Logo jasaahliseo

Seasonal SEO: Trik Optimasi Marketing Sesuai dengan Musim 

Seasonal SEO

Share:

Seasonal SEO merupakan trik optimasi marketing yang disesuaikan dengan musim tertentu. Jenis teknik ini termasuk kebalikan SEO dengan strategi yang diterapkan ke konten evergreen. 

Kendati begitu, manfaat menerapkannya tidak kalah penting dari strategi search engine optimization (SEO) pada umumnya. Oleh sebab itu, para pengelola blog penting untuk mengetahui lebih lengkap seputar teknik ini dan juga mencoba menerapkannya.

Apa itu Seasonal SEO? 

Secara harfiah, seasonal SEO adalah trik search engine optimization musiman. Sementara itu, arti istilah tersebut dalam SEO merujuk pada teknik mengoptimasi mesin pencari untuk meningkatkan performa situs pada waktu tertentu. Adapun musim yang dimaksud dapat mencakup peristiwa penting, event, ataupun musim dalam artian cuaca.

Sebagai informasi, jenis SEO ini makin penting diterapkan sejak meningkatnya pengguna internet pada awal abad ke-20. Sejalan dengan hal tersebut, data pengguna internet yang mencari informasi seputar musim-musim tertentu juga naik 55%. Hal inilah yang membuat para pengelola situs web sebaiknya memanfaatkan momentum tersebut untuk menaikkan otoritas website-nya.

Jenis-Jenis Seasonal SEO 

Jika dilihat dari jenisnya, SEO jenis ini sebetulnya bukan teknik yang baru. Trik ini masuk kategori SEO tradisional. Yang mana, penggunaannya dikhususkan untuk waktu tertentu dan berfokus dalam memberikan informasi seputar produk atau layanan alih-alih pengetahuan umum. Dibandingkan jenis SEO biasa, teknik ini pun diklaim dapat mendorong konversi secara lebih efektif walaupun jangka waktunya tergolong pendek. 

Sebagai informasi, jenis seasonal SEO sendiri terdiri dari dua. Pertama adalah SEO musiman yang berbasis pada waktu. Seperti musim panas, musim hujan, musim salju, dan masa-masa yang umumnya dapat berlangsung dalam waktu terukur. Entah itu sebulan, dua bulan, entah lebih lama lagi.

Adapun jenis SEO musiman yang kedua didasarkan pada peristiwa atau momen tertentu. Yang umumnya, terjadinya momen tersebut hanya setahun sekali. Contohnya adalah Hari Kemerdekaan, Lebaran, momen Ramadan, Hari Raya Cina, Nyepi, Natal, dan sebagainya.

Untuk menyambut ataupun merayakan musim-musim tadi, biasanya orang-orang membutuhkan produk baru untuk memaksimalkan perayaannya. Seperti jaket winter untuk musim salju, pohon untuk Natal, kue untuk Lebaran, coklat untuk Valentine, dan lain-lain. 

Baca lebih lanjut  Ternyata Gampang! Inilah 5 Cara Membuat Website

Alasan Pentingnya Menerapkan Seasonal SEO

Salah satu visi pembuat situs web biasanya mendapatkan keuntungan dari penjualan produk-produk tertentu. Baik itu produk yang dijualnya maupun milik partner bisnisnya. 

Jika Anda juga memiliki tujuan tersebut, menggunakan teknik SEO musiman menjadi penting sebab dapat menggaet lebih banyak audiens berkualitas. Selain itu, berikut beberapa alasan lain pentingnya menggunakan seasonal search engine optimization:

1. Konten Lebih Banyak Dicari 

Konten-konten yang bersifat evergreen memang lebih mampu bertahan lama dan memberi dampak jangka panjang untuk performa situs. Namun, konten yang mengandung informasi seputar apa yang sedang trend jauh lebih menarik untuk sebagian orang. Karena itulah, konten yang dilengkapi penerapan strategi SEO musiman umumnya lebih banyak dicari orang.

Sebagai informasi, konten yang dilengkapi SEO ini tidak selalu berkaitan dengan momen khusus. Namun, saat-saat lain, seperti adanya tren gaya busana baru juga bisa dijadikan momen untuk dibuat dan menarik perhatian audiens.

Walaupun demikian, Anda sebaiknya memastikan konten trend yang dibuat tadi relevan dengan niche situs web yang dikelola. Contohnya, jika situs selama ini berfokus dalam memberikan informasi seputar gaya rambut, sebaiknya tidak membuat konten musiman seperti makanan tren. 

Sebab keduanya tidak berkaitan sama sekali. Alhasil, bukan manfaat yang bisa dirasakan jika menerapkan teknik tersebut. Sebaliknya, kinerja situs web bisa jadi berkurang sehingga mengurangi kenyamanan pengguna.

