Logo jasaahliseo

Pengertian Artikel Pilar, Ciri – Ciri dan Cara Membuatnya

pengertian artikel pilar

Share:

Tahukan Anda apa itu artikel pilar? Tapi Anda sadari idealnya dalam sebuah postingan website atau blog Anda sudah pernah menuliskannya, walaupun itu hanya sedikit paling tidak 5% dari artikel yang Anda posting. Lalu apa sebenarnya pengertian artikel pilar

Tidak perlu tergesa – gesa karena Anda akan tahu jawabannya dalam artikel ini. Baik dari pengertian artikel pilar, hingga pertanyaan – pertanyaan lain yang mengikutinya. 

 

Apa Pengertian Artikel Pilar? 

Secara garis besarnya artikel pilar yaitu artikel yang ditulis dengan isi berkualitas, berstruktur, mempunyai panjang sekitar 2000 kata serta adanya penjelasan yang mendalam atau detail terkait topik yang diangkat. 

Jadi, pada intinya pengertian artikel pilar adalah artikel yang menjadi titik utama dalam sebuah blog. Artikel ini akan mudah dan layak untuk menempati halaman pertama dalam Google pencarian. Sekaligus biasanya artikel ini akan muncul dengan identitas atau identik suatu kondisi atau situasi berbagai kata kunci yang diketik oleh para pembacanya dan tentunya juga relevan.
Baca juga: 
Macam-Macam Faktor Yang Ada Pada SEO Off Page 

Artikel pilar juga dapat disebut dengan link – bait post, killer post dan beberapa istilah lainnya yang menyebutkan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya artikel pilar juga dapat dikatakan sebagai ciri khas ataupun sajian utama dari sebuah identitas blog atau websitenya. 

 

Apa Saja Ciri – Ciri Artikel Pilar? 

Untuk mendeteksi atau mengetahui apakah artikel yang Anda buat masuk dalam artikel pilar diambil dari pengertian artikel pilar, inilah beberapa ciri – ciri dari artikel pilar yang dapat Anda lihat :

  1. Artikel pilar merupakan artikel utama pada website atau blog. 
  2. Artikel ini mempunyai pembahasan yang panjang serta mendalam. 
  3. Adanya nilai manfaat saat pembaca membaca isi konten dari artikel pilar. 
  4. Biasanya artikel pilar mempunyai panjang kata antara 1000 sampai 2000 kata. 
  5. Biasanya pula dilengkapi dengan data – data pendukung untuk memperkuat artikel tersebut. 
  6. Isi pembahasan dalam artikel pilar tidak terbatas oleh waktu. 
  7. Biasanya artikel pilar juga banyak dijadikan sebagai referensi dari artikel lainnya. 
  8. Artikel pilar bukan artikel hasil copas atau spin, dalam arti artikel pilar yaitu artikel original serta unik buatan pribadi. 
  9. Terakhir, artikel ini akan mempunyai banyak trafik dari mesin pencarian. 
Baca lebih lanjut  Ketahuilah! Apa Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar? 

 

Bagaimana Cara Membuat Artikel Pilar? 

Setelah Anda mengetahui ciri – ciri, kini tertarik untuk membuatnya? Anda bisa memperhatikan tips dan trik yang akan dijabarkan pada pembahasan di bawah ini. 

1. Pahamilah Ide Isi Artikel Pilar

Anda bisa memulainya dengan ide – ide orisinal pemikiran Anda, lakukan riset untuk mendapatkan kata kunci yang paling relevan dengan kondisi atau situasi sekarang. Jika sudah menemukan kata kuncinya Anda bisa melanjutkan untuk menulis isi kontennya, dengan penjabaran yang masuk dalam ciri-ciri artikel pilar. 

 

2. Melengkapi Data Artikel Pilar

Setelah Anda berhasil untuk menulis artikel pilar, langkah selanjutnya yaitu melengkapi data – data guna menunjang performa artikel pilar yang Anda buat untuk website atau blog. 

 

3. Jangan Lupa Buat Navigasi Jelas

Biasanya jenis artikel pilar banyak adanya navigasi, jadi Anda jangan lupa untuk membuat navigasi sebagai pendukung artikel yang Anda buat. Perlu diperhatikan bahwa navigasi harus relevan dan jelas. 

 

4. Buatlah Artikel yang Tersusun dan Lengkap

Selain dari sisi pendukung lainnya, tentu yang paling penting untuk diperhatikan yaitu isi artikel itu sendiri. Dimana artikel pilar harus dibuat dengan susunan yang lengkap serta enak untuk dibaca, sekaligus harus memberikan manfaat yang banyak bagi para pembacanya. 

Demikian informasi mengenai pengertian artikel pilar, ciri – ciri dan cara membuatnya agar Anda semakin hebat dalam membuat artikel pilar dan selalu dalam halaman satu pencarian pada Google.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us