Logo jasaahliseo

Apa itu SEO On Page: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Bagaimana Cara Optimasinya 

SEO on page

Share:

SEO on page merupakan salah satu kunci kesuksesan website. Istilah ini merujuk pada teknik optimasi search engine yang dilakukan pada dalam laman situsnya. Menerapkan teknik optimasi ini bertujuan memastikan website bisa berada di halaman pertama dan mendorong adanya trafik tinggi.

Tak jarang juga, teknik SEO ini diterapkan guna memaksimalkan pengalaman pengguna. Pasalnya, tingkatan baik buruknya pengalaman para pengunjung situs adalah salah satu indikasi mutlak yang menentukan rangkingnya. Untuk informasi selengkapnya tentang teknik ini, simak di bawah ini!

Pengertian SEO On Page

SEO on page adalah praktik search engine optimization yang melibatkan semua aspek dalam konten. Mulai dari kata kunci utama yang jadi fokus dalam kontennya. Tatanan tulisan yang terdiri dari judul, sub judul, dan isi. Termasuk juga gambar, tautan internal, sampai URL konten tersebut.

Pada masing-masing hal tadi perlu dioptimasi dengan tujuan memudahkan terjadinya proses indexing. Lebih lanjut, konten tersebut diharapkan bisa berada di halaman pertama dan mendapatkan banyak kunjungan.

Mengapa SEO On Page Penting?

Visi utama dari penerapan teknik SEO on page ialah menaikkan peringkat website di halaman penelusuran. Sementara itu, pemeringkatan suatu konten di mesin pencari Google ditentukan oleh kekuatan SEO. Adapun faktor terbesar yang dapat menguatkan SEO ialah pengalaman pengguna.

Untuk memastikan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat menjelajah situs web Anda, salah satu caranya adalah menerapkan SEO on-page. Pasalnya, konten yang dibuat dengan mengutamakan kebermanfaatannya untuk orang-orang lebih sering dilirik oleh Google. Namun, konten tersebut harus tetap memberikan sinyal khusus, yakni dengan menggunakan teknik-teknik tertentu.

Baca juga ini: Tips Optimasi SEO On-Page Untuk Meningkatkan Ranking Website

Manfaat Utama SEO On Page

Secara garis besar, jenis SEO ini dapat memastikan halaman konten lebih nyaman dilihat oleh pengguna. Selain karena tatanan yang rapi, akses ke situs juga cepat, dan informasi yang tertera lebih mudah dipahami. 

Baca lebih lanjut  [LENGKAP] Tips Backlink Berkualitas Untuk Optimasi SEO

1. Tampilan Website Lebih Nyaman Dilihat 

Sebagaimana disinggung sebelumnya, tampilan situs menjadi salah satu manfaat utama yang akan dirasakan pengguna saat masuk ke website Anda. Dengan halaman yang nyaman dilihat, pengguna akan lebih lama berada di situs dan membaca lebih banyak informasi yang disajikan. 

2. Meningkatkan Kecepatan Website 

Menerapkan on page SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan situs web. Hal tersebut nantinya bisa memudahkan website masuk peringkat teratas di halaman pencarian. Semakin baik kualitas on-page SEO maka kecepatannya juga akan meningkat. Manfaat ini juga cukup dirasakan oleh pengguna.

3. Mensukseskan Kampanye 

Manfaat ketiga dari penerapan teknik SEO on-page adalah mensukseskan kampanye. Hal ini dikarenakan, Anda memperhatikan kualitas konten yang diproduksi. Dengan demikian, konten tersebut bisa lebih mudah dicerna pembaca. Lebih lanjut, mereka juga bisa mengetahui hal-hal seputar bisnis Anda secara lebih baik. Berikutnya, memungkinkan konversi website yang lebih besar.

Baca juga ini: Pengertian SEO Off Page dan Apa bedanya dengan SEO On Page

4. Meningkatkan Brand Awareness

Proses optimasi SEO on page juga bisa mempengaruhi tingkat awareness bisnis Anda. Pasalnya, semakin baik kualitasnya maka trafiknya dipastikan meningkat. Hal tersebut kemudian mendorong adanya peningkatan otoritas. 

Dari besarnya otoritas ini, situs bisnis semakin dikenal oleh publik. Apalagi jika situs Anda senantiasa memberikan konten informatif sehingga selalu menduduki posisi pertama di halaman hasil penelusuran.

Jenis dan Cara Optimasi SEO On Page 

Sebelumnya telah disebutkan jika optimasi SEO on page meliputi banyak aspek dalam konten. Adapun aspek-aspek yang dimaksud mencakup isi konten secara keseluruhan, permalink, judul, gambar, dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya, yuk, di bawah ini!

1. Pastikan Menyajikan Konten Berkualitas 

Jenis SEO on-page pertama yang penting dioptimasi adalah konten. Aspek ini penting diperhatikan kualitasnya. Lantas, bagaimana konten yang berkualitas dan solutif?

Konten berkualitas adalah jawaban yang dicari pengguna situs. Jelasnya, Anda perlu menyajikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan audiens. 

