Apa Pengaruh AI SEO: Cara Optimasi, Manfaat, dan Tools yang Dipakai 

AI SEO

Share:

AI SEO adalah istilah untuk menyebut proses optimasi search engine dengan memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Seperti diketahui, teknologi AI dibuat untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia.

Di bidang SEO sendiri, AI mampu menganalisis data suatu situs web dalam waktu singkat. Tak hanya itu, teknologi tersebut juga bisa menyimpulkan plus dan minus suatu website, serta memberi saran terbaik untuk memperbaiki kekurangannya. 

Walhasil, praktik SEO dengan AI bisa memaksimalkan proses optimalisasi performa situs web. Ingin tahu bagaimana teknologi tersebut bisa memudahkan pekerjaan di bidang SEO serta tools apa yang bisa dipakai dalam praktik ini? Cek informasinya di bawah ini!

Sekilas Tentang AI SEO 

AI SEO merupakan praktik optimalisasi situs web yang dibantu dengan tools berbasis teknologi AI. Praktik ini memungkinkan proses optimasi SEO jadi lebih terstruktur serta terhindar dari kesalahan yang mungkin menyebabkan penurunan kinerja website.

Dengan tools SEO yang sudah dilengkapi AI, Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai perilaku pengguna. Informasi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas user experience. 

Pengaruh AI untuk SEO Website

Meskipun beberapa individu ada yang masih menganggap keberadaan AI dapat mengancam pekerjaannya, faktanya tidak demikian. Justru, AI dapat memberikan pengaruh positif apabila digunakan dengan bijak. Untuk SEO sendiri, AI bisa memberikan pengaruh-pengaruh positif seperti berikut:

  • Proses Riset Kata Kunci Jadi Lebih Efisien

Meriset kata kunci secara manual bisa dikatakan kurang efektif sebab dapat memakan banyak waktu. Selain itu, cara tersebut bisa jadi membuat situs web Anda kesulitan masuk halaman pertama sebab kata kunci yang dipakai jarang dicari orang.

Beda halnya jika menggunakan AI, Anda bisa mendapatkan rekomendasi kata kunci dengan volume pencarian rendah maupun tinggi secara lebih mudah. Baik itu kata kunci tren, kata kunci musiman, maupun kata kunci yang selalu dicari kapanpun.

Selain memudahkan riset kata kunci utama yang berpotensi dicari orang, AI juga dapat merekomendasikan anchor text hingga LSI. Alhasil, konten Anda bisa lebih kaya akan kata-kata serta manajemen konten per musimnya tepat sasaran. 

  • Analisis dan Prediksi Tren Makin Akurat 

Menyajikan konten yang up-to-date seringkali jadi cara terbaik untuk mendapatkan banyak trafik. Untuk hal ini, orang-orang biasanya menggunakan kata kunci bervolume tinggi.

Namun, perlu diketahui bahwa memakai keyword bervolume tinggi saja belum cukup untuk mendapatkan banyak kunjungan. Diperlukan data akurat mengenai perkembangan suatu keyword untuk menjamin konten dengan kata kunci tersebut bisa menghasilkan trafik. 

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa itu Mobile SEO Friendly, dan Apa Pentingnya untuk Website?

Dengan AI, Anda bisa menganalisa dan memprediksi perkembangan kata kunci yang trend secara akurat. Alhasil, konten-konten yang dibuat dipastikan punya potensi cukup tinggi dikunjungi orang-orang.

  • Data untuk Audit User Experience Lebih Terpercaya 

Situs web dengan user experience berkualitas seringkali punya lebih banyak kunjungan. Ini dikarenakan, para pengguna internet cenderung mencari website yang bisa memberinya kemudahan dalam penggunaannya.

Untuk mengetahui pengalaman pengguna, biasanya Anda bisa mengumpulkan review langsung dari mereka. Namun, cara tersebut memiliki cukup banyak kekurangan, seperti data yang mungkin tidak akurat serta waktu tidak sebentar dalam implementasinya.

Dengan AI, Anda bisa mendapatkan data user experience secara cepat dan terpercaya. Seperti persentase pengguna yang menjelajah situs dalam waktu lama dan orang-orang yang klik keluar lebih cepat.

Hal ini dikarenakan teknologi tersebut mampu membaca perilaku setiap pengguna di website Anda. Dengan data yang ada, Anda bisa melakukan analisis lebih lanjut dan memutuskan langkah selanjutnya untuk memperbaiki kualitas user experience.

