JasaAhliSEO

Cara Optimasi SEO Website dengan Profesional dan Berkualitas

cara optimasi SEO website dengan profesional dan berkualitas

Ingin tampil di peringkat pertama halaman google?

Maka Anda perlu optimasi website anda dengan SEO.

Tapi apa yang terpenting untuk optimasi website anda?

Sekitar tahun 2009, Google dilaporkan menggunakan sekitar 200 faktor peringkat untuk menentukan SERP.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “optimasi mesin pencari.” Ini adalah proses meningkatkan trafik website Anda melalui hasil mesin pencari.

Ini membantu website Anda menjadi lebih mudah ditemukan. Saat calon pelanggan menelusuri istilah yang terkait dengan merek Anda, mereka akan memiliki peluang lebih besar untuk menemukan website Anda dan menjadi pelanggan Anda.

Bayangkan Anda memiliki bisnis fitnes. Anda menawarkan “tips diet dan olahraga” di website Anda.

Anda juga memiliki artikel tentang menurunkan berat badan. Dengan praktik SEO yang baik, seseorang yang menelusuri kata kunci seperti “cara menurunkan berat badan” mungkin memiliki peluang lebih besar untuk menemukan artikel anda di mesin pencarian google.

Itulah Kehebatan dari SEO.

Algoritma SEO 10 tahun lalu

Ada banyak perubahan algoritma di 10 tahun yang lalu tentunya tidak akan sama dengan algoritma yang sekarang, karena Google selalu melakukan pembaharuan algoritma setiap tahun maupun setiap beberapa bulan.

Tidak perlu khawatir dan memusingkan cara terbaik optimasi SEO website itu seperti apa dan bagaimana? Anda bisa menggunakan jasa SEO Indonesia yang profesional yaitu JasaAhliSEO.com, sudah terkenal di kalangan dunia SEO, bekerja dengan profesional dan selalu memberi kualitas SEO yang terbaik.

 

Beberapa faktor untuk melakukan optimasi website anda

1. Penentuan Target Keyword

Keyword menjadi salah satu cara utama dan pertama yang harus dilakukan ketika proses optimasi SEO, karena dengan adanya target keyword kita bisa tahu strategi apa yang harus kita buat untuk melakukan optimasi SEO website Anda. 

keyword digunakan sebagai kata kunci di mesin pencarian makanya mengapa website anda tidak muncul di kata kunci pencarian google? Bisa menjadi faktor bahwa bahwa optimasi keyword anda masih lemah, beberapa tips yang bisa anda lakukan terkait penentuan target keyword akan anda gunakan untuk website anda:

  • Google Suggestion

    Google Suggestion merupakan tools gratis dari google yang mempermudahkan riset keyword yang ingin anda gunakan. Anda bisa mencari kata kunci yang ingin anda target kan dengan bahasa indonesia, setelah selesai lihat penelusuran yang terkait di bawah halaman. Daftar tersebut menjadi rekomendasi dari google kata kunci yang bisa anda pilih sebagai target keyword website anda.
  • Google Keyword Planner

    Hal yang harus anda lakukan adalah anda harus login di ads.google.com, jika Anda belum memiliki akun anda bisa daftar hingga login di website tersebut, setelah masuk anda bisa pilih menu tools lalu keyword planner.

    Pada bagian what would you like to do, pilih search for new keywords and ad group ideas. Masukan jenis produk atau layanan di kolom your product or services. Jika perlu, masukkan data pelengkap kolom your product category. Jangan lupa memilih indonesia di kolom targeting. Klik gets ideas.

    Maka hasilnya akan muncul di halaman dan memberi beberapa rekomendasi yang bisa dilihat di tab keyword ideas. Tabel tersebut akan muncul rekomendasi keyword. Jumlah rata-rata pencarian setiap bulan, tingkat persaingan dan rekomendasi harga. Pilihlah keyword sesuai dengan website anda. Semakin tinggi jumlah rata-rata pencarian, semakin sulit juga proses optimasi yang anda akan gunakan.

2. Optimasi Website On-Page

Kita sering mendengarkan optimasi On-Pages SEO? Apakah kamu tahu? Arti dari Optimasi On-Pages?.. On-Pages artinya proses optimasi website dilakukan dalam website tersebut. Optimasi on-pages berfungsi untuk memasukan website ke dalam hasil pencarian di mesin pencarian google.