2. Dapat Mendongkrak Trafik dan Otoritas Situs Web

Mengingat banyaknya orang yang mencari konten dengan topik musim tertentu, otomatis tiap situs berpeluang besar mendapatkan trafik lebih tinggi. Jika konten yang Anda sajikan menarik, tentu orang-orang tidak akan ragu masuk ke situs web yang dikelola. Dampaknya, otoritasnya akan semakin terdongkrak. Berikut juga jumlah trafiknya yang bisa naik secara terus-menerus.

Untuk diketahui juga, jenis konten yang mengandung teknik SEO musiman seringkali bukan hanya menarik bagi umum. Namun, para pengelola situs web lainnya juga mencari informasi tersebut. Alhasil, jika konten yang Anda buat informatif, bukan tidak mungkin juga orang-orang akan menjadikannya rujukan. Di sisi lain, situs web Anda berkesempatan mendapat tautan balik.

3. Cocok untuk Marketing Produk Maupun Layanan

Alasan pentingnya SEO musiman juga dikarenakan dapat menggaet lebih banyak audiens yang berpeluang melakukan konversi. Dengan kata lain, musim-musim yang terbilang penting untuk sebagian besar masyarakat tadi bisa jadi saat tepat untuk pebisnis berjualan. 

Hal ini dikarenakan, kebanyakan orang biasanya akan membeli suatu barang ataupun layanan yang sedang hype saat itu. Selain itu, item-item yang dirasa penting untuk memaksimalkan suatu perayaan khusus juga kerap kali dibeli oleh masyarakat. Seperti baju baru, hadiah, desain interior, dan lain-lain.

Baca lebih lanjut  Kapan Saat Yang Tepat Menggunakan Jasa SEO untuk Website

Inilah Beberapa Trik Optimasi Seasonal SEO 

Adapun bagi Anda yang ingin menerapkan trik optimasi seasonal SEO, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat kalender konten agar tidak stuck, mencari topik berdasarkan kata kunci paling sering dicari, hingga memperhatikan konten lama.

1. Buat Kalender Konten agar Tidak Melewatkan Momen Penting 

Ada banyak momen musiman setiap tahunnya. Oleh karena itu, Anda perlu mencatat tiap-tiap hal  jika tidak ingin melewatkan satu pun. Adapun pencatatan paling mudah bisa dengan membuat kalender khusus. Anda bisa memilih beberapa hari untuk memposting konten yang menerapkan seasonal SEO pada musim tertentu. 

Sebagai contoh, konten musiman “Hari Ibu” bisa dibuat pada tanggal 17 Desember sampai 24 Desember. Anda bisa mengisi setiap hari di rentang waktu tersebut dengan konten satu tema ataupun menyisipkannya menggunakan tema lain. 

Perencanaan dalam membuat konten musiman dengan teknik SEO seasonal sangat penting dilakukan. Tujuannya agar konten yang dibuat tidak dadakan dan lebih minim resiko adanya kesalahan.

2. Lakukan Keyword Research

Apabila sudah membuat kalender konten dan menentukan momen apa saja yang akan dijadikan tema tulisan, selanjutnya lakukan keyword research. Ini bertujuan agar konten yang Anda buat lebih mudah ditemukan pengguna  sebab sesuai dengan kata kunci yang memiliki volume tinggi. 

Adapun untuk melakukan keyword research, Anda bisa menggunakan Google Search Console, Google Analytics, Google Trends, ataupun tool lain seperti SEMRush.

Dengan mengumpulkan kata kunci terkait musim-musim tertentu, situs web Anda berpeluang masuk halaman pertama. Sehingga orang-orang bisa lebih cepat menemukan konten Anda dan mungkin tertarik untuk masuk ke dalamnya.

Meskipun diantaranya terdapat audiens yang hanya masuk tanpa melakukan konversi, hal tersebut tetap menguntungkan. Pasalnya, makin banyaknya jumlah trafik yang ada di situs bisa menambah kredibilitas dan otoritasnya.

3. Buat Segmentasi Audiens  

Jika situs web Anda menjual produk maupun layanan yang khusus untuk sekelompok orang tertentu, sebaiknya buat segmentasi. Misalnya, jika Anda menjual pakaian untuk para pria, setiap konten bisa dilengkapi dengan keyword yang mengandung kata pria, lelaki, dan sebutan lainnya.

Dengan membuat segmentasi, Anda bisa mendapatkan pengunjung yang lebih tepat untuk situs web. Selanjutnya, orang-orang tersebut juga jadi audiens yang bisa menghasilkan benefit sebagaimana yang Anda inginkan. 

4. Siapkan Tempat untuk Pemasaran selain di Website

Supaya konten marketing dirasa lebih menarik dan kredibel, Anda juga bisa menyiapkan tempat lain untuk pemasaran. Seperti Instagram, Twitter atau X, Facebook, sampai dengan WhatsApp. 

