Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Cara Iklan di Instagram

Share:

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar dari user mesin pencari seperti Google.

Berdasarkan data statistik Oberlo, pengguna platform tersebut naik 5,7% pada tahun ini dengan jumlah keseluruhan sekitar 1,41 miliar. Sementara itu, pengguna aktif asal Indonesia sendiri tercatat sebanyak ± 89 juta pada Januari 2024 di situs NapoleonCat.

Bagi Anda yang tertarik beriklan di Instagram tetapi belum tahu bagaimana memulainya, baca artikel berikut ini untuk mengetahui caranya!

Apa itu Iklan Instagram?

Iklan Instagram atau Instagram Ads adalah fitur menarik untuk meningkatkan engagement profil suatu akun. Fitur ini bagus digunakan untuk akun individu ataupun perusahaan yang ingin lebih dikenal oleh masyarakat.

Dengan memanfaatkannya, berbagai tujuan dari branding juga dapat dicapai. Mulai dari mendapatkan pengikut, menguatkan pengaruh, hingga menghasilkan keuntungan. 

5 Tips Kampanye Iklan di Instagram 2024

Untuk iklan di Instagram 2024, Anda sebaiknya menerapkan 5 tips berikut agar hasilnya optimal. Dimulai dari menyiapkan strategi, menentukan target, hingga menyiapkan cara membuat laporan performa iklannya. 

1. Siapkan Strategi Iklan

Agar iklan yang dibuat berhasil mewujudkan tujuan bisnis, pastikan menyiapkan strateginya terlebih dulu. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan tujuan utama dari beriklan, menentukan target audiens, dan merencanakan konten untuk iklannya.

Baca lebih lanjut  Google Knowledge Panel: Arti, keuntungan, dan cara melakukannya

Dengan menentukan tujuan beriklan secara pasti, Anda bisa lebih fokus untuk menggapai titik tersebut tanpa terdistraksi hal lainnya. Misalnya, jika tujuan utama ialah  menguatkan kesadaran merek dan menghasilkan interaksi, pertumbuhan nilai konversi dapat dikesampingkan dulu. 

2. Tentukan Target 

Seusai merancang strategi sesuai dengan tujuan iklan, tentukan target audiens Anda. Langkah ini penting dilakukan sebab umumnya setiap produk atau layanan pasti dibutuhkan oleh kalangan tertentu.

Dengan mengetahui target spesifik bisnis, maka Anda bisa lebih mudah membuat konten iklan yang menarik bagi audiens.

3. Rencanakan Pembuatan Konten dengan Berbagai Format

Sebagai informasi, terdapat beberapa format iklan Instagram yang bisa dipilih, diantaranya:

  • Single Post Ads, di mana Anda bisa menggunakan satu foto dan menawarkan produk dalam caption.
  • Slide Photo Ads, adalah format iklan Instagram yang memungkinkan Anda mengunggah beberapa foto produk dalam satu postingan. Anda juga bisa mendeskripsikan produk dalam bentuk teks di atas foto ataupun menjelaskannya di kolom caption.
  • Reels Ads, yaitu format video vertikal yang efektif digunakan jika Anda beriklan dengan konten hiburan ataupun edukasi.
  • Carousel Ads. Alternatif format iklan ini mirip slide photo di mana pemirsa akan melihat foto-foto yang dapat digeser. Namun, tampilan ukurannya sama dengan format reels.
  • Story Ads, merupakan iklan berupa foto maupun video yang sebelumnya diunggah ke story.

4. Pastikan Konten Original dan Menarik Minat 

Tips selanjutnya yang tak kalah penting dilakukan adalah memastikan konten iklan original dan menarik minat. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan materi hingga CTA (call to action) yang akan diterapkan pada iklan.

Jika berniat membuat konten berupa video, pertimbangkan untuk menambahkan teks closed caption ke dalamnya. Ini akan memudahkan audiens dalam memahami isi videonya, bahkan meskipun tidak mendengarkan audionya langsung.

Baca lebih lanjut  Customer Retention: Pengertian, Manfaat, dan Strategi yang tepat

5. Buat Laporan Performa Iklan 

Tips lainnya, jangan lupa membuat laporan performa pada iklan yang sudah ditayangkan. Anda dapat memanfaatkan platform pihak ketiga ataupun melihat laporan tersebut di “Pengelola Iklan Meta”. Dengan laporan tersebut, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan dari iklan yang sudah diunggah.

Cara Beriklan di Instagram 2024

Perlu diketahui, cara membuat iklan di Instagram 2024 tidak sama seperti beberapa tahun sebelumnya. Pasalnya, Instagram Ads saat ini telah digabungkan dengan manajemen Facebook Ads. Untuk memulai beriklan di Instagram, ikuti langkah-langkah di poin-poin berikut!

  • Buka Facebook Ads Manager.
  • Klik “Buat Iklan”.
  • Tentukan tujuan beriklan. 
  • Tambah nama kampanye.
  • Atur nama iklan, anggaran, dan jadwalnya.
  • Set audiens berdasarkan lokasi, umur, hingga kata kunci.
  • Pilih opsi penempatan iklan.
  • Optimalkan penayangan iklan berdasarkan referensi Anda.
  • Klik tombol “Selanjutnya”.
  • Input data lagi pada kolom kosong di laman berikutnya.  
  • Sesuaikan format iklan dengan konten.
  • Masukkan materi iklan.
  • Tambahkan bahasa yang akan digunakan untuk beriklan.
  • Tinjau iklan sebelum diterbitkan.
  • Lakukan pelacakan dengan Facebook Pixel.
  • Tap “Terbitkan”.
  • Lakukan pembayaran dengan cara yang tersedia.

Yuk, Segera Optimalkan Iklan Bisnis Anda di Instagram!

Itu tadi penjelasan tentang beriklan di Instagram termasuk tips mengoptimalkan kinerjanya hingga cara membuatnya. Setelah tahu informasi di atas, segera buat iklan bisnis Anda di Instagram untuk meningkatkan peluang untungnya.

Jasa SEO Murah

Butuh bantuan untuk membuat kampanye iklan di Instagram 2024 dan menerapkan tips optimasinya? Jasa Ahli SEO dapat membantu Anda. Klik hubungi kami pada situs https://jasaahliseo.com untuk berkonsultasi dengan tim Jasa Ahli SEO!

Ini merupakan jasa SEO profesional yang terbukti dan terpercaya untuk membantu menjadikan situs Anda lebih berkembang. Melalui tehnik tepat dan tertarget untuk menjangkau audiens lebih luas.

Baca lebih lanjut  Competitive Analysis: Strategi Marketing untuk Mengenal Kompetitor

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us