Logo jasaahliseo

Pasti Pecah Telor! Cara Menghasilkan Uang dari Internet 2024

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Share:

Perkembangan zaman tak hanya menjadikan internet sebagai media mendapatkan informasi, tetapi ladang cuan juga. Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dilakukan siapa saja. Jika Anda ingin mengetahui apa saja caranya, simak di ulasan berikut ini!

Daftar isi

45+ Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Di bawah ini terdapat lebih dari 50 cara menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet. Jika Anda tertarik menggeluti bidangnya, pastikan untuk cari tahu info lebih lanjut dulu, ya. Yuk, simak!

1. Membangun Bisnis Undangan Digital

Bisnis membuat undangan digital cukup marak digeluti banyak orang saat ini. Alasannya tak lain dikarenakan keuntungan menggunakan jenis undangan ini dibandingkan tipe konvensional. Seperti biaya yang lebih murah, mengurangi limbah, dan template undangan biasanya lebih banyak pilihannya.

Untuk Anda yang ingin membangun bisnis undangan digital, skill utama yang penting dimiliki adalah menguasai platform desain grafis. Jika tidak bisa, Anda juga bisa mengajak orang lain untuk bergabung membangun bisnis ini.

2. Menjual Hasil Karya Foto Digital

Karya foto digital seperti vektor hingga ilustrasi banyak diminati kalangan muda-mudi. Biasanya, karya ini dibuat sebagai hadiah untuk orang-orang spesial.

Jika memiliki skill di bidang ilustrasi, Anda juga bisa menawarkan jasa membuat karya foto digital. Sebagai saran agar jasa Anda menarik minat banyak orang, tawarkan layanan gratis ataupun harga diskon terlebih dulu.

3. Jasa Edit Foto dan Video Online

Selain karya foto digital, keahlian di bidang editing juga bisa memperbesar peluang Anda mendapatkan cuan dari internet. Jika tertarik, Anda bisa membuka jasa edit foto maupun video. Menariknya, jasa ini dapat dibuka secara bersamaan dengan jasa sebelumnya. 

Sebagai informasi, cara menghasilkan uang dari internet ini tak mengharuskan Anda pandai dalam ilmu marketing. Pasalnya, karya yang Anda buat bisa dijual di platform-platform berbayar seperti Shutterstock, Virtual Society, dan lain sebagainya.

4. Menawarkan Jasa Titip

Jasa titip juga bisa Anda buka jika ingin mendapatkan cuan bermodalkan internet. Untuk membuka jasa ini memang tidak mudah. Anda perlu membangun kredibilitas terlebih dulu agar orang-orang percaya pada layanan yang ditawarkan.

Kendati begitu, kredibilitas akan terbangun seiring waktu dan kualitas layanan Anda. Jadi, tidak masalah jika hari ini Anda memulainya dari nol.

5. Jasa Pembuatan CV

Masih banyak orang yang belum bisa membuat CV (Curriculum Vitae). Terlebih, saat ini ada dua jenis CV yang tak jarang diminta oleh perusahaan yang membuka lowongan. Yaitu, CV kreatif dan CV ATS.

Untuk orang yang peka teknologi seperti Anda, tentu hal tersebut bisa jadi ladang pencaharian. Cukup kuasai platform-platform seperti Canva, Microsoft Office, maupun aplikasi lainnya, jasa ini bisa Anda tawarkan ke banyak orang.

6. Bergabung dengan Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan bisnis yang booming sejak naiknya kepercayaan masyarakat pada toko online. Jika ingin mengikuti program ini, Anda perlu memiliki skill digital marketing. Pasalnya, keuntungan bisa didapatkan ketika Anda mampu menghasilkan konversi produk suatu perusahaan yang ditawarkan.

Baca lebih lanjut  Google Knowledge Panel: Arti, keuntungan, dan cara melakukannya

7. Membuka Toko Online

Cara lain untuk mendapatkan uang dengan bisnis jual beli barang di internet adalah membuka toko online. Adapun barang yang bisa dijual bisa bermacam-macam. Mulai dari pakaian, kosmetik, makanan, aksesoris, hingga produk digital untuk gaming hingga langganan streaming video/musik.

8. Menghasilkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya adalah mengelola blog. Jika ingin melakukannya, mulailah dengan membuat blog menggunakan WordPress ataupun Blogger.com.

Selanjutnya, kelola blog tersebut dengan mengunggah konten secara konsisten. Untuk diketahui, blog bisa menghasilkan uang setelah Anda monetisasi.

9. Berjualan Software di Internet

Apabila memiliki skill mumpuni di bidang programming, sebaiknya Anda berjualan software. Anda bisa menawarkan jasa di berbagai platform media sosial ataupun aplikasi jual beli jasa freelance.

Dengan kemampuan coding yang dimiliki, orang-orang biasanya meminta untuk dibuatkan aplikasi khusus perusahaannya. Tak sedikit juga yang mencari jasa unggah aplikasi ke Google Play Store.

10. Membangun Channel YouTube

Cara selanjutnya membutuhkan kreativitas Anda. Jadi, jika ingin mendapatkan uang dari internet dengan memanfaatkan YouTube, Anda bisa memulainya dari membuat channel. Kemudian, kembangkan dengan sering meng-upload konten menarik.

Untuk jenis kontennya tergantung pada kemampuan masing-masing. Misalnya, Anda bisa membuat konten tutorial, monolog, aransemen musik, dan lain-lain.

11. Memulai Bisnis Dropship

Bisnis dropship juga bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dengan mudah dari internet. Jika Anda belum tahu, pekerjaan ini biasa disebut dropshipper. Di mana Anda berperan sebagai jembatan antara pemilik usaha dan konsumen.

Adapun pekerjaan dropshipper hanya menawarkan barang yang dijual oleh perusahaan ke konsumen. Menyoal harganya bisa Anda atur sendiri. Jadi, jika mendapatkan pembeli sampai closing, Anda bisa mendapatkan keuntungannya. 

12. Jual Beli Domain

Tak sedikit orang yang ingin memiliki situs web untuk membangun merek. Mulai dari perusahaan hingga individu, situs web jadi salah satu media yang masih cukup penting untuk sebagian orang. Oleh karena itu, jika punya keahlian dalam membuat website, yang bisa didapatkan dari internet dengan jual beli domain website.

13. Membuat Kursus Online

Kursus online bisa dijadikan sumber penghasilan juga bagi Anda yang punya minat di bidang pendidikan. Saat ini, ada banyak platform yang dapat menghubungkan seorang tutor dengan calon pelajar.

Menariknya lagi, kursus online tak hanya berkaitan dengan pendidikan formal. Namun, ada juga kursus memasak, makeup, kursus jadi analis data, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih bidang apa yang dikuasai dan akan diajarkan pada member kursus.

14. Menjadi Social Media Influencer

Jika memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tak ada salahnya mencoba jadi social media influencer. Cara menghasilkan uang dari internet ini terbilang cukup ampuh. Pasalnya, ada banyak perusahaan yang seringkali membutuhkan jasa influencer untuk menaikkan visibilitas mereknya.

Untuk menjadi influencer yang sukses, sebaiknya tentukan terlebih dulu fokus tema konten yang akan Anda bagikan. Misalnya, membagikan konten makeup cosplay, memasak, atau lain sebagainya.

15. Social Media Strategist

Beberapa influencer baru tak jarang kesulitan membuat rencana konten yang akan dibagikan. Oleh karena itu, insight-nya bisa jadi tidak naik sebagaimana yang diinginkan.

Dalam situasi tersebut, orang-orang yang paham strategi merencanakan konten bisa membantu mereka. Jika Anda salah satunya, Anda bisa membuka jasa perencanaan konten.

16. Membuka Jasa Online Coaching

Mirip dengan kursus online tetapi jasa online coaching biasanya dibuka untuk beberapa orang saja dalam satu sesinya. Tak jarang juga, satu sesi dilakukan berdua, antara mentor dan mentee. 

Jasa ini biasanya dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan pendampingan latihan atau belajar sesuatu secara lebih komprehensif. Yang mana, fokusnya adalah hasil yang diinginkan coachee.

