Logo jasaahliseo

Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

geotargeting Google Ads

Share:

Dalam mengoptimalkan kinerja iklan di media digital, teknik geotargeting Google Ads penting diterapkan. Apalagi jika Anda menggunakan platform advertising dari Google sebagaimana disebutkan. Jika Anda belum tahu mengenai strategi ini, ketahui informasinya di artikel berikut. 

Pengertian geotargeting Google Ads

geotargeting adalah strategi iklan yang menargetkan audiensnya berdasarkan lokasi geografis. Jadi jelasnya, dalam iklan menggunakan platform Google Ads, geotargeting berarti optimasi agar iklan tersebut muncul di lokasi tertentu.  Seperti di satu negara, satu daerah, maupun satu kota.

Tujuan dari penerapan strategi ini adalah memaksimalkan performa iklan sehingga bisa menghasilkan konversi yang jelas. Sebab, beberapa produk tertentu kadang hanya dibutuhkan oleh sekelompok masyarakat di wilayah tertentu.

Manfaat Penerapan Strategi geotargeting Google Ads

Selain manfaat di atas, teknik geotargeting juga berpeluang memberikan berbagai manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimaksud:

1. Target Tepat Sasaran

Sempat disinggung sebelumnya, teknik penargetan dengan geotargeting akan mengoptimalkan iklan agar tampil pada wilayah tertentu. Hal itu berarti, tiap-tiap orang yang melihat iklan produk Anda merupakan target tepat yang berpotensi membeli.

Sebagai ilustrasi, masyarakat di daerah yang sedang mengalami musim panas biasanya membutuhkan barang-barang khusus. Baik itu bahan pokok maupun barang lainnya. Jika Anda menjual barang seperti pakaian musim panas, strategi ini tepat dioptimasi dan diarahkan ke lokasi tersebut.

2. Pesan Iklan Dipersonalisasi

Manfaat selanjutnya dari penerapan teknik ini adalah menjadikan pesan iklan dapat dipersonalisasi. Dengan strategi ini, Anda tak hanya bisa menargetkan konsumen dengan melihat kesamaan wilayahnya. Akan tetapi, iklan ditampilkan pada orang-orang dengan perilaku yang relevan dengan produk Anda.

Jelasnya, kampanye iklan dengan teknik ini memastikan bahwa produk yang Anda jual benar-benar dipromosikan pada target tepat. Selain itu, personalisasi iklan juga memungkinkan Anda membuat media promosi yang sesuai dengan target. Dengan begitu, minat calon konsumen bisa terpancing.

Baca lebih lanjut  Cara Mudah Membuat dan Memasang Google Tag Manager

3. Anggaran Iklan Lebih Efisien

Dibandingkan dengan teknik iklan lain yang belum tentu menghasilkan konversi signifikan, anggaran Iklan geotargeting terjamin lebih efisien. Alasannya tak lain karena target audiens yang melihat promosi atau iklan merupakan orang-orang dengan potensi tinggi jadi pelanggan. Hal itu dilihat dari perilakunya di internet. Seperti mencari barang serupa, informasi harga, dan lain sebagainya.

Dengan strategi ini juga, tingkat ROI atau Return of Investment dalam iklan di media digital pasti lebih tinggi. Jadi, investasi Anda pada tim digital marketing yang membantu menerapkan strategi ini tidak akan sia-sia.

4. Brand Engagement Lebih Baik

Untuk membangun nama merek yang kuat, diperlukan pondasi terlebih dulu. Salah satu fondasi tersebut adalah pelanggan tetap.

Jika Anda menerapkan teknik geotargeting Google Ads, iklan berpotensi muncul secara terus-menerus di wilayah-wilayah tertentu. Dari hal tersebut, tidak sedikit masyarakat yang mungkin jadi pelanggan. Selanjutnya, visibilitas merek dan banyaknya pelanggan di sekitar akan menguatkan citra brand Anda.

Jika berlanjut terus-menerus, pangsa pasar Anda bisa meluas ke wilayah nasional atau bahkan internasional.

5. Kampanye Iklan Lebih Optimal

Dengan penerapan strategi penargetan geotargeting, kampanye iklan juga dipastikan lebih optimal. Sebab, bukan hanya hasil konversi yang didapatkan jadi lebih meningkat, melainkan terdapat analisis data yang mudah dibaca juga.

Selanjutnya, data tersebut bisa membantu tim marketing bisnis Anda dalam membuat pembaruan rencana promosi yang lebih baik. Jadi, hasil promosi berikutnya diharapkan akan jauh lebih berhasil dari strategi sebelumnya.

6. Memenangkan Persaingan Lokal

Strategi geotargeting Google Ads juga dapat membantu bisnis Anda memenangkan persaingan lokal. Seperti diketahui, setiap bisnis pasti memiliki kompetitor. Untuk menang persaingan, Anda perlu selangkah lebih dekat dengan konsumen.

Jika menerapkan iklan promosi yang dapat menarik perhatian lebih banyak orang, jumlah pelanggan bisa bertambah. Terlebih jika produk dalam iklan tersebut dapat dengan mudah mereka beli.

7. Memperbaiki Skor Iklan

Skor iklan dalam platform advertising seperti Google Ads memiliki peran yang sangat krusial. Makin besar skornya maka peluang penayangan dipastikan lebih tinggi.

Baca lebih lanjut  Bagaimana Optimasi dan Tingkatkan Google Ads Optimization Score

Dengan menerapkan geotargeting Google Ads, skor iklan yang bisa diraih dipastikan lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya penargetan yang jelas dan terarah. Yang mana, iklan Anda ditujukan untuk orang-orang di wilayah khusus.

