Logo jasaahliseo

Penjelasan dan Solusi: Keyword Cannibalization yang Dapat Membahayakan Website

Keyword Cannibalization

Share:

Keyword cannibalization adalah salah satu masalah yang mungkin dialami sebuah website karena pengelolaannya kurang tepat. Dalam mengelola web diperlukan sebuah teknik dan strategi yang tepat. Untuk mendapatkan pengunjung yang maksimal, Anda harus tahu banyak istilah dalam blogger. 

Sudahkah Anda tahu mengenai istilah keyword cannibalization? Jika belum, simak ulasan dalam artikel berikut untuk tahu penjelasan istilah ini, dampaknya, hingga solusi untuk mengatasinya.

Mengenal Keyword Cannibalization dalam Dunia SEO

Dalam dunia SEO, keyword cannibalization atau kanibalisasi kata kunci berarti terdapat beberapa konten di satu website yang menggunakan keyword sama. Biasanya, ini tak jarang ditemukan pada website-website yang dikelola oleh orang baru di bidang search engine optimization (SEO).

Tak sedikit yang berpikir bahwa dengan banyaknya kata kunci sama dalam satu situs web, maka peluang naik peringkat semakin tinggi. Jika Anda juga melakukan teknik kanibalisasi dengan pikiran seperti itu, hal itu salah besar. Sebab faktanya, menerapkan kata kunci kanibal apalagi dengan bahasan yang mirip-mirip dapat memberikan dampak negatif untuk situs web Anda.

Dampak Negatif dari Kanibalisasi Kata Kunci   

Untuk diketahui, di bawah ini adalah beberapa dampak negatif dari aksi kanibalisasi keyword. Apa sajakah itu?

Baca lebih lanjut  Manfaat SEO untuk Website Bisnis Anda Bisa Berkembang Pesat

1. Authority Website Berkurang

Ada banyak faktor yang bisa menentukan naik turunnya authority atau peringkat suatu website. Salah satunya adalah kualitas konten yang terdapat di dalamnya.

Jika di situs web Anda terdapat beberapa konten yang memiliki kata kunci sama, otomatis authority website bisa saja berkurang. Pasalnya, Google kesulitan halaman mana di situs Anda yang bakal menduduki peringkat teratas.

2. Rate Conversion Rendah

Selain mengurangi authority website, keyword cannibalization juga bisa menyebabkan rate conversion jadi rendah. Hal ini dikarenakan, sewaktu-waktu Google bisa saja keliru sehingga menempatkan konten dengan kualitas rendah di peringkat atas. 

Jika ini terjadi terus-menerus, domain situs web Anda akan diingat pengunjung sebagai website berkualitas rendah. Jadi, minat orang-orang untuk masuk ke situs web Anda juga perlahan berkurang.

3. Bounce Rate Meningkat

Salah satu poin yang harus diperhatikan para pengelola situs web adalah menstabilkan traffic tiap kontennya. Namun saat terdapat keyword kanibal, tidak sedikit orang-orang yang bakal lebih cepat keluar dari website Anda sehingga bounce rate meningkat. 

Pasalnya, pengunjung mungkin merasa terlalu banyak bahasan sama sementara informasi yang dibutuhkannya sulit ditemukan. Selain itu, tidak kecil kemungkinan pengunjung juga diarahkan ke laman yang tak sesuai dengan kebutuhannya.

4. Peringkat Tidak Menentu

Mendapatkan peringkat teratas di peramban bukan soal untung-untungan, melainkan tergantung pada usaha pengelolanya. Jadi, jika dengan membuat banyak konten yang memiliki kata kunci sama diharapkan bisa menaikkan peringkat, statement ini benar-benar keliru.

Pasalnya, jikapun salah satu laman di situs web Anda berhasil naik peringkat, hal tersebut tidak akan bertahan lama. Sebab, penentu peringkat atas laman web bukan hanya Google, melainkan para pengunjung internet juga.

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

Cara Identifikasi Keyword Cannibalization

Jika Anda baru mengelola situs web orang lain atau website lama dan menemukan beberapa masalah di atas, pastikan untuk siaga. 

Baca lebih lanjut  Apa itu Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Mengapa? Karena dengan membiarkan dampak akibat keyword cannibalization tadi secara terus-menerus bisa menimbulkan masalah lainnya. Untuk itu, Anda bisa mengecek ada tidaknya kata kunci kanibal di dalam situs web dengan cara identifikasi berikut ini:

1. Manfaatkan Google Search Console

Salah satu tool yang cukup mudah digunakan untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya kata kunci kanibal adalah Google Search Console. 

