Logo jasaahliseo

SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Pakai [Terupdate 2024]

SEMRush

Share:

SEMRush merupakan software yang dapat memudahkan proses optimasi performa situs web. Dari tool ini, pengguna bisa mendapatkan banyak informasi seputar kondisi situs web. Ada juga cara untuk menaikkan nilainya agar bisa masuk top rank mesin pencarian. Lantas, apakah alat ini worth it untuk digunakan untuk semua orang?

Apa itu SEMRush?

SEMRush dikembangkan sejak tahun  2008 oleh Shchegolev dan Dmitry Melnikov. Tujuannya adalah membantu perusahaan-perusahaan yang ingin mengkampanyekan produknya agar dikenal publik lebih luas.

Dengan alat ini, kampanye dengan persaingan SEO (search engine optimization), PPC (pay-per-click), dan pemasaran digital dapat dioptimalkan. Jadi, hasilnya bisa lebih signifikan dibandingkan iklan tanpa trik khusus.

Fitur-Fitur di SEMRush

Saat ini, setidaknya ada 6 fitur khusus yang dapat digunakan user aplikasi SEMRush. Diantara fitur tersebut, ada keyword tools, competitor analysis tools, dan masih banyak lagi. Ketahui lebih lengkap perihal fitur-fiturnya di bawah ini:

Keyword Tools

Fitur utama dari platform optimasi SEO ini terbilang paling sering digunakan. Yaitu, keyword tools yang terdiri dari beberapa macam. Yang pertama, ada Keyword Overview untuk mengetahui nilai iklan yang dihasilkan oleh suatu kata kunci. Selain itu, alat tersebut juga dapat menampilkan statistik volume pencarian, intent, CPC, tingkat kesulitan, dan tingkat persaingan kata kunci.

Dalam alat kata kunci juga ada Organic Research yang gunanya adalah mengetahui keyword di situs kompetitor. Alat ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik organik serupa dengan yang didapatkan kompetitor sebab menggunakan keyword yang bersaing.

Keyword tools juga menyediakan fitur Keyword Magic untuk mendapatkan ribuan rekomendasi kata kunci relevan bagi Anda. Selanjutnya, ada Organic Traffic Insight yang memperlihatkan performa kata kunci. 

Baca juga: Tips SEO: Mengenal Jenis Traffic Website yang Wajib Tahu

Keyword Gap untuk menemukan perbedaan kata kunci situs Anda dan kompetitor. Terakhir, ada Keyword Manager untuk menganalisis ribuan kata kunci dan menemukan mana yang paling relevan bagi situs Anda.

Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

SEO Technical Tools

Fitur yang kedua, yaitu SEO technical tools sangat bermanfaat untuk mempercepat kenaikan performa situs. Adapun alat-alat yang dikhususkan untuk perbaikan aspek ini di situs web Anda terdiri dari Site Audit untuk mengetahui kekurangan situs.

Kemudian, terdapat fitur On-Page SEO Checker yang dapat menginformasikan bagian yang harus diperbaiki di situs web Anda. Ada juga Log File Analyzer yang gunanya adalah melihat dan menganalisis log aktivitas crawler di website.

Competitor Analysis Tools

Fitur di SEMRush berikutnya dapat membantu pengguna mengetahui teknik-teknik yang dilakukan kompetitor sehingga rangkingnya selalu bagus. Jika sudah dianalisis, Anda juga dapat membuat teknik serupa ataupun lebih baik sehingga situs web Anda mendapatkan posisi lebih tinggi.

Dengan alat ini, Anda juga dapat menggunakan Backlink Analytics dan Backlink Gap. Keduanya dapat dipakai satu per satu untuk melihat backlink yang didapatkan kompetitor dan perbedaannya dengan backlink di situs web Anda. Hasilnya dapat digunakan sebagai referensi mendapatkan tautan balik berkualitas untuk situs Anda.

Optimizing Local SEO

Pengoptimalan SEO lokal juga bisa dibantu dengan platform ini. Terdapat beberapa fitur di dalamnya yang dapat digunakan untuk langkah ini. Di antaranya adalah listing management dan position tracking untuk meningkatkan trafik dan mengetahui perkembangan situs Anda.

Rank Tracking Tools

Untuk meningkatkan ranking situs web, Anda juga bisa menggunakan fitur Rank Tracking. Yang mana, didalamnya tersedia alat pelacak performa situs. Tersedia juga sensor pelacakan performa kata kunci dan alat untuk meriset domain.

