Local SEO: Tips Optimasi Google Bisnisku dan Google Maps 

Google bisnisku

Share:

Dalam praktik local SEO untuk situs web, optimasi Google bisnisku dan Google Maps dapat dikatakan sebagai kunci kesuksesannya. Pasalnya, kedua platform tersebut dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kredibilitas.

Di sisi lain, salah satu kunci sukses sebuah bisnis tentu tidak bisa lepas dari tingkat kepercayaan masyarakat, khususnya pelanggan. Oleh karena itu, mengoptimasi situs web bisnis di platform Google bisa menjadi jalan sukses perusahaan yang Anda kelola 

Namun, bagaimana cara mengoptimasi kedua platform buatan Google tadi? Jika Anda bertanya demikian, simak ulasan berikut sampai selesai. Sebab pada artikel ini akan dibahas pentingnya optimasi di Google My Business (GMB) dan Google Maps hingga tipsnya. 

Sekilas Tentang Local SEO

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah local SEO, perlu diketahui bahwa maknanya adalah optimasi mesin pencari lokal. Jelasnya, local SEO merupakan strategi optimasi search engine untuk memastikan suatu website dapat muncul saat pengguna mencari keyword berbasis lokasi.

Sebagai contoh, pengguna memakai kata kunci “restoran di Nias” di kolom kueri. Otomatis, situs-situs yang menawarkan informasi dengan keyword tersebut akan muncul di halaman pertama. Namun, jika website Anda termasuk situs bisnis restoran di Nias yang terdaftar di GMB, posisi teratas bisa ditempati oleh situs Anda.

Apa itu Google Bisnisku dan Google Maps? 

Google bisnisku atau Google Mybusiness adalah platform yang dikhususkan untuk para pengelola situs web bisnis. Jika situs ini terdaftar di GMB, algoritma Google bisa membuatnya menduduki halaman pertama ketika ada pengguna yang mencari bisnis serupa.

Satu hal yang menarik, platform yang sudah ada sejak tahun 2014 ini dapat digunakan secara gratis. Hanya saja, pengguna perlu memakai sejumlah tools lain agar manfaatnya lebih maksimal seperti penggunaan Google Maps.

Adapun yang dimaksud dengan Google Maps adalah aplikasi untuk menunjukkan titik lokasi suatu tempat. Entah itu bangunan, jalan, atau keberadaan suatu tempat. Jika suatu objek terdaftar di Google Maps, kredibilitas objek tersebut bisa lebih meningkat.

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Indonesia Handal dan Berpengalaman, Ini Cirinya!

Pasalnya, salah satu informasi utama di profil Google My Business, yakni alamat dapat dicek posisi spesifiknya di platform tersebut. Alhasil, pengguna yang ingin tahu lebih lanjut mengenai bisnis Anda akan meningkat kepercayaannya.

Pentingkah Optimasi Google Maps dan Google My Business?  

Optimasi Google Maps dan juga Google bisnisku menjadi penting karena dapat memaksimalkan strategi kampanye bisnis Anda di media digital. Ini dikarenakan, data menyebutkan bahwa sekitar 70% pengguna internet akan memakai Google Maps untuk mencari data suatu bisnis.

Alasannya, informasi di Google Maps dapat lebih meyakinkan sebagian besar orang mengenai eksistensi bisnis tersebut. Dengan demikian, orang-orang bisa lebih yakin akan berkunjung atau bertransaksi dengan bisnis tersebut atau sebaliknya setelah mengetahui lokasi bisnis di GMaps.

Manfaat Optimasi Google Bisnisku dan GMaps

Adapun jika optimasi lokal SEO dilakukan di Google My Business dan juga GMaps, bisnis Anda tidak hanya bisa mendapatkan kepercayaan. Namun, sejumlah manfaat berikut ini juga bisa didapatkan secara bersamaan:

  • Meningkatkan Visibilitas di SERP 

Sebelumnya, situs web Anda mungkin cukup jarang dikunjungi. Pasalnya, pengguna tidak bisa menemukan bisnis Anda secara organik di SERP (search engine results page).

Namun, setelah optimasi lokal SEO di GMaps dan GMB, potensi situs untuk masuk ke hasil pencarian akan lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, lebih dari 50% pengguna biasa menggunakan keyword geografis secara spesifik saat mencari suatu bisnis atau produk. 

Contohnya, alih-alih menggunakan kata “salon terbaik” saja, pengguna biasanya memakai keyword “salon terbaik di dekat sini”. Selain itu, tak jarang juga digunakan nama lokasi strategis dalam keyword tersebut.

  • Menambah Trafik dan Penjualan 

Optimasi SEO lokal di GMB juga dapat menambah trafik di situs web Anda. Baik itu trafik organik maupun non organik. 

Kendati berbeda, kedua jenis trafik tersebut bermanfaat untuk menambah kredibilitas website. Sehingga orang bisa lebih yakin melakukan pembelian di bisnis Anda, entah secara online entah offline.

  • Informasi Bisnis Terkelola dengan Baik 

Informasi seperti nama, nomor telepon, dan alamat bisnis sangat penting dipublikasikan jika melakukan kampanye online. Dengan lokal SEO di GMB dan GMaps, informasi tersebut dapat terkelola dengan baik. Terutama jika bisnis memiliki beberapa lokasi.

