Logo jasaahliseo

[LENGKAP] Tips Backlink Berkualitas Untuk Optimasi SEO

Backlink Berkualitas

Share:

Seorang blogger tidak terlepas dari teknik SEO, salah satunya dengan mendapatkan backlink berkualitas. Backlink akan sangat berpengaruh untuk mesin pencari. Dengan backlink, website milik Anda bisa menduduki posisi teratas pada mesin pencari.

Banyaknya link yang Anda miliki akan menunjang reputasi website dimata Google. Mesin pencari akan menganggap website tersebut mempunyai relevansi yang bagus. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa tips untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Definisi Backlink

Apa itu backlink? Backlink bisa dikatakan dengan sebuah link atau tautan yang berasal dari website yang ditujukan untuk mengunjungi website lain. Dengan adanya backlink, website tersebut dapat meningkatkan PageRank, SEO, dan SERP. Pencapaian ini dapat Anda dapatkan dari penggunaan backlink berkualitas.

Dengan backlink, search engine akan memberikan penilaian untuk website Anda sebagai situs yang kredibel. Jika sudah seperti ini, konten-konten yang Anda buat bisa dengan mudah menempati posisi paling atas pada halaman pencarian. 

Agar mendapatkan backlink yang berkualitas dan diminati oleh Google, Anda perlu mempelajari dan mempraktikkan tips-tips dibawah ini:

Kenali Tips Backlink Berkualitas

Mendapatkan tautan link berkualitas memang bukan perkara mudah. Terdapat beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan. Seperti sepuluh tips di bawah ini perlu Anda praktekkan agar mendapat backlink bermutu untuk menaikkan ranking situs:.

1.     Menjadi Penulis Tamu

Tips backlink berkualitas yang pertama yaitu Anda bisa menjadi penulis tamu atau guest blogging. Cara ini dirasa sangat efektif untuk menarik pembaca dan pengunjung baru. Tidak perlu khawatir, kini sudah banyak situs terkenal yang menyediakan wadah sebagai penulis tamu.

Baca lebih lanjut  Begini Cara Kerja SEO Off Page yang Wajib Kamu Tahu di Tahun 2024

Tidak sembarangan, tentunya terdapat kriteria dan persyaratan tersendiri yang diberikan oleh situs penyedia. Dengan Anda menyumbang tulisan pada website terkenal itu, maka pembaca website tersebut akan melirik tulisan Anda. Momen ini bisa dijadikan kesempatan untuk menyisipkan backlink kemudian diarahkan ke website milik Anda.

2.     Tinggalkan Komentar di Website yang Berkualitas

Tips kedua untuk backlink berkualitas yaitu dengan meninggalkan komentar pada website yang terkenal dan berkualitas. Misalnya website berita atau website yang mempunyai topic sama dengan konten yang Anda buat.

Ketika meninggalkan komentar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Komentar harus dengan cara yang baik dan memiliki etika. Dengan kegiatan blogging semacam ini, bisa menjadi kesempatan untuk berinteraksi dan memberikan kontribusi dalam memberikan saran atau pendapat. 

Pada komentar yang Anda tinggalkan, bisa diselipkan tautan untuk diarahkan ke website milik Anda. tujuan backlink ini supaya pembaca mendapatkan referensi lain dan tambahan informasi.

3.     Menyusun Infografis

Tips berikutnya sedikit berbeda dengan tips-tips di atas dimana pada tips sebelumnya lebih fokus pada pembuatan tulisan dan cenderung menghabiskan waktu. Untuk tips yang satu ini lebih ke kreativitas dan tidak sulit untuk dilakukan yakni menyusun infografis.

Menyusun infografis adalah kegiatan dimana Anda diminta untuk mengemas informasi dalam bentuk gambar yang unik dan menarik. Isi dari infografis tersebut berupa konten yang simple untuk dibaca dan dipahami. Konten yang menarik ini akan mengundang website lain untuk berkunjung.

Website yang kredibel akan menyisipkan link kepada kreator pembuat infografis. Anda tidak perlu berperan sebagai desainer profesional dalam membuat infografis. Bisa dengan memanfaatkan tools yang sudah tersedia pada search engine.

4.     Menulis di Platform Content Sharing

Tips mudah selanjutnya yakni dengan mempublikasikan tulisan di platform content sharing. Anda dapat menyisipkan beberapa link website agar pembaca berkunjung ke situs milik Anda.

Untuk cara menulisnya sendiri yaitu dengan menggunakan tema artikel yang masih berkaitan dan letakkan link artikel yang diinginkan. Jika sudah, Anda akan memperoleh backlink dari platform content sharing

Baca lebih lanjut  Tips Meningkatkan Otoritas situs dengan Backlink Gratis Berkualitas

5.     Ciptakan Konten Asli, Unik, Lengkap, dan Solutif

Agar website lebih diminati oleh pengunjung, usahakan untuk membuat konten yang asli, unik, lengkap, dan solutif. Dengan begitu, website yang Anda kelola akan dianggap kredibel.

Dengan kriteria konten di atas, pembaca akan merasa puas dan besar kemungkinan para pengunjung akan menyebarkan konten Anda pada platform media sosialnya. Dengan konten yang berkualitas, tidak jarang beberapa pengunjung akan menjadikan konten sebagai referensi dan ide untuk dituliskan pada konten yang serupa.