17. Menawarkan Keahlian Desain Grafis

Keahlian desain grafis bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat ilustrasi orang. Namun tak sedikit juga yang membutuhkan jasa desain interior sehingga Anda bisa menawarkan layanan tersebut jika bisa.

18. Menjadi Penulis Freelance

Menghasilkan uang dari internet dengan menulis juga bisa dilakukan saat ini. Anda bisa memilih mengirim tulisan ke media berita, forum online berbayar, ataupun platform khusus.

19. Bergabung ke Platform Survey Online

Ada banyak platform yang menawarkan pekerjaan surveyor dan terbukti membayar. Seperti Google Form, SurveyOn, dan juga iPanel. Untuk mendapatkan uang dari aplikasi-aplikasi ini hanya dibutuhkan registrasi dan konsistensi dalam mengisi kuesionernya. Jadi, bisa dijadikan pekerjaan sampingan jika ingin.

Baca lebih lanjut  Competitive Analysis: Strategi Marketing untuk Mengenal Kompetitor

20. Menjadi Tester Website

Menghasilkan uang dari internet juga bisa dengan menjadi tester website. Sebagaimana namanya, pekerjaan ini akan meminta Anda untuk memasuki suatu situs web yang belum resmi dipublikasikan. Kemudian, Anda harus memeriksa apakah ada bug di dalamnya ataupun kekurangan lainnya. Jika sudah ada laporannya, selanjutnya hasil pengujian diberikan pada pengelolanya.

21. Berjualan eBook

Digitalisasi membuat banyak hal bertransformasi. Dari yang tadinya fisik kini jadi bentuk digital. Tak terkecuali dengan buku. Kini ada banyak orang yang mencari buku bacaan berbentuk e-book sebab dirasa lebih praktis. Karena hal itu, Anda juga bisa menawarkan produk digital ini ke teman-teman ataupun orang lainnya.

22. Menjual Kerajinan Tangan Online

Bunga kertas, bros, gelas kustom, dan masih banyak lagi barang lain hasil kreasi yang bisa dijual secara online. Yang menarik, omset dari bisnis menjual kerajinan tangan ini terbilang cukup besar apabila digeluti dengan konsisten.

23. Menjual Tema dan Plugin Blog

Jualan template dan plugin blog mungkin terdengar asing untuk beberapa orang. Namun, Anda yang sudah berkecimpung di bidang blogging sejak lama pastinya sangat paham dengan dua produk tersebut. Template dan plugin adalah dua hal yang akan selalu dibutuhkan pengelola blog. Jadi, cara mendapatkan uang dari internet ini cukup menarik untuk dilakukan.

24. Menjual Jasa Desain Website

Selain menjual template-nya secara langsung, Anda juga bisa mendapatkan uang dari internet dengan menawarkan jasanya. Sekilas layanannya tampak sama. Namun, jasa desain website biasanya menawarkan pembuatan template yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan klien. Sementara itu, jualan template tidak perlu kustomisasi.

25. Mendapatkan Uang dari Subtitling/Transcription

Jasa penerjemah atau subtitling dan transkrip juga banyak dibutuhkan saat ini. Baik oleh pemilik channel YouTube, industri film, industri musik, dan lain sebagainya. 

Secara umum, perusahaan-perusahaan tersebut mencari jasa ini guna menekan biaya pengeluaran. Kendati demikian, gaji penerjemah umumnya cukup tinggi sebab kemampuan berbagai bahasa pasti dibutuhkan.

26. Jasa Penerjemah Dokumen Online

Selain menerjemahkan dan mentransmisikan bahasa dalam sebuah video maupun audio, jasa penerjemah juga akan dibutuhkan oleh masyarakat. Khususnya orang-orang yang akan pergi ke luar negeri dengan tujuan studi ataupun bekerja.

27. Menjadi Proofreader

Di industri percetakan, ada yang dinamakan proofreader. Jasa ini akan dibutuhkan sewaktu-waktu ada karya yang akan terbit. Sebelum resmi dicetak dalam jumlah banyak, proofreader akan diminta memeriksa ejaan dan menemukan kesalahan-kesalahan yang mungkin terdapat di dalamnya. Jika Anda punya skill tersebut, saatnya terapkan cara menghasilkan uang dari internet ini.

