Logo jasaahliseo

Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

Apa Itu Backlink

Share:

Memiliki website yang berada diposisi teratas search engine merupakan idaman seluruh pencipta konten atau biasa disebut dengan blogger. Tentunya terdapat beberapa strategi-strategi khusus untuk mendapatkannya, salah satunya dengan penggunaan backlink. Apa itu backlink? Backlink akan membantu blogger agar kontennya dapat dikenali oleh pengunjung.

Menurut mesin pencari, tautan link ini menjadi salah satu cara untuk verifikasi dan relevansi dari website yang Anda miliki. Bisa dikatakan, bahwa backlink merupakan tanda kepercayaan website lain terhadap situs milik Anda. Jadi, menurut Anda apa itu backlink? Apabila masih belum terdefinisikan mari simak uraian dibawah ini.

Penasaran dengan Apa Itu Backlink?

Backlink sendiri merupakan sebuah link yang ada dalam website tertentu, yang mana link tersebut akan mengarah ke website lain. Umumnya, pencipta situs atau penulis menggunakan backlink untuk menaikkan kredibilitas dan reputasi kontennya. Ketika Anda memasang backlink pada website, kegiatan tersebut dinamai dengan link building.

Tidak hanya mengenal istilah apa itu backlink, namun ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya seperti “inbound link”, “incoming link” atau secara bahasa Indonesia disebut dengan “link masuk”. Mengapa demikian? Sebab backlink umumnya diletakkan pada konten yang memberikan atau menerima rujukan pada website lain yang hampir sama.

Penggunaan backlink bisa dikatakan sangat penting untuk kesuksesan web milik Anda. Dengan adanya backlink, pengunjung website akan mendapatkan informasi tambahan yang tidak tersedia dalam website asli. 

Baca lebih lanjut  Domain Authority: Strategi dan Cara Efektif Meningkatkannya pada Website Anda

Dengan adanya tautan ini, Anda bisa menciptakan konten berkualitas dan akan berdampak pada posisi website Anda dalam SERP atau Search Engine Results Pages. Apabila website Anda berada pada urutan teratas maka akan semakin bagus SEO website tersebut.

Beberapa Jenis Backlink

Tidak hanya membahas mengenai apa itu backlink, namun Anda juga perlu mengetahui beberapa kategori backlink sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Setelah Anda mengetahuinya, diharapkan bisa terfokus dan menggunakan tautan ini secara efektif. Di bawah ini beberapa jenis backlink beserta penjelasan singkatnya:

1.     Link Root Domain

Jenis backlink yang pertama yaitu Link Root Domain. Jenis ini akan mengacu dengan jumlah backlink yang ditujukan untuk website Anda. jadi, apabila terdapat sebuah website yang sudah dikaitkan dengan situs Anda dengan jumlah sepuluh kali, itu artinya link tersebut bisa dikatakan link dari satu root domain.

2.     Link No-Follow

Link Nofollow merupakan jenis backlink yang memberikan relevansi dan otoritas secara terbatas. Maksudnya, walaupun website lain mereferensikan situs Anda, tag nofollow” yang ada pada skrip akan membatasi fungsi penuh link tersebut. Umumnya, tag nofollow” digunakan oleh website yang memiliki otoritas yang tinggi.

3.     Link Do-Follow

Selain Link Nofollow, juga terdapat jenis backlink dengan istilah Backlink Do follow. Jenis ini merupakan kebalikan dari Link Nofollow. Artinya, Google akan mengindex link dalam website yang akan diarahkan pada situs lain. Link ini akan diletakkan pada website dengan tag “follow” pada skrip, kemudian pengunjung akan diajak menuju halaman yang dirujuk.

4.     Juice Link

Selanjutnya terdapat jenis Juice Link, jenis yang satu ini merupakan backlink yang paling umum dan paling dasar. Juice Link akan mengarahkan pengunjung dari website satu ke website Anda dimana akan membantu meningkatkan trafik, selain itu dengan penerapan link ini, otoritas domain juga akan meningkat.

5.     Anchor Text

Anchor text merupakan jenis backlink yang tidak kalah familiar. Komponen ini bagina optimasi website yang difungsikan untuk meletakkan link untuk sebuah backlink. Anda dapat membuat anchor text disesuaikan dengan kata kunci konten yang sedang dibuat.

Baca lebih lanjut  Macam-Macam Faktor Yang Ada Pada SEO Off Page 

6.     Internal Link

Bukan hanya lima jenis di atas, juga terdapat jenis backlink dengan sebutan internal link. Internal link merupakan link atau tautan yang terdapat dalam sebuah website. Link tersebut akan mengarahkan pengunjung ke halaman lain dalam website atau domain yang sama.

Manfaat Backlink Untuk Website

Backlink digunakan untuk melakukan evaluasi otoritas dan relevansi domain produk, topic, dan layanan. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang pengelola website untuk memperoleh penghasilan. Tidak hanya dari hal SEO, penggunaan backlink memiliki beberapa manfaat lain, antara lain:

1.     Meningkatkan Kredibilitas Website

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dalam penggunaan backlink yaitu kredibilitas website akan meningkat. Bagaimana bisa? Mesin Google akan menilai backlink pada situs web berdasarkan relevansi.

Misalnya, perusahaan kuliner mempunyai backlink relevan saat mendapatkan backlink dari website dengan niche website makanan dan minuman. Dari hubungan tersebut, maka Google akan menganggap website perusahaan kuliner sudah kredibel.

