Logo jasaahliseo

Cara Optimasi Google Ads Call Assets untuk Raih Banyak Telepon

Call assets

Share:

Call assets merupakan fitur di Google Ads yang awalnya dikenal dengan sebutan call extension. Meskipun namanya telah diganti, inti fungsi dari fitur ini tetap sama. Yakni, membantu Anda dalam mengoptimalkan kampanye iklan sehingga tujuan bisa tercapai. Salah satunya yaitu mendapatkan banyak telepon dari calon klien. 

Selain fungsi, bagian-bagian dari fitur ini juga terbilang sama. Terdiri dari sitelink, callout, call, snippet, dan lain sebagainya. Kendati nama menu-menu tersebut juga telah diubah dengan dihadirkannya tambahan kata assets, cara menggunakannya tetap sama. Lantas, bagaimana dengan cara menggunakan fitur ini? Simak di sini!

 

Apa itu Call Assets?

Di Google Ads, call assets merupakan elemen-elemen yang dapat dihadirkan dalam iklan yang dibuat. Adapun yang termasuk sebagai elemen tersebut ialah judul, deskripsi, nomor telepon, situs web, hingga tombol untuk memanggil.

Secara sederhana, istilah baru call extension ini merupakan banner yang memuat informasi singkat tetapi menarik seputar bisnis Anda. Di dalam informasi tersebut juga tersedia menu untuk mempermudah calon klien yang ingin mengambil tindakan. Seperti menu untuk mengetahui bisnis lebih lanjut di situsnya ataupun menghubungi langsung.

Dari pengertian tadi, bisa disimpulkan juga jika fitur ini berguna untuk meningkatkan keterlibatan calon klien dengan bisnis yang Anda kelola. Menghadirkan menu call to action (CTA) di iklan akan memudahkannya terhubung ke bisnis Anda. Selain itu, salah satu misi kampanye iklan dapat terwujud dengan menerapkan fitur tersebut. Makin sering fitur ini digunakan maka jangkauannya dipastikan makin luas.

Baca juga: Cara Automatically Created Assets pada Google Ads 2024

Cara Optimasi Google Call Assets

Menghadirkan call assets dalam kampanye periklanan merupakan salah satu langkah untuk mencapai keberhasilannya. Pasalnya, jangkauan iklan akan lebih luas dan Anda berkemungkinan mendapatkan lebih banyak panggilan telepon. Namun, bagaimana cara memulai penggunaan fitur ini?

Baca lebih lanjut  Pengertian Robots.txt: Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaanya?

1. Masuk ke Kampanye Iklan

Untuk menghadirkan fitur dengan sebutan lama call extension, Anda perlu masuk ke kampanye iklan yang telah dibuat terlebih dulu. Jika belum ada, buatlah kampanye baru dengan klik tombol yang dilengkapi tanda plus (+).

Dalam pembuatan kampanye, pastikan Anda memilih opsi penjualan saat ditanya tujuan iklan oleh Google Ads. Dengan memilih opsi tersebut, iklan Anda akan lebih fokus dalam meningkatkan penjualan produk ataupun layanannya.

Anda juga bisa memastikan iklan bisa mencapai tujuan perusahaan dengan cara menambah informasi-informasi penting. Seperti deskripsi yang mencerminkan perusahaan Anda ataupun komitmennya untuk klien.

Jika sudah, Anda dapat menentukan anggaran untuk strategi ikan yang dipasang. Supaya anggarannya bisa memberinya dampak maksimum, Anda bisa menggunakan anggaran untuk jangka waktu lebih panjang agar lebih hemat.

Dalam proses membuat kampanye iklan yang baru, Anda juga perlu memilih lokasi target, bahasa target, dan kata kunci iklan. Cara ini akan memudahkan Google untuk mendekatkan iklan Anda ke orang-orang yang memang berpotensi melakukan pembelian produk ataupun jasa.

2. Klik Tab Aset Iklan

Apabila sudah masuk ke kampanye iklan, selanjutnya temukan “Tab Aset Iklan” dan klik menu tersebut. Di laman berikutnya, Anda bisa memilih opsi “Iklan & aset” kemudian tap tombol aset yang dapat ditemukan di dropdown. Terakhir, klik tanda plus (+)  yang berwarna biru guna menambah fitur aset panggilan telepon atau call extension.

