Logo jasaahliseo

Perbedaan TOFU MOFU BOFU: Pengertian dan Manfaatnya

TOFU MOFU BOFU

Share:

Istilah TOFU MOFU BOFU sering digunakan digital marketer dalam mengoptimalkan kinerja iklan produk di internet. Ketiganya termasuk bagian marketing funnel, yaitu strategi pemasaran untuk meningkatkan keyakinan konsumen ketika bingung memilih suatu produk yang dibutuhkannya. Penjelasan lebih lengkap tentang teknik marketing digital ini dapat Anda ketahui di ulasan berikut. 

Sekilas Tentang Marketing Funnel

Menurut bahasa, marketing funnel berarti corong pemasaran. Istilah ini adalah analogi untuk strategi pemasaran produk yang bertujuan menghasilkan clickbait.

Adapun yang dimaksud dengan TOFU, MOFU, dan BOFU adalah bagian dari corong tersebut. Mulai dari bagian paling atas yang terbuka lebar sampai ujung corong dengan ukuran sempit.

Bentuk tersebut serupa dengan kondisi konsumen ketika hendak mencari suatu solusi, tetapi belum tahu mana yang terbaik untuknya.

Apa itu TOFU MOFU BOFU?

Tidak bisa dipisahkan satu sama lain, TOFU MOFU BOFU juga memiliki kepanjangan dengan arti tak jauh beda. TOFU adalah Top of Funnel, yaitu strategi untuk menggaet perhatian calon konsumen agar penasaran dengan produk Anda.

Dalam taktiknya, diperlukan planning marketing yang cukup banyak dengan tujuan meningkatkan brand awareness. Adapun cara yang kerap dilakukan sebagai bagian dari TOFU bisa dikatakan cukup banyak. Salah satunya adalah membuat informasi umum yang selalu dibutuhkan masyarakat dan menyisipkan soft selling di dalamnya.

Kemudian, yang dimaksud dengan MOFU adalah Middle of Funnel. Yaitu, tahapan di mana Anda harus bisa memastikan audiens bisa menjadi pelanggan dan menghasilkan konversi.

Sebagai informasi, tahapan MOFU bisa dikatakan cukup sulit. Sebab, audiens bisa jadi bukan calon konsumen berkualitas yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, konten yang dibuat sebagai bagian MOFU harus menyasar target tepat.

Sementara itu, BOFU ialah Bottom of Funnel yang artinya, bagian pemasaran dengan tujuan mengikat konsumen agar terus membeli produk Anda. Dalam hal ini, teknik yang bisa dilakukan harus menonjolkan sebuah insentif apabila konsumen membeli produk Anda.

Baca lebih lanjut  Tips Mempercepat Loading Website dengan Mudah dan Cepat

Dalam arti jelasnya, pastikan produk Anda memiliki sesuatu yang bisa memberikan solusi untuk konsumen. Ketika beriklan, Anda juga harus memfokuskan pada keuntungan bagi konsumen bukan untuk perusahaan Anda.

Manfaat Penerapan TOFU MOFU BOFU untuk Bisnis

Menerapkan strategi TOFU MOFU BOFU dapat memberikan manfaat yang besar untuk pelanggan maupun pebisnis. Adapun manfaat yang dimaksud sama-sama bakal menguntungkan.

Bagi pebisnis, misalnya, strategi ini bisa memastikan usaha Anda tetap berjalan di masa depan. Hal ini terjadi dikarenakan adanya perencanaan yang terus-menerus dapat digunakan untuk memastikan usaha Anda tidak tertinggal.

Lebih jelasnya, Anda dapat mengukur kondisi bisnis sampai evaluasi dan memperbaiki kualitasnya agar tetap memiliki pelanggan. Selain itu, adanya penerapan teknik pemasaran ini juga dapat membantu pengusaha menyasar lebih banyak konsumen. Sebab, Anda mengetahui seperti apa perilaku dan kebutuhan tiap orang.

Tahapan Penerapan Strategi TOFU MOFU BOFU

Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi marketing dengan menggunakan analogi funnel, terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Adapun diantara tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Awareness dengan Konten Berkualitas

Baik brand lama ataupun baru, salah satu cara yang penting dilakukan ketika menemukan calon konsumen adalah memperlihatkan kualitas. Ada banyak cara untuk memperkenalkan diri berdasarkan kualitas produk. Seperti dengan slogan sampai konten.

Cara tersebut dapat menghubungkan bisnis Anda dengan target potensial. Dengan demikian, orang-orang akan lebih menyadari keberadaan produk dari merek Anda. 

Untuk diketahui, meningkatkan awareness ini harus dilakukan secara terus-menerus dengan update berkelanjutan. Khusus untuk slogan, jenis brand awareness ini harus dibuat sematang mungkin agar tidak hanya menarik, tetapi juga mudah diingat masyarakat. Contohnya bisa dilihat dari merek-merek ternama. Seperti ‘Indomie Seleraku’, ‘Yamaha Semakin di Depan’, dan lain-lain.

Untuk konten, brand awareness bisa dilakukan dengan meningkatkan kualitasnya agar pengunjung tidak memiliki keraguan untuk membuka halaman konten Anda yang lainnya. Adapun cara meningkatkan kualitas konten bisa dengan menggunakan jasa seo profesional hingga content writer specialist.

