JasaAhliSEO

Cara SEO Audit Website yang Baik dan Benar Terbaru

Cara SEO Audit Website Yang Baik Dan Benar – Terbaru Dan Lengkap

Seperti kendaraan mobil, website juga butuh di servis juga secara rutin. Servis rutin ini biasanya disebut dengan audit website.

Dengan audit website anda bisa tahu, mana yang harus diperbaiki ataupun perlu tahu mana yang perlu ditingkatkan lagi, sehingga website menjadi sehat dan dapat meningkatkan trafik dengan organik.

Jika website anda bermasalah jika sedang di cek kesehatan website anda, artinya website anda perlu disembuhkan, apakah kamu tahu cara cek kesehatan website anda seperti apa?

Yuk mari kita pelajari beberapa hal yang harus kamu tahu, apakah website anda merupakan website yang sehat atau tidak.

 

Pengertian audit website

Sesuai dengan namanya, audit website adalah proses evaluasi website secara menyeluruh terhadap kualitas website. Terutama pada teknis, user experience, serta hasil optimasi SEO.

Kegiatan ini biasanya disebut sebagai uji coba atau testing pada website, sehingga hasil uji coba atau testing pada website dapat memperbaiki kekurangan pada sebuah website. Salah satu contoh yang sering ditemukan ketika sedang menguji website atau testing website yaitu link yang error, kecepatan loading website, dan kalimat yang typo.

Mirip seperti kendaraan bukan? Dengan proses audit website, ketika sedang melakukan proses SEO, salah satu hal penting yang biasanya dilakukan yaitu audit website, agar seorang SEO bisa mempersiapkan atau membuat strategi SEO yang tepat untuk website anda.

Cara mudah untuk bisa mendapatkan ranking satu google, google selalu menyarankan untuk membuat website yang benar-benar sehat, maka dari itu mengapa teknik SEO itu sangat penting untuk sebuah website yang baru atau website yang ingin dioptimasi menjadi sebuah website yang disukai google.

 

Jenis-Jenis Audit website

Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa untuk servis sebuah website sangatlah penting, karena itu anda perlu melakukan pengoptimalan website dengan audit website, berikut ini jenis-jenis audit website yang bisa anda gunakan untuk menganalisis audit website anda:

 

1. Technical audit

Jenis site audit pertama yang bisa dilakukan seorang SEO adalah technical audit. Technical audit berfokus pada praktik-praktik terbaik yang dapat meningkatkan visibilitas website anda. 

Tidak hanya itu, proses technical audit ini dapat memastikan bahwa situs website perusahaan telah memenuhi semua syarat yang dapat memudahkan proses crawling dan indexing.

 

2. Content audit

Jenis site audit selanjutnya yaitu content audit. Hal yang perlu kamu ketahui pada content audit yaitu. Content audit bersifat penting untuk mengevaluasi konsistensi brand, terutama untuk perusahaan yang sedang melakukan akuisisi atau merger. 

Selama proses audit ini, marketer tidak hanya mengevaluasi konten yang sudah mencerminkan identitas brand, tetapi, juga mengidentifikasi konten apa yang tepat untuk brand anda, agar website memiliki tujuan utama pada.

 

3. SEO audit

Sesuai dengan judulnya, jenis auditing ini mengukur seberapa baik kualitas SEO yang dimiliki situs website anda sehingga, Proses evaluasi dapat mencakup analisis penggunaan keyword, link profiles, perilaku traffic dalam situs, target konversi, dan metadata.

Selain itu, terdapat juga banyak aspek teknis lainnya yang akan melewati proses audit website anda.

 

Manfaat Site Audit untuk sebuah website


Pertanyaan yang mungkin anda akan tanyakan kepada saya yaitu, Apa manfaatnya site audit untuk kita semua sebagai pemilik website? Berikut ini manfaat dari audit website:

 

1. Meningkatkan performa website

Ketika anda sudah mengevaluasi sebuah website, anda anda tahu apa yang harus anda lakukan pada website anda, sehingga akan berdampak meningkatkan performa website.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab, proses website audit secara langsung menganalisis performa pada  framework dan infrastruktur situs. Hingga mendapatkan hasil,, pengalaman yang baik pada pengguna situs  website.

