Logo jasaahliseo

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Share:

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel?

Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan Google Ads pada umumnya. Namun, platform ini lebih fokus dalam mengiklankan jasa akomodasi hotel. Dengan alat tersebut, sebuah penginapan di pelosok sekalipun berpeluang masuk halaman pertama dan dikenal lebih banyak orang. Ketahui selengkapnya tentang layanan Google Hotel di ulasan berikut ini.

Apa itu Google Hotel Ads?

Google Hotel Ads merupakan layanan iklan khusus untuk perhotelan yang dihadirkan oleh Google. Platform ini hadir untuk memastikan jasa akomodasi dapat naik peringkat di search engine results page (SERP).

Seperti diketahui, rata-rata situs yang merajai laman hasil pencarian hotel biasanya bukan merupakan perusahaan perhotelan langsung. Namun, situs-situs tersebut ialah agen tour dan travel. Adapun kerugian karena situs perhotelan ada di bawah situs agen travel adalah rendahnya minat kunjungan wisatawan ke hotel pelosok. Terutama tempat penginapan baru yang belum dikenal luas.

Kendati begitu, hal tersebut terjadi bukan karena kualitas jasa akomodasi baru tergolong buruk. Akan tetapi, popularitasnya yang kecil membuat orang-orang tidak bisa menemukannya. Padahal, hotel-hotel baru boleh jadi lebih dicari wisatawan karena rata-rata memberikan tawaran low cost dan fasilitas unik.

Mengapa Google Hotel Ads Penting Digunakan?

Setelah mengenal sekilas tentang platform Google Ads untuk hotel dan latar belakang kehadirannya, Anda perlu tahu mengapa ini penting digunakan. Terutama jika Anda mengelola bisnis akomodasi hotel ataupun mengelola website-nya.

Saat ini, orang-orang biasanya akan membuat rencana yang cukup matang sebelum melakukan perjalanan. Salah satu hal yang tak pernah dilewatkan untuk direncanakan adalah tempat menginap. Adapun untuk mendapatkan layanan tersebut, kebanyakan orang memilih mencari rekomendasinya dari internet, khususnya Google.

Baca lebih lanjut  Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

Sementara itu, algoritma Google dipengaruhi oleh banyak hal sehingga situs-situs yang baru berkembang cukup kesulitan naik ke halaman pertama. Bahkan meskipun sudah menggunakan layanan Google Ads, tak jarang beberapa hotel baru kesulitan mendapatkan kunjungan wisatawan.

Jika hotel Anda baru, menggunakan layanan Google Hotel Ads adalah opsi terbaik. Layanan ini akan meningkatkan visibilitas iklan hotel sebab dijadikan prioritas oleh algoritma Google.  Hal ini terjadi dikarenakan kata kunci yang orang pakai di kolom pencarian lebih relevan dengan layanan yang bisnis Anda tawarkan.

Selain itu, iklan Anda bisa tampil di situs-situs khusus dengan niche perhotelan. Seperti Agoda, Booking.com, hingga Traveloka. Bukan itu saja, kemasan iklan yang tampil juga tidak butuh copywriting tambahan sebab sudah ada template utamanya. Yang mana, informasi dalam iklan nantinya terdiri dari harga, lokasi, ketersediaan kamar, sampai dengan foto hotel.

Hal-hal tersebut bisa lebih mudah menarik perhatian calon tamu hotel Anda meskipun popularitasnya masih tergolong kecil.

 

Cara Memulai Iklan Menggunakan Google Hotel Ads

Bagi Anda yang tertarik memanfaatkan layanan platform ini, berikut adalah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menggunakannya. Dimulai dari persiapan, meluncurkan iklan, dan poin-poin penting yang harus diperhatikan:

1. Persiapkan Profil Bisnis Hotel

Tidak berbeda dengan langkah-langkah memulai iklan Google Ads. Untuk menggunakan layanan yang tak jarang disebut GHA ini, Anda juga perlu menyiapkan profil bisnis dulu.

Dalam hal ini, Anda bisa mendaftar di Google My Business lebih dulu jika belum memilikinya. Jika sudah, pastikan memperbaiki profilnya. Seperti menghadirkan informasi lokasi perusahaan, kontak yang bisa dihubungi, sampai dengan fotonya.

Dengan informasi jelas dan akurat, biasanya lebih banyak orang tertarik mencari tahu lebih lanjut tentang hotel tersebut. Di sisi lain, hotel Anda bisa terverifikasi oleh Google sebagai penginapan yang kredibel jika profil bisnisnya jelas dan benar.

