Logo jasaahliseo

15 Manfaat SEO yang Gak Banyak yang Tahu

manfaat seo

Share:

 

Meta Deskripsi : Terdapat 15 manfaat SEO yang ternyata hingga saat ini tidak banyak orang yang tahu. Simak penjelasan berikut untuk mengetahuinya!

Pelaku bisnis digital yang menggunakan SEO dalam mengembangkan website sudah seharusnya mengetahui manfaat SEO secara keseluruhan. Ternyata SEO memiliki banyak manfaat yang tidak banyak orang ketahui.

Namun sebelum membahas manfaat dari penerapan SEO, sebaiknya Anda mengetahui pengertian SEO dan cara kerjanya. Berikut penjelasan terkait pengertian SEO, cara kerja hingga manfaatnya!

Pengertian SEO yang wajib diketahui

SEO merupakan upaya optimasi website dengan tujuan mendapatkan posisi teratas hasil pencarian. SEO dapat membuat website Anda mudah ditemukan banyak orang. 

Sehingga berpeluang mendatangkan traffic yang semakin banyak. Selain meningkatkan traffic website, SEO juga akan membuat website Anda mengalami kenaikan dari segi penjualan produk. 

Masih banyak manfaat teknik SEO yang lain yang perlu Anda ketahui. Namun sebelum itu Anda terlebih dahulu harus mengetahui cara kerja dari SEO. 

Promo jasa seo

Cara Kerja SEO

SEO memiliki tiga cara kerja yang terlihat cukup simpel namun memerlukan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Cara kerja SEO setelah Anda memposting konten baru di website adalah sebagai berikut. 

Pertama, SEO memiliki cara kerja Crawling yang artinya proses pengumpulan kemudian menyimpan halaman website yang baru Anda rilis. 

Kedua, Indexing yang berarti proses penerapan algoritma oleh google untuk membantu google memahami struktur website, relevansi dan kualitas bagi kebutuhan audiens. 

Ketiga adalah proses Ranking dimana google akan menyusun daftar dari halaman website terbaik untuk mengisi rangking tertinggi hasil pencarian. Ranking tertinggi dari hasil pencarian biasanya orang sebut dengan SERP. 

Manfaat SEO

Sebagian besar orang yang sudah memahami teknik SEO ternyata hanya memahami sekilas manfaat dari SEO. Padahal terdapat 15 manfaat penerapan search Engine Optimization yang tidak banyak orang tahu. 

1. Sebagai Sumber Utama Pengunjung Website

Manfaat pertama dari SEO adalah sebagai sumber utama pengunjung website. SEO akan membuat website Anda berada pada halaman pertama hasil pencarian. 

Kondisi ini pasti akan membuat semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke website Anda. Secara otomatis strategi inbound marketing akan tercipta. 

Strategi inbound marketing merupakan sumber utama antara bisnis ke bisnis, bisnis ke pelanggan dan bisnis ke organisasi nirlaba. Strategi ini meliputi SEO, pemasaran konten, sosial media dan lain sebagainya. 

Agar tercipta strategi inbound marketing, Anda perlu meningkatkan taktik SEO dengan meninjau ulang aktivitas. Aktivitas yang Anda tinjau harus secara keseluruhan bukan hanya sebagian aktivitas saja. 

Jika Anda tidak melakukan peninjauan, maka kemungkinan kompetitor yang akan melakukan optimasi SEO. 

2. Membantu Meningkatkan Pangsa Pasar

SEO akan membuat website berpeluang menempati posisi teratas hasil pencarian. Posisi ini sudah pasti akan memberikan kesempatan tinggi kepada website Anda untuk dapat ditemukan oleh pengguna internet. 

Semakin banyak pengguna internet yang mengetahui keberadaan website Anda, maka semakin besar kemungkinan penjualan mengalami peningkatan. 

Para pengguna internet bisa saja menjadi pelanggan website Anda yang akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda. Mereka bisa melakukan pembelian, mendaftar keanggotaan hingga berlangganan. 

Baca lebih lanjut  3 Cara Agar Blogger Banyak Pengunjung Terbaru Edisi 2022

Hal ini tentu akan meningkatkan tingkat konversi website Anda. Maka, tidak heran jika banyak pelaku bisnis digital yang menerapkan optimasi SEO dalam mengembangkan website. 

3. Dapat Memenangkan Persaingan

Website juga mengalami sebuah persaingan. Persaingan ini tentang website mana yang bisa menempati posisi teratas hasil pencarian. 