 

2. Memperbaiki kualitas conversion rate website

Sejujurnya, cara terbaik untuk mengkonversi audiens menjadi pelanggan tetap adalah dengan memiliki performa situs web yang sangat bagus. Bila pengalaman pengguna di situs itu bagus, maka, angka conversion rate dalam situs web dapat meningkat secara drastis.

 

3. Kualitas SEO

Site audit juga dapat meningkatkan kualitas dari SEO sebuah website. karena proses audit dapat mengidentifikasi kualitas SEO dalam situs secara efektif tanpa melewatkan satu aspek yang bermasalah.

Selain itu, proses audit juga dapat memberikan solusi atas semua masalah SEO yang dimiliki website. Hal ini secara tidak langsung memudahkan marketer.

 

Beberapa Cara terbaik untuk Melakukan Audit Website

 

1. Cek Navigasi

Pentingnya untuk selalu cek Navigasi. Tanpa navigasi, pengunjung website pasti kesulitan mencari arahan yang ia inginkan. Sehingga mereka akan kebingungan dan akhirnya lebih ]pergi dari website Anda. Maka dari itu, penting bagi website Anda untuk memiliki navigasi yang jelas dan mudah dipahami.

Untuk melakukan audit website pada menu navigasi, anda harus mengecek beberapa hal yang harus anda tahu:
Apakah menu navigasi anda sudah mengarahkan ke halaman penting anda?
Apakah menu navigasi tersebut sudah dipenuhi dengan hal-hal yang tidak penting?
Apakah menu navigasi tersebut, sudah memudahkan pengunjung untuk menghubungi anda?

Jika kamu lebih banyak menjawab tidak artinya menu navigasi website anda perlu di rombak lagi.


2. Pastikan Tampilan Responsif Mobile anda Friendly

Faktanya hampir 53% semua pengguna internet menggunakan HP atau perangkat mobile. Jadi bisa dikatakan jika website anda tidak ramah, maka dari itu anda bisa kehilangan banyak pengunjung setiap hari terhadap perangkat HP.

Kalau begitu anda bisa mengecek, apakah website anda sudah mobile friendly dengan tools gratis dari google yaitu Mobile-Friendly Test. anda hanya memasukan alamat website anda dan tunggu beberapa detik.

Jika anda mendapatkan hasil yang seperti gambar diatas, maka website anda sudah mobile friendly. Jika belum artinya anda perlu melakukan perbaikan pada responsif mobile anda.

 

3. Cek Desain

Desain yang bagus menurut google adalah desain yang simple dan mudah dimengerti oleh banyak orang, oleh karena itu jika anda sedang memilih desain website anda? Buatlah desain yang sesimple mungkin untuk website anda, agar pengunjung yang datang pada website anda, akan lebih nyaman dan bisa bertahan lebih lama pada website anda.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda sedang menganalisa audit website anda:

Pop-up dan Iklan yang mengganggu pengunjung

Menggunakan Pop-up tidak selalu salah, tetapi jika anda menggunakan pop-up yang terlalu banyak atau pop-up yang terus bermunculan, akan sangat terganggu bagi sang pengunjung anda.

 

Tulisan yang tidak nyaman

Jangan sampai pengunjung anda yang sudah berada di website anda, mereka tidak bisa membaca teks yang anda tulis.
Atau mungkin saja font anda yang memiliki ukuran terlalu kecil, teks yang terlalu pedek atau terlalu panjang, menulis teks yang terlalu banyak salah tulisan  ejaan yang salah, ini merupakan kesalahan yang harus cepat anda perbaiki jika ada yang salah pada teks anda.

Oleh karena itu buatlah sebuah teks yang baik dan benar, gunakan jenis font yang tepat, ukuran font tepat, serta gaya bacaan yang nyaman di baca oleh sang pengunjung anda.

 

Call To Action yang membingungkan

Call to action(CTA) adalah instruksi pada website yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan sesuatu. Contohnya, “Belanja Sekarang!” atau “Klik untuk Subscribe!” ,”Buy Now” tiga contoh tersebut sangat jelas maksudnya, kan?

Sementara CTA yang membingungkan itu merupakan arahan yang tidak jelas contohnya  “Klik Disini untuk Melanjutkan”. Melanjutkan kemana? Untuk apa kita harus mengunjungi CTA tersebut? Tentunya akan sangat membingungkan bukan?

