Logo jasaahliseo

Teknik SEO Terbaru yang Harus Anda Ketahui untuk Meningkatkan Peringkat Situs Anda

teknik seo terbaru

Share:

Setiap saat, para pengelola situs web terus berusaha mencari teknik SEO terbaru untuk diterapkan pada website-nya. Satu-satunya alasan untuk itu adalah mencapai peringkat teratas di Google search atau setidaknya masuk di halaman pertama hasil pencarian.

Seperti diketahui, ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan pengelola apabila situs webnya berhasil menduduki rangking teratas di Google. Mulai dari traffic yang naik pesat, kredibilitas meningkat, serta menambah daya jual apa-apa yang diiklankan di dalamnya. Dalam arti sederhananya, Anda bisa mendapatkan profit berupa uang dari situs web tersebut.

Namun, untuk mencapai titik itu memang tidak mudah. Ada beberapa Teknik SEO dan Lokal SEO yang perlu diterapkan dan selalu diperbarui selama Anda mengelola situs web. Informasi selengkapnya bisa dilihat di ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Teknik SEO Terbaru

SEO atau Search Engine Optimization merupakan teknik untuk mengoptimalkan ranking situs web. Hal ini dilakukan guna memaksimalkan performa website dan menjadikan kredibilitasnya meningkat di mata pengunjung.

Untuk diketahui, teknik mengoptimalkan performa situs web ini terdiri dari dua. Di antaranya adalah SEO on page dan SEO off page.

Sebagaimana namanya, SEO on page adalah teknik optimasi website yang dilakukan di dalamnya secara langsung. Sementara itu, SEO off page adalah teknik yang biasa dilakukan di luar website. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat tekniknya di bawah ini.

15+ Teknik SEO Terbaru yang Harus Diketahui Pemilik Website

15+ Teknik SEO Terbaru yang Harus Diketahui Pemilik Website

Pada dasarnya, teknik SEO terbaru tidak jauh beda dengan cara lama. Meski begitu, teknik terbaru ini merupakan hasil riset terbaru para ahli SEO sehingga memungkinkan hasil penerapannya bisa lebih optimal. Tentunya, jika teknik-teknik berikut diterapkan dengan baik dan benar.

1. Tulis Konten dengan Panjang Ideal

Menurut Yoast, konten tulisan diharuskan memiliki panjang minimal 300 kata supaya bersifat SEO friendly, tetapi idealnya adalah 500 kata. Jika ingin mendapatkan traffic yang lebih baik, Anda bisa menulis konten berkualitas dengan panjang sekitar 1000 kata hingga 1500 kata. Namun, menurut Backlinko,  konten blog paling ideal saat ini adalah 1890 kata.

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Selain jumlah kata secara keseluruhan, tiap kalimat yang ditulis juga harus disesuaikan jika ingin konten bersifat SEO friendly. Idealnya, satu kalimat terdiri dari 19 kata atau maksimal 20 kata.

Dengan artikel yang memiliki panjang ideal di tiap kalimatnya, isi konten dipastikan lebih berbobot. Oleh karena itu, pengunjung website juga bisa menemukan apa yang dibutuhkan dari artikel Anda.

2. Rutin Memposting Konten Terbaru

Untuk menaikkan engagement situs web, pengelola sebaiknya rutin meng-upload konten terbaru. Baik setiap minggu, tiga kali seminggu, atau lebih baik lagi sehari sekali.

Dengan rutin meng-upload konten baru, google crawler akan lebih sering mengindeks situs web Anda. Dengan demikian, kemungkinan naik peringkat di perangkingan Google dipastikan makin besar.

Selain memposting secara rutin, ada baiknya konten terbaru yang dibuat memiliki niche serupa dengan konten-konten sebelumnya. Dengan menetapkan satu atau beberapa niche untuk satu website, Google pun bisa lebih mudah menemukan ataupun menampilkan situs web Anda ketika dicari di mesin pencari.

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

3. Lakukan Keyword Research dengan Baik

Sebelum meng-upload konten ke website, Anda sebaiknya melakukan keyword research terlebih dulu. Untuk ini, tools yang ada di internet, seperti KWFinder, Ahrefs, Ubersuggest, hingga Google Keyword Planner bisa Anda manfaatkan.

Alat-alat SEO ini dapat digunakan untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan kebutuhan pengunjung internet. Dengan menggunakan salah satu atau beberapa tools tadi, Anda bisa menerapkan keyword yang memungkinkan website menduduki peringkat atas secara lebih cepat.

