Logo jasaahliseo

Tips Cara Memantau Website SEO Anda 2023

Cara Memantau Website

Share:

Website di zaman serba digital ini berperan penting dalam pertumbuhan bisnis, oleh karena itu perusahaan harus tahu cara memantau website. Pemantauan situs secara rutin bertujuan untuk memahami perilaku pengguna, mengetahui masalah teknis yang mempengaruhi pengguna dan melihat jumlah pengunjung.

Mengelola website terutama untuk SEO yang biasa digunakan untuk promosi perusahaan dan sejenisnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal tersebut karena website ini juga berperan sebagai wajah perusahaan, jika ada masalah terjadi maka citra perusahaan atau produknya akan mengalami penurunan.

Cara Memantau Performa Website SEO

Pengelolaan website tidak boleh sembarang dan harus diperhatikan karena saat ini tulisan online dalam web lebih digemari daripada media cetak seperti koran dan sejenisnya. Website memberikan peluang yang besar terhadap keberhasilan sebuah bisnis, supaya dapat dikelola dengan baik Anda perlu mengikuti cara memantau website berikut ini:

 1. Memeriksa Page Load Time

Page load time merupakan waktu yang digunakan untuk memuat halaman website dalam sekali kunjungan, biasanya membutuhkan 1 sampai 3 detik. Namun, rasio page load time ini dapat meningkat seiring banyaknya pengunjung yang akan mengakses situs dan menginginkan waktu akses cepat secara bersamaan.

Kecepatan server dapat dipantau melalui beberapa elemen seperti gambar dan teks yang menjadi metrik penting dalam pemantauan. Dengan begitu Anda dapat mengetahui tingkat kecepatan website dapat diakses oleh pengunjung dan melakukan perbaikan jika kecepatan aksesnya kurang memuaskan.

2. Melakukan Pelacakan Waktu Aktif Situs

Sebelumnya penting bagi Anda untuk mengetahui istilah yang ada dalam situs website seperti uptime dan downtime karena kedua istilah tersebut sering digunakan. Uptime yaitu aksesibilitas dan ketersediaan situs bagi pengguna sedangkan downtime merupakan istilah saat situs atau website tidak dapat diakses.

Situs yang tidak dapat diakses (downtime) penyebab utamanya karena tidak memadainya layanan hosting, selain itu penggunaan plugin yang tidak stabil juga bisa mengganggu kinerja situs. Jika ingin website Anda berkualitas maka pastikan untuk meningkatkan skor waktu aktif dan menghindari downtime.

3. Memperhatikan Tingkat Bounce Rate

Persentase pengunjung yang mengakses situs website setelah membuka halaman lainya disebut juga dengan rasio bounce rate. Tingkat bounce rate perlu diperhatikan dan temukan alasannya mengapa pengunjung memutuskan untuk berhenti dalam satu halaman website tanpa membuka halaman lebih jauh.

Baca lebih lanjut  Halaman Web tidak Tersedia? Ini Dia Cara Mengatasinya

Beberapa hal yang mungkin bisa menjadi penyebab bounce rate yang tinggi yaitu karena desain halaman situs yang buruk, website susah diakses atau lambat dan beberapa hal lainya. Sehingga hal ini bisa menjadi evaluasi bagi Anda untuk mengembangkan website terutama untuk memuat artikel SEO.

4. Mengukur Waktu Byte Pertama (TTFB)

Cara memantau website selanjutnya yaitu dengan mengukur waktu Anda ke dalam Byte pertama atau TTFB. Time to First Byte ini adalah indikator responsivitas pada website yang dengan mudah mengukur waktu permintaan halaman dari browser dan menerima data pertama yang melalui server.

Faktor yang membuat TTFB buruk diantaranya yaitu SSL yang lambat, koneksi jaringan tidak bagus serta berbagai hal lainya yang menyebabkan nilai TTFB kurang bagus. Supaya TTFB dapat meningkat perlu Anda perlu menerapkan Content Delivery Network agar dimanapun pengguna berada bisa mudah mengakses situs dengan cepat.

Selain itu cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan skor TTFB yaitu dengan menggunakan alat chaching. Alat tersebut beberapa diantaranya biasa disediakan oleh penyedia hosting dan disediakan dalam bentuk paket layanan.

