya copywriting yang Anda tulis wajib memenuhi penulisan SEO. Copywriting jenis ini banyak digunakan pada landing page, kategori produk, serta deskripsi produk.

4. Technical Copywriting

Ini merupakan jenis copywriting yang digunakan atau bertujuan untuk memberikan pemahaman secara mendalam tentang bagaimana cara kerja produk atau jasa yang Anda iklankan.

5. Direct Response Copywriting

Terakhir yakni direct response copywriting yang difungsikan untuk memperoleh tanggapan secara langsung dari pembaca. Teknik ini umumnya digunakan pada homepage, iklan media social, landing page, dan lain sebagainya. Contoh dari jenis ini seperti meminta pembaca untuk menekan tombol “CTA”, membagikan konten, e-book berlangganan, dan lain sebagainya.

Trik Copywriting Google Ads Baik dan Benar

Kemampuan copywriting ini akan sangat berperan untuk pelaku usaha. Oleh karena itu, penting mempelajarinya guna menunjang kinerja bisnis yang sedang digeluti. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, alangkah baiknya Anda mengenal lebih jauh bagaimana trik-trik jitu dalam melakukan copywriting Google Ads yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Lebih Menarik dengan Penggunaan Angka

Ketika melakukan copywriting, Anda bisa menggunakan angka agar semakin menarik perhatian pembaca. Jika dibandingkan dengan tulisan, pembaca lebih suka penggunaan angka. Selain lebih unik, juga terkesan berbeda ketika dipandang.

Penggunaan angka dinilai mampu memberi sensasi kredibilitas dan kepastian yang terukur. Dengan begitu pembaca dapat memiliki rasa percaya dengan iklan yang Anda buat. Anda bisa menuliskan harga dari produk atau jasa, tenggat promo terbatas, hingga data statistic dari produk atau jasa.

2. Berikan Headline yang Menarik

Headline merupakan unsur penting dalam copywriting. Komponen ini serupa dengan judul yang diletakkan atau diposisikan pada urutan terdepan. Tujuannya, pembaca akan melihatnya pertama kali. Maka dari itu, pastikan headline yang Anda buat harus menarik untuk dibaca.

Baca lebih lanjut  Ciri-Ciri Jasa SEO Semarang Aman dan Terpercaya 

Meski begitu, jangan senang dulu, karena belum tentu pembaca akan menelusuri lebih lanjut artikel atau halaman Anda setelah klik judul iklan. 

Agar headline lebih maksimal, Anda dapat menambahkan paragraf atau lead yang menarik. Beberapa cara untuk membuat paragraf pembuka atau lead yaitu bisa dengan menunjukkan empati atau memberikan ungkapan, membuat pembaca penasaran dengan ajakan sederhana, dan memulai dengan fakta.  

3. Beri Kalimat Persuasif untuk Penutup

Membuat iklan bertujuan untuk mengajak para pembaca agar membeli dan menggunakan produk atau jasa yang dipromosikan. Apapun bentuk copywriting yang Anda buat, tidak lupa untuk menambahkan unsur persuasif dalam teks.

Pada umumnya, pengguna akan melihat beberapa kalimat ajakan yang diletakkan di akhir teks, seperti ajakan untuk bergabung, memulai, atau mendaftar. Bentuk ajakan ini bisa dikatakan sebagai CTA. 

4. Teknik Lokalisasi

Setiap orang akan merasa senang dengan produk atau jasa yang dekat dengan tempat tinggal konsumen. Seperti halnya ketika Anda memesan makanan secara online, tentu akan memilih toko yang lebih dekat dengan rumah. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan iklan yang Anda buat.

Dengan lokasi yang dekat cenderung memberikan rasa aman untuk pembaca. Sebenarnya cara ini cukup opsional, bisa ditambahkan ataupun tidak. Untuk menambahkan lokasi bisa dengan menuliskan pada bagian teks “Ad copy”, menggunakan nomor telepon atau ekstensi lokasi. Apabila Anda menyisipkan beberapa daerah bisa dengan membuat kampanye yang berbeda.