4. Sisipkan Anchor Text

Tidak kalah penting dari keyword utama, anchor text juga sebaiknya disisipkan dalam konten. Sebab, dibandingkan dengan menerapkan keyword utama saja, penerapan anchor text diklaim mampu menaikkan engagement situs web secara lebih efektif.

Hal ini dikarenakan, anchor text merupakan kata kunci yang terbilang lebih spesifik daripada keyword utama. Jika Anda belum tahu mengenai jenis kata kunci ini, perhatikan contoh berikut.

Jika kata kunci utamanya adalah air jeruk, salah satu kw turunan berupa anchor text yang bisa diterapkan adalah air jeruk nipis untuk diet. Untuk menemukan anchor text tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan kolom pencarian Google, ketikkan keyword utama, lalu pilih saran kata kunci yang tersedia untuk dijadikan anchor.

5. Pikirkan Tujuan Audiens Membaca Blog Anda

Pada dasarnya, poin kelima ini memang bukan teknik SEO terbaru. Namun, poin ini sangat penting dijadikan landasan pengelola website saat akan membuat konten-konten untuk diupload di situsnya.

Seperti diketahui, tiap-tiap audiens yang mengunjungi blog Anda pasti memiliki tujuan tertentu. Lebih jelasnya, orang-orang tersebut memasuki situs web Anda sebab sedang mencari suatu informasi.

Baca lebih lanjut  Tips Cara Gampang Disavow Bad Backlink pada Website SEO

Sebisa mungkin, Anda harus memastikan tujuan audiens bisa didapatkan di situs web yang dikelola. Misalnya, Anda bisa membuat konten yang relevan dengan keyword yang digunakan, menggunakan bahasa efektif, serta memberikan informasi yang lengkap di dalamnya. Sebab dengan itu semua, pengunjung situs web dipastikan akan membaca informasi hingga tuntas dan menemukan konten lain yang juga dibutuhkannya.

Teknik SEO Terbaru

6. Gunakan Judul yang Memikat

Dalam copywriting, menghadirkan judul yang memikat biasa disebut teknik menjual. Yaitu, saat di mana Anda menerapkan kata-kata yang mampu menghipnotis target sehingga tertarik mengetahui lebih lanjut produk jualan.

Serupa dengan itu, setiap kali membuat konten untuk diunggah di situs web yang dikelola, pastikan menerapkan kata-kata menarik. Biasanya, yang disebut dengan kata-kata menarik ini termasuk dalam kata sifat.

Oleh karena itu, dalam penerapan teknik SEO terbaru ini ke konten, Anda harus memastikan bahwa kata pemikat tersebut tidak berlebihan. Selain itu, pastikan juga konten benar-benar relevan dengan judul yang diberikan.

Aturan lainnya, ada baiknya judul yang dibuat tidak lebih dari 12 kata atau sekitar 60 karakter. Toleransi maksimum jumlah karakter dalam judul adalah 70 karakter hingga 75 karakter, tetapi jauh lebih baik di bawah itu.

7. Pakai Format Artikel sesuai Standar

Standarnya, artikel diberikan format H1, H2, dan H3. Dengan format yang tertata dan rapi, Anda bisa memudahkan  web crawler  dalam memindai konten artikel.

Oleh karena itu, kemungkinan konten naik peringkat di search dipastikan lebih besar. Apalagi, jika Anda menerapkan meta descriptions dengan jumlah kata ideal, kalimat efektif, dan mengandung keyword yang umum dicari pengunjung website.

8. Optimalkan Situs Web dalam Tampilan Mobile

Guna mempercepat pemuatan situs web, pengelola sebaiknya mengatur tampilan website-nya. Untuk hal ini, teknik SEO terbaru yang bisa diterapkan adalah mengganti template situs web.

Sekadar informasi, penerapan template yang bersifat mobile friendly bakal membantu meningkatkan posisi website Anda di perangkingan Google. Ini dikarenakan, browser pencarian satu ini sangat perhatian pada perangkat mobile. 

Jika Anda ingin menjadikan situs web bersifat mobile friendly, salah satu template yang recommended diterapkan adalah AMP. Dengan template ini, Anda juga dapat membantu pengunjung dalam menghemat penggunaan data saat memuat artikel di situs web yang dikelola.

Pasalnya, keberadaan template AMP atau Accelerated Mobile Page ini mampu menjadikan konten berupa gambar tidak akan tampil secara otomatis. Tepatnya, jika bagian gambar tersebut tidak dimuat dengan menggunakan sinyal internet.

9. Tambahkan Infografis

Teknik SEO terbaru yang sebaiknya Anda terapkan adalah menambahkan infografis dalam konten. Dengan komponen ini, website Anda dipastikan bukan hanya SEO friendly, melainkan ramah pengunjung juga.