28. Mengikuti Kontes Desain Online

Tidak selalu harus dengan label bekerja, mendapatkan uang dari internet juga bisa dengan mengikuti kontes. Salah satu kontes yang menarik untuk diikuti adalah kontes desain. Biasanya, kontes ini diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan, pemerintahan, ataupun perusahaan yang ingin meningkatkan kredibilitasnya dengan logo baru.

29. Menjadi Freelancer Data Entry

Jika punya skill di bidang entry data, Anda bisa mencoba peruntungan dengan mengikuti cara mendapatkan uang dari internet ini. Sedikit gambaran mengenai tugasnya, data entry bukan hanya diminta menyatukan data-data yang ada. Namun, juga harus memastikan data tersebut lengkap serta tak ada yang terlewat.

30. Menawarkan Jasa Rangkai Kata

Jasa rangkai kata atau kapitalis umumnya dicari pemuda-pemudi usia remaja hingga dewasa 20 tahun-an. Ini dikarenakan, layanannya biasa dibutuhkan untuk membuatkan kata-kata berkesan dan romantis yang akan diberikan pada seseorang. Mirip dengan jasa penulis freelance tetapi pekerjaan ini lebih sederhana tugasnya.

31. Jadi Ghostwriter

Masih seputar jadi penulis, cara menghasilkan uang dari internet juga bisa dengan menjadi ghostwriter. Pekerjaan jenis ini bisa bermacam-macam, menulis artikel, cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Namun, karya-karya tersebut nantinya dipublikasikan ke media dengan nama pembeli jasa.

32. Menjadi Scriptwriter

Jika kurang tertarik dengan bidang penulis sebelumnya, Anda bisa mencoba jadi script writer. Jenis penulis ini memiliki tugas membuat alur sebuah acara, baik itu film, talk show, ataupun acara lainnya.

33. Menjadi Copywriter

Copywriter juga bisa Anda tekuni sebagai pekerjaan jika ingin mendapatkan uang dari hasil bekerja di internet. Seorang copywriter dibutuhkan oleh orang-orang untuk membuat teks iklan yang menarik, unik, dan bisa dengan mudah diingat audiens.

34. Menjadi Social Media Manager

Ada lagi cara menghasilkan uang dari internet dengan jadi manajer sosial media. Secara umum, tugas ini biasanya dilakukan mandiri oleh social media specialist. Kendati begitu, ada juga orang-orang yang mencari jasa khusus pemantau performa media sosial untuk memastikan konten-konten di dalamnya terstruktur.

Baca lebih lanjut  Tools Mockup: Pengertian, Manfaat dan Cara pakai desain untuk produk

35. Mendapatkan Uang dari Podcasting

Untuk Anda yang hobi bermonolog ataupun berdialog, membuka channel podcast bisa dijadikan sumber mendapatkan uang. Adapun channel yang dibuat tidak selalu harus di YouTube. Anda bisa memanfaatkan platform TikTok, Spotify, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang cocok dijadikan tempat berbagi podcast.

36. Menekuni Cryptocurrency

Menekuni cryptocyrrency juga jadi cara mendapatkan uang dengan internet yang terbilang ampuh dilakukan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa bidang ini harus ditekuni secara konsisten, sabar, dan banyak pengetahuan. Langkah-langkah tersebut penting diambil jika Anda ingin bebas dari risiko yang mungkin terjadi.

37. Menjadi Customer Service Online

Ada banyak perusahaan startup yang membuka lowongan untuk posisi customer service online. Jika tertarik, Anda bisa mengajukan diri untuk mengisi pekerjaan tersebut. Namun sebelum itu, pastikan Anda menguasai informasi tentang produk perusahaan sebab pekerjaannya tak jauh dari membantu calon konsumen.

38. Membuka Jasa Optimasi Website

Jasa selanjutnya yang umum dibutuhkan masyarakat adalah optimasi website. Untuk menjadi bagian jasa tersebut, Anda perlu menguasai bidang tertentu. Seperti mendesain web, membuat konten, menganalisis performanya, dan lain-lain.

