Logo jasaahliseo

Apa itu Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Link Building

Share:

Link building merupakan teknik search engine optimization (SEO) yang tidak hanya melibatkan satu situs web. Namun, beberapa website atau bahkan media lain yang juga penting dilibatkan dalam menerapkan strategi ini.

Untuk Anda yang ingin tahu selengkapnya mengenai teknik ini, simak informasi berikut. Di bawah ini juga akan dibahas mengenai apa saja manfaat penerapan teknik serta cara untuk melakukannya.

Pengertian Link Building

Berasal dari Bahasa Inggris yang artinya membangun tautan. Secara sederhana, link building dapat dimaknai sebagai teknik membangun link yang bisa memberikan keuntungan untuk situs web Anda. Dalam hal ini, tautan tersebut harus dioptimasi agar mengarah ke halaman konten ataupun beranda website Anda.

Lebih jelasnya, strategi SEO ini bertujuan untuk mendapatkan tautan balik atau backlink sebanyak-banyaknya dari situs lain. Namun, penting diperhatikan bahwa teknik pembangunan tautan ini juga harus hati-hati dan teliti. Jangan sampai teknik yang dilakukan dianggap sebagai spam atau pelanggaran oleh mesin pencari.

Jika itu terjadi, Google tidak akan segan memberikan penalti pada pelaku kecurangan dalam membangun link ini. Tak hanya itu, situs web Anda juga bisa sampai terblokir apabila kesalahan yang dilakukan tergolong sangat fatal.

Apa Saja Manfaat Link Building?

Usai mengetahui definisi dari istilah membangun tautan, Anda pasti penasaran dengan apa saja manfaatnya, bukan? Sebagai informasi, manfaat strategi ini akan menguntungkan pengguna dalam jangka waktu panjang. Apa saja manfaat tersebut?

1. Meningkatkan Jumlah Trafik

Secara tidak langsung, membangun link bisa termasuk bagian iklan. Pasalnya, Anda menyematkan nama domain yang dikelola pada konten artikel di situs lainnya. 

Dari itu, orang-orang yang tertarik dengan domain Anda karena suatu hal akan langsung klik link yang tertaut ke website. Secara otomatis, orang-orang tersebut akan menambah jumlah trafik situs Anda.

Baca lebih lanjut  5 Cara Install WordPress Menggunakan cPanel Mudah dan Cepat

Jika penempatan backlink untuk situs web yang dikelola terbilang tepat, bukan tidak mungkin hasil ini sangat besar. Lebih lanjut, situs web bisa lebih berkembang dengan adanya trafik tinggi.

2. Meyakinkan Kredibilitas Website

Bagaimana cara link building meyakinkan kredibilitas website? Untuk diketahui, tautan yang dipasang di tempat lain bisa meyakinkan audiens tentang seberapa kredibel website Anda karena beberapa faktor.

Yang pertama, tempat di mana link tersebut ada. Apabila situs web yang mengirimkan backlink terpercaya, orang-orang juga akan yakin mengenai kredibilitas website Anda. 

Faktor kedua, informasi konten relevan dengan situs web Anda. Jika pembaca mendapati hal tersebut, biasanya nama domain yang dikunjungi akan selalu diingat dan dikunjungi lain waktu.  

3. Mengecilkan Bounce Rate

Bounce rate merupakan kondisi di mana situs web Anda sering ditinggalkan pengunjung setelah masuk beberapa detik. Dari aktivitas tersebut, bisa disimpulkan jika user experience saat masuk ke website Anda termasuk kurang. Oleh karena itu, kualitas situs web Anda juga mengalami penurunan.

Namun, orang-orang yang masuk ke situs web Anda melalui tautan di domain lain biasanya akan beraktivitas lama di dalamnya. Alhasil, nilai bounce rate situs web Anda dipastikan makin kecil.

Selain pada domain lain, tautan yang dibangun di halaman konten lainnya juga bisa meminimalisir bounce rate. Pasalnya, informasi yang relevan dengan halaman sebelumnya bisa jadi menarik pembaca untuk terus menelusuri situs Anda.

4. Mendapatkan Prioritas dari Google

Memasang tautan di berbagai tempat, baik itu backlink, internal link, ataupun yang lainnya berpeluang memberi lebih banyak kepercayaan pada situs. Selama situsnya memiliki konten informatif dan terbukti berkualitas, Google juga akan memprioritaskan situs web Anda.

Untuk diketahui, keuntungan diprioritaskan Google adalah mendapatkan lebih banyak trafik, konten selalu diindex, hingga berpeluang masuk top rank Google. Jika keuntungan-keuntungan seperti tadi terus didapatkan, website Anda berpeluang lebih maju kedepannya.

Cara Melakukan Link Building yang Tepat

Mengetahui banyaknya manfaat dari membangun tautan, Anda mungkin tertarik untuk menerapkan strategi ini. Untuk melakukan teknik link building, pastikan menyimak caranya di bawah ini agar hasilnya maksimal:

Baca lebih lanjut  Apa Itu HTTPS? Pengertian, Fungsi,dan Jenis

1. Buat Konten Berkualitas dan Informatif

Apa pun teknik SEO-nya, jika konten dalam website Anda dirasa kurang berkualitas dan informatif menurut pembaca, hasilnya pasti kosong. Sebab, manfaat dasar teknik SEO hanya memperbesar peluang terindeks Google sehingga pengguna internet menemukan konten Anda. 