Penerapan SEO akan membuat website Anda berpeluang besar untuk dapat menempati posisi pertama hasil pencarian. Sehingga website Anda akan tumbuh menjadi suatu website bisnis yang berkembang. 

Namun, Anda perlu menerapkan berbagai strategi digital marketing untuk seluruh rencana organisasi Anda. Strategi ini termasuk penerapan SEO dalam proses optimasi website. 

Ketika Anda berhasil mengintegrasikan semua strategi digital marketing yang ada. Maka, kemungkinan besar Anda akan menjadi pemimpin di tengah-tengah persaingan pasar yang semakin ketat. 

Anda harus selalu mengikuti perkembangan dunia digital agar selalu menjadi yang terdepan dalam persaingan. Bisa Anda bayangkan, jika semua pesaing Anda hanya melakukan pemasaran secara tradisional. 

Sudah pasti Anda yang akan memenangkan persaingan dan menempati posisi teratas. 

Perlu Anda ketahui jika dunia digital dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan. Sehingga sudah seharusnya Anda selalu mengikuti perkembangan dunia digital untuk mencapai tujuan bisnis secara keseluruhan. 

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

4. Hemat Biaya Promosi

Penelitian menyatakan jika SEO dapat menghemat biaya promosi sebesar 61% untuk membuat website berkembang. Hal ini karena Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar Iklan. 

Tanpa Iklan, penerapan teknik SEO dalam proses optimasi sudah dapat membuat banyak orang mengenali website Anda. SEO akan memberikan kesempatan kepada website Anda untuk dapat tampil pada halaman pertama hasil pencarian. 

Ketika website Anda telah menempati posisi teratas, Anda hanya perlu melakukan upaya agar website Anda tetap menempati posisi ini. Sehingga Anda tidak perlu lagi membayar biaya per klik atau membayar biaya iklan.

Secara otomatis pengeluaran Anda dalam mengembangkan website akan lebih hemat. Karena menggunakan teknik SEO dalam proses optimasi website. 

5. Membangun Brand Awareness

Sudah sejauh mana pangsa pasar dalam mengenali website Anda disebut sebagai brand awareness. Hal ini merujuk kepada seberapa akrab para pelanggan dengan produk atau layanan yang ada dalam website Anda. 

Brand awareness wajib Anda bangun karena merupakan salah satu kunci dalam mempromosikan suatu produk atau layanan. Dengan penerapan SEO, otomatis produk Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet melalui pencarian organik. 

Hal ini karena produk Anda berhasil menempati posisi teratas hasil pencarian. Posisi teratas website sangat berperan penting dalam keberlangsungan bisnis digital. 

Brand awareness akan terbangun ke tingkat yang lebih jauh yang pastinya lebih menguntungkan. 

6. Membuat Website Mobile Friendly

Pengguna internet akan mendapatkan pengalaman yang meningkat berkat penerapan SEO pada sebuah website. Mesin pencari akan memasukkan sebuah parameter lain sebagai sinyal peringkat.

Sinyal peringkat ini merujuk pada keramahan website terhadap perangkat mobile. 

Perlu Anda tahu, jika saat ini hampir sebagian besar orang mencari sebuah informasi menggunakan perangkat seluler. Hal ini tentu membuat peran website sangat penting untuk dapat diakses secara mobile. 

Sehingga para pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile tetap merasakan kenyamanan dalam mengakses informasi. Google search menyatakan, jika website yang mobile friendly berdampak signifikan pada ranking website. 

7. Meningkatkan Follower Sosial Media

SEO memiliki banyak manfaat dalam perkembangan sebuah website, salah satunya dapat meningkatkan follower sosial media. Karena jika website Anda menempati posisi teratas hasil pencarian, maka otomatis semakin banyak yang mengenal bisnis Anda. 

Brand awareness akan terus mengalami peningkatan signifikan bahkan ke berbagai saluran seperti media sosial. Pengguna yang mengunjungi website Anda cenderung lebih sering meng klik ikon sosial media. 

Baca lebih lanjut  Tips SEO: Mengenal Jenis Traffic Website yang Wajib Tahu

Mereka akan melihat sosial media Anda dan berakhir mengikuti akun sosial media Anda. Semakin banyak media sosial yang Anda cantumkan dalam website, maka semakin berpeluang besar pada keuntungan bisnis Anda. 

