Panduan Cara Optimasi Facebook di Tahun 2024, Ini Dia Rahasianya

Panduan Cara Optimasi Facebook di Tahun 2024, Ini Dia Rahasianya

Share:

Optimasi Facebook merupakan strategi digital marketing terbaik untuk menjangkau banyak pemirsa lokal. Ini mengingat jumlah penggunanya yang tinggi, yaitu 174 juta dari Indonesia saja.

Data tersebut didapat dari situs salah satu populer, NapoleonCat terhitung Maret 2024. Dengan tingginya jumlah pengguna di platform tersebut maka peluang konversi jualan juga sama besar. Lantas, bagaimana cara optimasi di Facebook?

Apa itu Optimasi Facebook?

Optimasi Facebook adalah upaya menaklukkan algoritma Facebook agar bisnis Anda sering masuk beranda pengguna. Baik mereka yang terkoneksi secara langsung, seperti mengikuti ataupun berteman maupun sebaliknya. 

Sebagai informasi, algoritma Facebook tahun 2024 bekerja dengan mempertimbangkan empat aspek. Diantaranya profil pengunggah konten, jenisnya, interaksi pengguna dengan konten, dan peluangnya mendapatkan interaksi.

Jelasnya, algoritma platform tersebut bisa saja menayangkan unggahan-unggahan dari laman yang tidak diikuti asalkan sesuai dengan preferensi pengguna. Dalam hal ini, optimasi pada Facebook sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi tayangnya unggahan akun Anda pada target audiens

Panduan Optimasi Facebook untuk Tingkatkan Visibilitas Bisnis 

Anda mungkin menyadari adanya konten-konten yang mendapatkan reaksi suka dengan jumlah tinggi. Sementara itu, sebagian lainnya justru sangat sedikit hasil interaksinya. Untuk mengatasi ketimpangan tersebut, Anda perlu melakukan optimasi seperti panduan berikut ini:

Baca lebih lanjut  Apa Saja Yang Perlu Disiapkan Untuk Menggunakan Jasa Iklan Facebook Ads

1. Pastikan Profil Lengkap, Jelas, dan Dapat Dipercaya 

Optimasi ini harus dimulai dengan memastikan profil akun Anda dilengkapi informasi lengkap, jelas, dan dapat dipercaya. Hal ini penting dilakukan jika ingin mendapatkan atensi pengguna lain dan menghasilkan konversi.

2. Tambahkan Beberapa Foto dengan Kualitas Terbaik 

Jika Anda berjualan produk, baik digital maupun fisik, pastikan menambahkan beberapa foto ke laman Facebook yang dikelola. Baik itu untuk profil, sampul, maupun konten yang diunggah. Selain itu, foto-foto tersebut harus dipastikan berkualitas sehingga jelas ketika dilihat di perangkat apa pun.

3. Pahami Minat Audiens

Untuk menaklukkan algoritma Facebook, Anda juga perlu memahami apa minat target audiens yang ditentukan. Pada umumnya, orang-orang akan menyukai konten hiburan, informatif, ataupun bermakna. Dari ketiganya, Anda bisa memilih salah satunya dengan menyesuaikan jenis bisnis yang dimiliki dan menerapkannya sebagai tema konten. 

4. Buat Konten Unik dan Otentik 

Setelah menyiapkan tema besar konten yang akan dibuat, perhatikan keunikan dan keotentikannya. Kebanyakan pengguna Facebook memang menyukai postingan yang sensasional, tetapi perlu diketahui bahwa teknik tersebut cukup berisiko. Jadi, jauh lebih baik mengunggah konten yang jujur agar kredibilitas brand selalu baik dari waktu ke waktu.

5. Unggah Konten pada Jam Aktif Audiens

Selain memperhatikan poin keempat, konten juga sebaiknya diunggah pada jam-jam di mana audiens sedang aktif. Dalam hal ini, optimasi Facebook sebaiknya dilakukan dengan mengatur jadwal tayang postingan baru pada pagi, siang, dan sore.