Link Building

Salah satu aspek penting untuk memperkuat performa situs web Anda adalah backlink. Namun, tautan balik ini perlu dibangun sebaik mungkin agar memberikan impact power. Untuk itu, backlink yang dibangun harus dianalisis terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan Backlink Analytics, Backlink Tool Audit, dan Bulk Backlink Analysis untuk meningkatkan peluang mendapatkan tautan balik berkualitas. Selain itu, Anda juga bisa memakai Link Building Tool agar situs senantiasa mendapat tautan balik yang bagus.

Cara Pakai SEMRush untuk Meningkatkan Performa Situs

Bagi Anda yang baru mengenal SEMRush, pastinya masih asing dengan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, di ulasan berikut Anda bisa mengenal lebih banyak mengenai fitur tersebut sekaligus cara mengoperasikannya. Yuk, simak!

1. Lakukan Registrasi Akun

Langkah pertama untuk menggunakan alat SEO ini adalah melakukan registrasi akun. Untuk pendaftaran, Anda bisa menggunakan alamat email, baik Google Mail, Yahoo Mail, ataupun yang lainnya. Selanjutnya, pilih jenis akun yang akan digunakan.

Baca lebih lanjut  Duplikat Konten: Apa itu Duplikat Konten, dan Bahayanya seperti Apa?

Sebagai informasi, terdapat dua pilihan jenis akun yang bisa dipilih. Di antaranya adalah akun gratis dan akun berbayar. Untuk memilih akun berbayar, Anda juga bisa mencoba opsi percobaan terlebih dulu. Selain itu, ada juga opsi akun berbayar untuk agen SEO perusahaan ataupun jasa. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Analisis Kompetitor dengan SEO Dashboard dan Competitive Research Tools

Jika sudah mendaftar, Anda dapat mencoba menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Yang pertama yaitu “SEO Dashboard” untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan kompetitor.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan “Competitive Research Tools” dengan masuk ke “Domain Overview”. Selanjutnya, analisis data yang dihasilkan, mulai dari authority score, organic search traffic, paid search traffic, dan backlink score.

3. Bandingkan Traffic Website Kompetitor

Jika ingin mengetahui trafik di situs web milik kompetitor, Anda bisa membandingkannya dengan website yang dikelola. Caranya yakni dengan menggunakan fitur “Traffic Analytics”. Setelah klik menu tersebut di platform SEMRush, Anda bisa mengetuk tab “Compare”.

4. Kumpulkan Top Keyword

Untuk diketahui, top keyword bisa didapatkan dengan menggunakan fitur “Organic Research”. Pasalnya, dengan klik menu tersebut akan menghasilkan informasi mengenai pencarian organik dan kata kunci yang digunakan kompetitor.

Tak hanya itu, fitur tersebut juga dapat menampilkan statistik rangking dari kata kunci yang ada. Jadi, Anda bisa memilih untuk menggunakan kata kunci tersebut dan membuat konten yang lebih baik dari kompetitor.

5. Gunakan Keyword Magic Tool

Untuk memastikan situs web Anda memiliki konten yang berpeluang dicari pengguna internet, gunakan fitur “Keyword Magic Tool”. Fitur SEMRush ini dapat memberikan lebih dari 20 miliar rekomendasi kata kunci yang sesuai dengan niche situs Anda.

Supaya Anda tidak perlu sering-sering menggunakan fitur ini, pastikan membuat keyword planning. Langkah ini juga bermanfaat untuk memastikan kata kunci yang dipakai bisa memberikan banyak efek positif pada ekosistem situs web Anda.

6. Temukan Gap Keyword

Menemukan gap di kata kunci akan membantu Anda mengetahui kekurangannya sehingga bisa diperbaiki untuk menaikkan performa situs. Adapun cara menggunakannya yaitu menekan menu “Keyword Gap” dan memasukkan domain Anda. Selanjutnya, pilih jenis peringkat kata kunci yang akan dianalisis. Baik itu Organic, Paid, maupun PLA.

Lebih lanjut, laman akan menampilkan laporan statistik mengenai kata kunci paling umum yang digunakan hingga kata kunci teratas.