Selain itu, strategi ini memungkinkan iklan menghasilkan PPC atau Pay-per-Click yang lebih rendah. Sementara itu, peringkat iklannya tetap baik di pencarian.

8. Memahami Kebutuhan Konsumen

geotargeting dapat membantu Anda dalam menghasilkan data konsumen yang lebih baik. Dengan demikian, pemahaman tentang kebutuhan konsumen juga dipastikan lebih meningkat. Alhasil, Anda bisa menciptakan teknik pemasaran yang baru dan relevan untuk audiens. 

Selain dalam hal iklan, data dari analisis geotargeting Google Ads juga dapat membantu Anda mengetahui barang seperti yang dibutuhkan konsumen.

Misalnya, suatu wilayah memiliki suhu panas. Jika Anda memproduksi skincare, berarti perlu mengeluarkan produk yang tidak hanya bisa menjaga kelembaban kulit masyarakat. Akan tetapi, produk juga bisa menjaga kesehatan kulitnya dari risiko sengatan matahari.

9. Mudah Beradaptasi Terhadap Perubahan Tren di Satu Wilayah

Suatu wilayah pasti memiliki identitas tertentu. Bukan hanya tentang suhu ataupun kultur. Namun, tren suatu produk juga tidak sama dengan wilayah lainnya.

Dengan geotargeting Google Ads, Anda bisa memastikan produk yang dikeluarkan perusahaan tidak ketinggalan zaman. Sebab, pengetahuan tentang produk yang sedang populer di wilayah tersebut tidak kurang. Dengan begitu, peluang mendapatkan profit-nya dipastikan lebih besar.

10. Lebih Mudah Mengukur Efektivitas Kampanye Iklan

Kampanye iklan tak sekadar membuat rencana dan menerapkan strategi yang sudah direncanakan saja. Akan tetapi, rencana setelahnya untuk kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi juga harus disiapkan.

Dengan menggunakan strategi geotargeting, langkah kedepannya setelah penerapan teknik ini dipastikan lebih mudah dilakukan. Sebab, kampanye iklan yang dilangsungkan tak hanya efektif. Akan tetapi, ada hasil analisis yang bisa memberikan wawasan untuk membuat rencana selanjutnya.

Cara Menerapkan Teknik geotargeting Google Ads

Banyaknya manfaat dari teknik geotargeting tentu menjadikannya sangat disayangkan apabila tidak diterapkan. Jika Anda tertarik menerapkannya, strategi ini bisa diterapkan dengan mengikuti langkah-langkah di poin berikut:

  •       Masuk ke “Google Ads” dan login menggunakan akun Google Anda.
  •       Di beranda, tap opsi “Kampanye Iklan” yang ingin dilengkapi dengan strategi geotargeting.
  •       Selanjutnya, ketuk tombol “Pengaturan” setelah Anda masuk ke menu kampanye iklan. Di laman pengaturan, Anda bisa mengoptimasi strategi penargetan ini.
  •       Ketuk tab “Lokasi atau geotargeting” untuk mengatur penargetan berdasarkan lokasi geografis.
  •       Berikutnya, Anda bisa menetapkan wilayah mana yang akan jadi target konsumen. Untuk mencari wilayah target, Anda bisa menggunakan kolom pencarian.
  •       Kemudian, cari lokasinya berdasarkan pada nama negara, kota, kode pos, ataupun radius suatu wilayah.
  •       Pilih “Advanced Search” jika ingin menetapkan lokasi spesifik yang tidak ditemukan dengan pencarian nama wilayah.
  •       Kemudian, Anda bisa mengoptimasi kategori target yang ada di wilayah tersebut. Pilih opsi semua orang yang ada di lokasi tersebut atau orang-orang yang tinggal tetap di sana.
  •       Terakhir, “Simpan Perubahan”.
Baca lebih lanjut  Free Tools! Berikut 5 Situs untuk Cara Cek Responsive Website

Meskipun langkah-langkahnya sudah selesai dilakukan, jangan lupa untuk selalu melakukan update pengaturan di atas. Terutama setelah Anda mendapatkan data mengenai keinginan konsumen.

Gunakan juga berbagai tool untuk memantau kinerja iklan. Lalu, jadwalkan kapan perubahan aturan tadi akan dilakukan.

Ingin Menerapkan Teknik geotargeting Google Ads?

Usai sudah ulasan mengenai teknik geotargeting dalam promosi menggunakan platform Google Ads. Di atas, Anda sudah mendapatkan informasi mengenai pengertian, manfaat, sampai cara menerapkannya. Sampai di sini, sudah cukup paham mengenai geotargeting Google Ads?

Pada intinya, strategi Google Ads. Yang mana, penargetan audiens untuk bisnis Anda disesuaikan dengan wilayah yang telah ditentukan.

Banner Jasa Ahli SEO

Jika Anda tertarik menerapkan teknik optimasi iklan ini, gunakan tim digital marketing yang memiliki ahli di bidang Google Ads. Anda bisa memilih tim Jasa Google Ads yang ada di www.jasaahliseo.com.

Tim Google Ads ini sudah menangani berbagai proyek optimasi situs web, baik itu website bisnis maupun non-bisnis. Untuk urusan geotargeting Google Ads, optimasi yang dilangsungkannya juga berhasil meningkatkan performa situs-situs tersebut sekaligus konversinya.

Didukung dengan tenaga profesional yang ahli dalam bidangnya sehingga optimasi dapat dilakukan dengan tepat. Anda bisa langsung berkonsultasi melalui website utama. Kini pengelola web tidak harus kesulitan untuk meningkatkan kredibilitas. Metode ini juga sangat tepat untuk website bisnis guna mendapatkan pelanggan lebih besar.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us