Dengan adanya halaman-halaman tersebut, orang-orang yang sebelumnya belum mengenal website Anda bisa lebih mantap saat mengambil aksi. Baik itu ketika masuk pada tiap halaman di situs web maupun membeli barang yang Anda tawarkan.

Baca lebih lanjut  Keyword Gap SEMRush: Pengertian, Fungsi, Tips dan Bagaimana Cara Mengetahuinya 

5. Buat Teks Copy yang Cocok untuk Pre-season, Peak-season, dan Post-season 

Trik lain dalam mengoptimasi SEO musiman ialah membuat teks copy (iklan) khusus untuk periode tertentu. Sebab pastinya pada musim libur sekolah dan menjelang Natal ada ciri khas yang menggambarkan tiap-tiapnya. Oleh karena itu, ciri tersebut bisa dijadikan salah satu patokan dalam membuat teks copy.

Hal ini tentunya berlaku untuk hampir semua sektor produk ataupun jasa. Seperti bisnis travel, makanan, fashion, dan sebagainya. 

Selain memperhatikan waktu momen berlangsung, Anda juga sebaiknya membuat teks iklan untuk waktu sebelum dan sesudahnya. Kelola juga media sosial website Anda agar terdapat interaksi aktif di dalamnya. Kemudian analisis kinerja situs web setiap saat melalui Google Search Console.

6. Tambahkan Visualisasi yang Menggambarkan Musim Tertentu 

Hal yang tak kalah penting dalam penerapan seasonal SEO adalah menambahkan visualisasi atau gambar di tiap konten musiman. Hal ini dapat meningkatkan ketertarikan audiens. Terlebih jika iklan yang dibuat dilengkapi dengan promo khusus untuk momen musiman tersebut.

7. Buat Daftar Jadwal Publikasi dan Distribusi

Tips berikutnya adalah membuat jadwal publikasi dan distribusi konten-konten yang sudah disiapkan untuk menyambut ataupun merayakan momen tahunan. Meskipun telah dibuat kalender musiman, daftar ini tetap penting dibuat. Tujuannya guna memastikan Anda tidak lupa kapan dan dimana harus memposting konten musiman.

8. Libatkan Konten Musiman di Tahun-Tahun Sebelumnya 

Supaya konten seasonal SEO tampak lebih natural, Anda juga bisa melibatkan tulisan ataupun hal-hal yang terjadi di momen serupa pada tahun sebelumnya. Misalnya, mengingatkan kembali audiens bahwa tren fashion tahun lalu identik dengan warna pastel. 

Selain dengan cara tersebut, melibatkan konten lama juga bisa dengan mencantumkan link-nya. Namun tetap pastikan bahwa tautan tulisan tersebut benar-benar relevan dengan konten yang baru. Anda juga bisa mengedit dan mengunggah ulang konten lama jika momennya tidak mengalami perubahan kompleks. Seperti momen tes CPNS, SBMPTN, ujian untuk beasiswa dari lembaga tertentu, dan sebagainya.

9. Pastikan Fokus pada Satu Tema

Terakhir yang juga tidak kalah penting adalah memastikan konten seasonal SEO yang Anda buat memiliki fokus pada satu tema. Misalnya, Anda menjual jasa travel. Maka sebaiknya, konten-konten yang dibuat difokuskan pada tema seputar wisata, kuliner, akomodasi, dan hal-hal lain yang berkaitan. Pastikan tidak melenceng dengan membahas hal lainnya.

Sudah Paham tentang Seasonal SEO? 

Jadi, seasonal SEO merupakan teknik pembuatan konten yang menggunakan kata kunci musiman bervolume tinggi. Teknik ini sangat efektif untuk menonjolkan bisnis dan produk yang Anda jual. Sebab pada musim-musim tertentu, orang-orang kerap kali membutuhkan informasi ataupun membeli produk yang identik dengan musim tersebut. 

Bagaimana? Anda cukup paham mengenai jenis SEO ini? Jika belum, tidak perlu khawatir sebab Anda tetap bisa menerapkan jenis SEO musiman pada situs web meski tidak memahaminya sekarang. 

Jasa SEO Murah

Sebab kini, ada jasa ahli SEO yang profesional dapat membantu Anda mengoptimasi website dengan berbagai teknik termasuk seasonal SEO. Melalui jasa ini, Anda bisa mendapatkan segudang manfaat. Mulai dari audit keseluruhan website untuk menjaga dan menganalisa kesehatan itus hingga jasa iklan Google Ads.

Didukung dengan tenaga ahli dibidangnya yang mampu menjadikan situs Anda masuk dalam jajaran website kredibel dan direkomendasikan Google. Dapatkan informasi selengkapnya tentang jasa ahli SEO dengan menghubungi kontak yang tersedia di laman utama di www.jasaahliseo.com. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us