6.     Berikan Testimoni

Tips lain yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan backlink berkualitas yaitu memberikan testimoni untuk sebuah bisnis. Secara umum, perusahaan sangat membutuhkan testimoni dari pelanggan sebagai bukti bahwa produk perusahaan tersebut berkualitas dan banyak diminati.

Tidak jarang testimoni akan ditampilkan pada bagian halaman depan website khusus yang ditujukan untuk pengguna yang sukses memakai produk dari perusahaan tersebut. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan cara memilih produk yang berguna untuk membantu perkembangan website atau bisnis rintisan Anda.

Jika Anda merasa puas, berikan testimoni untuk perusahaan dan sebagai imbalannya Anda akan mendapatkan backlink. Perhatikan juga ketika memilih website, pastikan website tersebut memiliki domain authority yang tinggi.

7.     Benahi Broken Link dan Rekomendasikan Website

Cara membenahi link yang rusak disini yaitu dengan cara mencari konten populer kemudian memindai semua link yang ada. Jika terdapat tautan yang rusak maka Anda bisa menghubungi pemiliknya dan membuat laporan.

Agar mendapatkan backlink, Anda bisa menawarkan link website milik Anda untuk menggantikan link yang rusak, tapi ingat konten harus relevan. Dengan begitu, pemilik situs akan mempertimbangkan sebab hal ini akan sangat membantu.

Tidak lupa untuk memperhatikan etika dalam penyampaian laporan, yaitu dengan menjabarkan secara jelas pada bagian mana posisi tautan yang rusak. 

8.     Lakukan Kerjasama

Konten berkualitas dirasa masih belum cukup untuk mendapatkan backlink berkualitas. Anda perlu menerapkan cara promosi yang baik dan benar untuk mendapatkannya. Kerjasama bersama influencer bisa menjadi pilihan untuk strategi promosi. 

Baca lebih lanjut  Simak 6 Cara Website Muncul di Google Agar Mudah ditemukan

Dengan menyepakati harga pasar, influencer akan membagikan konten milik Anda pada media sosial atau media promosi lainnya.

Jika bekerjasama dengan influencer dengan pengikut ratusan hingga jutaan cukup membebani, Anda bisa menjalin kerjasama dengan influencer dengan pengikut 1000 hingga 10.000. Tidak hanya harga terjangkau, umumnya pengikut tersebut lebih menguntungkan. Atau bisa juga kerjasama dengan sistem barter atau melakukan kolaborasi sehingga akan sama-sama menguntungkan.

9.     Backlink dengan Anchor Text Bisa digunakan

Umumnya penggunaan anchor text disesuaikan dengan kata kunci yang digunakan. Seperti contoh, jika kata kunci konten Anda “tips membangun website”, Anda bisa menggunakan kata-kata tersebut sebagai anchor text pada external link. Selain itu, bisa juga dengan kata kunci terkait seperti “membangun website”, “tips menjadi blogger”, dan sebagainya.

Perlu diperhatikan untuk tidak melakukan stuffing kata kunci dalam konten yang akan dijadikan backlink. Hal ini dikarenakan stuffing pada kata kunci termasuk ke dalam tindakan illegal menurut Google, jadi jangan gunakan teknik ini.

10.    Pantau Sumber Backlink Pesaing

Tips terakhir untuk mendapatkan backlink berkualitas yakni dengan sering memantau sumber backlink pesaing. Bisa dengan memanfaatkan beberapa tools seperti Moz, Ahrefs, Alexa, dan beberapa tools lainnya. Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengetahui asal backlink yang didapatkan oleh pesaing.

Kemudian, Anda bisa melakukan analisa dan evaluasi dari informasi yang sudah didapatkan. Contohnya, Anda melakukan reach out ke website yang memberikan backlink ke blog pesaing, kemudian meminta untuk diarahkan ke website milik Anda dengan alasan website Anda memiliki konten ter-update dan lebih unggul.

Deretan tips di atas dirasa cukup ampuh untuk memperoleh backlink berkualitas. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan website serta mendapatkan penghasilan lebih. Pencapaian lain yang bisa Anda dapatkan yaitu konten yang sudah dibuat mampu menduduki posisi teratas mesin pencarian seperti Google dan Bing.

Banner Jasa Ahli SEO

Masih Bingung Mengenai Tips SEO Backlink Berkualitas?

Algoritma Google yang seringkali berubah memaksa para pengelola situs harus mampu mempelajari teknik SEO terbaik guna memenangkan halaman teratas. Namun sayangnya tidak semua orang mau mempelajarinya. Jika Anda merasa kesulitan, tiada salahnya berkonsultasi pada penyedia jasa SEO.

Salah satu nama yang menjadi rekomendasi adalah melalui www.jasaahliseo.com. Mengapa harus memilih jasa ini? Adapun keuntungan yang bisa pengguna dapatkan adalah, pelayanan ramah, pengerjaan cepat, dan dikerjakan dengan para tim handal yang terbukti berpengalaman. Dengan teknik optimasi yang tetap dan mengikuti algoritma mesin pencarian, situs Anda akan memiliki performa yang lebih baik.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us