Jadi, bisa disimpulkan jika poin utama dalam membangun domain agar maju adalah menyiapkan konten yang informatif dan berkualitas. Setelahnya, Anda bisa memilih teknik untuk membangun link di situs web lain, konten lain, atau bahkan platform media sosial lainnya.

2. Lakukan Guest Blogging

Teknik kedua yang bisa dilakukan untuk membangun tautan adalah membuat blog tamu. Maksudnya, Anda bisa memanfaatkan situs web terbuka untuk membuat konten informatif. Lalu, menyematkan anchor dengan text link yang mengarah ke domain Anda.

Selain situs web terbuka (biasa disebut forum online), guest blogging juga dapat dilakukan di website yang jadi partner Anda.

3. Tulis Konten Review Produk atau Ulasan tentang Seseorang

Jika konten yang Anda tulis kesulitan mendapatkan approve atau tidak lolos kurasi, sebaiknya buat konten dengan tema spesifik. Contohnya, review produk yang sedang banyak dicari orang-orang saat ini, produk dari situs web, ataupun tentang pemilik website tersebut.

Konten yang mengarah ke informasi spesifik seperti ini berpeluang lebih besar untuk lolos kurasi. Jadi, konten dengan backlink yang mengarah ke situs web Anda akan diunggah dan manfaatnya bisa dirasakan.

4. Tulis Konten Relevan Satu Sama Lain dalam Website

Seperti diketahui, link building bukan hanya tentang menanam tautan balik di situs lain. Namun, istilah ini juga merujuk pada beberapa jenis tautan lainnya. Mulai dari tautan DoFollow, NoFollow, internal, dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kredibilitas situs, coba pasang tautan dalam konten. Tautan tersebut bisa ditujukan ke artikel lain dengan tema serupa yang relevan dengan konten sebelumnya. Seperti sempat disinggung pada ulasan di atas, cara ini dapat meminimalisir turunnya kualitas situs.  

5. Terapkan Strategi Ego Bait

Ego bait artinya memancing ego. Pada SEO sendiri, teknik tersebut merujuk pada strategi untuk menarik seseorang bertindak sesuai dengan keinginannya. Namun, hal tersebut dipengaruhi oleh Anda.

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Sebagai contoh, Anda bisa menggali informasi tentang pemilik situs web dengan melakukan wawancara pribadi. Kemudian, minta persetujuan untuk membuat konten mengenai wawancara tersebut. Jika berkualitas dan dianggap pantas, tanpa diminta, orang yang diwawancarai akan mengirimkan backlink ke situs web Anda.

6. Terapkan Broken Link Building

Broken link merupakan tautan link yang rusak sehingga tidak bisa menampilkan informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna internet. Tak jarang, link ini juga tidak bisa diakses oleh mesin penelusur.

Meskipun tampak tidak bermanfaat lagi, membangun link pada laman rusak tersebut bisa memberi keuntungan. Caranya dengan menghidupkan URL tersebut dan memasang backlink ke situs Anda.

Adapun langkah-langkah untuk menghidupkan broken link bisa dimulai dengan menganalisis tautan rusak. Jika terdapat halaman yang relevan dengan domain Anda, langsung saja siapkan konten baru yang sesuai dengan konten tersebut. Kemudian, hubungi pemilik situs web untuk mengganti link rusak dengan link konten Anda yang sudah dipasangi backlink.

7. Gunakan Tools Backlink

Cara lain untuk membangun tautan adalah menggunakan tools. Ada banyak alat untuk ini, salah satunya adalah Ahrefs. Dengan situs web tersebut, Anda bisa menemukan banyak website yang bisa digunakan untuk menanam backlink.

Dengan memilih salah satu atau beberapa rekomendasi dari Ahrefs, tautan balik yang dipasang pasti tidak sia-sia. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Yuk, Mulai Rencanakan Penerapan Strategi Link Building!

Dari informasi yang di atas, Anda bisa mengetahui seberapa besar manfaatnya strategi membangun tautan. Selain itu, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan teknik tersebut juga bisa dipelajari dari ulasan ini.

Banner Jasa Ahli SEO

Namun, beberapa dari Anda mungkin belum begitu paham akan teknik tadi. Bisa juga cukup paham dengan teorinya, tetapi tidak bisa mempraktekkannya.  Jika Anda salah satu yang merasakan hal demikian, sebaiknya gunakan jasa ahli SEO terlebih dulu.

Di www.jasaahliseo.com, ahli SEO berpengalaman bisa Anda temui dan berkonsultasi untuk membangun situs web Anda. Termasuk menerapkan strategi link building ini. Jadi, meningkatkan performa situs akan terasa lebih mudah dengan menggunakan jasa SEO ini.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us