Logo jasaahliseo

Apa itu EEAT SEO? dan Seberapa Penting dalam SEO? 

EEAT SEO

Share:

EEAT SEO adalah salah satu elemen yang cukup penting dan menentukan kualitas serta kredibilitas website. Sebelumnya, elemen ini dikenal dengan nama EAT saja. Namun sejak 15 Desember 2022, Google menambahkan adanya tambahan E dalam unsur SEO tadi.

Sebagai informasi, E tambahan dalam unsur SEO ini berarti experience atau pengalaman. Menurut Google, konten yang dibuat berdasarkan pengalaman ataupun oleh orang yang berpengalaman dipastikan mendapatkan posisi lebih baik. Pasalnya, keunikan dari konten tersebut akan jauh lebih banyak dibanding tulisan yang dibuat secara cuma-cuma atau bahkan hasil jiplakan.

Apa itu EEAT SEO? 

EEAT SEO merupakan unsur fundamental dalam bidang search engine optimization. Adapun jika dideretkan arti huruf-hurufnya, terdiri dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan juga Trust. Lantas, apa itu experience?

Sebelumnya sudah sedikit disinggung bahwa unsur experience mencakup pengalaman pembuat konten. Jadi, Google menilai konten yang berkualitas bukan hanya tersaji secara informatif dan banyak pengetahuannya. Namun, bagaimana cara memaparkan topik secara berbeda tetapi tetap bisa dengan mudah dicerna juga dinilai. 

Sebagai contoh, orang yang belum pernah berlibur ke Bali boleh jadi bisa menghasilkan tulisan yang bagus tentang objek wisata tersebut. Namun, orang-orang yang punya pengalaman berwisata ke Bali bisa memberikan informasi lebih menarik sehingga pembaca merasa berada di tempat tersebut.

Unsur selanjutnya adalah expertise, yaitu seberapa ahli penulis dalam membuat suatu konten. Sehingga informasi yang tersaji bersifat faktual dan komprehensif. Dalam hal ini, pembuat konten harus punya banyak pengetahuan seputar tema yang ditulisnya.

Berikutnya adalah authoritativeness, yaitu otoritas penulis yang dilibatkan dalam penilaian kualitas kontennya. Adapun yang dimaksud otoritas dibentuk oleh pengalaman, rekam jejak, dan juga kredibilitas pembuat konten ataupun situsnya. Pengakuan otoritas ini juga biasanya dinilai dari kualitas tulisan dan pengakuan dari audiens.

Unsur EEAT SEO yang terakhir adalah trust, yang berarti tingkat keakuratan suatu konten sehingga dapat dipercaya. Metriks ini paling penting dalam elemen Google EEAT. Oleh karena itu, website yang sudah kredibel dipastikan akan memiliki unsur ini dengan tingkat tinggi. Meskipun unsur-unsur lainnya tidak begitu jelas.

Baca lebih lanjut  Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Mengapa EEAT SEO Penting?

Pentingnya unsur EEAT dalam SEO dikarenakan suatu situs ditentukan kualitasnya bukan hanya oleh mesin. Namun, ada yang disebut quality rater, yaitu alat yang menilai suatu laman berdasarkan pengalaman pengguna.

Cara kerja alat tersebut dipengaruhi juga oleh search quality rater. Yakni, tenaga manusia yang melakukan evaluasi pada hasil pencarian Google dan menentukan relevansi antara kata kunci beserta konten yang ditampilkan.

Sebagai informasi, EEAT sangat berpengaruh dalam menentukan ranking suatu situs web. Semakin tingginya nilai EEAT, khususnya trustness maka rangkingnya akan lebih baik. Sebaliknya, meskipun suatu situs dikelola oleh orang berpengalaman dan punya konten informatif, jika situsnya kurang kredibel, otomatis nilainya rendah.

Walaupun EEAT ini berpengaruh besar dalam menentukan ranking suatu situs, faktor ini bukan satu-satunya. Jelasnya, ada hal-hal lain yang bisa menjadikan suatu situs berperingkat tinggi dan juga sebaliknya.

Sistem Penilaian Konten berdasarkan EEAT SEO 

Dalam memberikan nilai EEAT, Google melakukan evaluasi pada beberapa aspek. Lebih jelasnya, berikut adalah sistem penilaian konten yang didasarkan pada unsurnya:. 

  • Sistem Lowest 

Ada banyak faktor yang dinilai Google dalam menentukan terpercaya tidaknya suatu situs web. Adapun penilaian paling dasar mencakup main content (MC) di situs web. Kualitas dari konten tersebut sangat menentukan hasil penilaian Google terhadap tingkat kredibilitas situs Anda.

