Logo jasaahliseo

Domain Authority: Strategi dan Cara Efektif Meningkatkannya pada Website Anda

Domain Authority

Share:

Domain authority adalah skor atau nilai yang diberikan situs perangkingan seperti Moz Rank untuk menunjukkan seberapa baik kualitas suatu website. Sebagai informasi, nilai tersebut memiliki rentang dari angka 1 sampai dengan 100. Makin tinggi nilai domain-nya maka dipastikan suatu situs web memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, peluang menduduki posisi teratas di search engine maupun results page bisa dikatakan tinggi.Namun pertanyaannya, bagaimana cara agar nilai domain authority (DA) situs web jadi tinggi? Untuk mengetahui jawabannya, pastikan Anda menyimak ulasan di artikel ini hingga tuntas!

Faktor yang Mempengaruhi Domain Authority

Perlu diketahui, skor domain tidak serta-merta muncul di situs web perangkingan. Skor ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah usia domain, serta popularitas dan ukurannya.Ketiga faktor tadi saling berhubungan satu sama lain. Jadi, nilai skor DA tidak bisa tinggi hanya karena salah satu faktor di atas. Meski begitu, beberapa website memiliki peluang naik skor DA-nya meskipun usianya masih baru. Yang terpenting, popularitas dan ukurannya bisa dikatakan bagus.

Cara Efektif Meningkatkan Domain Authority Website

Jika Anda ingin memastikan website yang dikelola memiliki popularitas agar skor domain-nya bagus, strategi di bawah ini bisa diterapkan. Berikut di antara cara tersebut.

1.  Jadikan Website Mobile-Friendly

Pada dasarnya, popularitas suatu situs web dipengaruhi oleh kualitasnya sendiri. Adapun salah satu aspek yang kerap menjadi faktor penentu kualitas website adalah tampilannya.Untuk diketahui, tampilan situs web biasanya terdiri dari mobile dan desktop. Jika tidak dioptimasi, rata-rata website memiliki tampilan desktop. Namun saat ini, kebanyakan pengguna internet lebih senang menggunakan browser di perangkat mobile.Oleh karena itu, pastikan situs web Anda memiliki tampilan mobile untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Anda bisa mengaktifkan fitur mobile-friendly di pengaturan platform blogging yang dimiliki atau memasang plugin-nya.
Baca lebih lanjut  Apa itu Sitemap Website? Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat

2.  Tingkatkan Loading Speed Website

Kecepatan membuka halaman situs web juga jadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kualitas website. Makin cepat situs web membuka laman konten maka dipastikan jumlah pengunjungnya bakal banyak. Karena itulah, loading speed website juga jadi salah satu faktor yang bisa menaikkan nilai domain ataupun sebaliknya.Jika Anda ingin situs web memiliki skor domain yang tinggi, pastikan poin ini dioptimasi. Namun sebelumnya, Anda bisa mengecek tingkat kecepatan loading situs web di Google Page Speeds, GT Metrix, atau website test speeds lain.

3.  Perbaiki Kualitas Konten

Untuk meningkatkan skor domain, situs web juga harus memiliki konten dengan kualitas terbaik. Anda bisa memperbaikinya dengan memastikan tiap konten mempunyai bahasa yang jelas. Selain itu, konten juga harus dipastikan memiliki kata kunci yang kerap dicari pengguna internet.Optimasi di segi konten juga bisa dengan memastikan jumlahnya tidak sedikit. Maksudnya, biasakan untuk meng-update konten terbaru secara rutin. Baik itu sehari sekali atau seminggu sekali. Dengan langkah ini, website Anda akan memiliki ukuran lebih besar, begitu juga dengan peluang skor DA-nya.

4.  Lakukan Analisis Konten Website Sendiri dan Kompetitor 

Sebagai langkah meningkatkan kualitas situs web Anda, analisis konten milik sendiri dan kompetitor sangat penting dilakukan.  Untuk diketahui, ada banyak hal yang perlu dianalisis. Mulai dari keyword hingga peringkat situs.Selain konten di website milik Anda, analisis juga perlu dilakukan pada situs web kompetitor. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui apa yang lebih baik dari kompetitor ataupun sebaliknya. Lebih lanjut, Anda juga bisa menyimpulkan beberapa hal yang sebaiknya ditingkatkan kualitasnya dalam konten berikutnya.

5.  Optimasi SEO

Tak kalah penting dengan memperbaiki kualitas visual situs web, SEO atau search engine optimization juga penting diakali. Adapun hal-hal yang termasuk SEO dan perlu dioptimasi bisa dikatakan cukup banyak. Mulai dari memaksimalkan penggunaan kata kunci, membuat konten yang bermanfaat dan sustainable, dan masih banyak lagi.Kemudian, perlu diketahui juga bahwa pengoptimalan SEO bukan hanya di segi konten, melainkan di luar juga. Maksudnya, Anda perlu memastikan situs web dikenal baik oleh pengguna internet. Contohnya dengan membangun link yang mengarah ke situs web Anda di website lain.
Baca lebih lanjut  Backlink Media Nasional : Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukan Backlink Media

6.  Rajin Promosi

Supaya langkah-langkah tadi memberikan hasil yang optimal, Anda harus rajin-rajin mempromosikan blog di luar website. Misalnya, gunakan akun media sosial untuk mengiklankan konten di situs web Anda. Baik di Facebook, Instagram, maupun Twitter.Selain itu, bentuk promosi juga bisa dilakukan dengan membayar Google Adsense atau pengiklan lainnya. Entah itu situs web, jasa ahli SEO, entah publik figur yang punya pengaruh pada target market website Anda.