Umumnya para pengguna aplikasi ini aktif pada jam 06.00 hingga 21.00. Namun, Anda dapat melakukan riset terlebih dulu pada audiens spesifik mengingat diantaranya terkadang punya jam aktif berbeda setiap harinya. 

Baca lebih lanjut  Bergaransi! Jasa Optimasi Web SEO Profesional di Indonesia

6. Jaga Interaksi dengan Audiens

Langkah selanjutnya adalah memastikan interaksi dengan audiens terjaga dengan baik. Untuk ini, Anda bisa memberikan pertanyaan pada audiens agar memancing interaksi. Cara lainnya, Anda bisa membalas ataupun memberi reaksi pada komentar audiens dan postingan populer. Baik itu postingan relevan dengan bisnis milik Anda maupun tidak.

7. Hindari Clickbait ataupun Taktik Manipulatif Lainnya 

Mengingat salah satu tujuan optimasi Facebook ialah meningkatkan visibilitas bisnis Anda maka pastikan untuk menghindari taktik manipulatif. Seperti membuat judul clickbait dengan isi yang tak sesuai, menghadirkan informasi bohong, dan lain sebagainya.

Meskipun taktik tersebut memang dapat memancing reaksi pengguna, cara tersebut dapat memberikan pengaruh negatif untuk bisnis. Jadi, pastikan untuk menghindarinya.

8. Posting Tanpa Media Apapun

Membagikan konten dengan media visual memang bagus untuk menarik perhatian pengguna internet. Namun, di Facebook, konten dengan kebanyakan media visual justru tak jarang dilewati pengguna.

Sebaliknya, konten-konten tulisan cukup sering mendapatkan banyak atensi. Terlebih mengingat batas konten tulisan di platform ini terhitung cukup besar, yakni 63.206 karakter. Meskipun begitu, jumlah ideal konten tulisan untuk dibagikan di sosial media ini adalah 400 sampai 500 kata. 

9. Lakukan Kampanye Ads Facebook 

Guna meningkatkan potensi bisnis Anda masuk laman beranda pengguna, lakukan kampanye Facebook Ads. Terlebih jika brand Anda belum dikenal dan baru memiliki sedikit pengikut.

10. Pin Konten Terbaik 

Saat seseorang penasaran dengan suatu akun, biasanya mereka klik laman profil untuk mendapatkan informasi. Karena itu, pastikan Anda menyematkan pin pada konten-konten terbaik maupun yang dianggap penting. Dengan melakukan pin, orang-orang yang masuk ke laman profil Anda bisa langsung melihat konten yang diutamakan.

Baca lebih lanjut  Bergaransi! Jasa Optimasi Web SEO Profesional di Indonesia

11. Optimasi Manajemen Facebook Page Community

Jika halaman atau akun Facebook mendapatkan lonjakan interaksi, seperti direct message yang masuk meningkat, sebaiknya optimasi dengan menggunakan fitur khusus. Seperti automated response untuk memastikan tiap-tiap pesan mendapatkan balasan.

12. Pantau Insight Konten Facebook 

Sebagai finalisasi, pantau insight pada konten-konten yang sudah diunggah. Lalu ketahui mana konten yang paling berpengaruh ataupun sebaliknya. Hasil evaluasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas konten yang akan diunggah berikutnya. 

Jasa SEO Murah

Sudah Paham Cara Optimasi Facebook di Tahun 2024?

Pada intinya, optimasi Facebook adalah teknik yang dilakukan agar laman bisnis Anda dapat dijangkau banyak audiens. Dengan meningkatkan visibilitas bisnis, tentu akan berefek pada tingkat kesadaran merek hingga konversi. 

Setelah mengetahui cara optimasinya seperti dijelaskan di atas, Anda bisa menerapkannya untuk mensukseskan bisnis yang dikelola. Jika butuh bantuan, jangan ragu hubungi spesialis manajemen sosial media di https://jasaahliseo.com. Jasa SEO terpercaya di Indonesia ini juga menawarkan layanannya dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih jelas, hubungi sekarang juga!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us