5. Melakukan Pemantauan Kinerja Database

Perlu Anda ketahui untuk memantau situs bisa dilihat melalui kinerja database, terdapat dua metode yang bisa digunakan untuk memantau kinerja database. Pertama yaitu waktu kesalahan dimana Anda dapat menilai persentase permintaan yang output atau hasilnya adalah kesalahan-kesalahan.

Kemudian yang kedua yaitu waktu koreksi, yang digunakan untuk mengetahui ukuran durasi bagi pengguna untuk dapat terkoneksi dengan server milik Anda. Pengukuran seperti ini menjadi signifikan ketika konten yang dibuat bersifat dinamis, database yang buruk juga terlihat dari lambatnya respon website atau situs.

Daftar Alat SEO Terbaik

Jika di atas sudah disebutkan cara memantau website, berikut ini ada alat yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah perhitungan strategi website SEO. Strategi dalam menentukan SEO yang memiliki kualitas konten yang baik dan optimal dalam link building tentu harus menggunakan alat diantaranya sebagai berikut:

1. Google Trends

Website SEO sangat bergantung dengan apa yang sedang trend saat ini dengan kata lain apa yang menjadi topik hangat dan banyak dibicarakan masyarakat. Anda dapat menggunakan Google Trends untuk menentukan SEO On Page, kelebihannya dari platform ini yaitu dapat digunakan secara gratis.

Manfaat lainnya yaitu untuk menambah referensi keyword (kata kunci), mencari keyword yang paling populer, mengetahui lokasi strategis untuk kata kunci tertentu dan membandingkan historis keyword. Tools ini tidak hanya menyajikan hasil tulisan tapi dilengkapi dengan Google News, YouTube dan Google Images sehingga akan berguna bagi Anda.

2. SEO Yoast

Berbeda dengan kebanyakan pelacak SEO yang harus diakses lewat aplikasi atau web, SEO Yoast dapat diakses pada WordPress. Oleh karena itu secara otomatis akan menganalisis konten SEO apakah sudah benar dan penulis dapat memperbaiki secara langsung saat ada kekurangan.

Baca lebih lanjut  Ubersuggest: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Fitur yang ada diantaranya meta deskripsi, slug, kata kunci fokus, keterbacaan, judul meta dan berbagai fitur lainya yang bisa Anda coba. Melalui fitur-fitur yang disediakan tentunya membantu Anda dalam menentukan SEO yang bagus dan salah satu cara memantau website agar terus berkembang.

3. Google Analytics 

Hampir semua pencarian yang ada di ponsel maupun laptop menggunakan meddia pencarian Google, maka tidak heran jika Google Analytics sangat direkomendasikan untuk cek SEO. Aplikasi ini dapat memantau perkembangan website, bahkan Anda dapat mencari data dari sekitar 28,8 juta pengguna google saat ini.

Beberapa data yang bisa dicari yaitu kecepatan website, jumlah trafik, perilaku pengunjung, sumber trafik, real time dan demografi pengunjung. Sehingga dari data tersebut akan mempermudah pengguna dalam menentukan strategi yang dapat digunakan untuk bersaing dan mengalahkan kompetitor.

4. SEMrush

SEMrush merupakan SEO tools yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pemasaran online melalui website. Melalui berbagai fiturnya SEMrush dapat meningkatkan off page dan SEO on page, tentunya bisa membuat pekerjaan pengguna lebih mudah.

Fitur yang ada dalam tools ini diantaranya ada riset kata kunci meliputi merangkum kata yang relevan, melacak posisi SERP, saran traffic organik bagi website dan lainya. Selanjutnya untuk riset kompetitif seperti analisis traffic, backlink dengan kompetitor, pencarian organik dan ringkasan kinerja domain.

Selain itu ada Link Building sebagai alat analisis, membangun backlink dengan kompetitor dan ringkasan kinerja domain. Rank Tracking, Link Building dan On Page and Technical SEO tentunya memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan perannya masing-masing.

5.  Google Keyword Planner

Salah satu tools yang sering digunakan sebagai cara memantau website adalah Google Keyword Planner. Alat ini dibuat oleh Google dan sudah cukup terkenal di kalangan konten SEO karena dapat membantu mengoptimalkan kata kunci yang sedang hangat diperbincangkan. 

Anda dapat mencari kata kunci yang relevan, tingkat kompetisi masing-masing keyword dan rata-rata volume pencarian.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Google dan digratiskan untuk semua pengguna. Google Ads juga turut bekerja sama jadi bisa digunakan untuk keperluan riset.

