Logo jasaahliseo

Rahasia SEO: 3 Perbedaan Penting antara Dofollow Backlinks dan Nofollow

Rahasia SEO 3 Perbedaan Penting antara Dofollow Backlinks dan Nofollow

Share:

Dofollow Backlinks merupakan salah satu rahasia SEO yang dapat meningkatkan traffic blog ataupun situs web Anda. Namun di samping backlink tadi, selalu ada Nofollow Backlink yang tak kalah penting kehadirannya untuk memaksimalkan hasil praktek teknik SEO. Lantas, apa perbedaan antara kedua backlink ini?

Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda dapat melihat seberapa besar dampak yang bisa ditimbulkan untuk performas situs. Melalui teknik dan penerapan yang tepat, mampu meningkatkan traffic yang cukup maksimal.

Apa itu Dofollow Backlinks dan Fungsinya

Pada dasarnya, Dofollow Backlinks memiliki makna sebagaimana namanya, yakni tautan yang dapat diikuti. Lebih jelasnya, tautan yang disematkan dalam suatu postingan di website Anda dapat dibaca Web Crawler. Kemudian, mesin pencari tersebut dapat mengetahui seperti apa backlink yang ditautkan. Apakah backlink tersebut berkualitas atau sebaliknya.

Jenis backlink ini memungkinan untuk diikuti oleh mesin pencarian. Jika sebuah web menggunakan jenis link ini, maka secara otomatis pengguna akan dibawa ke halaman tautan dalam link tersebut. 

Semakin banyak link yang Anda tautkan maka akan semakin baik kredibilitas dari web yang Anda miliki. Namun pastikan untuk menautkan backlink berkualitas di dalam artikel dari beberapa web yang cukup besar. 

Hal ini juga menjadi penilaian tersendiri untuk mesin pencarian dalam merekomendasikan web Anda. Adapun beberapa fungsi dari backlink dofollow antara lain:

  • Mampu meningkatkan pengunjung organik.
  • Unggul dalam SEO.
  • Memaksimalkan kredibilitas website.
  • Memberikan otoritas penuh pada situs.
  • Mengurangi spam pada situs.
  • Menciptakan referral traffic.
  • Meningkatkan kecepatan proses index.
Baca lebih lanjut  Tips Mempercepat Loading Website dengan Mudah dan Cepat

Dengan demikian, ranking website di Google Search akan semakin naik bersamaan dengan bertambahnya jumlah traffic.

Pengertian Nofollow Backlink dan Manfaatnya

Sementara itu, yang dimaksud Nofollow Backlink adalah tipe tautan pendukung suatu postingan di website, tetapi tidak dapat dibaca oleh Web Crawler. Meski tidak begitu mempengaruhi penilaian dari mesin pencari, backlink satu ini punya peran penting dalam meningkatkan kepercayaan pengunjung situs web.

Lebih jelas, terdapat beberapa manfaat dari penerapan backlink Nofollow. Diantaranya adalah meminimalisir risiko banyaknya spam, meningkatkan awareness pengunjung. Selain itu, jenis backlink satu ini juga dapat memberikan kesan penautan link secara alami dari situs web lain yang punya kredibilitas tinggi.

Perbedaan DoFollow Backlinks dan Nofollow Backlink

3 Perbedaan DoFollow Backlinks dan Nofollow Backlink

Dari penjelasan di atas, inti dari penerapan Dofollow Backlinks dan Nofollow Backlink bisa dikatakan sama. Yakni, meningkatkan kredibilitas situs web yang Anda kelola. Meski demikian, kedua jenis backlink ini sejatinya tidak sama. Ada beberapa perbedaan antara keduanya, apa saja itu?

1. Sumber Tautan

Salah satu perbedaan yang terdapat pada tautan Dofollow dan Nofollow adalah sumber tautannya. Pada tautan Dofollow, sumbernya kerap disesuaikan dengan isi konten dalam website.

Contohnya, saat membahas tentang suatu produk, Anda dapat menautkan link yang berkaitan dengan produk tersebut. Sementara itu, tautan Nofollow biasanya berguna untuk menuliskan sumber komentar dalam blog atau forum. 

2. Pengaruh Penautan Link pada Peringkat Website

Perbedaan kedua antara backlink jenis Dofollow dan Nofollow ada di segi efek yang dihasilkan dari tautan link tersebut. Yang mana, backlink tipe Dofollow lebih berpengaruh untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.

Sementara itu, Nofollow Backlink hanya memberikan sumber suatu informasi bermula tanpa memberikan efek yang signifikan pada peringkat situs web. Pasalnya, link ini tidak terbaca oleh crawler.

Baca lebih lanjut  Strategi Internal Linking: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Performa SEO Anda

3. Traffic dan Konversi

Perbedaan terakhir antara jenis backlink Dofollow dan Nofollow ada pada traffic dan jumlah konversi yang dihasilkan dari penautan. Jadi, link Dofollow yang mampu memberikan efek signifikan pada peringkat situs web dapat meningkatkan jumlah pengunjung secara langsung dan cepat.

Sementara itu, link Nofollow dapat memberikan lebih banyak traffic dan konversi secara tidak langsung dan butuh waktu lebih lama.

Sudah Paham Perbedaan Dofollow Backlinks dan Nofollow Backlink?

Kesimpulannya, baik backlink tipe Dofollow maupun Nofollow, eksistensi keduanya sama-sama penting dalam konten situs web. Namun, Anda harus pintar-pintar menempatkan mana yang lebih penting dan sebaliknya.

Intinya, mengingat link Dofollow bisa dikatakan lebih penting dari backlink Nofollow, sebaiknya menaruh link ini dalam jumlah lebih banyak. Akan tetapi, pastikan Dofollow Backlinks tersebut berkualitas dan relevan dengan konten Anda agar efeknya benar-benar signifikan. Sampai sini, sudah paham apa perbedaan kedua jenis backlink tadi?

Terkadang beberapa blogger masih sedikit bingung dengan penerapan backlink untuk memaksimalkan kinerja website. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika memilih jasa optimasi website yang kini mulai digandrungi. 

Namun pastikan jika penyedia layanan tersebut benar-benar dapat dipercaya dan memiliki track record yang baik. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih jasaahliseo.com untuk berkonsultasi masalah optimasi website. 

Pada Jasa SEO ini, pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari pembuatan artikel berkualitas, penerapan desain website, hingga advertising yang dikelola oleh tim professional. Segera kunjungi laman resminya untuk informasi lebih lanjut.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us