Ini dikarenakan, keberadaan infografis dapat memudahkan pengunjung menemukan tombol-tombol tertentu. Selain itu, infografis juga dapat memperjelas isi konten yang ada dalam satu artikel.

Baca lebih lanjut  Tips SEO: Mengenal Jenis Traffic Website yang Wajib Tahu

10.  Gunakan URL yang Tepat

Dalam browser, tautan link suatu website maupun kontennya terdiri dari beberapa jenis. Ada yang mudah dibaca manusia, begitu juga sebaliknya. Lebih jelasnya, Anda bisa melihat contoh URL di bawah ini.

  •     https://www.contohurl.com/contoh-url/
  •       www.contohurl.com%2Fcontoh-url
  •     www.contohurl.com/d3d3LmNvbnRvaHVybC5jb20vY29udG9oLXVybC8

Dari ketiga contoh URL di atas, tipe paling mudah dibaca manusia ada di poin pertama. Biasanya, web crawler Google juga melihat kualitas suatu situs web dari tautannya.

Jika URL gampang dibaca, Google juga akan lebih mudah memahami konten artikel yang terdapat di situs web Anda. Oleh karena itu, pastikan mengubah tampilan URL website Anda jika ingin meningkatkan trafik situs.

11. Optimasi Gambar

Kerap dianggap tidak penting, nyatanya optimasi gambar juga jadi hal yang sangat menentukan peringkat situs web di Google Rank. Ini dikarenakan, jika Anda sembarang mengunggah konten visual, kemungkinan besar situs mengalami penurunan performa pada saat pemuatan.

Oleh karena itu, optimasi gambar jadi teknik SEO terbaru yang penting dilakukan guna meningkatkan kecepatan pemuatan. Seperti diketahui, 57% pengunjung akan meninggalkan situs web yang masih memuat ketika prosesnya melebihi waktu tiga detik.

12. Dapatkan Backlink Berkualitas

Untuk meningkatkan kredibilitas situs web Anda, cobalah bekerja sama dengan website ternama lainnya guna mendapatkan backlink berkualitas. Namun, cara ini hanya boleh dilakukan sesekali sebab akan dianggap spam jika terdeteksi oleh Google.

13. Sisipkan Internal Link

Internal link dapat memudahkan pengunjung dalam menemukan konten lain yang memiliki bahasan serupa di situs web Anda. Dengan menerapkan teknik SEO terbaru ini, bukan tidak mungkin pengunjung yang sebelumnya membaca satu konten akan membuka artikel lainnya.

Dengan demikian, traffic website Anda dipastikan makin naik secara bertahap.

14. Manfaatkan Media Sosial Lainnya

Pada dasarnya, setiap pengelola situs web perlu melakukan branding website-nya. Apalagi, jika website yang dikelola bukan milik brand atau perusahaan tertentu yang sudah dikenal masyarakat.

Untuk itu, Anda bisa mengiklankan konten dalam situs web dengan memanfaatkan sosial media. Teknik SEO terbaru ini memang tidak mudah dilakukan. Namun, jika Anda bisa membuat iklannya dengan baik dan memikat, bukan tidak mungkin akan banyak pengguna sosial media yang masuk ke situs web Anda.

15. Analisis SEO Website Anda

Jika sudah melakukan beberapa langkah di atas, Anda bisa menganalisis trafik situs web dengan menggunakan tools. Dengan langkah ini, Anda bisa mengetahui naik atau turunnya performa situs web yang dikelola.

16. Gunakan Tools untuk Menganalisis Website Kompetitor

Selain menganalisis performa situs web yang dikelola, website milik kompetitor juga bisa Anda analisis. Dengan melakukan teknik SEO terbaru ini, Anda bisa mempelajari dan mencari tahu lebih lanjut apa yang membuat website milik orang lain memiliki peringkat bagus.

Teknik SEO Terbaru

Mau Mengoptimalkan SEO di Website Anda?

Setelah mengetahui beberapa teknik SEO terbaru di atas, bagaimana? Sudah siap mengoptimalkan SEO dalam situs web yang dikelola? Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas tetapi Anda merasa perubahannya tidak begitu signifikan, alternatif lain bisa dilakukan. Yaitu, menggunakan layanan dari ahli SEO yang kredibel seperti Jasa Ahli SEO.

Dengan menggunakan jasa ini, berbagai teknik SEO terbaru akan diterapkan pada situs web Anda. Oleh karena itu, kemungkinan website naik peringkat dipastikan makin besar.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us