Dengan memilih ekstensi panggilan telepon, Anda bisa memastikan orang-orang yang melihat iklan bisa langsung melakukan tindakan yang berpotensi menghasilkan konversi. Selain itu, orang-orang juga terbantu sebab tidak perlu lagi mencari informasi lainnya jika produk yang Anda iklankan sesuai dengan kebutuhannya.

3. Input Detail Informasi dalam Aset

Sebagaimana pembahasan sebelumnya, elemen dalam iklan terdiri dari beberapa informasi. Begitu juga dalam hal aset panggilan. Jika Anda sudah klik tombol tambah warna biru, berikutnya akan diminta mengisi detail informasi.

Adapun informasi yang diminta terdiri dari dua. Di antaranya adalah nomor telepon bisnis Anda dan juga kode negara. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar agar calon klien terarah ke panggilan telepon yang tepat jika ingin menghubungi bisnis Anda.

4. Buat Jadwal Call Extension Terlihat

Jika ingin mengoptimasi fitur tersebut agar tampak sesekali dan sebaliknya, Anda bisa membuat jadwal khusus. Misalnya, Anda ingin fitur tersebut terlihat selama jam kerja pada hari Senin sampai Jumat. Anda bisa memilih tombol opsi “Lanjutan”. Kemudian, buat jadwal khusus.  Apabila sudah mengaturnya, Anda hanya perlu menyimpan pengaturan tersebut.

Baca lebih lanjut  Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

5. Tinjauan Keakuratan Informasi

Anda juga dapat meninjau kembali keakuratan informasi yang sudah dimasukkan ke call assets sebelum disimpan. Jika sudah dirasa benar, konfirmasi penyimpanan pengaturan baru tersebut dan cek apakah fiturnya sudah tersimpan atau belum. Anda bisa mencoba mencari iklan yang dibuat di laman Google juga.

6. Pantau Kinerja dari Penerapan Fitur Call Extension

Guna mengetahui tingkat keefektifan penggunaan fitur ini, Anda perlu memantau kinerjanya. Caranya bisa dengan melacak jumlah panggilan per hari, apakah terdapat perubahan ke tingkat yang lebih baik atau tidak. Pantau juga rasio klik tayang dan sederet metrik lainnya.

Jika diketahui tingkat kenaikannya terbilang kecil, Anda sebaiknya memeriksa kembali detail iklan. Periksa apakah deskripsi iklan sudah dirasa menarik dan informatif atau sebaliknya. Pasalnya, fitur call assets bisa jadi sia-sia jika iklan yang Anda hadirkan tidak begitu menarik di mata orang-orang. Sementara itu, jika iklan menarik, potensi lain yang didapatkan bukan hanya visibilitas meningkat tetapi juga penjualannya.

Manfaat Penggunaan Google Call Assets

Dari penerapan fitur aset panggilan ini, setidaknya ada lima manfaat utama yang bisa didapatkan pengiklan. Dimulai dari konversi penjualan yang makin meningkat hingga memastikan hubungan perusahaan dengan pelanggan tetap terjaga sebaik mungkin.

1. Mengoptimalkan Konversi Penjualan Produk Perusahaan

Manfaat yang pertama, yaitu mengoptimalkan konversi penjualan produk. Seperti diketahui, orang yang melakukan panggilan telepon ke suatu perusahaan pastinya memang sedang membutuhkan produk yang dijual perusahaan tersebut. Sekalipun nantinya akan ada konversi ataupun tidak, peluangnya tetap terbilang naik.

2. Memudahkan Analisis Kinerja Iklan secara Akurat

Manfaat kedua dari penggunaan fitur ini adalah memudahkan proses analisis kinerja iklan secara akurat. Anda tentunya tahu jika Google Ads mempunyai cukup banyak alat untuk memantau kinerja iklan. Namun, mengeceknya satu per satu metrik yang tersedia bisa jadi akan memakan lebih banyak waktu. Sebaliknya, memantau kinerja fitur call assets tergolong lebih singkat dan hasilnya dipastikan akurat.

3. Memastikan Keterlibatan Pelanggan Meningkat

Adanya fitur panggilan langsung yang mengarah ke telepon bisnis Anda memastikan keterlibatan calon klien meningkat. Pasalnya, cara terhubung satu ini terbilang lebih personal jika dibandingkan mengobrolkan kebutuhan calon klien di ruang publik. Misalnya kolom komentar dan sebagainya.

