Apa itu HReflang untuk Optimasi Bahasa Website dan Pentingnya SEO 

Apa itu HReflang untuk Optimasi Bahasa Website dan Pentingnya SEO

Share:

Seiring dengan mudahnya akses ke suatu situs dari berbagai lokasi, para pemilik website sebaiknya tahu apa itu HReflang. Ini dikarenakan, HReflang dapat memberi sinyal pada mesin pencari mengenai letak geografis pengunjung sehingga konten situs tersaji dengan bahasanya. 

Dengan kata lain, atribut untuk optimasi bahasa ini bisa memaksimalkan pengalaman pengguna situs. Untuk Anda yang ingin mengenal lebih dalam seputar HReflang, simak ulasan berikut, ya!

Apa itu HReflang?

HReflang adalah tag HTML yang memungkinkan konten-konten situs web Anda tampil dalam berbagai bahasa. Selain itu, penggunaan tag ini pun mampu memastikan pengunjung website mendapatkan informasi sesuai dengan bahasa yang dipahaminya.

Cara kerja HReflang adalah dengan membaca letak geografis pengunjung. Selanjutnya, konten dialihkan ke bahasa lokal mereka.

Meskipun tampil dalam bahasa berbeda di perangkat pengunjung dengan letak geografis tak sama, konten dalam situs sebenarnya hanya satu. Oleh karena itu, website akan tetap aman dari resiko turunnya ranking karena konten duplikat.

Mengapa HReflang Penting untuk SEO?

Bagi situs web yang menargetkan pengunjung tak terbatas bukan hanya penting mengetahui apa itu HReflang. Namun, implementasinya juga tak kalah penting. Dirangkum dari situs-situs terpercaya, seperti Moz dan SEO Clarity, berikut beberapa alasan mengapa HReflang penting diterapkan di situs Anda:

Baca lebih lanjut  Strategi SEO B2C untuk Bisnis Anda yang Wajib Kamu Tahu! 

1. Penargetan Audiens Lebih Tepat

Mesin pencari memiliki sistem yang dapat menampilkan konten di laman hasil penelusuran sesuai dengan bahasa kata kunci yang dipakai pengguna. Oleh karena itu, jika user memakai kata kunci berbahasa Rusia, konten-konten yang tampil di peringkat teratas biasanya menggunakan bahasa tersebut.

Dengan demikian, ketika situs Anda menggunakan HReflang, secara otomatis konten di dalamnya dapat dijangkau lebih banyak pengguna. Bahkan meskipun mereka menggunakan kata kunci dalam bahasa apapun.

2. Mencegah Adanya Konten Duplikat 

Untuk menjangkau audiens dari berbagai wilayah, konten dalam situs pastinya harus disesuaikan bahasanya dengan kebutuhan mereka. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa situs web biasanya membuat konten sama dengan bahasa berbeda.

Namun, Google telah mengatur penalti khusus untuk situs web yang terdeteksi mempublikasikan konten duplikat. Bahkan meskipun bahasanya berbeda.

Oleh sebab itu, menggunakan HReflang adalah alternatif tepat untuk tetap menjangkau audiens dari berbagai wilayah tanpa terdampak penalti konten duplikat. 

3. Meningkatkan Peringkat Website 

Implementasi tag HReflang juga dapat meningkatkan peringkat website dalam pencarian dengan keyword berbahasa apapun. Sebagai gambaran, Anda dapat mencari “apa itu WhatsApp” dan ”что такое WhatsApp” di mesin pencari.

Keduanya merupakan kata kunci sama tetapi berbeda bahasa. Setelah dicari dengan keyword berbahasa Indonesia, hasil penelusuran menampilkan lebih banyak konten terjemahan bahasa Inggris dan konten dari situs lokal.

Hal serupa juga terjadi saat menggunakan kata kunci tersebut yang berbahasa Rusia. Hasilnya kebanyakan adalah konten dari situs lokal di negara Rusia.

Kendati demikian, terdapat situs-situs yang tetap menduduki peringkat teratas saat dicari dengan kedua bahasa tadi. Yaitu, konten dari Wikipedia dan situs resmi WhatsApp.