6. Google PageSpeed Insight

Setelah Anda mengetahui cara memantau website, tentunya tahu bahwa situs bisa naik dan turun jumlah pengunjung halamannya dikarenakan penggunaan kata kunci yang kurang tepat. Bahkan berdasarkan hasil riset terdapat sekitar 53% pengguna Internet di negara yang tidak melanjutkan pencarian saat website loading lebih dari 3 detik.

Baca lebih lanjut  Apa Perbedaan Tag vs Kategori Website? dan Apa Manfaatnya?

Jika hal seperti itu terus dibiarkan yang terjadi adalah nilai bounce rate pada website Anda akan mengalami peningkatan dan merugikan situs. Oleh karena itu, penggunaan SEO tools sangat diperlukan karena untuk menjaga kestabilan website SEO Anda.

Google Pagespeed Insight mampu memberikan analisis yang berkaitan dengan kecepatan situs baik dalam bentuk mobile maupun desktop. Beberapa kriteria berikut yang menjadi penilaian dalam bentuk poin-poin :

  • Speed Index yaitu kecepatan halaman terakses secara lengkap
  • Cumulative Layout Shift merupakan deteksi gerakan yang dapat terlihat dalam website
  • Time to Interactive adalah durasi atau lamanya yang dibutuhkan halaman sampai siap untuk digunakan
  • First Contentful Paint yaitu berapa lama gambar atau teks muncul dalam halaman website di browser
  • Total Blocking Time adalah jangka waktu yang dibutuhkan antara FCP sampai waktu interaktif
  • Largest Contentful Paint adalah jangka waktu yang dibutuhkan saat gambar atau teks dalam website muncul pada halaman browser.

7. Google Search Console

Tools ini dapat mengidentifikasi tingkat performa pada situs dalam ranah organik, menariknya Google Search Console dapat digunakan secara gratis. Keakuratan data yang dihasilkan oleh tools ini tidak perlu diragukan lagi karena semua riset yang ditampilkan berasal dari data-data milik Google.

Adapun kemampuan yang dimiliki diantaranya yaitu untuk mengatur sitemap website, mengatur referring pada domain, hingga mengidentifikasi masalah keamanan website

Selain itu juga dapat memeriksa kinerja website, mengecek backlink ke situs Anda, menganalisis traffic situs, memeriksa kapabilitas situs, mengidentifikasi kata kunci populer dan masih banyak lagi.

Saat Anda mengecek website, ada beberapa informasi yang muncul seperti rata-rata posisi website, impression, total kunjungan dan rata-rata CTR dalam bentuk data statistik. Data tersebut ditampilkan secara lengkap oleh Google Search Console, bagi pemula mungkin sedikit sulit karena banyak istilah asing yang perlu dipelajari.

Website SEO memang tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa pemantauan rutin dari pengelola karena performa website dapat dilihat dari jumlah pengunjungnya. Maka setelah mengetahui cara memantau website SEO diharapkan Anda dapat mengelolanya lebih baik lagi dan terus berkembang sampai menjadi website yang diincar oleh para pengunjung.

Kini Anda Tahu Seberapa Penting Memantau Situs Web, Bukan?

Pada dasarnya ada berbagai macam tools maupun aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis topik yang sedang ramai diperbincangkan. Dengan begitu Anda cukup dimudahkan karena beberapa alat tersebut mampu memunculkan kata kunci yang berpotensi menarik pengunjung, sehingga jumlah kunjungan situs dapat meningkat.

Meski begitu, ada beberapa istilah atau teknik yang cukup sulit dipelajari dan memerlukan pemahaman mendalam. Jika Anda merasa kesulitan, percayakan saja pada penyedia layanan jasa optimasi SEO seperti di www.jasaahliseo.com.

Banner Jasa Ahli SEO

Mungkin ada banyak penyedia jasa serupa yang ada diluar sana, namun tidak semua mampu memberikan pelayanan dan hasil seperti yang Anda harapkan. Jasa ini, bisa mengatasi semua kendala yang dihadapi untuk membuat situs terlihat kredibel dan memperbaiki beberapa masalah intern di dalamnya.

Jasaahliseo.com memiliki tim handal yang siap membantu semua kesulitasn pelanggan. Tidak terkecuali untuk cara memantau website sesuai algoritma terbaru. Untuk melakukan konsultasi, silahkan kunjungi situsnya dan simak informasi lengkapnya!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us