Panduan Lengkap Local SEO Agar Cepat Ranking di Google Secara Organic

Apa Itu SEO Local Citations untuk Optimasi Google Mybusiness

Share:

Local SEO merupakan strategi terbaik untuk diterapkan pada bisnis dengan target pasar spesifik berdasarkan geografis. Hal ini dikarenakan, strategi lokal SEO mendukung naik rangking nama bisnis Anda di Google. 

Alhasil, visibilitasnya makin tinggi dan mendorong pertumbuhan trafik maupun konversi organik. Jika Anda memiliki bisnis yang ingin dikembangkan, sebaiknya jangan lewatkan panduan implementasi SEO lokal berikut ini. 

Panduan berikut dapat diterapkan untuk berbagai jenis bisnis. Termasuk jasa, situs adsense, afiliasi, dan toko online maupun fisik.

Sekilas Tentang Local SEO

Local SEO adalah bagian praktik optimasi mesin pencari yang berfokus untuk meningkatkan pengalaman pengguna Google. Tujuannya agar suatu brand lebih dikenal oleh khalayak, khususnya para pengguna di lokasi yang ditargetkan.

Implementasinya juga memungkinkan bisnis kecil mampu menjangkau lebih banyak audiens dalam waktu singkat. Oleh karenanya, praktik satu ini penting diterapkan guna memaksimalkan potensi kemajuan bisnis. Terlebih bagi brand yang baru berdiri.

Mengapa Strategi Local SEO Penting?

Pentingnya penerapan strategi SEO ini dikarenakan semakin tingginya jumlah orang yang menggunakan mesin pencari ketika mencari suatu informasi. Tidak terkecuali dengan info mengenai bisnis lokal.

Berdasarkan data Google sendiri, ada sekitar 76% konsumen yang melakukan pencarian informasi suatu bisnis. Sementara itu, 28% di antaranya melakukan konversi langsung setelah pencarian.

Baca lebih lanjut  10 Cara Optimalisasi Halaman 404 Website Jadi Menarik

Secara tidak langsung, bisa disimpulkan jika pentingnya strategi SEO ini beralasan guna meningkatkan jumlah konversi. Hal ini dapat terjadi karena tumbuhnya minat dan kepercayaan konsumen pada brand Anda dengan kehadirannya di mesin pencari. 

Local SEO
Local SEO

Apa Saja Pengaruh Local SEO untuk Website?

Sebagai informasi, pengaruh dari penerapan SEO lokal yang bisa dirasakan bukan hanya sederet manfaat. Seperti tingginya visibilitas bisnis, kuatnya brand awareness, ataupun meningkatnya nilai konversi. Sebelum manfaat itu semua, strategi ini akan memastikan situs bisnis Anda berada pada posisi berikut:

  • Tampil di peringkat teratas dengan label bersponsor.
  • Mengisi local 3 pack area Google Maps.
  • Menduduki rangking satu pencarian organik.

Jika bagian-bagian teratas laman hasil penelusuran (SERP) diisi bisnis Anda, potensi timbulnya minat pengguna pun dipastikan meningkat. Ini dikarenakan, keberadaannya di posisi-posisi tadi menunjukkan tingginya tingkat otoritas dan kredibilitas bisnis sehingga target konsumen tertarik melakukan konversi.

Faktor-Faktor Ranking Local SEO 

Untuk mengisi posisi ranking di mesin pencari memang terbilang bukan hal mudah. Kendati begitu, Anda bisa melakukannya dengan mengoptimasi faktor-faktor penentu rankingnya. Adapun diantara faktor yang dimaksud ialah sebagai berikut:

  • Profil Google My Business menjadi faktor paling menentukan ranking website bisnis dengan pengaruh 25,12%. Indikatornya sendiri mencakup lokasi bisnis dan pengguna Google, kategori serta kata kunci untuk bisnis.
  • Tautan memiliki pengaruh 16,53% dengan faktor-faktor terdiri dari anchor text, backlink dan domain authority, serta kualitas dan kualitasnya.
  • Ulasan beragam di berbagai platform memberi pengaruh 15,44% dalam menentukan ranking suatu bisnis. Akibatnya, poin ini sangat penting diperhatikan guna memastikan minimnya review negatif yang berisiko merusak reputasi bisnis Anda.
  • Kualitas SEO On-page, seperti implementasi kata kunci berkualitas dan struktur NAP juga menentukan rangking dengan proporsi 13,82%. 
  • SEO local citations berupa konsistensi informasi NAP (Name, Address, dan Phone Number) juga menjadi faktor peringkat situs sebesar 10,82%. 
  • Alhasil, jika aspek ini tidak dioptimalkan dengan benar, kemungkinan besar situs bisnis Anda sulit masuk halaman pertama hasil penelusuran.
Baca lebih lanjut  Jasa SEO Bulanan Profesional Terjamin

Selain faktor dengan persentasenya masing-masing di atas, terdapat beberapa aspek lain yang bisa saja mempengaruhi ranking website bisnis. Yaitu, rating bisnis di Google Maps dan keberadaan akun di berbagai sosial media. 

Panduan Menerapkan Strategi Local SEO agar Mendapatkan Rangking Organik 

Setelah mengetahui faktor-faktor tadi, Anda bisa mengoptimalkan tiap-tiapnya agar website mendapatkan rangking terbaik secara organik di mesin pencari. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Audit Situs

Pertama, pastikan mencari informasi kelebihan dan kekurangan situs bisnis yang akan dioptimasi menggunakan local SEO. Baik itu kelebihannya maupun kekurangannya.  Anda dapat menggunakan tools seperti Google Analytics, Google Search Console, dan sejenisnya untuk memaksimalkan proses pertama ini.