Untuk memanfaatkan alat ini, Anda bisa masuk ke menu “Performance”, kemudian masuk ke tab “Pages”. Selanjutnya, laman akan menampilkan list URL sesuai kata kunci yang Anda cari. Dengan begitu, ada tidaknya kata kunci kanibal dapat diketahui.

2. Lakukan Audit Konten

Cara kedua untuk mengidentifikasi keberadaan keyword kanibal adalah dengan melakukan audit konten. Untuk ini, Anda bisa mengamati konten keseluruhan dalam website secara langsung. Meskipun membutuhkan waktu lebih banyak. Cara ini cukup efektif sebab Anda bisa langsung menerapkan solusinya jika ditemukan kanibalisasi kata kunci.

3.  Gunakan SEMrush Position Tracking Tool

Cara lainnya untuk menemukan keyword kanibal di situs web Anda adalah dengan menggunakan SEMrush Position Tracking Tool. Salah satu alat terbaik untuk optimasi SEO ini bisa Anda gunakan dengan menggunakan fitur khusus pengecek kanibalisasi kata kunci.

Apabila dihasilkan skor 100%, bisa disimpulkan bahwa situs web yang dikelola bebas dari kata kunci kanibal. Sebaliknya, jika nilainya kurang dari 100%, Anda harus melakukan audit konten dan mencari solusi untuk itu. Namun, perlu diketahui bahwa fitur di alat ini bisa digunakan dengan berlangganan.

Solusi Mengatasi Kanibalisasi Kata Kunci dalam Situs Web

Jika dalam situs web Anda teridentifikasi adanya keyword kanibal, pastikan segera mengatasinya. Adapun solusi untuk meminimalisir dampaknya bisa dengan melakukan cara-cara di bawah ini:

Baca lebih lanjut  Fungsi KPI SEO: Pengertian dan Keberhasilan Optimalisasi Website Anda

1. Hapus Konten Halaman dengan Kata Kunci Kanibal

Solusi pertama bisa dikatakan paling mudah. Yang mana, Anda hanya harus menghapus beberapa konten sama dan menyisakan salah satunya. Supaya tidak berefek buruk pada situs web Anda, pastikan untuk menyisakan konten paling berkualitas dan menghapus sisanya.  

2. Optimasi Ulang Laman Web

Jika enggan menggunakan solusi pertama, Anda bisa melakukan optimasi ulang pada laman website. Maksudnya, siapkan beberapa konten dengan keyword sama, lalu revisi kembali isinya maupun kata kuncinya.

3. Mencari Keyword Lain yang Sesuai

Solusi lain jika pembahasan tidak perlu direvisi adalah mengganti kata kuncinya saja. Seperti diketahui, ada banyak kata kunci serupa tetapi tidak sama yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti. Anda bisa menggunakan tools khusus menemukan keyword ataupun memakai kolom pencarian Google.

4. Menggabungkan Dua Konten

Alternatif terakhir yang bisa dipakai untuk meminimalisir risiko kanibalisasi kata kunci adalah dengan menggabungkan dua konten. Namun sebelumnya, pastikan isi konten diperbaiki lebih dulu agar jumlah kata tetap pas dan bahasan berkualitas. Dengan begitu, pengunjung tidak akan menyesal masuk ke laman website Anda.

Sudah Paham Cara Mengatasi Keyword Cannibalization?

Dari bahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa keyword cannibalization adalah kata kunci biasa yang umum terdapat pada konten artikel. Namun, jumlah keberadaannya dalam satu website lebih dari satu sehingga bisa menimbulkan masalah besar jika dibiarkan.

Apabila saat ini Anda ingin mengidentifikasi atau mengoptimasi kembali konten di website yang dikelola, pastikan pahami dulu tekniknya. Sudahkah Anda paham?

Jika kesulitan memahaminya, Anda bisa menggunakan https://jasaahliseo.com/ untuk mengatasi masalah kata kunci kanibalisasi. Selain masalah itu, jasa ini juga bisa Anda pilih untuk mendapatkan strategi teknik SEO terbaik lainnya. Dapatkan kesempatan konsultasi gratis dengan hubungi 085694640209 sekarang juga! 

Optimalkan Website bisnis Anda di mesin pencari bersama JasaAhliseo.com! Sebagai penyedia Jasa SEO Tangerang terbaik, kami siap mengangkat website Anda ke halaman pertama Google. Bersama kami, kesuksesan online Anda hanyalah selangkah lagi!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us