4. Meningkatkan Tingkat Kepuasan Pelanggan

Adanya kemudahan akses ke perusahaan Anda melalui panggilan telepon di aset iklan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Ini dikarenakan, pelanggan bukan hanya bisa terhubung dan bertanya lebih lanjut seputar produk yang Anda jual. Namun, keberadaan nomor tersebut juga memastikan pelanggan mudah memberikan saran ataupun komplain untuk produk yang Anda jual.

Baca lebih lanjut  SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Pakai [Terupdate 2024]

5. Memantau Interaksi Pelanggan secara Real-time

Manfaat yang terakhir adalah memastikan interaksi panggilan dengan perusahaan terpantau secara real-time. Ini bisa Anda lihat dari banyaknya telepon. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan saran-saran untuk memperbaiki layanan yang dirasa kurang baik oleh pelanggan. 

 

Apakah Call Assets dan Call Ads Sama?

Selain fitur call assets, dalam Google Ads juga ada yang disebut call ads. Untuk diketahui, keduanya sama-sama dirancang untuk memudahkan terjadinya panggilan telepon.

Namun, ada perbedaan mendasar diantaranya. Di mana aset panggilan dengan nama lain call extension diletakkan di iklan teks yang ada. Dalam hal ini, iklan juga dapat diklik segi sehingga calon klien bisa saja memilih untuk mencari tahu informasi perusahaan Anda terlebih dulu di situs resmi.

Sementara itu, iklan dengan fitur call ads dirancang khusus untuk menghasilkan panggilan telepon saja. Jadi, tidak ada opsi untuk masuk ke website resmi terlebih dulu.

Bagaimana Cara Kerja Call Assets?

Untuk merancang strategi iklan yang efektif, fitur aset panggilan telepon ini melakukan beberapa hal sehingga tujuan periklanan bisa tercapai. Beberapa hal yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Menyesuaikan Iklan sehingga Sampai ke Perangkat Mobile

Rata-rata iklan yang dibuat dengan Google Ads dan dilengkapi fitur ini akan sampai ke perangkat mobile. Ini bertujuan agar audiens yang dijangkau memiliki potensi lebih besar untuk menghubungi perusahaan Anda segera.

Menjadikan Iklan Tampak Fleksibel

Kendati lebih diutamakan tampil di perangkat mobile, aset panggilan dalam iklan ini mungkin tampak tidak menunjukkan semua informasi di dalamnya. Kendati begitu, Google Ads akan memastikan informasi-informasi penting termuat di dalamnya. Dengan demikian, meskipun tidak semua informasi tampak, orang-orang tetap mendapatkan inti utama dari iklan tersebut.

Memastikan Iklan Menarik dengan Opsi Penambahan Elemen

Iklan yang dilengkapi fitur panggilan langsung ini juga dapat dilengkapi sejumlah elemen lain untuk menarik perhatian pelanggan. Adapun beberapa elemen yang dimaksud terdiri dari penawaran spesial, layanan, hingga unique selling point yang ditawarkan perusahaan Anda.

 

Saatnya Optimasi Google Call Assets untuk Raih Banyak Telepon!

Kesimpulannya, call assets merupakan fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mencapai tujuan dari beriklan secara lebih efektif. Yakni, menjangkau lebih banyak orang hingga meningkatkan konversi penjualan.

Adapun untuk mencapai tujuan tersebut, bukan hanya dibutuhkan adanya fitur aset panggilan. Namun, informasi menarik dalam iklan juga berpengaruh besar. Selain itu, diperlukan juga keakuratan data agar klien diarahkan ke panggilan telepon yang tepat saat perlu menghubungi Anda.

Itulah informasi seputar aset panggilan telepon yang sebaiknya Anda ketahui. Jika Anda pebisnis, sekarang adalah saat tepat untuk mendorong keterlibatan calon konsumen dalam iklan yang dipasang. Sehingga upaya periklanan untuk meningkatkan konversi bisa tercapai.

Jika Anda mencari Jasa Google Ads terbaik yang bisa membantu pembuatan iklan Google Ads yang menarik, Jasa Ahli SEO adalah solusinya. Anda bisa mengunjungi perusahaan jasa  SEO ini di https://jasaahliseo.com/jasa-iklan-google-ads/ .

Melalui penerapan yang tepat, perusahaan ini dapat membantu Anda untuk pembuatan akun Google My Business hingga kampanye iklan. Tak hanya itu, Anda juga bisa memastikan fitur call assets tersedia di ikan yang dipasang. Soal harganya, mari langsung hubungi kontak yang tersedia di laman ini untuk bertanya lebih lanjut!

Call assets

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us