  • Identifikasi Trafik dan Ranking Kian Mudah

Tak hanya dalam hal analisis pengalaman pengguna, alat berbasis AI untuk SEO juga dapat membantu identifikasi trafik dan ranking. Sebelumnya, Anda mungkin menggunakan Google Analytics ataupun LightHouse untuk proses ini.

Namun, kedua alat tersebut bisa dikatakan belum optimal dalam memberikan data trafik ataupun ranking website. Terlebih hanya informasi mengenai peringkat dan statistik kunjungannya saja yang diperlihatkan. 

Sementara itu, alat berbasis AI bisa menampilkan faktor-faktor yang mendatangkan trafik hingga mempengaruhi ranking website Anda. Dari hal itu, Anda bisa lebih mudah menyusun strategi baru untuk meningkatkan performa situs web. 

  • Alur Kerja SEO Lebih Terstruktur 

Alur kerja SEO terbilang sangat kompleks dan membutuhkan fokus maupun kesabaran tinggi. Dimulai dari audit, riset, monitoring, evaluasi hasil, hingga melakukan audit ulang.

Oleh karena itu, diperlukan rencana terstruktur agar proses optimasi SEO bisa berjalan lancar. Namun, manusia tak jarang punya kekurangan dalam hal-hal tersebut. 

Alhasil, proses optimasi yang sudah dijalankan sejak jauh-jauh hari bisa jadi tak berhasil akibat implementasinya yang tidak terstruktur. Dengan keberadaan AI, menjalankan praktik SEO dapat meningkatkan peluang berhasil. 

Terlebih ada alat-alat yang bisa digunakan secara otomatis sesuai dengan penjadwalan yang telah Anda personalisasi. Teknologi AI untuk SEO juga bisa meningkatkan efisiensi kerja dan membantu terhindar dari pengambilan keputusan yang salah.

  • Ranking Website Lebih Stabil

Menggunakan AI SEO akan membantu situs web mendapatkan ranking terbaik serta stabil di SERP. Hal ini dikarenakan, berbagai strategi yang tepat untuk menaikkan kinerja website bisa diketahui lebih mudah dengan alat tersebut.

Termasuk strategi-strategi yang pernah digunakan sehingga situs web Anda masuk peringkat teratas. AI juga dapat menginformasikan kekurangan di situs web Anda serta mengidentifikasi masalah di dalamnya sehingga resiko turunnya rangking dapat diminimalisir. 

  • Konten Website Lebih Berkualitas 

Menurut sebagian praktisi SEO, menulis konten dengan AI berkemungkinan menurunkan kualitas website. Pasalnya, teknologi tersebut membuat konten hanya berdasarkan data yang telah ada di internet. 

Beda halnya dengan konten yang dibuat secara manual. Meskipun informasinya sama, umumnya ada hal-hal unik yang menjadikannya tampak lebih berkualitas dari konten lain.

Kendati begitu, AI dapat memberi pengaruh positif dengan membantu meningkatkan kualitas suatu konten. Seperti memperbaiki ejaan, Embong kualitas readability, dan berbagai aspek lainnya berkat adanya kemampuan NLP (Natural Language Processing).

Baca lebih lanjut  Breadcrumb SEO: Definisi, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Membuat

Cara Optimasi AI SEO untuk Tingkatkan Performa Website 

Guna mendapatkan manfaat dari praktik AI SEO, Anda bisa melakukan tugas-tugas berikut ini dengan menggunakan bantuan teknologi tersebut. Apa saja itu?

1. Analisis Target Topik, Kata Kunci, dan Konten

Alat kecerdasan buatan dirancang untuk mengumpulkan data mengenai hal tertentu dan menampilkan pada penggunanya. Dalam hal ini, jika Anda akan menganalisis topik, kata kunci, maupun konten untuk website, AI bisa digunakan. 

Sebagai contoh, Anda membutuhkan topik dan kata kunci yang sedang dicari banyak orang. Teknologi tersebut bisa memudahkan pencariannya serta menghemat waktu Anda. 

2. Optimasi SEO Teknis Website 

Optimasi SEO teknikal tak jarang dirasa lebih sulit dibandingkan dengan on-page SEO dan off-page SEO. Alasannya, SEO teknis bisa lebih cepat berubah kualitasnya diakibatkan banyak faktor. 

