JasaAhliSEO

Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Anda wajib tahu perbedaan SEO dan SEM karena kedua hal ini saling berkaitan dalam dunia digital marketing. SEO atau SEM adalah alat yang dapat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing Anda. Lantas apa perbedaan dari kedua tools tersebut? 

Sebelum mengetahui perbedaan dari keduanya, ada baiknya Anda mengenal SEM dan SEO terlebih dahulu. 

Promo jasa seo

SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan suatu upaya optimasi untuk mendapatkan hasil trafik tinggi dari hasil pencarian organik. Pencarian Organik adalah aktivitas mencari suatu informasi dengan memasukkan keyword tertentu pada google.  SEO juga membantu membuat website Anda mendapatkan jenis traffic yang sesuai dengan tujuan. Secara otomatis kuantitas dan kualitas traffic website dan blog Anda akan meningkat. 

Bukan hanya sekedar traffic, jangkauan audiens juga tepat sesuai dengan tujuan website Anda. Namun Anda perlu mengikuti sejumlah aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari untuk mencapai hal tersebut. Secara Umum taktik SEO terdapat dua jenis yaitu SEO off-page dan SEO on-page. 

SEO off-page adalah optimasi yang terlaksana di luar website atau konten. Sedangkan SEO On-page terfokus pada faktor yang ada dalam konten.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM atau Search Engine Marketing adalah strategi marketing berbayar untuk meningkatkan visibilitas website dalam hasil pencarian. Nantinya pemasang iklan akan memilih beberapa kata kunci yang memiliki hubungan dengan produk yang Anda jual.  Sehingga ketika ada orang yang sedang mencari kata kunci tersebut, google akan menampilkan pencarian berbayar. 

SEM bisa menjadi salah satu strategi yang perlu Anda coba untuk mengiklankan bisnis Anda. Hal ini karena SEM dapat membuat website Anda muncul secara cepat pada halaman pertama pencarian. 

SEM hanya membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan hanya hitungan jam. Berbeda dengan SEO yang pastinya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membuat website Anda muncul pada halaman pertama pencarian. Para pelaku bisnis digital terbiasa menggunakan SEM untuk membantu meningkatkan conversion rate pada website. 

SEM juga mampu menentukan target secara spesifik sehingga iklan Anda akan mendapatkan trafik tepat sasaran. Hal ini tentu saja akan membuat penjualan dalam website Anda SEMakin meningkat. 

Cari Jasa Google Ads? Hubungi kami sekarang 085694640209

Perbedaan SEO dan SEM

Dibawah ini adalah beberapa perbedaan antara SEO dan SEM yang dapat Anda pahami untuk mengoptimalkan digital marketing Anda. 

1. Tampilan

Perbedaan SEO dan SEM yang pertama dapat Anda lihat dari segi tampilan. Hanya user yang masuk ke dalam targeting Anda yang bisa melihat hasil pencarian dari SEM. Jika user berhasil melihat rekomendasi teratas dengan label Ad, maka user tersebut masuk ke dalam targeting Anda. 

Sebaliknya dengan SEO, SEMua user dapat melihat hasil pencarian SEO. Hal ini karena SEO muncul berdasarkan sistem keyword atau kata kunci.

2. Hasil Pencarian

SEO dan SEM memiliki hasil pencarian yang sangat berbeda jika Anda lihat dalam SERP.  SEO tidak memiliki hasil pencarian dengan label Ad. Sedangkan SEM memiliki hasil pencarian dengan label Ad dalam mesin pencarian. 

Hasil pencarian SEO hanya menampilkan teaser atau cuplikan pendek dari isi website tersebut. SEM dalam mesin pencarian memiliki hasil extension seperti link tambahan atau nomor telepon yang akan menambah biaya tambahan jika user tekan.

3. Efek

SEM mempunyai efek yang lebih besar dalam kurun waktu yang cukup singkat. Hal ini karena dalam SEM lebih tertarget siapa saja yang berpeluang untuk klik website tersebut.  Website Anda akan muncul secara otomatis dalam SERP setelah pengiklan membuat campaign pada website yang ingin Anda promosikan. 

SEO adalah teknik organik untuk membuat website Anda muncul dalam SERP. Proses ini membutuhkan waktu agar dapat masuk pada halaman pertama mesin pencarian. Anda sebagai pengiklan wajib tahu keyword atau kata kunci apa yang efektif. Tujuannya untuk membuat website Anda masuk ke dalam peringkat teratas. 

4. Biaya

Pada saat user melakukan klik dari setiap hasil SEM yang muncul pada hasil pencarian, Anda sebagai marketer baru akan terkena biaya. 

Oleh karena itu biaya yang cukup besar harus sudah Anda sediakan agar hasil tercapai secara maksimal. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena dalam SEM Anda bisa mengatur durasi SEM sesuai kemauan. 

Hal ini otomatis dapat membuat biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan kemampuan. Biaya pada SEM tentu berbeda dengan biaya pada SEO. Hasil SEO merupakan hasil organik sehingga Anda tidak akan terkena biaya apapun. SEO bisa menjadi alternatif lain bagi Anda yang baru terjun dalam dunia digital marketing.

5. Percobaan

Anda bisa melakukan percobaan untuk mengetahui perbedaan tools SEO dan tools SEM. Jika Anda bandingkan antara SEM dan SEO, percobaan dengan SEM jauh lebih mudah digunakan. Strategi dalam SEM dapat Anda rubah secara cepat seperti mengubah target audiens. Proses ini dapat Anda lakukan hanya dengan sekali klik. 

Pada dasarnya penggunaan SEO merupakan strategi organik. Namun untuk melihat hasilnya Anda tetap membutuhkan waktu yang panjang.  Anda harus bisa mengontrol dari waktu ke waktu, perubahan keyword dan perubahan taktik. Hal ini harus Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan. 

Perbedaan SEO dan SEM, Manakah yang Efektif?

Dari perbedaan antara SEO dan SEM diatas, setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran mana strategi yang tepat yang akan Anda terapkan. Banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu atau bahkan keduanya.  

Itulah beberapa perbedaan SEO dan SEM ketika hendak terjun dalam dunia digital marketing. Jika Anda tidak ingin ribet, Anda bisa menggunakan JasaahliSEO.com untuk membantu mendatangkan pengunjung tanpa iklan dalam website Anda.

Baca juga ini: Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

pengertian seo

Pengertian SEO: Cara Kerja, Teknik dan Manfaatnya

Apa pengertian SEO? SEO merupakan salah satu strategi digital marketing untuk membuat website Anda tampil pada peringkat teratas. Secara tidak langsung SEO akan mempromosikan dan mengenalkan profil website atau produk

Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Anda wajib tahu perbedaan SEO dan SEM karena kedua hal ini saling berkaitan dalam dunia digital marketing. SEO atau SEM adalah alat yang dapat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing Anda.

cara menulis artikel seo

Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

Ada beberapa cara menulis artikel SEO yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten pada website. Mengingat SEO merupakan salah satu faktor terbesar yang berpengaruh terhadap perkembangan traffic website. Menulis artikel

Need Help? Chat with us