Baca lebih lanjut  Cara Daftar Blog Gratisan Dengan Mudah Di Blogger

Kedua situs tersebut juga menyesuaikan bahasa di kontennya untuk kata kunci berbeda bahasa. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa HReflang efektif mempertahankan peringkat situs di pencarian kata kunci yang berbeda bahasa sekalipun.

Kapan HReflang Digunakan?

Setelah mengenal apa itu HReflang dan alasan pentingnya tag tersebut, Anda sebaiknya mengetahui kapan saat tepat menggunakannya. Untuk diketahui, tag untuk menyesuaikan bahasa dalam konten ini sebaiknya dipakai ketika situs menargetkan pengunjung dari beberapa negara sekaligus.

Dengan menggunakan tag ini, Anda tidak perlu membuat konten dengan bahasa berbeda hanya agar website muncul di pencarian bahasa target. 

Cara Menggunakan HReflang

Untuk mengimplementasikan tag HReflang, Anda dapat mencoba salah satu dari 3 cara berikut ini. Diantaranya, menerapkan di link HTML, sitemap XML, ataupun di header HTTP. Berikut penjelasan ringkasnya:

1. Penerapan di Link HTML

Pada cara pertama, HReflang dapat ditambahkan di bagian link HTML. Cara paling gampang ini cocok diterapkan jika situs Anda hanya menargetkan beberapa negara saja. Adapun penerapannya memiliki format berikut:

  • <link rel=”alternate” href=”https://www.namasitus.com/”hreflang=”id_ID”/>
  • <link rel=”alternate” href=”https://www.contohdomain.com/”hreflang=”ru”/>

Sebagai informasi, contoh format link yang pertama ditujukan untuk target pengunjung di wilayah Indonesia. Sementara itu, format kedua ditargetkan untuk pengunjung dari wilayah Rusia.

2. Implementasi Tag HReflang di Sitemap XML

Untuk menambahkan tag HReflang pada banyak konten sekaligus, Anda bisa menerapkannya di link sitemap XML. Contohnya:

  • www.namasitus.com/indonesia/page.html 
  • www.namasitus.com/rusia/page.html

3. Penggunaan HReflang di Header HTTP 

Khusus situs yang mengunggah halaman berbasis PDF ataupun Doc, HReflang dapat digunakan di header HTTP. Berikut contoh formatnya:

  • <https://id.namasitus.com/document.pdf>
  • <https://ru.namasitus.com/document.pdf>

Apa Bedanya dengan Tag Kanonis?

Beberapa orang yang belum benar-benar memahami apa itu HReflang seringkali menganggapnya sama dengan tag kanonis. Padahal, kedua jenis tag URL tersebut berbeda.

Baca lebih lanjut  Apa Arti SEO dan Cara Optimasinya?

Pada tag kanonis, kegunaannya adalah memastikan beberapa link yang memiliki sedikit perbedaan tetap menuju halaman yang sama. Contohnya, https://namasitus.com dan https://www.namasitus.com/. 

Selain memastikan kedua tautan tersebut tetap mengarah ke halaman sama, tag kanonis juga bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Adapun yang dimaksud dengan HReflang adalah tag URL untuk laman konten sama yang disajikan dalam bahasa berbeda. 

Sudah Paham Apa itu HReflang?

Kesimpulannya, HReflang merupakan tag untuk memberitahu mesin pencari bahwa suatu konten dengan bahasan yang sama ditujukan untuk target berbeda. Dengan menerapkan elemen tersebut, situs web Anda bisa terhindar dari risiko terkena penalti akibat adanya konten serupa.

Jasa SEO Murah

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu HReflang, dimulai dari definisi, alasan pentingnya tag ini, sampai perbedaannya dengan canonical URL. Jika Anda ingin menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai negara dengan menggunakan tag ini, gunakan format seperti contoh implementasinya tadi.

Apabila kesulitan, Anda dapat bekerja sama dengan ahli SEO berpengalaman seperti Jasa Ahli SEO untuk mendapatkan bantuan. Jasa Ahli SEO telah membantu ratusan klien untuk meningkatkan trafik di situs mereka. Sekarang adalah giliran Anda. Hubungi layanan konsumen di https://jasaahliseo.com/ untuk mendapatkan tawaran menarik!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us