  • Trik URL singkat
    Google akan membaca URL yang kita gunakan pada halaman website kita, mulai dari kalimat panjang hingga beberapa kode program yang ada di URL halaman. Anda harus membuat URL yang SEO-Friendly yang bisa di CRAWL oleh Google. URL dapat dibuat dengan judul halaman,kata kunci, ataupun kalimat SEO. penggunaan kata kurang dari 5 kata pertama di URL anda akan sangat membantu anda mendapatkan optimasi URL SEO yang biasanya disebut dengan SEO-Friendly.

  • Trik meta deskripsi
    Meta deskripsi merupakan salah satu teknik atau strategi SEO yang paling umum digunakan oleh banyak orang, apalagi seseorang blogger wordpress sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Meta deskripsi standarnya terdiri dari 160rb-170rb karakter yang bagus digunakan untuk SEO, jangan lupa jika anda sedang mengisi meta deskripsi buatlah kalimat yang menarik sehingga orang akan penasaran dengan halaman tersebut, ketika anda sedang mengisi meta deskripsi anda harus ada kata kunci yang ingin anda targetkan.

  • Trik permalink

    Permalink merupakan URL yang mengarahkan ke halaman lain dalam satu website anda. Permalink paling sering digunakan oleh ahli SEO website yaitu /%postname% dan /%postname%.html. Permalink lebih tahap bertahap kerusakan karena tidak memiliki batas waktu.

3. Optimasi Website Off-Page

Pada proses optimasi off-page berfokus pada hal yang berkaitan dengan website tersebut. Keuntungan yang diperoleh dari optimasi off-page yaitu meningkatkan mesin pencarian google, meningkatkan rank website, dan mendapatkan unique visitor website lebih banyak.

  • Link building
    Mesin pencarian tidak hanya mencari kata kunci saja, tetapi juga melihat link yang berhubungan dengan website anda. Mesin pencarian akan menilai website anda memiliki ketepatan atau relevan terhadap dicarikan oleh calon pengunjung anda.

    Teknik SEO pada link building biasanya ada banyak teknik yang bisa gunakan untuk proses optimasi, yaitu mengarahkan website anda, anchor text link yang diarahkan ke website anda, otoritas website yang mengarahkan ke website anda, dan ketepatan konten ke website anda.

  • Memperhatikan link Dofollow dan Link Nofollow
    Tidak semua link dapat terindeks oleh google. Google hanya indeks kepada halaman yang bersifat dofollow. Kedua link tersebut berbeda arti dan berbeda juga cara kerjanya. Dofollow sangat cocok untuk anda yang ingin meningkatkan page authority website. Kalo untuk nofollow cocok banget untuk kamu yang berfokus pada trafik.

  • Memanfaatkan anchor text

    Anchor text merupakan teks yang berisi link yang bisa di klik oleh visitor anda. Faktor anchor text sangat berpengaruh pada kualitas kata kunci yang ingin anda targetkan.
    Tapi ingat. Anda harus berhati-hati, jika anda menerapkan terlalu banyak dofollow dan nofollow google akan memberi anda peringatan berupa penalti, tentunya menjadi sebuah teguran keras untuk anda yang nakal dalam hal ini.

  • Relevansi
    Relevansi pada konten dan artikel yang anda buat, sangat berpengaruh pada pengunjung yang anda kepada situs anda. karena jika konten anda buat tidak sesuai tentunya waktu pengunjung di website anda akan semakin kecil hingga akhirnya AI google menganalisa bahwa konten anda kurang relevansi kepada si pembaca. Sehingga artikel anda akan mudah sekali untuk turun peringkat halaman google.

4. Kecepatan website

Maksud dari kecepatan website ini adalah kecepatan proses loading website apakah proses loadingnya akan lama atau tidak, karena jika anda memiliki website yang lambat akan sangat berpengaruh pada audience anda karena audience tentunya ingin mendapatkan dengan cepat. Jika website anda saat di akses lambat, saran kami anda harus mencari cara untuk mempercepat website anda.