Seperti kualitas kecepatan website yang tiba-tiba menurun, masalah keamanan situs, dan lain-lain. Tiap-tiap masalah SEO teknis umumnya tidak mudah diatasi sebab ada banyak kemungkinan yang menjadi penyebab masalahnya. 

Namun dengan AI, perbaikan SEO teknis bisa lebih mudah sebab kemungkinan faktor yang menyebabkan penurunan kualitasnya dapat diketahui lebih cepat. 

3. Identifikasi Kualitas Backlink

Anda mungkin mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi kualitas backlink yang masuk saking banyaknya. Dengan kecerdasan teknologi artificial, pekerjaan tersebut akan lebih mudah dilakukan. 

Tak hanya itu, beberapa alat juga ada yang dirancang untuk memberikan saran guna memudahkan situs web mendapatkan backlink berkualitas. 

4. Optimasi Teks dan Suara yang Lebih Cerdas

Saat ini, konten yang mejeng di halaman pertama umumnya sudah optimal dalam pencarian suara. Lebih jelasnya, konten tersebut mudah muncul di laman penelusuran saat pengguna memanfaatkan fitur pencarian dengan suara. 

Adapun konten yang mudah dicari dengan fitur suara umumnya dilengkapi teks ataupun kata kunci khusus yang dapat dipahami teknologi AI. Sebagai informasi, AI sendiri menggunakan teknologi NLG (Natural Language Generation) untuk pencarian dengan fitur suara ini.

Anda bisa memanfaatkan alat tertentu untuk menemukan kata-kata yang mudah dipahami AI. Sehingga ketika pengguna memanfaatkan fitur suara untuk mencari informasi yang relevan dengan konten Anda, situs web Anda bisa muncul di laman hasil penelusurannya.

5. Tingkatkan Kualitas Konten

Konten yang berkualitas adalah kunci untuk mendongkrak trafik halaman website Anda. Namun, perlu diketahui bahwa konten yang berkualitas menurut pandangan mesin pencari tak jarang berbeda dengan pendapat individu.

Contohnya saja, Anda mungkin berpikir konten yang dilengkapi banyak kata kunci akan memudahkan pembaca memahami maksud tiap kalimatnya. Namun, mesin pencari menganggap hal tersebut sebagai teknik spam yang dapat merusak algoritmanya.

Adanya hal tersebut mungkin menyulitkan sebagian orang dalam upaya menciptakan konten berkualitas. Kendati begitu, adanya AI dapat membantu mempermudah tugas dalam meningkatkan kualitas konten agar disukai mesin pencari.

6. Pelajari Pengalaman Pengguna

Dalam upaya meningkatkan kinerja situs web, perbaikan pengalaman pengguna sangat penting dilakukan. Namun, tugas ini mungkin akan menjadi hal sulit sebab tiap pengguna cenderung memiliki pandangan berbeda mengenai bagaimana website terbaik menurutnya.

Teknologi kecerdasan buatan dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan memberikan analisis data pengalaman pengguna. Anda juga bisa mempelajari datanya lebih mudah dan mengupayakan peningkatan pengalaman pengguna sesegera mungkin.

7. Penskalaan SEO Ad-Hoc

Paling sebentar, optimasi SEO memerlukan waktu sekitar tiga bulan. Namun untuk situs web baru, hasil dari optimasi SEO baru bisa dilihat setelah bulan keenam atau bahkan setahun kemudian.

Baca lebih lanjut  5 Mesin Pencari Website Terbaik Dan Paling Banyak Digunakan Dunia

Mengingat lamanya waktu optimasi ini, Anda mungkin bosan dengan pekerjaan serupa selama jangka waktu tersebut. Mulai dari pengoptimalan kata kunci, membuat konten baru, memaksimalkan manfaat link, dan lain sebagainya.

Namun, Anda bisa terhindar dari risiko bosan dengan adanya AI yang bisa melakukan penskalaan ad-hoc. Jelasnya, strategi optimasi SEO dengan AI bisa diimplementasikan menggunakan fitur otomatisasi.

Anda juga bisa mengimprovisasi strategi SEO tanpa khawatir adanya kesalahan berkat adanya fitur pengujian A/B.