  • Lebih Dekat dengan Pelanggan

Di Google bisnisku, ada banyak fitur yang bisa membantu Anda lebih dekat dengan pelanggan sehingga makin memahami kebutuhan mereka. Contohnya, ada QnA (question and answer), fitur review, rating dengan bintang, dan promosi.

Anda juga bisa membuat postingan, membagikan informasi seputar produk, berita, dan hal lainnya dengan Google My Business.

  • Mendapat Rangking Teratas di Google 

Kepercayaan pelanggan yang tinggi pastinya dapat dibaca oleh Google dengan mudah. Misalnya dari banyaknya ulasan positif atau kunjungan trafik organik yang meningkat jumlahnya.

Alhasil, algoritma Google bisa segera menaikkan posisi peringkat situs bisnis Anda ke halaman pertama. Jika situs web Anda sudah masuk jajaran page one Google, kampanye selanjutnya akan lebih mudah dilakukan.

Cara Daftar Google Bisnisku untuk Optimalkan Google Maps 

Sebelum lanjut ke tips optimasi lokal SEO ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar di Google My Business. Anda bisa menyiapkan akun Google terlebih dulu untuk melakukan registrasi. Langkah selanjutnya, simak di bawah ini!

  • Akses Google My Business 

Sebagai informasi, informasi yang tertera di Google My Business bisa membuat bisnis Anda tampil di Maps. Jadi, pastikan membuat akun GMB terlebih dulu dan mengisinya dengan data akurat. Ikuti beberapa tahapan dengan benar sesuai instruksi.

  • Isi Data yang Diminta

Untuk diketahui, terdapat tiga data utama yang penting dicantumkan dalam GMB. Diantaranya adalah nama bisnis, alamat, dan juga nomor telepon.

Baca lebih lanjut  Berbagai Tips Menulis Artikel SEO Secara Cepat dan Tepat

Selain ketiga informasi tersebut, Anda bisa menambahkan deskripsi, kata kunci relevan dengan bisnis, dan sebagainya. Namun pastikan, data yang dibuat benar-benar akurat agar tidak mengurangi kepercayaan mesin pencari pada bisnis Anda.

  • Pilih Kategori dan Subkategori yang Sesuai

Dalam tahap registrasi ini, Anda juga akan diminta untuk mengisi kategori bisnis ataupun sub kategorinya. Ini akan memudahkan mesin pencari menemukan situs bisnis Anda ketika pengguna mencari bisnis dengan kategori serupa.

  • Verifikasi dan Cek

Jika sudah, Anda akan diminta untuk memverifikasi bisnis tersebut. Jika dirasa tidak ada kesalahan, selesaikan pembuatan akun GMB dan segera cek bisnis Anda di GMaps. 

Di awal pendaftaran, Anda mungkin kesulitan menemukan situs yang dikelola jika mencarinya berdasarkan kategori. Jadi, gunakan nama bisnis secara spesifik agar lebih mudah menemukannya.

Tips Optimasi Google Bisnisku dan Google Maps 

Usai mendaftar di Google bisnisku, selanjutnya Anda bisa menerapkan tips optimasi di bawah ini. Berikut tipsnya!

1. Pastikan Keakuratan NAP dan Layanan Bisnis

NAP (name, address, dan phone number) menjadi info paling penting untuk kampanye bisnis secara digital. Kendati begitu, informasi lain seperti layanan juga tak kalah penting diinformasikan pada audiens.

Anda juga sebaiknya membangun situs web dan mengisinya dengan konten-konten informatif yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan demikian, optimasi lokal SEO menggunakan cara ini bisa membuahkan hasil lebih baik.

2. Perhatikan Aturan dalam Mengisi Data 

Dalam mengisi data di Google bisnisku, Anda sebaiknya memperhatikan aturannya. Contohnya dalam membuat deskripsi, Google meminta agar bagian tersebut tidak lebih dari 750 karakter.

Tujuannya agar informasi utama tentang bisnis Anda bisa muncul secara keseluruhan di SERP. Selain mengenai jumlah kata, pedoman Google yang lainnya juga perlu dipatuhi.

3. Unggah Foto Bisnis 

Untuk menambah daya tarik bagi pelanggan, sebaiknya tambahkan foto bisnis Anda. Baik berupa produk maupun lokasi keberadaan bisnis Anda.

Dalam menambahkan foto, pastikan untuk memilih gambar-gambar terbaik. Terutama dalam hal kualitas gambar agar menambah kepercayaan mesin pencari maupun pengguna.

4. Kendalikan Ulasan

Ulasan juga menjadi bagian terpenting dalam pengoptimalan lokal SEO dengan GMaps ataupun GMB. Data menyebutkan, 83% orang akan terpengaruh untuk membeli suatu produk atau sebaliknya setelah membaca ulasan.