  • Sistem Lacking

Beberapa kali, Anda mungkin menemukan situs web yang reputasinya tergolong kurang berada di peringkat atas hasil pencarian. Hal ini dikarenakan adanya sistem penilaian yang didasarkan pada referensi konten dan juga tingkat kepercayaan audiens. Sistem penilaian tersebut disebut lacking. 

Adapun dalam memberikan nilai dengan sistem ini, Google melibatkan hampir semua unsur dalam EEAT. Mulai dari pengalaman pembuat konten, keahliannya dalam membuat konten tersebut, hingga otoritas situsnya.

  • Sistem High Level 

Penilaian konten dengan tingkat high level mengutamakan unsur experience. Jadi artinya, suatu konten yang dibuat langsung oleh orang berpengalaman dianggap lebih baik oleh Google dibandingkan non-pengalaman. 

Anda bisa melihat hasil dari penilaian ini dari konten-konten review suatu produk. Jika Anda mencarinya, hasil pencarian review produk umumnya menampilkan situs-situs berisi ulasan dari banyak orang. Ini dikarenakan, pengalaman dari mereka dianggap lebih terpercaya daripada tulisan review yang dibuat oleh satu orang. 

  • Sistem Highest EEAT SEO 

Penilaian EEAT yang lebih tinggi dari sistem high level adalah highest EEAT. Skor ini didapatkan dari kualitas konten secara keseluruhan dibandingkan kompetitor. Mulai dari otoritas hingga keunikan kontennya.

Baca lebih lanjut  Panduan Lengkap Cara Install Google Analytics 4 untuk Pemula

Dalam hal ini, konten-konten yang dibuat oleh ahli biasanya akan diposisikan di peringkat pertama. Selain karena ditulis oleh ahli sehingga tidak butuh rujukan. Konten tersebut seringkali dipakai untuk referensi oleh kompetitor. Jadi, kredibilitasnya makin tinggi.

Cara Cek Nilai EEAT SEO suatu Website

Jika Anda ingin mengetahui nilai EEAT situs web yang dikelola, tiap elemen dalam dasar SEO ini perlu diperiksa satu per satu. Adapun caranya bisa dengan menggunakan alat ataupun cara berikut ini:

1. Cek Experience Halaman Web

Untuk tahu seberapa experience suatu halaman website, Anda bisa menggunakan beberapa alat. Seperti tools page speed dan penguji mobile friendly di GTMetriks. Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu informasi seputar penulis dengan mengecek pengalaman dan latar belakang author.

2. Periksa Expertise Halaman Web

Selanjutnya, nilai EEAT juga ditentukan oleh expertise sehingga Anda perlu memeriksanya dengan cara melihat kontennya secara langsung. Dalam beberapa kasus, konten yang dianggap berkualitas kerap kali dibuat oleh ahlinya. Sebagai contoh, situs dengan niche seputar medis dan kesehatan yang dibuat oleh dokter sering kali berada di peringkat atas.

3. Cari Tahu Authoritativeness dari Halaman Web

Nilai EEAT SEO suatu website juga bisa diketahui dari authoritativeness-nya. Adapun penilaiannya seringkali menggunakan pemeriksaan visual juga. Seperti relevansi antara niche situs dengan konten yang tersaji. Jadi, jika terdapat suatu konten yang bahasannya melenceng dari niche utama, otomatis nilai EEAT-nya akan rendah.  

4. Dapatkan Informasi Trust dari Halaman Web

Terakhir, pengecekan nilai EEAT juga bisa dilihat dari trust situsnya. Biasanya, Google menilai elemen ini dari customer review ataupun reputasi penulisnya. Selain itu, tingkat kredibilitas situsnya juga mempengaruhi nilai trustness dalam EEAT SEO.

Cara Mengimplementasikan EEAT SEO agar Nilainya Tinggi

Untuk mendapatkan nilai EEAT SEO yang tinggi, beberapa faktor perlu dipastikan ketersediaannya di laman website Anda. Diantaranya adalah informasi nama penulis, sumber yang kredibel, sampai kontak pengelola situsnya.

1. Terapkan Nama Penulis 

Cara pertama mengimplementasikan SEO EEAT agar mendapatkan nilai tinggi ialah menerapkan nama penulis di tiap konten yang dimuat. Alih-alih mencantumkan nama admin saja, menerapkan nama penulisnya langsung bisa memberikan impact cukup besar dalam hasil penilaiannya. Terlebih jika penulisnya sudah memiliki rekam jejak yang tidak sedikit serta terpercaya.

