Logo jasaahliseo

Organic Traffic: Pengertian, Keuntungan dan Cara Mendapatkannya

Organic Traffic Pengertian, Keuntungan dan Cara Mendapatkannya

Share:

Organic traffic dapat dikatakan sebagai kunci kenaikan peringkat suatu situs web. Hal ini dikarenakan, penilaian yang dilakukan mesin pencari maupun situs lainnya juga berdasarkan pada kualitas trafik organik.

Lantas, apa itu trafik organik?  Di ulasan berikut ini, Anda dapat menemukan pengertian dari salah satu pintu keberhasilan website ini. Selain itu, keuntungan dan cara mendapatkan trafik organik juga dapat Anda ketahui informasinya melalui ulasan ini. Jadi jangan lewatkan pembahasan berikut ini.

Pengertian Organic Traffic

Organic traffic adalah sebutan untuk jenis pengunjung yang masuk ke situs web Anda dengan cara organik. Artinya, pengunjung tersebut masuk ke situs web Anda secara alami tanpa adanya perantara. Adapun perantara yang dimaksud, contohnya adalah situs web Anda diiklankan di media sosial ataupun Google Ads.

Lebih jelasnya lagi, trafik organik ialah mereka yang masuk ke situs web Anda karena melihat situs web ada di results page. Tepatnya pada saat pengunjung ini mencari suatu informasi dan relevan dengan konten di website Anda.

Selain itu, organik trafik juga merujuk pada jenis pengunjung yang sengaja masuk ke sebuah situs web. Artinya, pengunjung tersebut menginput nama situs web di kolom pencarian langsung.

Keuntungan Mendapatkan Organic Traffic

Sebagai informasi, organik trafik tidak bisa didapatkan dengan mudah. Terlebih, bagian ini juga dipengaruhi oleh karakteristik konten dan kinerja mesin pencari. Sebagaimana hal lain yang sulit didapatkan dan kerap memberi banyak keuntungan, sifat trafik ini juga demikian. Jika Anda berhasil mendapatkannya, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa dirasakan:

  • Popularitas Situs Web Jadi Lebih Luas

Salah satu keuntungan jika situs web memiliki trafik organik dalam jumlah besar adalah meluasnya popularitas. Jelasnya, situs web Anda akan semakin dikenal oleh pengguna internet. Terutama orang-orang yang kerap mencari informasi dengan niche website Anda.

  • Otoritas Website Lebih Kuat

Keuntungan kedua, otoritas atau kepercayaan pengguna internet pada situs web Anda dipastikan makin kuat. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan otoritas website di mata mesin penelusur. Beruntungnya, pengguna bisa mendapatkan lebih banyak trafik organik.

  • Mendapatkan Lebih Banyak Konsumen

Jika situs web Anda dikelola untuk menjual barang perusahaan milik sendiri, akan ada lebih banyak konsumen yang bisa didapatkan. Keuntungan satu ini dapat dikatakan sebagai salah satu puncak keberhasilan pengelolaan situs web.

Baca lebih lanjut  Belajar SEO Terbaru Khusus Pemula (Update 2022)

Sementara itu, jika situs web dikelola untuk menjual barang di toko lain, misalnya Anda jadi affiliate, banyak benefit juga bisa didapatkan. Pasalnya, tidak sedikit orang yang berpeluang membeli barang jualan Anda di situs web. Terlebih jika review yang diberikan mengenai barang tersebut mampu menarik hati pengunjung.

  • Mudah Mendapatkan Peringkat Baik untuk Konten Lainnya

Meski mendapat keuntungan adalah puncak kesuksesan, hal tersebut bersifat tidak tetap. Jadi, ketika Anda sudah berhasil mendapatkan banyak trafik organik di bulan pertama, jangan lengah hanya karena sudah mendapatkan value lebih.

Sebaliknya, Anda perlu berusaha lagi buat mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Menariknya, jika Anda sudah punya organic traffic yang besar, peluang naik peringkat dapat dikatakan lebih mudah. Jadi, hanya diperlukan konsistensi pengelolaan yang baik dengan strategi terus diperbaiki.

  • Tidak Perlu Keluar Banyak Biaya

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari banyaknya trafik organik adalah mengurangi biaya-biaya tertentu. Maksudnya, ketika situs web hanya memiliki trafik kecil dari jenis non-organik, ada banyak hal yang perlu dioptimasi menggunakan banyak biaya.

Sementara itu, situs web yang memiliki organik trafik banyak dipastikan dapat mengoptimasi SEO-nya tanpa perlu banyak biaya.