Jika anda merasa bahwa website anda sangat lambat sekali pada proses loading, kami akan memeri tahu ada 3 faktor yang mempengaruhi mengapa website anda menjadi lambat saat proses loading:

  • Kurangi Plugin
    Faktor yang sering kita temukan yaitu adanya tidak kompatibel antara beberapa plugin dengan tema anda dan bisa jadi menggunakan plugin yang terlalu banyak dapat mempengaruhi mengapa proses loading website anda. Jadi jika bisa gunakan plugin seminim mungkin untuk website anda.
  • Memperkecil Ukuran Gambar
    Cara optimasi yang sering kita gunakan jika website anda sangat lambat yaitu optimasi semua gambar anda di website anda dengan cara mengkompress atau memperkecil ukuran gambar anda, anda bisa gunakan photoshop atau beberapa website online compress yang anda bisa gunakan secara gratis.
  • Hosting yang lambat
    Faktor yang pernah kami alami yaitu karena hosting lambat sehingga akan mempengaruhi pada server website sehingga website anda bisa menjadi lambat, maka dari itu kami sangat tidak menyarankan menggunakan hosting yang gratisan atau hosting yang terkenal.
  • Menggunakan cache
    Cache dapat digunakan sebagai penyimpanan file website anda kepada pengunjung yang pernah mengunjungi website anda sebelumnya sehingga ia akan sangat mudah membantu website anda untuk tidak melakukan proses loading yang lambat.

5. Bagikan artikel anda di berbagai platform yang ada

Tidak dipungkiri lagi cara ini adalah cara rajin bagi anda, yang suka dengan ruang diskusi ataupun yang menyukai dengan teknik marketing secara gratis, yaitu anda bisa menyebarkan halaman website anda kepada sang pembaca yang minat seperti artikel yang anda buat.

Sosial media

Anda bisa bagikan konten artikel anda melalui berbagai platform yang cukup terkenal seperti tiktok, instagram,facebook,whatsapp, dan twitter, ini merupakan platform sosial media yang sangat terpopuler bagi banyak orang, anda bisa bagikan pada komunitas, grub sosial ataupun forum yang cukup banyak peminat yang sesuai artikel yang ingin anda bagikan.

Iklan di sosial media, tidak ada salahnya jika anda ingin melakukan iklan website anda tidak melalui google saja,  anda harus coba untuk membuat iklan di sosial media yang pastinya minim budget tetapi hasil yang didapatkan sangat berkualitas. Sehingga website anda semakin banyak dikenal banyak orang dan secara cepat semua orang akan mengenal website anda.

6. Tampilan Mobile Menarik dan Cepat

Kok tampilan mobile menjadi terpenting sih? Padahal yang terpenting adalah tampilan desktop yang menarik dan bagus, ucapan kebanyakan orang seperti ini. Pasti penasaran kok bisa?

Fakta
Pada bulan maret tahun 2018 Google secara resmi mulai meluncurkan indeks mobile-first. Banyak para ahli SEO melakukan optimasi tampilan yang menarik pada mobile di saat itu, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk membuat tampilan website mobile yang menarik untuk dijual lagi kepada banyak orang.

Menurut Danny Sullivan SEO seorang Penghubung Penelusuran publik Google mengatakan:

“Baik keramahan seluler maupun tata letak yang responsif seluler bukanlah persyaratan untuk pengindeksan yang mengutamakan seluler. Halaman tanpa versi seluler masih berfungsi di seluler, dan dapat digunakan untuk pengindeksan. Karena itu, sudah waktunya untuk beralih dari desktop-only dan merangkul seluler :)”

Yang artinya disaat saat tampilan mobile website di luncurkan, akan sangat mudah sekali mendapatkan pengunjung dari mobile, karena semua akan akan lebih sering melakukan browsing melalui mobile, dampak dari peluncuran mobile web. Karena itu hingga sekarang mengapa saya selalu mengatakan semua tampilan di web dari ipad, mobile dan desktop merupakan tampilan responsif yang tidak boleh kita lewatkan dan diremehkan.

Kesimpulan dari Cara Optimasi SEO Website

Untuk melakukan optimasi website bisa dibilang simple tapi tidak mudah juga, karena perlu memiliki analisis yang baik serta mengikuti perkembangan zaman yang ada. Tentunya butuh pengalaman yang cukup lama jika anda ingin melakukan optimasi website pada website anda dengan cepat.

 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us