Logo jasaahliseo

Cara Membuat URL Blog Agar Lebih Singkat dan Menarik

cara membuat url blog

Share:

Di era digital seperti sekarang ini, cara membuat url blog memang sudah bukan menjadi hal yang baru lagi. Banyak yang mendasari alasan orang-orang membuat blog, mulai dari untuk keperluan pribadi, untuk bisnis online, maupun hal lainnya. Menumpahkan ide atau tulisan yang mungkin bermanfaat bagi orang lain juga bisa dikenal luas ketika mempunyai blog.

Akan tetapi, tidak semua blog memang bisa populer dan terkenal. Ada juga blog yang biasa-biasa saja bahkan pengunjung nya bisa sedikit. Hal ini disebabkan salah satunya yaitu karena url yang terlalu panjang atau cukup sulit diingat. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diinformasikan tentang bagaimana cara membuat URL blog yang menarik. 

 

Cara Membuat Url Blog Yang Singkat Dan Menarik

Adanya link atau URL memang membuat siapa pun jadi bisa mengakses sebuah situs. Link atau URL pada sebuah postingan di blog jika tidak diatur maka akan berbentuk cukup panjang. Oleh karena itu, cara membuat url blog supaya lebih menarik ada cara yang bisa dilakukan seperti berikut :

Install Plugin Pretty Link

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan sebagai cara membuat url blog lebih singkat dan menarik yaitu pretty link site. Informasi mengenai langkah-langkah panduannya yaitu sebagai berikut:
  • Masuk terlebih dahulu ke situs WordPress self hosting, karena pada blogspot Anda tidak dapat menggunakannya.
  • Berikutnya masuk ke fitur plug-ins, dan selanjutnya pilih add new plugin.
  • Di kolom pencarian, dapat memasukkan atau mengetik teks “pretty” link dan kemudian enter.
  • Cara membuat url blog selanjutnya, Akan terlihat  penjelasan plugin pretty link site, dan selanjutnya bisa Klik install now pada bagian deskripsi.
  • Berikutnya, bisa klik active plugin supaya bisa membuat aktif pretty link site ini.
  • Anda sudah bisa cek pemberitahuan bahwa pretty link site telah terinstal dan selanjutnya dapat  gunakan untuk membuat URL blog lebih singkat dan menarik.
Baca lebih lanjut  Kumpulan Cara Optimasi SEO Youtube agar Banyak Tayangan

Baca juga ini: Cara Daftar Blog Gratisan Dengan Mudah Di Blogger

Membuat URL Lebih Singkat

cara membuat url blog singkat selanjutnya, setelah anda memastikan pretty link site aktif, maka bisa menggunakannya agar membuat URL semakin singkat. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Di plugin pretty link site, Anda bisa pilih add new link
  • Berikutnya,  akan muncul halaman untuk merancang URL. Di sana bisa dilihat ada option dan add link. 
  • Di tab add link, Anda mengisi kotak target url dan isilah dengan url yang sekarang ini akan Anda rubah. Selanjutnya, Anda bisa merubahnya supaya lebih nampak keren di kotak pretty link. Pada bagian title, Anda bisa mengosongkannya terlebih dahulu. Atau bisa juga mengisinya dengan nama yang cocok.
  • Catatan: kalau target merupakan link afiliasi, Anda harus membaca syarat dan ketentuan link afiliasi tersebut. Tujuannya untuk mengetahui apakah memang link afiliasi boleh dipersingkat atau tidak. Contohnya, Amazon tidak mengizinkan untuk mempersingkat link afiliasi. 
  • Di bagian option, Anda bisa menentukan atribut nofollow jika url yang singkat dengan centang no follow this Link. Sebaliknya, jika ingin di follow maka tidak usah mencentang nya. Cara membuat url blog berikutnya, klik create untuk memulai pembuatan Link.
  • Maka, url singkat pada sebuah halaman di postingan blog sudah anda buat dan tentunya lebih bagus dibandingkan bawaannya. 
  • Untuk menguji link tersebut aktif atau tidak, Anda bisa membuka tab baru atau jendela baru di browser dan selanjutnya masukkan alamat url baru tersebut.
  • Jika memang bisa diakses dan terbuka dengan baik, artinya langkah-langkah sudah dilakukan dengan benar.

Demikianlah informasi tentang cara membuat url blog agar lebih singkat dan menarik. Dengan url yang efektif, tingkat kunjungan ke situs semakin tinggi dan dampaknya juga bisa lebih meningkat. Semoga ulasan ini memberikan manfaat bagi anda.

Baca lebih lanjut  Cara Mengetahui Backlink Kompetitor Menggunakan Tools SEO

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us