Manfaat AI untuk SEO 

Dari informasi-informasi di atas, bisa disimpulkan jika manfaat AI untuk SEO terbilang cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan analisis topik suatu konten dan kata kunci yang sedang populer.
  • Membantu pembuatan konten agar lebih berkualitas di pandangan pengguna internet maupun mesin pencari. 
  • Melacak hasil kampanye secara lebih mudah dan memastikan perbaikan SEO lebih efektif di masa mendatang. 
  • Mempermudah memahami kebutuhan pengguna dan meningkatkan kualitas user experience
  • Mengurangi risiko turun peringkat di laman hasil penelusuran dengan pemahaman algoritma mesin pencari yang lebih mendalam. 

Tools AI yang Bisa Dipakai untuk Memaksimalkan Performa SEO 

Tools AI yang bisa dipakai untuk memaksimalkan SEO terbilang banyak saat ini. Bukan tidak mungkin, di kemudian hari akan hadir lebih banyak lagi AI SEO. Namun di ulasan ini, akan dibahas beberapa diantaranya. 

1. Google Search Console

Google Search Console atau yang dulunya dikenal dengan nama Webmaster telah mengadopsi AI untuk meningkatkan kualitas hasil analisisnya. Oleh sebab itu, kini GSC bisa memberikan insight lebih mendalam serta mampu menyarankan langkah perbaikan masalah dalam situs. 

2. Ahrefs 

Tools Ahrefs bisa digunakan untuk menganalisis kualitas backlink, pemantauan rangking situs, sampai riset kata kunci. Dengan teknologi AI, Anda bisa mengembangkan strategi SEO lebih efektif berkat insight akurat yang ditampilkannya. 

3. HubSpot AI

HubSpot dikenal sebagai platform terkemuka untuk mengefektifkan pemasaran digital. Sementara itu, HubSpot AI yang telah dilengkapi teknologi artificial intelligence bisa membantu menghasilkan konten dengan SEO berkualitas dalam waktu singkat. 

4. Moz

Jika Anda mencari tools serupa dengan Ahrefs, Moz adalah pilihan yang tepat. Alat ini dapat memberikan wawasan mengenai kata kunci potensial, kualitas suatu backlink, hingga pemantauan peringkat website

5. Market Muse

Untuk Anda yang membutuhkan strategi guna memastikan kualitas website lebih baik dari pesaing, AI SEO Market Muse cocok digunakan. Alat ini bisa memberikan informasi mengenai bagaimana konten pesaing bisa dianggap berkualitas. 

Market Muse juga mampu menghadirkan informasi mengenai konten apa yang disukai audiens Anda. Dengan mempelajarinya, situs web Anda berpotensi mendapat lebih banyak trafik organik dan meningkatkan visibilitasnya di SERP. 

6. Twinword

Untuk membuat konten yang kaya akan kata, Twinword bisa digunakan. Tools satu ini mampu menghasilkan kata kunci semantik untuk mengoptimalkan kualitas konten.

7. SEMRush 

AI SEO SEMRush bisa dimanfaatkan untuk menganalisis kinerja website, audit SEO teknis, hingga memantau kompetitor. Dengan alat satu ini, Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai keputusan seperti apa yang sebaiknya dipilih untuk mengoptimalkan kinerja website

Jasa SEO Murah

Yuk, Manfaatkan AI SEO untuk Mempermudah Optimasi Website Anda!

AI SEO dapat memudahkan Anda dalam pekerjaan mengoptimalkan performa situs web. Mulai dari riset kata kunci, pembuatan konten, hingga analisis performanya. 

Kendati begitu, peran teknologi tersebut tidak bisa maksimal tanpa adanya campur tangan manusia. Dalam hal ini, Anda sebagai pengelola website harus bisa memanfaatkan tools AI SEO secara bijak jika ingin mendapatkan hasil optimal.

Jika kesulitan, sebaiknya manfaatkan spesialis optimasi website, yakni Jasa Ahli SEO. Jasa ini dapat membantu meningkatkan performa website Anda dengan teknik SEO manual maupun menggunakan AI.

Menariknya, Anda dapat memilih banyak layanan unggulan. Seperti jasa pembuatan website dilengkapi dengan konten berkualitas, jasa maintenance website, jasa iklan Google Ads hingga jasa social media management. Dengan tenaga ahli profesional yang handal di bidangnya masing-masing.

Untuk mendapatkan layanannya, hubungi sekarang juga tim kami melalui kontak di https://jasaahliseo.com. Anda bisa berkonsultasi secara gratis sekarang juga!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us