5. Buat Copy yang Berkualitas

Selain unsur headline dan paragraf pembuka, terdapat hal penting lainnya yang tidak boleh ditinggalkan yakni penulisan yang berkualitas. Untuk menghasilkan tulisan yang bagus, Anda bisa mencoba beberapa formula andalan ini. Seperti menggunakan kalimat sederhana, menjelaskan manfaat kepada pembaca, menulis untuk satu orang, menggunakan subheading.

Penting sekali menggunakan kalimat yang sederhana atau tidak terlalu panjang, caranya dengan menghindari penggunaan kata yang lebih dari sekali yang ada dalam satu kalimat. 

Sedangkan pemanfaatan subheading bertujuan untuk mempermudah para pembaca dalam menemukan titik poin yang disampaikan. Tidak hanya itu, penggunaan subheading berguna untuk memotong teks yang terlalu panjang menjadi teks kecil.

Baca lebih lanjut  15 Manfaat SEO yang Gak Banyak yang Tahu

6. Gunakan Keyword

Trik selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu cantumkan kata kunci di beberapa bagian utama seperti URL path, deskripsi, dan headline. Keuntungan dari mencantumkan kata kunci yaitu selain memudahkan Google dalam melakukan identifikasi iklan, juga dapat meyakinkan pembaca bahwa iklan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pembaca.

Penggunaan keyword yang tepat akan menuntun keberhasilan untuk iklan Anda di Google Ads. Tidak lupa untuk memperhatikan pilihan kata kunci, usahakan memilih keyword yang relevan dengan usaha Anda. Anda dapat memanfaat beberapa tools untuk memilih kata kunci yang tepat seperti UberSuggest, SEMRush, dan KWFinder.

7. Pahami Pembaca Anda

Tips terakhir mengenai copywriting Google Ads yaitu memahami pembaca. Sebelum melakukan copywriting, alangkah baiknya mengetahui kebutuhan atau keinginan pembaca. 

Apakah pembaca membutuhkan informasi atau mencari produk khusus? Setelah Anda memahami pembaca, maka penulisan konten bisa lebih relevan dan dapat dengan mudah menarik perhatian.

Perlu diperhatikan juga dalam penggunaan kata sapaan “kamu” atau “Anda” untuk pembaca. Kata sapaan tersebut akan membuat pembaca merasa bahwa iklan yang dibuat diperuntukkan untuk pembaca. Hal ini akan memberikan impresi yang ramah dan terasa lebih dekat dengan perusahaan melalui teks.

Banner Jasa Ahli SEO

Sudah Tahu Teknik Copywriting?

Copywriting merupakan salah satu teknik digital marketing yang segala sesuatunya tidak pasti. Tidak ada jaminan bahwa teknik yang satu ini akan menemukan keberhasilan. Namun, tujuh tips copywriting Google Ads di atas bisa digunakan untuk mengoptimalkan usaha promosi Anda. Pilih trik yang tepat dan sesuai dengan tujuan dan produk yang akan dicapai.

Sebagai pengelola website, penting untuk belajar berbagai teknik khusus guna memaksimalkan kinerjanya. Jika Anda merasa rumit dengan hal ini, solusi terbaik adalah dengan menggunakan penyedia Jasa SEO Indonesia. Rekomendasi jasa terbaik hanya di www.jasaahliseo.com

Jasa Google Ads Untuk menunjang keberhasilan pemilik website bisnis, tentu diperlukan penerapan teknik yang benar. Sayangnya tidak semua pengelola website paham akan hal tersebut. Memilih penyedia jasa yang tepat bisa memudahkan pekerjaan dengan hasil maksimal. 

Mungkin ada banyak jasa serupa, namun hanya di www.jasaahliseo.com yang memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Anda bisa konsultasi gratis terlebih dahulu untuk mengetahui solusi paling tepat untuk website bisnis Anda.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us