2. Pastikan untuk Meningkatkan Pengalaman Layanan Pemesanan Hotel

Langkah kedua untuk beriklan dengan Google Hotel Ads adalah memastikan layanan pemesanan lebih mudah dilakukan calon tamu. Untuk ini, Anda bisa memiliki situs memesan secara khusus ataupun menggunakan website pihak ketiga.

Jika menggunakan situs web sendiri, biayanya dipastikan lebih tinggi sebab Anda perlu mengatur desain dan lain-lain. Sementara itu, website pihak ketiga sudah memiliki fitur-fitur yang dapat memaksimalkan performa iklan. Seperti adanya menu pemesanan yang memudahkan proses transaksi. Kemudian dalam hal informasi hotel, terdapat deskripsi menarik, foto berkualitas, dan keunggulan lainnya.

Hanya saja, website pihak ketiga juga perlu dibayar untuk setiap pemesanan yang dilakukan tamu di situs tersebut. Anda bisa mempertimbangkan plus minus-nya hal ini terlebih dulu sebelum memutuskan memilih cara mana.

Baca lebih lanjut  Teknik Storytelling yang Wajib Kamu Tahu untuk Branding Bisnis Anda

3. Buat Tarif Hotel yang Bersifat Menjual

Baik sudah ada keputusan ataupun belum untuk poin kedua, langkah ketiga perlu Anda lakukan segera. Yaitu, menentukan tarif hotel yang bukan hanya kompetitif, melainkan menjual juga.

Jelasnya, pastikan Anda tidak menurunkan harga jual tempat penginapan hanya untuk mendapatkan tamu. Namun, fokuskan iklan pada keuntungan yang bisa didapatkan tamu selain dari harga terjangkau. Misalnya, layanan yang lebih lengkap, staf ramah, kamar luas, view estetik, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon yang berlaku sewaktu-waktu untuk menambah nilai jual hotel yang ditawarkan. Memberikan harga diskon akan lebih menarik perhatian orang-orang dibandingkan memberikan nilai jual rendah secara langsung. Pasalnya, beberapa orang tak jarang lebih memilih hotel dengan harga standar alih-alih yang murah.

4. Pilih Opsi Iklan PPC atau Model Komisi

Sebagai informasi, terdapat dua model iklan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan platform Google Hotel Ads. Satu di antaranya adalah opsi iklan PPC (pay-per-click).

Untuk opsi pertama tadi, iklan yang diklik orang akan masuk ke website lain. Selanjutnya, pemesanan iklannya bisa langsung di website tersebut.  Namun, opsi pertama ini mengharuskan Anda tetap membayar meskipun klik iklan tidak menghasilkan konversi.

Sementara itu, opsi kedua yakni model komisi akan mengarahkan orang ke laman pemesanan di Google. Lebih jelasnya, Anda juga akan memberikan komisi ke Google jika seseorang memesan hotel setelah klik iklan model ini.

Namun, kebanyakan pebisnis akomodasi maupun agen travel biasanya menggunakan tipe iklan pertama. Pasalnya, iklan dengan model pertama rata-rata menampilkan informasi lebih lengkap mengenai hotel Anda.

5. Hadirkan Detail Produk dengan Daya Tarik Tinggi

Setelah memutuskan akan melakukan iklan dengan model PPC ataupun komisi ke Google, pastikan menyiapkan detail produk dengan daya tarik tinggi. Khususnya dalam hal foto-foto tempat akomodasi yang Anda tawarkan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menyiapkan deskripsi hotel yang lengkap. Seperti jumlah kamar, jenis tempat tidur, fasilitas dalam dan di luar kamar, serta lain sebagainya. Pastikan juga lokasi yang dibagikan akurat. Lengkap dengan detail jarak dari tempat terkenal yang tak jauh dari hotel.

6. Mulai Beriklan dengan GHA

Jika hal-hal tadi sudah diputuskan, Anda bisa mulai beriklan di Google. Mulai buat iklan dengan masuk ke Google Ads terlebih dulu. Selanjutnya, temukan opsi Google Hotel Ads dan selesaikan tahapan yang perlu dilakukan sebagaimana persiapan tadi. Seperti mengisi lokasi, foto, memilih opsi iklan, dan sebagainya.

7. Dapatkan Ulasan Positif dari Setiap Pengunjung

Jika Anda sudah beriklan, jangan lupa untuk selalu meminta ulasan dari pengunjung yang menginap di hotel. Untuk ini, pastikan juga layanan di hotel benar-benar berkualitas sehingga tamu akan memberikan ulasan positif untuk jasa akomodasi Anda.

