Logo jasaahliseo

[Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Permalink di WordPress

Share:

Cara memperbaiki permalink di WordPress adalah informasi krusial untuk para pengelola situs web. Hal ini dikarenakan, akibat permalink yang rusak tidak hanya menghilangkan konten di situs web. Akan tetapi, tingkat bounce rate juga bakal meningkat. Belum lagi user experience pun berpeluang menurun karena kerusakan permalink.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara untuk memperbaiki permalink, pastikan simak artikel ini sampai tuntas. Selain mengetahui caranya, ulasan ini juga bakal memandu Anda dalam upaya memperbaiki permalink secara tahap demi tahap.

Apa itu Permalink?

Sebelum mengulas cara memperbaiki permalink di WordPress, tahukah Anda mengenai bentuk istilah ini? Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu permalink, komponen dalam situs web ini bisa Anda lihat di kolom URL. Jelasnya, permalink adalah singkatan dari permanent link atau sebutan lain untuk URL yang lengkap.

Biasa disebut URL permalink, komponen satu ini kerap berbeda-beda bentuknya di tiap konten. Kendati demikian, struktur dari permalink ini tetap sama. Adapun struktur yang dimaksud di antaranya, ada skema, domain, dan juga path.

Contohnya: “https://www.jasaahliseo.com/cara-memperbaiki-permalink-di-wordpress”.

Dari contoh di atas, skemanya ialah “www”. Sementara itu, domain adalah “jasaahliseo” dan path berada di belakang garis miring. Selain struktur seperti contoh di atas, beberapa permalink juga bisa mengandung tanggal, nomor artikel, dan lain-lain. Namun yang pasti, tampilannya kurang lebih sama seperti di contoh.

Penyebab Permalink Rusak

Setelah tahu bentuk permalink, perlu Anda pahami juga bahwa yang dimaksud kerusakan komponen ini bukan terdapat pada bentuknya. Namun, kerusakan tersebut terdapat di landing page-nya langsung. Yang mana, kerusakan tersebut akan ditunjukkan dengan kode error, seperti 404, 500, ataupun kode lainnya.

Baca lebih lanjut  Cara Mudah Menggunakan Teknik SEO Off-Page 

Lantas, apa yang menyebabkan permalink rusak? Pada umumnya, kerusakan pada bagian ini bisa disebabkan oleh lima hal. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Update WordPress ke versi terbaru tetapi tidak selesai karena masalah tertentu. Seperti tema yang tidak kompatibel, plugin tidak cocok, atau yang lainnya.
  2. File .htaccess tidak tersimpan secara benar atau name file tidak sesuai dengan nama seharusnya.
  3. Pemulihan cadangan tidak selesai.
  4. Pemigrasian domain belum 100% selesai.
  5. Plugin yang tidak cocok untuk WordPress.

Lima hal di atas adalah penyebab paling umum adanya kerusakan pada permalink. Lantas, bagaimana cara memperbaiki permalink di WordPress apabila mengalami kerusakan?

6 Cara Memperbaiki Permalink di WordPress Disertai Langkah-Langkahnya

Di bawah ini terdapat panduan untuk memperbaiki WordPress permalink yang error. Pastikan Anda membacanya sampai tuntas supaya panduan ini dapat bermanfaat secara maksimal.

1. Ketahui Penyebab Kerusakan Permalink

Cara memperbaiki permalink di WordPress yang pertama ialah mengetahui penyebab error-nya link diku. Mengingat ada beberapa penyebabnya, pastikan Anda melakukan pengecekan pada tiap-tiapnya. Apabila tidak melihat adanya indikasi penyebab kerusakan link konten, Anda dapat mengikuti cara di bawah ini.

2. Perbaiki dengan Mengatur Ulang Struktur Link

Ketika kerusakan tidak diketahui sama sekali penyebabnya, tak ada salahnya mengubah struktur link halaman konten. Adapun cara untuk memperbaiki link dengan penggantian atau pengubahan bentuknya bisa dimulai dari langkah berikut.

  •       Di program WordPress, masuk ke menu “Dashboard” dan ketuk tombol “Settings”, lalu ke bagian “Permalinks”.
  •       Ganti pengaturan “Common Settings” dengan memilih opsi selain pilihan sebelumnya. Misalnya, jika pengaturan sebelumnya menggunakan opsi “Numeric”, Anda dapat memilih “Post Name”, lalu simpan pembaruan.
  •       Terakhir, kembalikan opsi “Common Settings” ke pilihan semula. Misalnya, apabila sebelumnya Numeric, atur ulang jadi Numeric.

Setelah pengubahan, jangan lupa untuk mengecek status link yang error. Jika berhasil diperbaiki, otomatis kontennya bisa dilihat lagi oleh pengunjung laman.

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Murah Jakarta untuk Usaha, Ini Tips Memilihnya!

3. Lakukan Pengindeksan Ulang

Jika cara memperbaiki permalink di WordPress dengan langkah-langkah di poin kedua belum berhasil, Anda bisa melakukan pengindeksan ulang. Cara ini dapat digunakan jika Anda baru saja memindahkan domain.