39. Mendapatkan Uang dari Live Streaming Game

Streaming game jadi cara menghasilkan mendapatkan uang dari internet yang cukup banyak disukai remaja. Sebab, pekerjaannya bisa dilakukan sebagai hobi juga. Terbuat jika Anda benar-benar suka main game.

40. Live Streaming Host Jualan Baju

Live streaming juga bisa dilakukan saat Anda menjadi penjual baju. Pekerjaan ini serupa dengan jasa sebelumnya. Namun, Anda dituntut lebih interaktif untuk membangun komunikasi yang baik dengan konsumen.

41. Reviewer Aplikasi/dll

Anda juga bisa mendapatkan uang dari internet dengan me-review aplikasi. Baik itu aplikasi yang sudah lama dibuat ataupun baru. Jika Anda ingin mengikuti program review aplikasi, disarankan menjadi bagian tim khusus. Tujuannya tidak lain menghindari adanya risiko.

42. Live Streaming Menyanyi

Ada banyak cara yang bisa Anda coba. Salah satunya dengan melakukan live stream dengan konten bernyanyi. Supaya lebih ramai dan memungkinkan lebih banyak pengunjung datang, pastikan menarik minatnya dengan alat musik yang dimainkan.

43. Menciptakan Jingle

Terkadang ada beberapa organisasi yang membutuhkan layanan pembuatan jingle ataupun mars. Namun, mereka tidak memiliki pekerjaan intern. Oleh karena itu, Anda dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut.

45. Menyewakan Space Iklan di Website

Menyewakan space iklan di website memang jadi cara mudah mendapatkan uang dari internet. Namun, sebelum bisa mendapatkan uang dari cara ini, Anda tetap perlu membangun personal brand dan kredibilitas situs.

46. Membuat Website Lowongan Kerja

Jika Anda ingin mengelola blog tetapi bingung harus membuat konten apa, tema informasi lowongan kerja bisa dijadikan pilihan. Jenis informasi ini pasti selalu dibutuhkan masyarakat. Tak hanya info lowongannya, konten tips mendapatkan pekerjaan maupun melamar kerja juga diminati banyak orang.

47. Menjadi Guru Bahasa Asing Online

Ada pula pekerjaan menarik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang secara online yang berkaitan dengan pendidikan. Yaitu, menjadi guru bahasa asing. Posisi ini sangat cocok untuk Anda yang para polyglot.

48. Narator Audiobook

Banyak platform baca novel saat ini menawarkan fitur audiobook. Di saat yang sama, platform mereka juga membuka lowongan untuk mengisi posisi audiobook. Jika Anda punya suara khas yang unik, bisa coba cara menghasilkan uang dari internet dengan jadi narator audiobook.

49. Menjadi Voice Over

Mirip dengan narator audiobook tetapi voice over biasanya digunakan untuk mengisi suara kartun, film, dan video-video lainnya. Jasa ini tak jarang diminta untuk mengisi suara berbagai karakter. Oleh karena itu, sebaiknya Anda ketahui lebih banyak gaya bicara dan nadanya.

Tips Sukses Menghasilkan Uang dari Internet

Jika Anda tertarik menerapkan cara menghasilkan uang dari internet di atas, pastikan kesabaran tetap terjaga. Sebab, bukan hal mudah mendapatkan pelanggan, terlebih jika Anda baru memasuki bidang pekerjaan online ini. Selain sabar, Anda juga bisa membangun personal branding, meningkatkan skill, menambah relasi, serta mengikuti program sertifikasi.

Banner Jasa Ahli SEO

Jika langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, Anda dapat menciptakan landing page yang memuat karya-karya yang telah dibuat. Entah itu di media sosial entah di situs web. Apabila Anda kesulitan, jangan ragu hubungi jasa ahli SEO di www.jasaahliseo.com untuk mendapatkan bantuan dari spesialis. Anda bisa memesan layanan sosial media spesialis ataupun profesional website untuk membangun personal branding.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us