Manfaat Skor Domain Authority

Jika Anda terus memperbaiki kualitas situs web, seperti dengan menerapkan cara-cara di atas, skor DA dipastikan makin baik. Dengan begitu, beragam manfaat juga bisa didapatkan. Adapun beberapa manfaat dari besarnya skor domain authority di antaranya adalah sebagai berikut:

  Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan. 

Percaya ataupun tidak, situs web yang sering berada di posisi teratas dalam result page pasti memiliki lebih banyak pembaca tetap. Hal ini dikarenakan, orang-orang tersebut percaya jika konten dari situs web tersebut pasti relate dengan informasi yang dibutuhkannya. Selain pembaca lama, pengunjung yang baru juga akan merasakan hal serupa.

  Menjadikan Support System Tersendiri. 

Jika Anda mengelola blog secara mandiri, turun ataupun naiknya skor DA pasti akan mempengaruhi mental juga. Jika skornya bagus sehingga konten selalu berada di peringkat pertama results page, Anda pasti merasa lebih senang. Selanjutnya, pembuatan konten juga akan terasa lebih menyenangkan.

  Meningkatkan Konversi Penjualan. 

Jika situs web Anda dikelola sebagai tempat afiliasi, bukan tidak mungkin pengunjung bakal lebih yakin membeli produk yang ditawarkan di dalamnya. Sebab, skor situs web yang tinggi membuatnya berada di peringkat teratas. Kualitas konten juga meyakinkan sehingga orang-orang tidak ragu membeli barang yang dibutuhkannya.

Cara Cek Domain Authority Website Anda

Jika Anda ingin mengoptimalkan nilai domain situs web dengan langkah-langkah di atas. pastikan cek dulu situs seperti Moz Rank. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs lain pengecek skor domain, seperti Ahrefs, WHOIS, dan lain-lain.Untuk cara selanjutnya, Anda hanya perlu masuk ke situs tersebut, lalu tap kolom untuk mengisi URL. Masukkan domain atau link situs web Anda, kemudian klik tombol pengecek skor. Tidak butuh waktu lama untuk itu, dalam beberapa detik saja, skornya akan muncul.Selain mengecek website sendiri, sempatkan untuk menganalisa skor domain kompetitor. Jika lebih bagus, Anda harus melakukan strategi terbaik lainnya untuk meningkatkan kualitas situs dan menjadi yang teratas di SERP.
Baca lebih lanjut  Ubersuggest: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Sudah Paham Cara Meningkatkan Domain Authority untuk Website Anda?

Jika kesulitan mendapatkan nilai tinggi dan belum memahami langkah-langkah di atas, ada cara praktis meningkatkan skor DA situs web Anda. Yaitu dengan berkonsultasi pada Jasa SEO Jakarta. Dari banyak rekomendasi yang ada, salah satu penyedia jasa terbaik yang bisa Anda coba adalalh di https://www.jasaahliseo.com/.Jasa ini siap membantu Anda dan didukung dengan tim terbaik dibidangnya. Anda bisa mendapatkan banyak jenis teknik SEO yang akan mendongkrak performa websiteDengan begitu, situs web akan lebih berkualitas dan mendapatkan skor domain authority yang tinggi. Di era serba digital, seseorang harus mampu bersaing untuk mampu bertahan atau meningkatkan kredibilitasnya. Seperti ketika berbicara soal website, Banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan. Tidak hanya soal personal, tapi lebih luas seperti bisnis dan perusahaan.

FAQ tentang domain authority

Apa itu Domain Authority (DA) dan mengapa penting?

Domain Authority (DA) adalah nilai skor yang menunjukkan kualitas situs web, berkisar dari 1 hingga 100. Penting karena memengaruhi peringkat di hasil pencarian dan dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung

Faktor apa saja yang memengaruhi Domain Authority (DA) situs web?

Faktor-faktor yang memengaruhi DA meliputi usia domain, popularitas, dan ukuran situs web.

Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority (DA) situs web?

Cara meningkatkan DA meliputi membuat situs mobile-friendly, meningkatkan kecepatan loading, perbaiki kualitas konten, analisis kompetitor, dan optimasi SEO.

Apa manfaat memiliki Domain Authority (DA) yang tinggi?

Manfaatnya termasuk meningkatkan kepercayaan pengunjung, dukungan motivasi, dan meningkatkan konversi penjualan.

Bagaimana cara melakukan pengecekan Domain Authority (DA) situs web?

Cek DA situs web dengan mengunjungi situs penyedia perangkat perankingan seperti Moz, Ahrefs, atau WHOIS, lalu masukkan URL situs web untuk melihat skornya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us