Ketika menggunakan judul “resep memasak udang renyah dalam waktu 20 menit”, misalnya. Maka dari itu, Anda bertanggung jawab untuk memberikan tutorial memasak yang benar-benar bisa menjadikan udang renyah dalam 20 menit.

Google sangat memperhatikan kualitas tiap konten yang ada. Selain itu, respons audiens saat memasuki website Anda juga dapat memengaruhi penilaiannya mengenai kualitas konten.

2. Sederhanakan Permalink agar Mudah Terbaca

Permalink atau URL (Uniform Resource Locator) adalah indikator utama dalam optimasi on page SEO. Pasalnya, makin mudah aspek ini dibaca audiens ataupun mesin pencari maka kemungkinannya muncul di halaman pertama jauh lebih tinggi. 

Adapun permalink paling ideal ialah menggunakan kata kunci utama. Contohnya, “www.contohsitusanda.com/contoh-url-sederhana”. Namun, jika Anda menggunakan WordPress, otomatis harus senantiasa mengubahnya secara mandiri.

Caranya, buka “Setting” dan masuk ke menu “Permalink”. Lalu, ubah strukturnya dengan memilih “Post Name” dan “Save”. Dengan langkah ini, konten-konten Anda bisa memiliki URL yang lebih sederhana dan mudah dibaca.

Baca lebih lanjut  SEO Link Building: Panduan Terlengkap Khusus Pemula (Edisi 2024)

3. Optimalkan Pengaruh Judul Konten

Judul jadi salah satu faktor utama yang bisa mendorong orang masuk ke suatu konten. Oleh karena itu, pastikan elemen ini dibuat menarik agar pengunjung bisa tertarik. 

Umumnya, judul yang terlihat menarik selalu menggunakan kata-kata sifat yang menjanjikan. Contohnya, “Pasti Berhasil! Ini Cara Dapat Gaji 2 Digit dalam Sebulan Hanya dari Rumah”. Ketika orang-orang mencari informasi dengan kata kunci “cara dapat gaji 2 digit”, konten berjudul tadi berpeluang dapat banyak kunjungan. 

Selain itu, optimalkan penggunaan judul, juga bisa dilengkapi dengan angka. Seperti “5 Langkah Mudah Memperbaiki Rangking Website”. 

4. Sebaiknya Menggunakan Konten Pilar dan Sesuaikan dengan Kebutuhan 

Jumlah kata dalam tiap konten juga jadi jenis on-page SEO yang perlu diperhatikan. Meskipun tidak ada aturan pasti mengenai jumlah kata yang ideal untuk tiap kata kunci, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Misalnya konten tutorial dan informasi tentang sesuatu sebaiknya di atas 1000 kata atau konten pilar. Tujuannya agar informasi yang terdapat dalam konten lebih padat dan sesuai dengan kebutuhan audiens.

Meski begitu, jenis konten ini tidak sesuai untuk beberapa tulisan trend atau viral. Kebanyakan orang menggunakan  jumlah kata sebanyak 300 kata sampai 500 kata sudah cukup ideal. 

5. Taruh Kata Kunci Utama di 100 Kata Pertama

Untuk penggunaan kata kunci utama, Anda sebaiknya menaruh di 100 kata pertama dalam konten. Namun, menurut praktisi SEO lainnya, posisi terbaik untuk menaruh kata kunci utama adalah kalimat pertama. Penempatan tersebut bisa menjadikan Yoast SEO hijau semua atau bisa gunakan rankmath juga.

Namun, tidak semua kata kunci cocok ditempatkan di kalimat pertama ataupun 100 kata pertama. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan merujuk pada beberapa ahli SEO lain yang tidak begitu mengutamakan teknik menempatkan kata kunci.

6. Gunakan Gambar atau Video yang Sesuai 

Konten dengan isi teks saja sebetulnya dapat memberikan efek positif. Seperti proses memuat yang lebih cepat. Namun, beberapa audiens mungkin merasa tidak puas dengan konten tersebut.

Mengingat SEO on page mengutamakan pengalaman pengguna maka Anda sebaiknya menambahkan visualisasi. Baik dalam bentuk gambar ataupun video. 

Namun, pastikan bentuk visualisasi tersebut sesuai dengan isi konten. Selain itu, gunakan juga visualisasi yang berkualitas tetapi ringan ukurannya agar tidak menjadikan situs web lambat dalam memuat. 

7. Pilih Tema Situs Web yang Mobile Friendly 

Tema situs web cukup menentukan seberapa cepat kemampuan membuka laman. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk tidak asal memilih template website. Pastikan memilih tema yang menawarkan kecepatan memuat. 

Bila perlu, Anda bisa mencari tema dengan fitur mobile friendly. Pasalnya, jenis tema tersebut terbilang paling responsif diantara yang lainnya.

8. Internal Link: Taruh di Kata Kunci Turunan 

Selain memilih tema responsif, Anda juga sebaiknya menaruh internal link dalam konten. Jenis SEO on page satu ini dapat membantu pengguna untuk menemukan konten-konten yang berhubungan dengan tulisan yang sedang dibaca. Yang mana, konten tersebut relevan dan dibutuhkan juga olehnya.