Selain karena alasan tersebut, penyebab error permalink yang belum diketahui juga bisa diatasi dengan mencoba cara ini. Adapun langkah-langkah untuk pengindeksan ulang  tidaklah sulit. Anda hanya perlu membuat file sitemap XML baru di WordPress untuk menyimpan ulang permalink yang error.

Sebab biasanya, permalink error juga bisa disebabkan karena mesin pencari tidak berhasil mendeteksi adanya konten di link. Jadi, jika sudah membuat sitemap XML baru, selanjutnya Anda dapat mengecek ulang dengan masuk ke konten tersebut melalui link-nya.

4.     Gunakan Plugin 301 Redirect

Plugin dengan nama “Simple 301 Redirect” juga bisa dipakai untuk mengaplikasikan cara memperbaiki permalink di WordPress. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  •       Masuk ke laman “Plugin”, lalu tap tombol “Add New”.
  •       Cari plugin “Simple 301 Redirect”, lakukan penginstalan dan pengaktifan program tersebut.
  •       Jika sudah selesai diaktivasi, masuk ke programnya, klik “Settings”, dan tap “301 Redirect”.
  •       Di kolom “Request”, masukkan permalink lama (pastikan tulisan benar). Sementara itu, kolom “Destination” bisa diisi dengan link baru. Anda dapat membuat link baru yang serupa dengan link lama ataupun berbeda. Lakukan pertimbangan sebab nantinya link tersebut bakal mempengaruhi rangking konten.
  •       Terakhir, tap” Add New” dan selesai.

Langkah finalnya sama seperti menggunakan cara memperbaiki permalink di WordPress yang sebelumnya. Yakni, Anda perlu memastikan URL permalink baru sudah berfungsi setelah langkah-langkah tadi selesai dilakukan.

5.     Ganti File .htaccess

Jika langkah-langkah di atas belum benar-benar memperbaiki permalink konten dalam situs web, Anda bisa mengganti file .htaccess. Sebab, penyebab error permalink juga bisa dikarenakan konfigurasi yang tidak benar dalam file ini.

Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

Jika Anda siap melakukan penggantian file .htaccess yang terbilang lebih rumit dibandingkan cara-cara sebelumnya, cara berikut bisa diikuti:

  •       Di laman WordPress, buka laman “cPanel”, kemudian masuk ke “File Manager”.
  •       Selanjutnya, temukan file .htaccess dan klik bagian kanannya. Langkah ini dilakukan untuk mengubah nama filenya.
  •       Jika sudah menemukan kolom penggantian nama, buat nama barunya.
  •       Berikutnya, tekan “Add New” di file manager untuk membuat .htaccess yang baru.
  •       Lalu, klik “Create New”.
  •       Setelah file baru berhasil dibuat, klik bagian kanannya untuk masuk ke laman pengeditan.
  •       Terakhir, masukkan script .htaccess yang baru. Contohnya seperti:
  1.   # BEGIN WordPress
  2. RewriteEngine On
  3.   RewriteRule .* – [E=HTTP_AUTHORIZATION:%{HTTP:Authorization}]
  4. RewriteBase /
  5. RewriteRule ^index\.php$ – [L]
  6.       RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
  7.   RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
  8. RewriteRule . /index.php [L]
  9.         # END WordPress

6. Menonaktifkan Plugin di WordPress

Apabila masih belum kembali membaik, Anda juga bisa menonaktifkan plugin yang mungkin jadi penyebab error-nya link. Caranya, cukup masuk ke laman Plugin, kemudian klik “Deactive” pada satu per satu plugin yang dirasa tidak terlalu berguna.

Selain itu, Anda juga sebaiknya melepas plugin yang didapatkan dari tempat tidak jelas. Misalnya, plugin dari program pihak ketiga yang tidak diketahui otoritas pengembangnya.

Setiap sudah melakukan penonaktifan ini, Anda sebaiknya sekalian mengecek status permalink-nya.

Kesulitan Memperbaiki Permalink Rusak? Manfaatkan Jasa Ahli SEO Terpercaya

Apabila plugin sudah dinonaktifkan tetapi tidak ada perubahan sedikitpun pada landing page yang error, Anda bisa menggunakan cara ini. Untuk diketahui, jasa SEO yang terpercaya. Seperti halnya di www.jasaahliseo.com. Ini merupakan penyedia layanan jasa SEO yang telah memiliki banyak pelanggan untuk memaksimalkan kinerja website dan mengatasi berbagai masalah di situs web.

Cara memperbaiki permalink di WordPress

Tidak hanya melayani proses optimasi search engine. Lebih dari itu, ada banyak layanan terbaik lainnya yang ditawarkan oleh jasa ini. Salah satu layanan tersebut adalah membantu memperbaiki permalink yang error. Seperti yang telah disinggung di atas, ada beberapa penyebab permalink rusak. Sehingga perlu proses pengamatan yang cukup rumit.

Jika Anda tertarik menggunakan layanannya, segera hubungi customer service pada laman utama di https://www.jasaahliseo.com.  Yuk, konsultasikan masalah program WordPress yang Anda kelola pada jasa ahli SEO ini.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us