2. Riset Keyword Lokal 

Setelah mendalami kekurangan dan kelebihan situs bisnis, mulai cari kata kunci yang pas untuk memenangkan bisnis di mesin pencari. Anda bisa memakai platform AI (Artificial Intelligence) seperti Chat GPT, Gemini, ataupun yang lain untuk meriset kata kunci. Kata kunci yang didapatkan nantinya bisa diterapkan di Google My Business maupun konten website.

3. Tambahkan Halaman Lokasi 

Pada website, pastikan menambahkan data lokasi pengelola atau target konsumen yang ingin dijangkau. Data tersebut bisa dicantumkan di bagian terbawah situs ataupun dibuat halaman khusus yang memuat informasi seputar website ataupun bisnisnya.

4. Tingkatkan Kualitas SEO On Page

Perlu diketahui, penerapan local SEO sama penting dengan strategi SEO lainnya. Oleh karena itu, bersamaan dengan optimasi SEO ini, Anda perlu meningkatkan kualitas SEO on page. Dalam hal ini, konten jadi bagian yang paling perlu diperhatikan kualitasnya. Mulai dari struktur, keunikan isi, keberadaan tautan internal, dan sebagainya.

5. Dapatkan Ranking Teratas di Pencarian Maps

Untuk bisa menduduki posisi-posisi teratas di SERP, bisnis sebaiknya mendapatkan ranking di Maps. Adapun caranya bisa dengan menambahkan foto berkualitas, memverifikasi lokasi, memastikan akurasi info jam operasional, dan menanggapi ulasan.

6. Perbaiki Profil Bisnis

Selain melakukan cara di poin kelima, bisnis juga harus diperbaiki profilnya. Anda dapat meninjau informasi yang diinput sebelumnya dan memastikannya sudah sesuai dengan data sebenarnya. 

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Solo yang Berpengalaman, Ini Ciri-Cirinya!

7. Buat Local Citations 

Langkah selanjutnya, yaitu membuat local citations. Ini bertujuan untuk menjaga reputasi bisnis Anda di mata mesin pencari maupun pengguna. Selain itu, citations juga memudahkan Google dalam mengidentifikasi keaslian bisnis. Dengan demikian, peluang bisnis masuk hasil penelusuran lokal juga meningkat. 

8. Bangun Tautan Berkualitas Dalam dan Luar Situs

Berbarengan dengan citations, Anda juga bisa menguatkan otoritas bisnis dengan membangun tautan berkualitas. Dapatkan dari situs-situs kredibel serta dengan memperhatikan panduan dan kebijakan Google guna menghindari risiko penalti. 

9. Hadirkan Konten-Konten Lokal Bermanfaat dan Unik

Untuk meningkatkan peluang masuk SERP berbasis lokasi, website bisa menghadirkan konten unik dan bermanfaat yang berkaitan dengan kata kunci lokal. Sebagai contoh, website jasa pengecatan di Tangerang bisa menggunakan kata kunci yang mengandung informasi lokasi.

Seperti jasa pengecatan per m2 di Tangerang, harga jasa pengecatan di Tangerang, dan sebagainya. Dengan membuat konten yang menggunakan keyword tersebut, jasa website tadi besar kemungkinan masuk rangking teratas hasil penelusuran.

10. Hindari Membuat Banyak Tautan Berisi Satu Konten Sama

Saat membuat konten yang mengandung keyword lokasi, pastikan adanya keunikan dan kebermanfaatannya. Hindari menggunakan satu konten sama yang ditaruh di berbagai URL berbeda. Cara tersebut berisiko menurunkan otoritas situs sehingga sulit terindeks oleh Google.

11. Minta Ulasan dari Pelanggan 

Untuk menguatkan citra brand, Anda bisa meminta ulasan dari pelanggan. Baik secara langsung maupun menggunakan strategi lain, seperti memberi potongan harga khusus untuk pelanggan yang sudah memberi ulasan. 

12. Lebih Dekat dengan Audiens di Sosial Media 

Langkah lain untuk optimasi lokal SEO ialah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Caranya bisa dengan hadir di sosial media yang umum digunakan target konsumen Anda. Selain itu, Anda juga bisa senantiasa menerima kritikan dan menanggapinya dengan bijak.  

Yuk, Optimasi Local SEO untuk Kemajuan Bisnis Anda!

Pada intinya, local SEO merupakan salah satu fondasi kemajuan bisnis Anda di zaman yang apa-apa serba menggunakan mesin pencari. Strategi ini penting diterapkan untuk websitewebsite, khususnya bisnis yang menargetkan pengguna berbasis lokasi.

Dengan SEO local, bisnis bisa tampil di posisi teratas laman hasil penelusuran secara organik maupun bersponsor. Anda tertarik menerapkan strategi ini tetapi belum memahami langkah-langkahnya? Solusinya hubungi Jasa Ahli SEO saja.

Jasa SEO Murah

Jasa Ahli SEO adalah spesialis marketing digital dengan layanan optimasi mesin pencari secara lengkap. Mulai dari layanan optimasi SEO on-page, SEO off-page, SEO technical, hingga optimasi Google Ads dan Google My Business bisa didapatkan. 

Harganya pun relatif terjangkau. Informasi selengkapnya, hubungi customer service Jasa Ahli SEO di nomor tertera dalam website https://jasaahliseo.com

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Apa itu FB Pro dan Cara Menghasilkan Uangnya
Facebook

Apa itu FB Pro dan Cara Menghasilkan Uangnya

Apa itu FB Pro? Pernahkan Anda menyadari bahwa sekarang ini ada cara khusus untuk mendapatkan uang melalui Facebook. Bisa saja selama bertahun-tahun terdaftar sebagai pengguna FB banyak yang tidak menyadarinya.

Baca »
Need Help? Chat with us