2. Rajin Audit dan Perbarui Konten  

Untuk memastikan situs mendapatkan nilai EEAT tinggi, konten di dalamnya juga perlu diaudit dan diperbarui. Pasalnya, informasi serupa dari waktu ke waktu berkemungkinan berubah. Jadi, meskipun suatu konten berguna dalam jangka panjang, audit dan pembaharuan tetap diperlukan. 

Baca lebih lanjut  Mengapa Jasa SEO Penting Untuk Bisnis Online Anda?

Sebagai contoh, konten tentang resep masakan pasti selalu dicari. Meskipun begitu, konten-konten beberapa tahun sebelumnya sebaiknya diedit dan diperbaiki agar lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna internet di zaman sekarang. Adapun pengeditannya bisa dalam hal pemakaian kata, penambahan tips dan trik dalam memasaknya, atau lain sebagainya.

3. Gunakan Sumber Informasi yang Terpercaya 

Poin ketiga dalam mengimplementasikan dasar SEO EEAT adalah menggunakan sumber terpercaya. Langkah ini penting dilakukan guna menambah nilai kredibilitas situs web Anda. Terlebih jika penulis di website Anda berstatus content writer saja, tetapi bukan ahli dalam bidang sesuai dengan tema konten yang ditulisnya.

Kendati penulis bukan merupakan ahli dalam suatu bidang, konten yang dibuatnya bisa terpercaya dan informatif. Hal tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi adanya referensi yang kredibel. Oleh sebab itu, nilai EEAT bisa tinggi karena konten cukup informatif dan juga sumbernya terpercaya.

4. Gunakan Jasa Penulis yang Ahli di Bidangnya 

Selain menggunakan referensi terpercaya, menggunakan jasa penulis yang ahli di bidangnya juga jadi penentu nilai EEAT. Dengan mempekerjakan seorang expert di suatu bidang, kepercayaan audiens bisa lebih meningkat. 

Jika Anda tidak bisa mempekerjakan ahli di bidang tertentu, memilih orang berpengalaman dalam menulis juga bagus untuk meningkatkan nilai EEAT. Terlebih jika penulisnya memiliki rekam jejak yang baik di berbagai media.

5. Cantumkan Kontak Pengelola Website 

Nilai EEAT juga akan tinggi jika website mencantumkan kontak pengelola. Elemen tersebut dapat meningkatkan kepercayaan audiens pada situs web Anda. Terlebih jika situs digunakan untuk menjual jasa maupun produk tertentu.

Keberadaan kontak tidak hanya bisa berupa nomor telepon. Namun, termasuk juga alamat email, akun sosial media, dan juga pusat kantor pengelola. Informasi-informasi tersebut nantinya dapat digunakan pengguna situs untuk berkonsultasi, memberi saran, dan sebagainya. Sehingga pengguna makin merasa nyaman saat berkunjung ke situs web Anda.

Ingin Mengimplementasikan EEAT SEO di Situs Web Anda?

Jadi jelasnya, EEAT SEO adalah salah satu bentuk penilaian yang dapat menentukan kredibilitas situs web Anda. Meskipun bukan satu-satunya, unsur ini penting diperhatikan untuk memastikan website Anda bisa berada di peringkat pertama. Selain itu, EEAT juga bisa membawa situs Anda lebih sukses dari sebelumnya.

Adapun untuk mendapatkan nilai tinggi dalam hal EEAT, Anda perlu memastikan unsur-unsur pada faktor ini terpenuhi dengan baik. Mulai dari Experience, Expertise, Authoritativeness, hingga Trust. Keempatnya bisa dihadirkan dengan menggunakan penulis ahli dan terpercaya serta pengelola yang paham cara meningkatkan kredibilitas situs dari aspek lainnya. 

Jasa SEO Murah

Jika Anda ingin mengimplementasikan EEAT secara lebih mudah, gunakan Jasa Ahli SEO terpercaya dan profesional hanya www.jasaahliseo.com. Penyedia jasa SEO ini mempunyai tim ahli dan berpengalaman di berbagai bidang. Termasuk bidang penulisan konten dan penerapan teknik SEO. 

Melalui teknik tepat tersebut situs Anda berpeluang besar untuk masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Selain itu,Anda juga bisa memesan jasa lain seperti iklan Google hingga social media management. Dengan berbagai penerapan tersebut, situs web Anda bisa mendapatkan nilai EEAT SEO lebih tinggi secara lebih cepat. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us