Cara Mudah Setting Yoast SEO Agar Blog Lebih Optimal

Cara Mudah Setting Yoast SEO

Cara Mudah Setting Yoast SEO Agar Blog Lebih OptimalMelakukan konfigurasi atau setting Yoast SEO merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja dari website yang kamu kelola. Yoast SEO merupakan plugin yang sangat populer dan digunakan pada website seperti WordPress. Dengan demikian, WordPress dan Yoast memang mempunyai hubungan yang saling berkaitan satu sama lain.

Website WordPress yang menggunakan Yoast SEO bisa membantu proses optimasi SEO-On pages sebuah website. Bahkan, bisa meningkatkan proses Optimasi SEO-On pages dari website. Selain itu, proses tersebut pastinya akan berpengaruh besar pada performa website kamu.

Pengertian dan Fungsi Yoast SEO

Sebagai informasi, Yoast SEO merupakan plugin yang dipakai pada WordPress dan dimanfaatkan oleh para blogger atau pemilik website untuk mengoptimalkan website yang mereka miliki. Seperti kita ketahui, SEO mempunyai hubungan yang kuat dengan optimasi di website, khususnya WordPress. 

Banyak blogger yang menggunakan Yoast SEO untuk meningkatkan SEO-On pages dari website dan akan melakukan optimalisasi di mesin pencarian atau Google. Hal ini tentunya membantu memudahkan blogger, writer, atau publisher mengelola data dan mengatur website yang dimiliki.

Yoast SEO merupakan plugin yang termasuk sangat mudah untuk setting setiap fiturnya. Bahkan, bisa diakses dan dipakai oleh semua orang, baik profesional maupun pemula. Sehingga, plugin ini mampu memfasilitasi kemudahan pada proses berjalannya suatu website, khususnya dalam meningkatkan kualitas SEO. 

Fitur-fitur Yoast SEO

Sebagai plugin optimalisasi SEO, Yoast memiliki banyak fitur yang sangat membantu mengoptimalkan website kamu. Fitur-fitur itu bisa memenuhi kebutuhan dari banyak penggunanya. Namun, Plugin Yoast punya dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis tentunya punya fitur-fitur terbatas yang tidak sama dengan fitur premium atau berbayar.

Berikut fitur Yoast SEO versi gratis yang bisa kamu gunakan:

  • Fitur penyesuaian judul, URL, slug, dan meta description untuk setiap konten
  • Saran, tips atau rekomendasi terkait standar SEO suatu konten
  • Kemampuan analisis penggunaan kata kunci pada suatu konten
  • Fitur peningkatan keterbacaan serta penerapan internal link dalam suatu konten

Sementara itu, berikut fitur Yoast SEO versi premium atau berbayar:

  • Memberikan pengelolaan Redirect Manager
  • Pemberian saran link internal secara otomatis
  • Mampu berfokus pada banyak kata kunci dan frasa
  • Mampu menampilkan social sharing preview seperti pada SEO Berita, SEO commerce, dan SEO lokal

Cara Setting Yoast SEO

Sebelum masuk ke cara setting atau install Yoast SEO pada WordPress, kamu harus masuk ke akun WordPress terlebih dahulu. berikut langkah-langkahnya:

  • Pada Dashboard WordPress, klik Plugin. Di bagian Plugin, klik tambah baru
  • Cari plugin Yoast di kolom pencarian. 
  • Klik “Install Now”. Maka, plugin akan secara otomatis terunduh pada WordPress
  • Setelah itu, klik Activate Plugin, hal ini dilakukan untuk mengaktifkan plugin yang sudah diunduh
  • Kemudian, akan muncul logo Yoast SEO di dashboard WordPress. 
  • Plugin pun telah bisa digunakan

Yoast SEO mempunyai menu-menu atau fitur yang memudahkan kamu mengoptimalkan SEO. Fitur-fitur itu bisa dilihat dengan klik pada icon SEO di tampilan Dashboard. Berikut menu-menu Yoast SEO:

Menu Dashboard

Menu ini berisikan segala penjelasan tentang pemberitahuan atau permasalahan yang terdapat pada sebuah konten atau website yang kamu kelola.

Menu Features

Pada menu ini sebagai pengaturan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan pada plugin ini. Berikut fitur-fitur dan cara setting yang bisa kamu lakukan di Yoast SEO:

SEO analysis untuk menganalisa SEO dan memperlihatkan masalah pada optimasi konten yang dilakukan. Serta, memberikan saran pada bagian yang kurang sesuai. Warna merah menandakan kesalahan, warna orange menandakan kualitas sedang, dan warna hijau menandakan optimasi SEO sudah baik.

Readability analysis untuk melakukan analisis tingkat keterbacaan dan mengukur panjang pendeknya kata dari sebuah konten. Fitur ini pun memberikan rekomendasi yang terbaik untuk konten agar mudah dibaca.

Cornerstone content merupakan fitur yang dipakai sebagai penanda bahwa konten tersebut berharga pada situs website

Text link counter untuk menghitung jumlah internal link atau tautan internal yang digunakan pada sebuah konten website.

XML Sitemaps yang digunakan untuk membuat peta situs. Fitur ini memudahkan proses perayapan dan bisa dikirimkan pada situs pencarian seperti Google, Bing, dan lain-lain.

Ryte Integration digunakan untuk mengetahui apakah postingan telah diindeks oleh mesin pencarian, dengan memberikan data di setiap minggunya.

Admin bar menu sebagai tambahan menu naik-turun dalam dashboard yang terdapat pada WordPress

Security yang digunakan sebagai layanan pengaman bahwa penulis tidak dapat menghapus atau mengubah ikon pada postingan, hal ini cuma dilakukan oleh editor dan administrator. 

Menu Webmaster Tools

Di menu ini kamu bisa melakukan beberapa cara setting Yoast SEO. Seperti, mendaftarkan pada Google Search Console, dan memakai metode Tag HTML.

Selain menu-menu itu, ada menu lainnya, seperti Search Appearance sebagai petunjuk dan memberi informasi mengenai halaman judul pada mesin pencarian. Juga, berisi informasi tentang jenis konten dan tampilan judul sebuah postingan. 

Kesimpulan

Yoast SEO memiliki banyak fitur yang bisa memudahkan kamu melakukan optimasi SEO di website. Tentunya, cara setting di Yoast SEO sangat mudah dan praktis. Bahkan, kamu cukup mengikuti petunjuk yang ada atau bahkan cuma menonaktifkan dan mengaktifkan suatu fitur tanpa melakukan coding. Selamat mencoba!

Tags:

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

jasa seo malang

Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Tujuan utama SEO adalah untuk menaikkan peringkat situs website di pencarian Google. Adapun dampak dari menggunakan jasa SEO Malang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. SEO dapat menjadi salah satu teknik

Need Help? Chat with us