Cara Mendapatkan Organic Traffic

Jika Anda tertarik mendapatkan trafik secara organik, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Optimalkan PPA

PPA atau People Also Ask adalah salah satu fitur Search Engine Results Page (SERP). Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan konten berisi pertanyaan dan jawaban yang sering dibutuhkan pengguna internet. 

Untuk diketahui, fitur ini dapat diisi dengan jawaban berupa tabel, video, ataupun teks saja. Hanya saja, pastikan pertanyaan yang dimasukkan termasuk spesifik, begitu juga dengan jawabannya.

Baca lebih lanjut  Inilah 3 Cara Agar Toko Online Banyak Pengunjung 

2. Gunakan Long Tail Keyword

Cara kedua untuk meningkatkan traffic organic ialah dengan menggunakan long tail keyword. Jenis kata kunci yang terbilang panjang ini mampu meningkatkan peluang konten Anda masuk SERP teratas.

Jika Anda belum tahu istilah yang kerap disebut LTK, ini merupakan kata kunci yang biasanya terdiri dari tiga kata. Namun, LTK juga lebih banyak hadir dalam kata kunci lebih panjang dan spesifik supaya mudah ditemukan.

3. Tingkatkan Kualitas Konten

Untuk mendapatkan trafik organik, pahami kebutuhan pembaca. Posisikan diri Anda sebagai orang yang sedang mencari suatu informasi. Dalam posisi tersebut, Anda pasti membutuhkan konten yang benar-benar spesifik dan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan ke kueri.

Mengingat hal itu, penting untuk memastikan situs web Anda juga memiliki konten-konten berkualitas. Yang mana, tiap-tiapnya punya bahasan sangat relevan dengan kata kunci yang disematkan.

4. Optimasi SEO

Cara selanjutnya untuk mendapatkan trafik organik ialah mengoptimalkan aspek SEO. Baik itu SEO on-page maupun SEO off page. Keduanya penting dilakukan agar peluang mendapatkan otoritas besar dari pengunjung maupun mesin jadi lebih tinggi.

Sebagai informasi, yang dimaksud SEO on page sendiri ialah pengoptimalan aspek konten dalam situs web. Misalnya, Anda sebaiknya menambahkan keyword utama dengan persentase tidak lebih dari 1%.

Kemudian, SEO on page juga perlu dimaksimalkan dengan menghadirkan gambar relevan. Lebih bagus lagi jika gambar tersebut punya resolusi sangat baik tetapi ukurannya tidak besar.

Sementara itu, SEO off page adalah hal-hal pengoptimalan yang bisa dilakukan di luar situs web. Contohnya, Anda dapat meminta pemilik website lain untuk mengirimkan backlink ke situs web. Selain itu, masih banyak lagi teknik SEO yang perlu Anda pelajari dan terapkan agar situs web lebih berkembang.

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

5. Promosikan Lewat Sosial Media

Salah satu strategi yang penting dilakukan guna meningkatkan organic traffic adalah mempromosikan situs web. Baik di internet langsung maupun lewat sosial media.

Pasalnya, orang tidak mungkin tahu adanya situs web Anda jika tidak diiklankan. Terlebih, menunggu adanya keajaiban yang membuat peringkat situs web naik ke tingkatan teratas dapat dikatakan tidak mungkin.

Siap Terapkan Strategi Meningkatkan Organic Traffic?

Setelah tahu informasi mengenai organic traffic, mulai dari pengertian, keuntungan, dan juga cara mendapatkannya. Anda tertarik menggunakan cara di atas untuk optimasi nilai trafik organik?

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi otoritas sebuah situs. Anda bisa saja mempelajarinya secara otodidak. Namun itu akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sebagai alternatif, para pengelola situs bisa memanfaatkan jasa penyedia jasa SEO. 

Saat ini ada banyak perusahaan jasa yang menawarkan pelayanan untuk peningkatan situs website. Salah satu yang terbaik adalah melalui www.jasaahliseo.com. Sebagai informasi dasar, ini merupakan penyedia jasa SEO terpercaya yang bisa Anda gunakan.

Melalui metode optimasi yang tepat, mampu menaikkan otoritas situs secara lebih tertarget. Anda tidak harus bingung untuk memulai. Mengapa? Karena sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ini, pengguna bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan contact person yang tertera di laman situs utama. Segera kunjungi www.jasaahliseo.com untuk membuat situs Anda lebih dipercaya.

Itu dia informasi mengenai trafik organik yang perlu Anda ketahui. Satu hal yang perlu Anda ingat, trafik organik akan terus berubah-ubah nilainya tergantung pada kondisi situs web Anda. Jadi, pastikan konsistensi agar nilainya terus membaik.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us