Logo jasaahliseo

Tips Cara Bikin Website Lewat HP, Khusus Pemula

Tips Cara Bikin Website lewat HP, khusus Pemula

Share:

Menjawab kebutuhan informasi dari internet yang semakin hari semakin tinggi, keberadaan website juga semakin banyak dibutuhkan. Bahkan saat ini, situs web sudah bukan kebutuhan perusahaan atau instansi saja, namun juga individu. Untungnya saat ini ada cara bikin website lewat HP yang bisa dilakukan dengan mudah.

Umumnya, membuat website memang menggunakan komputer, namun bagi Anda yang tidak memiliki perangkat ini juga bisa menggunakan HP. Dengan begitu, Anda bisa membangun situs web atau self-branding dengan mudah, praktis bahkan gratis.

Membuat Website Dengan WordPress dan Keuntungannya

Sebenarnya ada banyak platform yang bisa membantu Anda membuat situs web. Salah satunya yang paling populer dan banyak digunakan adalah WordPress.com. Selain itu ada versi lain yang bisa dicoba, yaitu WordPress.org. Tentunya setiap platform ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Layanan WordPress banyak dipilih karena selain gratis juga tidak perlu coding. Pasalnya, WordPress telah menyediakan tool dan template yang sangat mudah digunakan. Tampilan website juga menjadi lebih responsif. Artinya, bisa menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan, baik itu komputer, tablet maupun smartphone.

Selain beberapa alasan di atas, membuat website dengan WordPress  memang memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan diantaranya.:

1. Mudah Dipahami

Untuk Anda yang masih pemula, maka cara bikin website lewat HP dengan menggunakan WordPress ini sangat cocok karena mudah untuk dipahami, bahkan bagi yang belum pernah membuat situs web sekalipun. Jika dibanding dengan platform lain, WordPress memang dianggap cukup mudah digunakan.

Baca lebih lanjut  Cara Optimasi SEO Landing Page Website

2. Bersifat Open-Source

Meskipun WordPress merupakan pihak ketiga, namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, platform ini bersifat open-source, sehingga Anda bisa memodifikasi program yang ada di sana. Tidak heran jika saat ini banyak tools dan plugin WordPress bermunculan yang bisa digunakan untuk menambahkan fitur pada WordPress.

3. Fleksibilitas Tinggi

Kebutuhan website pasti berbeda-beda, mulai dari website portfolio, website company profile hingga blog pribadi. WordPress memenuhi kebutuhan ini dengan menyediakan banyak pilihan saat Anda membangun situs web. Artinya, Anda bisa membuat berbagai jenis website cukup hanya dengan satu platform saja.

4. Keamanan Terjamin

Melihat semakin maraknya kejahatan cyber di dunia maya, maka keamanan website menjadi suatu hal yang sangat penting. Namun jika Anda memilih platform WordPress, maka sudah tidak perlu mencemaskan keamanannya.

Cara Bikin Website Lewat HP dengan Menggunakan WordPress

Bukan rahasia lagi jika smartphone kini bertransformasi menjadi komputer mini. Mengapa? Sebab banyak hal yang dapat dilakukan ponsel pintar ini selayaknya laptop atau komputer. Tidak terkecuali untuk pembuatan website. Berikut adalah tutorial untuk Anda selengkapnya.

1. Unduh dan Install Aplikasi WordPress di HP

Cara pertama yang harus Anda lakukan tentu saja dengan mengunduh dan install aplikasi WordPress terlebih dahulu. Pastikan Anda mengunduh WordPress.com, bukan WordPress.org. Aplikasi ini bisa disematkan pada perangkat Android maupun iOS dan tersedia secara gratis. Berikut adalah langkah-langkah selengkapnya.

  • Buka Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk iOS) di HP Anda.
  • Tulis WordPress di kolom pencarian dan pilih aplikasi resmi resminya yang dikembangkan Automattic.
  • Tekan ‘Unduh’ lalu ‘Install’.

Jika aplikasi ini sudah ada di HP Anda, langkah selanjutnya adalah memasukkan alamat email untuk membuat akun di aplikasi WordPress. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan akun Google untuk mendaftar. Kemudian, cek kotak masuk pada alamat email yang Anda daftarkan untuk mendapat verifikasi dan melanjutkan proses pendaftaran WordPress.

2. Menentukan Nama Website

Jika langkah pertama sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah menentukan alamat situs webnya. Caranya adalah dengan memilih ‘Buat Situs Baru’ untuk bisa memulai membuat situs web. 

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Profesional Indonesia: Pengertian, Manfaat, dan Layanan

Selanjutnya pilih nama domain yang ingin Anda pakai untuk website lalu klik ‘Buat Situs’. Nanti akan muncul tampilan dari situs web yang sudah berhasil Anda buat. Klik tombol ‘OK’ untuk melanjutkan pengaturan di website.