Baca lebih lanjut  Ciri-Ciri Jasa SEO Semarang Aman dan Terpercaya 

2. Siapkan Link sebagai Langkah Discovery

Setelah tahap pengenalan diri, ada yang dinamakan discovery. Yakni, saat di mana Anda harus bisa memberikan alasan kenapa seseorang harus mendapatkan produk ataupun jasa dari merek Anda.

Untuk hal ini, pebisnis harus memastikan layanan yang ditawarkannya adalah solusi guna mengatasi problem sekelompok masyarakat. Misalnya, jika Anda menjual produk sampo, penting untuk memberikan spesifikasi jelas mengenai manfaat utama dari produk tersebut. Dengan begitu, orang-orang akan penasaran dan mencari tahu lebih lanjut tentang produk Anda.

Supaya mendapatkan hasil dari tahapan kedua ini, Anda bisa menyiapkan link berisi informasi lebih lanjut seputar produk. Baik itu informasi langsung di landing page website maupun kontak customer service yang bisa dihubungi.

3. Optimasi Marketing untuk Memenangkan Consumer Consideration

Tahapan ketiga dalam teknik TOFU MOFU BOFU adalah optimasi marketing agar memenangkan hati konsumen. Langkah ini memang tergolong tricky. Kendati begitu, bukan hal mustahil juga jika Anda tahu tekniknya.

Sebagai informasi, cara agar menang ketika konsumen menimbang-nimbang harus beli produk Anda atau sebaliknya terbilang banyak. Salah satunya, Anda bisa menerapkan iklan dengan menggunakan tools Facebook Ads, Google Ads, ataupun yang lainnya. Alat-alat tersebut bisa membantu Anda layaknya marketer yang kerja di lapangan.

4. Analisis Data Conversion

Langkah berikutnya dalam strategi pemasaran TOFU MOFU BOFU adalah mengarahkan konsumen ke tempat transaksi. Perlu diketahui, pada tahapan ini masih ada kemungkinan jika pelanggan bakal mundur dari niatnya membeli produk. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan hal itu tidak terjadi dengan mempermudah proses transaksinya.

Selain itu, pastikan juga mengetahui berapa banyak orang-orang yang tidak jadi beli setelah masuk ke laman konversi. Kemudian, terapkan teknik pemasaran kembali pada orang-orang tersebut.

5. Siapkan Leads untuk Meningkatkan Kualitas Customer Relationship

Leads adalah tempat di mana orang-orang bisa mendapatkan rasa yakin yang kuat untuk membeli produk Anda.  Salah satu bentuk leads adalah menghadirkan customer care yang dapat menjawab sekaligus memberikan informasi seputar manfaat membeli produk.

Di era modern ini, customer care tidak harus selalu manusia. Anda bisa menggunakan tools khusus untuk memastikan layanannya responsif 24 jam.

Baca lebih lanjut  Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Kendati begitu, tim sebenarnya tetap penting agar jawaban yang didapatkan konsumen benar-benar solutif dan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan cara ini, hubungan merek Anda dan pelanggan bisa semakin kuat sehingga besar potensinya untuk jadi konsumen tetap.

6. Membuat Strategi untuk Mempertahankan Pelanggan

Tak hanya sampai membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. TOFU MOFU BOFU juga mengharuskan Anda untuk membuat strategi agar konsumen terus bertahan di merek Anda.

Selain dengan meningkatkan kualitas dalam hal produk dan layanan, tahapan mempertahankan pelanggan bisa menggunakan cara merayu atau membujuk. Seperti menghadirkan diskon khusus pelanggan lama ataupun bagi yang baru.

Namun, harus diketahui bahwa mempertahankan pelanggan lama jauh lebih penting dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Di samping itu, biaya pemasaran ke pelanggan lama juga lebih murah sebab potensinya membeli produk Anda terbilang lebih besar.

Kendati begitu, bukan berarti Anda harus merasa nyaman dengan total pelanggan yang ada saat ini. Sebaliknya, strategi untuk menarik pelanggan baru juga penting diterapkan. Untuk itu, Anda bisa membuat laman khusus testimoni,  review, hingga saran konsumen. Dengan begitu, orang-orang akan merasa bahwa merek Anda benar-benar kredibel.

Ingin Menerapkan Teknik TOFU MOFU BOFU?

TOFU MOFU BOFU bisa disimpulkan sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk membangun merek suatu bisnis. Sebab, istilah-istilah tersebut masuk kategori marketing funnel atau pemasaran dengan analogi corong. Yang mana, setiap tahapan dan kemungkinan-kemungkinannya serupa dengan teknik menangkap ikan menggunakan bubu.

Semakin orang penasaran dan mengetahui produk yang Anda jual, besar peluangnya jadi pelanggan. Oleh sebab itu, inti utama dari teknik pemasaran ini adalah menggaet perhatian target pasar.

Banner Jasa Ahli SEO

Terkesan sederhana memang, tetapi faktanya hal tersebut tidak cukup mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan tim ahli yang bisa menangani bagian ini secara terus-menerus. Jika Anda sedang mencari tim berpengalaman untuk menangani bagian pemasaran digital, gunakan saja jasa ahli SEO.

Hal ini dikarenakan, jasa ahli SEO di www.jasaahliseo.com bukan hanya mampu mengoptimasi situs web agar menang persaingan di search engine. Namun, teknik-teknik yang dipahaminya juga dapat digunakan untuk meningkatkan awareness merek di kanal digital.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us