Sehingga dampaknya pengunjung akan ragu untuk membeli produk yang anda tawarkan, bisa berefek pada conversion rate anda. Oleh karena itu buat CTA yang jelas agar pengunjung anda dapat mengerti arahan manakah yang akan dituju.

 

4. Cek robots .txt dan Sitemap XML

Tidak kalah pentingnya untuk selalu cek robot.txt dan sitemap xml karena sangat berpengaruh pada proses indeks google, jika halaman kita bisa cepat di index oleh google maka cepat juga website anda dapat dimudahkan oleh banyak orang.

Robots.txt merupakan file yang berfungsi untuk memberitahu Google mengenai halaman mana yang perlu dan tidak perlu diindeks. Sedangkan, sitemap XML adalah file yang berisi daftar halaman website Anda sehingga Google bisa lebih mudah menemukan halaman anda.

Bisa dikatakan, robots.txt dan sitemap adalah dua file yang wajib ada di setiap website. Kenapa? kedua file tersebut bisa mempercepat website Anda masuk ke index Google. Sehingga website Anda bisa muncul di hasil pencarian saat pengguna mencarinya.

 

5. Pastikan anda menggunakan HTTPS

“S” dalam HTTPS adalah singkatan dari secure yang berarti aman. HTTPS meng-enkripsi pertukaran data antara website Anda dengan pengunjung menggunakan teknologi bernama SSL.  Hasilnya, orang yang tidak ber tak akan bisa ikut campur dalam proses transfer data. Dengan kata lain, HTTPS mencegah hacker mencuri data atau menyuntikkan virus berbahaya di data server Anda.

Website yang sudah menggunakan HTTPS URL-nya akan menjadi https:// alih-alih hanya http:// biasa. Selain itu, akan muncul ikon gembok di samping kolom URL browser Anda seperti ini:

Jika website anda sudah ada muncul ikon gembok artinya website anda sudah sangat aman. Jika belum anda perlu menginstall SSL pada website anda.

 

6. Cek Kecepatan Website

Hal yang akan pasti dilakukan ketika proses audit website adalah kecepatan loading website. Kecepatan website merupakan salah satu bagian yang penting untuk proses audit website, karena semakin cepat loading website yang dimiliki, maka semakin baik juga penilaian google terhadap website anda.

Anda bisa mengecek kecepatan website anda dengan tools gratis dari google yaitu PageSpeed Insights. Jika anda merasa kecepatan loading website anda rendah, artinya website anda perlu di optimasi lagi,

 

7. Kualitas Konten

Semua konten yang anda buat di website anda, tentunya harus dibuat dengan berkualitas agar setiap konten yang anda sajikan kepada pengunjung website. Entah itu konten produk ataupun konten artikel yang anda buat.

Hal yang harus anda perhatikan yaitu:

  1. Informatif
  2. Enak dibaca
  3. Tidak ada typo
  4. Mudah dipahami
  5. Ukuran huruf tidak kecil atau besar
  6. Tidak hanya di duplikat konten dari halaman lain

8. Cek Link Broken

broken link adalah link rusak di website Anda yang tidak bisa diakses. 

Sementara error 404 adalah HTTP status code yang menunjukkan kalau halaman yang diminta pengunjung itu tidak ada di server. 

mungkin karena sudah dihapus atau karena pemilik website typo saat memasukkan link.

Keberadaan mereka menurunkan reputasi website dan membuat rangking Anda di Google turun. Bahkan, 88% pengunjung tak akan kembali ke website tersebut ketika mendapati error 404, lho!

Untungnya, walaupun terde.

 

Lakukan Audit Website Anda sekarang!

Jadi bagaimana? Ternyata untuk melakukan SEO Audit Website, tidak sesulit yang anda bayangkan. Jika anda bisa melakukan 8 cara tadi dengan baik dan benar maka website anda akan semakin cepat untuk melakukan optimasi SEO pada website anda, karena teknik ini dapat dikatakan sebuah teknik yang sangat penting dan sering digunakan oleh para ahli SEO profesional.

Intinya untuk melakukan teknik audit website adalah menemukan kesalahan dari website, error, dan kekurangan website, oleh karena itu jika kita bisa memperbaikinya tentu akan banyak manfaat yang kita dapatkan pada website kita, selain website menjadi sehat dan lancar tentunya proses optimasi website anda akan lebih cepat oleh pihak google.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us