3. Menyesuaikan Pengaturan Website

Setelah berhasil membuat domain, langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan. Hal ini bisa Anda mulai dari mengganti logo, judul hingga slogan situs. 

Untuk memulai pengaturan ini, Anda bisa membuka website melalui HP kemudian klik ‘Pengaturan Situs’. Pada menu ini, Anda akan menemukan berbagai jenis pengaturan yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna.

Untuk menambahkan slogan pada website Anda, caranya adalah dengan klik ‘Pengaturan Situs’ lalu klik ‘Slogan’. Di sini, Anda bisa menambahkan slogan untuk website dan jika sudah selesai, tinggal tekan ‘OK’.

4. Buat Halaman atau Artikel Pertama

Setelah semua langkah di atas selesai dan berhasil, selanjutnya Anda bisa membuat artikel sebagai postingan pertama. Untuk caranya, Anda klik tanda (+) pada bagian bawah, lalu pilih ‘Post Blog’. Setelah artikel selesai dibuat, klik menu ‘Terbitkan’ yang terletak di pojok kanan atas lalu klik ‘Publikasikan’.

Kekurangan Membuat Website dengan WordPress

Meskipun cukup mudah dilakukan dan menawarkan banyak keuntungan, namun WordPress juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui sebelum benar-benar memilih WordPress untuk membangun website.

1. Pengaturan yang Dibatasi

Pengaturan pada WordPress memang cukup mudah dilakukan. Namun jika Anda tidak memiliki hosting sendiri, maka kustomisasi akan sangat dibatasi. Dengan memiliki hosting sendiri, Anda akan semakin leluasa mengatur domain maupun sub domain, mengelola website dan masih banyak lagi.

2. Harga Domain dan Hosting yang Terbilang Mahal

Meskipun cara bikin website lewat HP ini bisa dilakukan secara gratis, namun Anda tetap harus menyiapkan uang untuk membeli domain dan hosting yang harganya cukup mahal. Sehingga tidak sedikit yang memilih blog gratisan. Meski begitu, tentu saja fitur yang digunakan akan lebih terbatas.

Baca lebih lanjut  Cara SEO Audit Website yang Baik dan Benar Terbaru

3. Banyak Plugin Abal-Abal

Banyaknya jenis plugin pada WordPress memang menjadi kelebihannya, namun ini juga menjadi salah satu kekurangan yang dimiliki WordPress. Saat tidak teliti, bisa-bisa Anda salah pilih plugin yang abal-abal. 

Lebih buruk lagi jika plugin dibuat melalui coding yang sangat buruk dan tidak mendapat sistem pembaruan secara berkala. Oleh sebab itu, teliti terlebih dahulu bagaimana rating, review hingga kapan plugin terakhir diperbarui.

4. Sulit Melakukan Migrasi

Anda akan mengalami kesulitan melakukan migrasi jika membuat website melalui platform WordPress. Hal ini karena Anda tidak memegang akses langsung ke cPanel atau server. Penting untuk mempertimbangkan poin ini sebelum benar-benar terjun menggunakan WordPress.

5. Kecepatan Berkurang

Website yang menggunakan platform WordPress kecepatannya kadang bisa berkurang. Hal ini karena menyesuaikan plugin yang dipakai, seperti misalnya memasang plugin ataupun gambar yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Kecepatan yang berkurang ini juga dipengaruhi oleh hal teknis. Anda bisa memeriksanya melalui tools secara gratis yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Dengan mengikuti beberapa cara bikin website lewat HP di atas, Anda juga sudah bisa membangun situs web sendiri dengan mudah dan gratis. Meski begitu, perhatikan beberapa hal sebagai pertimbangan. Setidaknya siapkan modal untuk membeli domain dan hosting jika Anda ingin membuat website menggunakan WordPress. Jika dikelola dengan baik, maka website menjadi peluang menjanjikan di era digital.

Bingung Buat Website? Percayakan Pada Jasa Pembuatan Web Terpercaya

Membuat situs web memang bisa dipelajari sendiri. Namun jika Anda tidak ingin repot, menggunakan jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan. Tidak hanya membuat website saja, umumnya penyedia jasa layanan ini juga memberikan service lain.

Banner Jasa Ahli SEO

Salah satu Jasa Pembuatan Website yang bisa Anda gunakan adalah melalui jasaahliseo.com. Ini merupakan penyedia jasa pembuatan website yang terpercaya. Tidak hanya itu, perusahaan jasa ini juga menyediakan layanan optimasi website sesuai dengan algoritma mesin pencarian saat ini. Untuk melihat info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situsnya di https://jasaahliseo.com

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us