8. Strategi Marketing Jangka Panjang

Setiap pelaku bisnis, pasti menginginkan bisnis mereka dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. SEO merupakan salah satu strategi marketing jangka panjang yang tepat. 

Durasi minimum untuk website dapat mempertahankan peringkat yang optimal adalah selama 6 bulan. Jika Anda terus melakukan upaya untuk membuat website semakin optimal dan mengalami perkembangan. 

Maka, website Anda dapat bertahan lebih lama dari jangka minimum. Namun website Anda juga bisa tergeser jika Algoritma google mengalami perubahan. 

Oleh sebab itu Anda harus terus mengikuti perkembangan Algoritma google agar website Anda tetap optimal. Ketika Anda menerapkan strategi SEO yang tepat, Ranking website Anda tidak akan mudah turun. 

9. Membangun Top-of-Mind Brand

Top-of-Mind Brand merupakan brand yang pertama kali diingat oleh pelanggan ketika memikirkan produk pertama kali. Misalnya pembahasan terkait air mineral, sebagian besar orang menyebutnya dengan sebutan Aqua. 

Ternyata, Anda bisa membangun Top-of-Mind Brand melalui penerapan SEO dalam optimasi website. 

Anda pasti sudah tahu jika SEO merupakan strategi marketing jangka panjang. Ketika website Anda berhasil menempati posisi teratas hasil pencarian. 

Maka kemungkinan besar website Anda tidak mudah tergeser karena memiliki akar yang lebih kuat. Posisi ini dipengaruhi dengan kredibilitas website yang sudah mulai terbukti. 

Sehingga konten-konten dalam website Anda yang lain akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari google. Apalagi ketika Anda sudah memiliki traffic yang meningkat. 

Google juga akan merekomendasikan kembali website yang sebelumnya pernah audiens kunjungi. Kondisi ini pastinya tidak akan mudah membuat audiens Anda melupakan website Anda. 

Karena konten website Anda selalu muncul pada halaman pertama meskipun dengan kata kunci yang berbeda. 

10. Membangun Kredibilitas Merek

Kredibilitas merek merupakan salah satu faktor psikologis yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian. Namun tidak semua pembelian berakhir dengan terciptanya sebuah transaksi yang dilakukan oleh konsumen. 

Kredibilitas merek dari produk Anda sebagian besar terpengaruh oleh posisi website Anda. Posisi terbaik adalah ketika website Anda sudah berhasil menempati posisi pertama, kedua atau ketiga. 

Posisi ini akan memberikan gagasan kepada para pelanggan Anda bahwa Anda adalah salah satu pemain top di bisnis digital. Hal ini menunjukkan jika bisnis Anda adalah bisnis populer dan memiliki banyak pelanggan. 

Baca juga ini: 10 Perbedaan Blog Dan Website Panduan Lengkap

11. Meningkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website sangat berpengaruh terhadap peringkat website pada mesin pencari. Waktu pemuatan konten website akan berpengaruh terhadap persaingan dengan website lain dengan konten serupa. 

Jika website ada memerlukan waktu yang cukup lama untuk memuat konten, maka akan merugikan UX. Namun SERP juga akan kalah jika konten yang termuat adalah konten yang sama namun tidak memiliki kerumitan. 

Maka dari itu Anda harus melakukan beberapa upaya untuk mengoptimalkan keduanya. Jika keduanya sudah optimal, maka tidak hanya meningkatkan posisi website melalui pencarian organik saja. 

Melainkan akan mempercepat website dan memberikan pengalaman menyenangkan bagi para pengunjung website. Selain itu dengan SEO otomatis penjualan produk atau layanan yang Anda miliki akan meningkat. 

12. Menciptakan Sinergi dari Berbagai Macam Kegiatan Digital Marketing

Upaya optimasi website menggunakan SEO akan berkontribusi terhadap berbagai strategi digital marketing. Berbagai aktivitas tersebut seperti blogging, pemasaran sosial media, email, pemasaran konten, e-commerce dan web manajemen. 

Baca lebih lanjut  Mengoptimasi Gambar SEO dengan Alternative Text atau Alt Text

Aktivitas-aktivitas ini akan membantu website Anda untuk menempati peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Peringkat terbaik dalam hasil pencarian merupakan impian semua pelaku bisnis digital. 