Baca lebih lanjut  5 Manfaat Jasa SEO untuk Tingkatkan Keuntungan Penjualan

Namun, pastikan internal link ditaruh di kata kunci yang bukan main keyword. Contohnya, jika konten menggunakan kata kunci “sepatu perempuan”, link internal bisa ditaruh di “sepatu perempuan pantofel”. Menaruh kata kunci tersebut  dapat membantu pengguna menemukan informasi tentang pantofel secara lebih cepat.

9. Tautkan Outbound Link ke Situs Terpercaya 

Setiap konten yang Anda unggah ke situs web sebaiknya tidak asal dibuat dengan mengandalkan pengetahuan ataupun opini pribadi. Anda bisa merujuk pada beberapa situs terpercaya. Selanjutnya, menggunakan situs tersebut untuk dijadikan outbound link.

Dengan adanya elemen tersebut, konten yang Anda hadirkan akan lebih terpercaya. Peringkat situs web Anda juga bisa meningkat berkat sumber kredibel yang digunakan.

10. Gunakan  LSI Keyword secara Maksimal agar Tidak Boom Diksi 

Kata kunci utama dalam setiap konten sebaiknya diulang-ulang. Namun, ada aturan mengenai jumlah maksimumnya. 

Menurut sebagian ahli SEO, jumlah kata kunci utama cukup dua kali disebutkan. Sementara itu, ahli lainnya berpendapat bahwa kata kunci utama harus disebut sebanyak 1% dari jumlah kata keseluruhan. 

Kendati berbeda dalam hal jumlah maksimumnya, mereka sependapat bahwa kata kunci utama tidak boleh diulang berlebihan. Sebab serupa dengan kata lainnya, jika terlalu banyak, konten akan terasa kurang natural. 

Untuk menyiasatinya, gunakan LSI (Latent Semantic Indexing). Jenis kata kunci ini tidak sama seperti kata kunci utama ataupun kata kunci turunan. Namun, kata-katanya relevan dengan kata kunci utama. 

Contohnya, jika kata kunci utamanya adalah “pakaian muslimah”, Anda bisa menggunakan LSI keyword “gamis perempuan”, “dress muslimah”, dan sebagainya. Meskipun berbeda kata, maksud dari kata tersebut tetap merujuk pada hal serupa.

11. Ubah Pengaturan Link Jadi Open in New Tab

Audiens biasanya akan menekan tombol kembali jika suatu link yang dibukanya membawanya ke laman yang tidak relevan. Hal tersebut tentu saja merugikan situs web Anda sebab bisa meningkatkan bounce rate. 

Untuk itu, Anda perlu menerapkan pengaturan open in new tab agar link yang ditekan dibuka di tab lainnya. Bagi pengguna WordPress, pengubahan aturan ini bisa dilakukan di menu “Setting”.

12.  Pastikan Waktu Kecepatan Website Memuat Kurang dari 3 Detik

Kecepatan situs web sangat menentukan baik buruknya pengalaman pengguna. Sementara itu, disebutkan oleh beberapa praktisi SEO bahwa situs web yang baik bisa memuat dalam waktu kurang dari 3 detik. 

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kecepatan memuatnya sesuai dengan anjuran para praktisi. Sebelumnya, Anda bisa mengecek kecepatan situs web yang dikelola dengan menggunakan Google PageSpeed Insight. 

Jika lebih dari 3 detik, Anda perlu mengoptimasi SEO di situs web dengan menerapkan beberapa cara. Baik yang disarankan oleh topls tersebut ataupun menggunakan jasa SEO.

SEO On Page Menentukan Otoritas Website, Maksimalkan dengan Jasa SEO untuk Meningkatkan Kredibilitasnya

Pada intinya, SEO on page adalah teknik untuk memastikan halaman konten Anda memberikan kenyamanan bagi audiens. Adapun manfaatnya tidak sampai meningkatkan user experience saja. Akan tetapi, peringkat situs web dan jumlah konversi juga bisa naik.

Adapun untuk mengoptimasi SEO ini, ada cukup banyak aspek yang perlu diperhatikan. Jenis-jenis on page SEO di atas adalah sebagian diantaranya. 

Jika Anda ingin menerapkan teknik ini secara lebih kompleks dan menyeluruh, sebaiknya gunakan Jasa Ahli SEO. Kami adalah penyedia layanan jasa profesional yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk setiap klien. 

Jasa SEO Murah

Dilengkapi dengan pemahaman teknik yang mendalam untuk membuat situs Anda masuk jajaran web berkualitas. Didukung dengan team handal untuk pengerjaan web design, profesional Jasa SEO, hingga profesional advertising. 

Ulasan di atas mungkin bisa Anda pelajari secara mandiri namun membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, percayakan keberhasilan situs Anda jasa SEO terpercaya di www.jasaahliseo.com. Anda bisa memilih paket pengerjaan sesuai dengan kebutuhan dan kendala website yang dialami. 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us