Baca lebih lanjut  Bing Webmaster: Cara Verifikasi, Pengertian, dan Fungsi

8. Lakukan Pengukuran Performa Iklan Google Hotel

Langkah terakhir dalam beriklan dengan Google Hotel Ads adalah melakukan pengukuran performanya. Anda bisa memakai “Google Analytics” untuk mengawasi lalu lintas website dan mengetahui berapa banyak pemesanan yang didapatkan dari iklan ini.

Selain itu, lakukan juga pelacakan konversi, metrik tayangan iklan, hingga klik yang dihasilkan dari iklan. Anda juga bisa membuat ROI (return of investment) guna mengetahui nilai untung rugi jangka panjang setelah menggunakan layanan iklan ini.

 

Apa Keuntungan Menggunakan Google Hotel Ads?

Jika Anda memanfaatkan layanan Google Hotel Ads, keuntungan yang bisa didapatkan terdiri dari banyak hal. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bebas Memilih Opsi Iklan untuk Mendapatkan Nilai Untung Berbeda

Satu diantara keuntungan menggunakan layanan Google Hotel Ads ialah mendapatkan kebebasan dalam memilih opsi iklan. Anda bisa memakai tipe PPC yang cenderung tampak menguras biaya ataupun model komisi dengan budget tampak lebih besar.

Pada intinya, keduanya memiliki poin plus maupun minus sehingga Anda baiknya jika Anda menggunakan layanan lain juga sebelum memutuskannya. Misalnya menggunakan jasa ahli SEO sehingga klik tiap orang punya potensi konversi penjualan yang lebih tinggi.

2. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Mendapatkan konversi ataupun tidak, inti utama dari iklan bisa tercapai dengan memanfaatkan GHA. Popularitas hotel Anda bisa lebih meningkat jika namanya sering muncul di laman hasil pencarian Google. Dengan banyaknya orang yang terjangkau oleh iklan, bisnis Anda boleh jadi maju pesat di masa depan.

3. Mampu Bersaing dengan Online Travel Agent

Sebagaimana sempat disinggung sebelumnya, memanfaatkan iklan dengan GHA akan membantu hotel Anda lebih dikenal. Dengan tawaran harga pastinya lebih menarik dan terjangkau dibandingkan online agent travel, bisnis Anda bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan tersebut.

4. Memberikan Layanan Lebih Baik pada Pelanggan Tetap

Keuntungan keempat, Anda bisa mempertahankan pelanggan lama yang sudah menyukai layanan hotel Anda. Ini dikarenakan informasi yang diberikan model iklan GHA termasuk lengkap. Salah satunya adalah adanya ketersediaan kamar pada tanggal-tanggal tertentu. Ini akan membantu calon tamu dalam membuat jadwal tepat ketika ingin memesan layanan hotel Anda.

5. Meningkatkan Konversi Penjualan Jasa

Keuntungan terakhir tentu berkaitan dengan konversi. Jika iklan menarik minat banyak orang, bukan tidak mungkin jasa akomodasi Anda dijadikan pilihan pertama oleh orang-orang yang berlibur di lokasi hotel. Dengan demikian, konversi penjualan dan keuntungan pun bisa meningkat secara signifikan.

Ingin Memulai Penggunaan Google Hotel Ads?

Keuntungan menggunakan layanan Google Hotel Ads dapat dikatakan tidak biasa saja. Oleh karena itu, Anda mungkin tertarik ingin segera menggunakan layanannya.

Namun sebelum itu, perlu digarisbawahi kembali jika iklan ini akan sukses ketika Anda menawarkan hotel dengan hal-hal menarik. Entah itu harga, informasi, foto, entah lain sebagainya.

Jasa Google Ads Murah

Jika Anda bingung memulainya dari mana, sebaiknya mulai dari menghubungi jasa SEO. Layanan dari www.jasaahliseo.com mencakup banyak hal keperluan untuk meningkatkan kredibilitas situs web. Tak terkecuali dengan perbaikan profil Google Business. Jadi artinya, Anda bisa mendapatkan layanan membuat iklan terbaik menggunakan Google Hotel Ads dengan perusahaan jasa SEO ini.

Jadi, yuk, segera hubungi layanan jasa SEO ini. Konsultasikan segera kebutuhan Anda juga secara gratis pada jasa ahli SEO ini!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us