Logo jasaahliseo

4 Cara Website Cepat Terindex Google, Wajib Coba Tahu ini

terindex google

Share:

Hal awal yang harus diketahui adalah penjelasan mengenai indeks google. Indeks Google merupakan sebuah daftar dari semua halaman web yang diketahui oleh mesin pencari Google. Apabila Google tidak mengindeks situs web yang kamu miliki, maka secara otomatis situs webmu tidak akan muncul di hasil penelusuran Google ketika ada yang menggunakan mesin pencari. Jadi kesimpulannya, situs web yang tidak diindeks tidak akan ada di database Google. 

Oleh karena itu, mesin pencari tidak bisa menampilkan situs web ini di halaman hasil mesin pencari (SERP). Meskipun websitemu telah diindeks, namun tidak menjamin akan muncul di bagian atas SERP. Untuk dapat muncul pada bagian atas SERP maka kamu harus memiliki kualitas website yang sesuai dengan elemen dari permintaan pengguna. Kali ini kita akan membahas cara website cepat terindex Google.

 

4 Cara Website Cepat Terindex Google

Sebenarnya cara paling mudah untuk mengindeks situsmu adalah dengan melakukan permintaan indeks melalui Google Search Console. Cara melakukannya yaitu dengan membuka Alat Inspeksi URL Google Search Console. Silahkan copy paste URL yang ingin kamu indeks ke dalam pencarian dan berikan waktu kepada Google untuk memeriksa URL tersebut. Apabila URL tidak diindeks, maka kamu bisa klik tombol “Minta Pengindeksan”. Tapi pengindeksan dengan cara seperti itu sangat lama dan memakan banyak waktu. Jika ingin lebih efisien waktu, lakukan cara website cepat terindex Google berikut ini. 

  • Optimalisasi File Robots.txt

Optimalisasi robots.txt merupakan langkah pertama cara website terindex Google. Robot.txt merupakan suatu file yang telah dikenali Googlebot sebagai suatu indikator bahwa ia tidak boleh menganalisis laman web. Analisis mesin pencari dari Bing dan Yahoo juga mengenali Robots.txt. Kamu harus menggunakan file Robots.txt untuk membantu perayap memprioritaskan halaman yang lebih penting, sehingga tidak membebani situsmu dengan permintaan.

Baca lebih lanjut  Google Search Console: Panduan Lengkap, Manfaat, Tips dan Trik

Meskipun ini termasuk dalam upaya teknis, hal ini sangat berguna untuk memastikan halaman yang telah dianalisis, dan kamu bisa mendapatkan bantuan tambahan untuk mengetahuinya dengan pemeriksaan SEO. Selain dapat memberikan umpan balik dalam rangka pengoptimalan, juga termasuk upaya pengeditan teknis.

 

Baca juga:  Belajar SEO Terbaru Khusus Pemula (Update 2022)

 

  • Semua Tag SEO Harus Bersih

Tag SEO merupakan cara website cepat terindex Google yang lainnya. Tag SEO sendiri memiliki fungsi guna memandu spider mesin pencari seperti Googlebot. Terdapat dua jenis tag SEO utama yang harus kamu dorong secara optimal.

  • Tag noindex nakal merupakan sebuah tag yang dapat memberi tahu mesin pencari agar tidak melakukan pengindeksan halaman. Apabila halaman tertentu tidak diindeks oleh Google, mungkin halaman tersebut memiliki tag noindex. 
  • Tag kanonik yaitu salah satu tag yang dapat memberi tahu perayap jika versi halaman tertentu lebih disukai. Apabila halaman tidak memiliki tag kanonik, maka Googlebot mengenalinya sebagai halaman pilihan dan satu-satunya sehingga pada akhirnya bisa mengindeks halaman tersebut.  
  • Pastikan Tautan atau Link Internal Tepat dan Backlink Efektif

Fungsi dari tautan internal adalah membantu perayap menemukan laman website milikmu. Sehingga cara ini cukup efektif sebagai cara website cepat terindex Google. Sementara halaman yang tidak tertaut akan dikenal sebagai halaman individu dan jarang diindeks. 

  • Buat Konten dengan Kualitas Tinggi Pada Website

Cara website cepat terindex Google paling ampuh adalah mempunyai konten yang berkualitas tinggi. Hal ini sangat penting untuk pengindeksan dan peringkat websitemu. Googlebot hanya akan fokus pada halaman yang lebih berkualitas tinggi di situs webmu dan memanfaatkan perayapan Googlebot dengan lebih baik. Selain itu konten yang ada di websitemu harus unik. Sebab konten duplikasi sangat berbahaya bagi Google Analytics.

Baca lebih lanjut  Ahrefs: Pengertian, Penjelasan Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Nah, itu dia beberapa hal mengenai cara website cepat terindex Google. Jika kamu membacanya pertama kali mungkin terlihat rumit, namun jika kamu perhatikan langkah demi langkah maka kamu tidak akan kesusahan untuk mengupayakan beberapa cara website cepat terindex Google tersebut. Selamat mencoba dan tetap semangat ya!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us