Oleh karena itu, pastikan ulasan mengenai bisnis Anda terkendali dengan baik. Untuk ulasan negatif, misalnya, Anda bisa menguranginya ataupun memberikan tanggapan berupa permintaan maaf dan tawaran menarik untuk pelanggan tersebut. Cara ini bisa memastikan citra bisnis Anda tetap terjaga.

Baca lebih lanjut  XML Sitemap: Pengertian, Manfaat, dan Cara Optimasinya

5. Gunakan Google Post 

Google Post bisa Anda temukan di Google My Business. Dengan fitur tersebut, Anda bisa membagikan konten blog, e-book, hingga informasi mengenai produk baru maupun promosi. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa membagikan foto, video, sampai jam operasional pada musim-musim tertentu melalui fitur ini. Dengan Google Post yang tak berbeda dari sosial media pada umumnya, Anda bisa menjaga interaksi dengan pelanggan secara lebih efektif.

6. Bangun Backlink Berkualitas di Situs Web Lokal

Saat mengoptimasi website di GMB dan GMaps, tautan balik tetap penting dihadirkan untuk memaksimalkan hasilnya. Sebab faktanya, tautan balik juga mempengaruhi peringkat situs bisnis Anda di platform GMaps.

Anda bisa menaruh tautan balik di situs web lokal agar memberikan dampak positif yang lebih maksimal. Contohnya, saat ini cukup banyak radar online yang dibuat khusus untuk daerah-daerah tertentu. Situs tersebut bisa dijadikan media untuk membangun tautan balik yang mengarah ke website bisnis Anda.

7. Maksimalkan Penggunaan Fitur di Google Bisnisku 

Sebagai informasi, fitur di Google My Business bukan hanya Google Post dan informasi detail bisnis. Namun, ada juga fitur keamanan hingga fitur chat untuk memudahkan pelanggan terhubung dengan tim dari bisnis Anda.

Tak hanya itu, ada juga fitur untuk menambahkan harga hingga sorotan guna menambah daya tarik bisnis Anda. Anda bisa memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada agar kampanye bisa makin sukses.

8. Optimasi QnA Sesuai dengan Jenis Bisnis 

Fitur QnA di Google bisnisku bisa Anda gunakan dengan baik untuk memastikan calon pelanggan mendapatkan informasi penting yang dibutuhkannya. Dalam penggunaannya, sebaiknya hadirkan informasi umum maupun spesifik yang sering ditanyakan pelanggan terkait bisnis serupa.

Sebagai contoh, jika bisnis Anda adalah akomodasi hotel. Salah satu pertanyaan paling umum adalah “apakah hewan peliharaan bisa dibawa masuk?”. Supaya ulasan tidak penuh dengan pertanyaan serupa, Anda bisa menjawabnya di bagian QnA.

9. Pastikan Tidak Ada Praktik yang Menyebabkan Spam

Situs web bisnis yang melakukan spam bisa terkena penalti. Baik itu diturunkan peringkatnya atau bahkan itu di-banned kemunculannya dari pencarian.

Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi, minimalisir taktik yang berisiko menyebabkan spam. Seperti pembuatan tautan balik secara otomatis, membuat konten tak berbobot di Google Post, atau praktik-praktik lainnya.

10. Lacak Hasil, Analisis, dan Lakukan Perbaikan 

Usai melakukan optimasi Google bisnisku, pastinya akan ada sejumlah perubahan yang terjadi pada situs bisnis Anda. Contohnya dalam hal peringkat di SERP.

Selain itu, seiring berjalannya waktu, Anda juga mungkin mendapatkan lebih banyak konversi. Perubahan-perubahan tersebut harus dianalisis secara mendalam. Sehingga Anda bisa mengetahui tingkat kesuksesan dari praktek optimasi sebelumnya. Jika tidak ada perubahan yang signifikan, Anda sebaiknya melakukan perbaikan dan optimasi lokal SEO lainnya.

Siap Mengoptimalkan SEO Lokal dengan Google bisnisku dan Maps? 

Optimasi Google bisnisku melibatkan banyak hal. Seperti informasi akurat mengenai nama bisnis, lokasi, dan juga nomor telepon. Selain itu, ulasan menjadi aspek yang tak kalah penting dari ketiga hal tadi.

Pasalnya, penentuan peringkat bisnis didasarkan pada local SEO tergantung pada tiga aspek. Yaitu relevansi kategori bisnis, jarak suatu bisnis, dan juga keunggulannya dilihat dari ulasan pelanggan.

Jasa SEO Murah

Sampai di sini, Anda siap memaksimalkan performa bisnis dengan teknik local SEO menggunakan Google My Business dan Google Maps? Jika merasa kesulitan melakukannya secara mandiri, Anda bisa menghubungi Jasa Ahli SEO yang menawarkan layanan optimasi SEO lokal terpercaya.

Jasa SEO ini telah membantu ratusan pebisnis baru maupun lama yang ingin melakukan kampanye digital dengan fitur unggulan Google bisnisku. Jasa ini juga berhasil membantu mereka mendapatkan peringkat teratas di pencarian sehingga bisa berkembang lebih pesat. Anda tertarik menggunakan jasa ini? Hubungi sekarang di nomor telepon tercantum dalam www.jasaahliseo.com untuk informasi detailnya! 

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us