2.     Menjalin Hubungan dengan Website Lain

Selain meningkatkan kredibilitas website, backlink juga memungkinkan Anda dalam menjalin hubungan dengan situs lain. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi kedua belah pihak dimana bisa disebut dengan istilah simbiosis mutualisme. Hubungan yang terjalin bisa berawal dari pihak lain bergabung dengan newsletter Anda.

3.     Trafik Website Meningkat

Penggunaan backlink akan membantu pengguna untuk meningkatkan jumlah trafik pengunjung. Terlebih lagi, jika website pemberi backlink sudah memiliki reputasi yang tinggi. Nantinya, situs Anda akan terkena dampak trafik yang tinggi dari pemberi backlink sehingga trafik website Anda akan ikut meningkat.

4.     Memudahkan Website Terindex pada Search Engine

Google atau search engine akan melakukan crawling, ketika crawling berlangsung Google akan mendahulukan website dengan backlink terbanyak untuk ditampilkan pada bagian pencarian. Jadi, semakin banyak backlink yang Anda dapatkan maka semakin mudah juga Google menemukan website Anda.

5.     Exposure Website Meningkat

Selain empat manfaat di atas, backlink juga akan berguna untuk membuat exposure website Anda meningkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa website Anda dapat memberikan atau menerima rujukan dari situs lain. Jika backlink yang didapatkan dari website lain semakin banyak, itu artinya exposure yang Anda terima dari traffic website juga semakin bertambah.

Baca lebih lanjut  Penjelasan Source Code dalam Dunia Pemrograman

Cara Mudah Melakukan Backlink

Maksud umum dari Apa itu backlink, tentu sudah Anda memahami secara garis besar. Penggunaan tautan link ini nantinya akan diletakkan pada website yang mempunyai kredibilitas tinggi menurut search engine. 

Dengan begitu situs yang Anda kelola ikut berdampak sehingga memiliki rangking baik di mesin pencarian. Cara melakukannya tidak boleh asal-asalan, berikut ini tips mudah yang bisa Anda terapkan : 

1.     Domain Authority Perlu Diperhatikan

Maksud dari domain authority yakni ukuran kekuatan sebuah domain website secara keseluruhan. Bisa dikatakan bahwa domain authority atau DA merupakan peringkat nama domain dengan nilai 0 hingga 100. Apabila nila DA semakin tinggi, maka website tersebut semakin terpercaya dan semakin kredibel.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan backlink dengan menempatkan posisinya pada website dengan DA yang tinggi. Namun, Anda perlu memperhatikan izin terlebih dahulu sebelum melakukannya.

2.     Penempatan Backlink yang Sesuai

Perhatikan penempatan backlink ketika melakukannya. Posisi backlink sangat berpengaruh terhadap kekuatan link itu sendiri. Tautan hidup ini bisa Anda tempatkan pada posisi yang berpeluang lebih banyak di-klik oleh pengunjung. Posisi ini berbeda dengan footer atau attribution yang lebih jarang diperhatikan pengunjung.

3.     Jenis Tautan Backlink Perlu Diperhatikan

Seperti yang ada pada sub bab di atas, terdapat beberapa jenis backlink diantaranya backlink nofollow dan backlink dofollow. Jenis dofollow merupakan link yang apabila diklik akan diarahkan ke website yang diinginkan oleh pembuat backlink

Tidak jauh berbeda dengan jenis nofollow, hanya saja jenis ini memiliki keterbatasan ketika mengaksesnya. Namun, banyak pengelola website menggunakan jenis nofollow agar konten terlihat lebih asli pada mesin pencari.

4.     Page Authority Perlu Diperhatikan

Selain tiga aspek di atas, Anda juga harus memperhatikan page authority atau PA dalam melakukan backlink. Page authority merupakan peringkat dari sebuah halaman. Agar PA bernilai tinggi, Anda bisa memaksimalisasi konten pada halaman tersebut. Tidak berbeda dengan DA, nilai PA pada suatu halaman berkisar antara 0 hingga 100.

5.     Perhatikan Penggunaan Anchor Text 

Tidak sedikit pegiat website menggunakan anchor text untuk diselipkan dalam kontennya. Di dalam text ini mengandung link dan inilah yang disebut dengan anchor text. Sekedar informasi, anchor text akan berkaitan dengan kredibilitas isi website sebab nilainya berada pada relevansi kata yang dipakai.

Banner Jasa Ahli SEO

Kini Anda Sudah Tahu Mengenai Backlink? Yuk lanjutkan Optimasi Lainnya!

Backlink menjadi salah satu bagian dari off-page SEO yang penting untuk perkembangan website. Agar website bisa mendapatkan peringkat atas, maka situs tersebut perlu mempunyai backlink yang berkualitas.

Mempelajari mengenai tautan link ini memang tidak mudah. Ada banyak teknik dan teori yang harus Anda lakukan. Salah satu alternatif terbaik adalah dengan berkonsultasi pada penyedia Jasa SEO. Seperti menggunakan www.jasaahliseo.com. Selain mendapatkan pelayanan terbaik, Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga. Memahami mengenai apa itu backlink memang penting, namun jika merasa kesulitan, Anda bisa mempercayakan pada ahlinya. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Menaikkan Score GTMetrix pada Situs Website 
SEO

Cara Menaikkan Score GTMetrix pada Situs Website 

Score GTMetrix merupakan salah satu petunjuk baik tidaknya performa suatu website. Sebagai informasi, para blogger sebaiknya mengetahui lebih lengkap mengenai istilah tadi sekaligus cara mengoptimasinya.  Pasalnya, data menyebutkan jika 79%

Baca »
Need Help? Chat with us