7. Buat Strategi Link Building

Selain pengoptimalan kata kunci, backlink juga dapat diperbaiki dengan menerapkan strategi khusus. Dengan SEMRush ini, Anda bisa memakai menu “Backlink Gap” terlebih dulu. Kemudian, analisis hasil untuk situs Anda dengan menginput nama domainnya.

Baca lebih lanjut  Tips Cara Memantau Website SEO Anda 2023

Jika sudah menemukan gap antara backlink Anda dan milik situs web kompetitor, lakukan pencatatan. Salah satu langkah termudah adalah dengan menangkap tampilan layar.

Selanjutnya, situs-situs terpercaya yang memberikan tautan balik ke website kompetitor dapat dijadikan target pengirim backlink. Anda bisa mencoba mengajak kerja sama dengan situs tersebut ataupun melakukan cara agar supaya mendapatkan tautan balik darinya.

Mana yang Efektif, Menggunakan Layanan SEMRush atau Jasa SEO?

Mengetahui adanya platform untuk membantu meningkatkan performa situs web, Anda mungkin jadi bertanya mengenai efektivitas penggunaannya. Lebih baik daripada jasa SEO atau sebaliknya?

Untuk diketahui, alat SEO ini mempunyai banyak sekali kelebihan jika dibandingkan dengan menggunakan jasa SEO. Beberapa di antaranya adalah harga layanan yang terbilang lebih hemat dan informasi SEO yang ditampilkan lebih kredibel.

Anda juga bisa mendapatkan statistik informasi performa situs secara lengkap. Mulai dari performanya, kekurangannya, sampai hal-hal yang kurang dan sebaiknya diperbaiki. Alat ini juga dapat merekomendasikan kata kunci yang potensial dan situs kredibel yang bisa memberikan backlink valuable.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa manfaat tersebut hanya bisa dirasa maksimal jika Anda sudah paham seputar SEO. Mulai dari istilah-istilah yang berkaitan dengan ceruk SEO hingga cara membaca informasinya.

Selain itu, pemanfaatan SEMRush secara mandiri juga membutuhkan waktu dan kesabaran. Tanpa hal-hal tersebut, harga yang Anda bayarkan untuk berlangganan aplikasi ini mungkin akan sia-sia.

Beda halnya dengan jasa SEO, Anda bisa mendapatkan layanannya tanpa perlu mengetahui hal seputar SEO terlebih dulu. Jika ingin, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan langsung dari ahlinya dengan menyimak setiap informasi yang diberikan.

Menggunakan jasa SEO juga memastikan harga yang Anda bayarkan akan sangat sepadan dengan hasil yang didapatkan. Terlebih, kebanyakan jasa SEO terpercaya menawarkan garansi layanan sehingga Anda tidak akan rugi waktu ataupun biaya.

Banner Jasa Ahli SEO

Gunakan Jasa SEO Terpercaya untuk Tingkatkan Performa Website Anda!

Pada intinya, SEMRush merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan performa situs web. Namun, efektivitasnya sangat tergantung pada siapa yang menggunakannya. Jika Anda merupakan orang yang belum mengenal SEO sama sekali dan tidak punya banyak waktu untuk mengoperasikannya, jasa SEO lebih baik digunakan.

Namun perlu diketahui bahwa jasa SEO yang digunakan harus terpercaya. Anda bisa menggunakan layanan dari www.jasaahliseo.com  jika butuh bantuan untuk meningkatkan kualitas situs web.

Untuk diketahui, Jasa Ahli SEO adalah perusahaan jasa search engine yang telah berpengalaman. Perusahaan ini memiliki tim profesional di berbagai bidang SEO. Telah melayani ratusan klien juga dengan hasil yang memuaskan.

Jasa ini juga mengandalkan SEMRush sebagai alat untuk mengukur performa situs web Anda. Jadi, laporan yang diberikan pada Anda dipastikan akuntabel dan akurat. Bagusnya lagi, jasa ini juga menggunakan beberapa alat terbaik lainnya dan membandingkannya dengan hasil dari alat tadi. Jadi, hasilnya optimasi SEO oleh jasa ini akan tampak lebih jelas dan cepat.

Bila Anda tertarik menggunakan jasanya tetapi ingin menanyakan beberapa hal, langsung saja hubungi kontak di www.jasaahliseo.com. Lakukan konsultasi segera tanpa khawatir dikenakan biaya!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us