Semua proses digital marketing sudah seharusnya berjalan secara terintegrasi dan sesuai dengan tujuan bersama. Karena dapat mencapai kesuksesan dalam strategi digital marketing Anda dengan penerapan SEO. 

13. Membuat Pengalaman Pengguna Menjadi Lebih Baik

Pengalaman pengguna internet dalam mengakses suatu website sangat penting untuk Anda perhatikan. Hal ini karena pengguna internet merupakan kunci utama penjualan produk Anda. 

Pengalaman pengguna yang lebih baik akan menghasilkan lebih banyak klik, rasio konversi lebih tinggi dan prospek lebih banyak. Dengan begitu baik mesin pencari dan pengguna internet sama-sama menghargai ux. 

Sehingga membuat pengunjung akan lebih betah untuk berlama-lama dalam website Anda dan membuat peringkat website Anda semakin meningkat. 

14. Membuat Harga Penutupan Semakin Tinggi

Hasil penelitian statistik menyatakan bahwa prospek SEO membawa 14,6% tingkat penutupan, sedangkan yang keluar hanya 1,7%. Karena interaksinya jarang diminta, sering kali jangkauan pelanggan menghasilkan tingkat konversi yang lebih rendah. 

Hal ini tentu berbeda dengan prospek SEO yang memberikan hasil positif untuk perkembangan website. Prospek SEO merupakan pengguna internet yang sebelumnya telah melakukan riset. 

Para pengguna internet melakukan riset online sesuai dengan persyaratan dan tujuan tertentu. Kemudian mereka akan mendatangi produk atau layanan yang tersedia pada website Anda. 

Pengguna internet ini berpeluang besar untuk menjadi pelanggan yang memenuhi syarat pemasaran. Bahkan bisa menjadi pelanggan yang memenuhi syarat penjualan dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi. 

15. Mendorong Pengunjung Lokal Untuk Mendatangi Toko Fisik

SEO sangat bermanfaat untuk meningkatkan penjualan terutama bagi usaha kecil dan perusahaan yang tersedia secara offline.

Setelah pengguna internet mengunjungi toko online Anda dalam bentuk website melalui mesin pencari, tidak menutup kemungkinan untuk mereka mendatangi lokasi fisik. 

Bahkan, penelitian google menyatakan 76% pengguna internet melakukan pencarian dengan tujuan mencari produk dengan lokasi terdekat. Kemudian dalam kurun waktu dekat, mereka akan mengunjungi toko fisik dan melakukan pembelian. 

Hal ini tentu saja membuat SEO semakin bermanfaat bagi semua kalangan tidak hanya yang memiliki bisnis digital saja. Melainkan bagi Anda yang memiliki usaha kecil tidak menutup kemungkinan untuk mengalami peningkatan dalam bisnis. 

Optimasikan Website Anda dengan SEO

Agar bisa mendapatkan 15 manfaat SEO diatas, Anda harus melakukan sejumlah rangkaian proses optimasi. Proses optimasi ini bukanlah hal yang mudah untuk Anda lakukan. 

Melainkan membutuhkan proses panjang yang harus Anda lakukan dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Bahkan setelah proses optimasi Anda selesaikan, Anda tidak bisa langsung mendapatkan hasilnya.  

Anda harus menunggu hasil yang maksimal hingga berbulan-bulan. Namun hal ini sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan kedepannya. 

SEO tidak hanya membuat website Anda muncul pada halaman teratas hasil pencarian, tetapi juga dapat meningkatkan traffic website. 

Agar tidak membuang waktu dan tenaga dalam melakukan proses optimasi yang hasilnya belum tentu positif. Sebaiknya Anda menggunakan jasaahliseo.com untuk membantu mengoptimasi website. 

Selain menghemat waktu dan tenaga Anda, jasaahliseo.com sudah pasti akan memberikan hasil yang maksimal terhadap perkembangan website. Jasaahliseo.com menggunakan strategi SEO yang tepat sudah pasti akan membuat website Anda berada pada halaman pertama google. 

Tidak hanya membuat website Anda berada pada halaman pertama, namun website Anda akan selalu dibanjiri oleh pengunjung secara organik. 

Jasaahliseo.com akan membuat Anda merasakan semua manfaat SEO diatas. Karena jasa ini merupakan jasa SEO terbaik dan berkualitas di Indonesia dengan proses optimasi yang dikerjakan oleh ahlinya. 

Promo jasa seo

Baca juga ini: Jelaskan Perbedaan Antara Blog Dan Website

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us