Panduan Cara Melakukan Riset Kata Kunci SEO Terbaik di Tahun 2024

Panduan Cara Melakukan Riset Kata Kunci SEO Terbaik di Tahun 2024

Share:

Riset kata kunci bermanfaat dalam segala aspek pekerjaan. Sebagai penulis content, melakukan riset keyword membantu menciptakan konten terarah. Di samping itu, kata kunci membantu mencapai popularitas pada tingkatan tertentu bila dimanfaatkan dengan baik.

Platform media sosial seperti TikTok, YouTube dan Instagram sekarang menjadikan kata kunci sebagai kunci mencapai fyp. Sedangkan bila menggunakan Google, Anda bisa mendapatkan one page dengan mudah ketika menyebarkan kata kunci. Dalam melakukan riset pertimbangkan hal-hal pada ulasan berikut ini!

Peran Riset Kata Kunci untuk Membangun Website One Page

Tidak ada website yang bisa tampil instan. Sebagian besar konten yang di-upload sudah melalui proses pemetaan kata kunci. Dalam aspek ini, pemetaan dasar kata kunci adalah penggunaan strategi SEO. Konten diatur sedemikian rupa untuk memiliki keterbacaan yang baik, informatif dan menyebarkan kata kunci.

Pada website yang masuk one page, dilengkapi dengan penyebaran kata kunci yang merata. Penyebaran keyword ini adalah bagian dari SEO, kata kunci disebarkan berdasarkan bobot konten untuk menghindari spam dalam postingan. Hal-hal penting ini sering dilupakan dan menjadikan website tidak terlacak oleh mesin pencarian.

One Page di Google dipengaruhi oleh berbagai aspek, dengan begitu mempertimbangkan tata cara melakukan riset dapat menolong Anda. Riset kata kunci akan membantu pengelola dalam memilih kosakata yang relevan dengan konten, tanpa mengesampingkan kosa kata yang dimasukan pengguna Google.

Baca lebih lanjut  Dokumen Algoritma Google Bocor? Ini Rahasia Google yang Wajib Kamu Tahu

Dengan riset yang mendalam, meskipun konteks yang dibahas oleh konten Anda sama dengan konten lainnya, tidak menjadikan konten menjadi plagiarisme. Pemilihan kata yang sama membantu melacak konten berdasarkan pencarian pengunjung. Dengan begitu mencapai website yang one page bisa dilakukan meskipun Anda pemula.

Cara Riset Kata Kunci yang Efektif untuk One Page

Pengetahuan dasar penggunaan kata kunci tidak akan sempurna dengan cara riset yang tepat. Sebagian besar blogger pemula mengisi konten dengan informasi saja, tidak mempertimbangkan aspek SEO didalamnya. Tidak heran bila tidak bisa terindeks dengan mudah di Google.

Permasalahan dengan indeks Google bukanlah hal yang sulit, ada beraneka macam cara untuk memastikan postingan terindeks. Cara-cara tersebut adalah dengan memastikan kata kunci yang Anda pilih merupakan kata yang tepat dan melalui proses riset. Dalam pembahasan berikut ini Anda akan mengetahui langkah-langkahnya!

1. Petakan Target Berdasarkan Kategori

Langkah pertama, sekaligus dasar dari konten website one page adalah dengan melakukan identifikasi terhadap target. Ada kalanya sebelum memulai berkarya Anda menentukan target dari konten tersebut. 

Melakukan pemetaan target dari konten akan berguna untuk pemilihan bahasa, gambar pendukung dan gaya penyampaian Anda. Konten akan semakin menarik dengan penggunaan gambar atau video berdurasi pendek. 

2. Kenali Tipe-Tipe Keyword

Tahapan selanjutnya, setelah Anda mengetahui bagaimana karakteristik dari target adalah mengenali tipe-tipe keyword. Kata kunci sendiri terbagi kedalam beberapa kelompok yakni long tail keyword dan short tail keyword. Keduanya sama-sama berguna dalam penyusunan konten website namun ada perbedaannya.

Long tail keyword menggunakan strategi prediksi terhadap konten. Cara menentukan keyword jenis ini adalah Anda harus mencari kosa kata terusan dari keyword utama. Sedangkan short tail keyword adalah kependekan dari kosa kata pendek yang wajarnya dituliskan sebelum kata kunci. 

Baca lebih lanjut  Strategi SEO Tren 2024: Apa Saja yang Harus Diketahui!

Keduanya bisa jadi memiliki persamaan kata, namun yang menunjukan perbedaanya adalah long tail keyword ditulis lengkap dengan kata kunci utamanya. Sedangkan pada short tail hanya ditulis kosa kata tambahannya saja. Anda harus mempertimbangkan hal ini untuk menguasai dunia website.

3. Memahami Keyword dan Tools Search Intent

Search intent merupakan jenis indeks yang dilakukan di Google. Canggihnya mesin pencarian saat ini adalah mampu mengelompokkan konten berdasarkan isi kontennya. Pada umumnya search intent terbagi kedalam kelompok transaksi, navigasi, investigasi dan informasi.

Hubungan antara keyword dan search intent adalah penentu dalam kategori. Bagaimana bisa sebuah konten diindeks berdasarkan kategori yang tepat, bila keyword yang digunakan tidak menggambarkan konten tersebut. Maka dari itu, Anda harus mengenali jenis konten yang ditulis untuk bisa memanfaatkan fitur ini.

4. Gabungkan Keyword dengan Konten yang Relevan

Keyword dan konten haruslah sejalan agar pembaca bisa puas dengan informasi yang disampaikan. Tidak apabila konten yang dimuat hanya menampilkan sedikit informasi, terpenting dari paparan yang disampaikan pembaca mendapatkan informasi yang nyata. Konteks ini berlaku pula untuk konten apapun dalam dunia media sosial.

Konten yang relevan dapat dihubungan dengan konten-konten lainnya melalui backlink. Misalkan saja menggunakan YouTube untuk membantu performa website, itu bisa saja dilakukan. Terpenting dalam menghubungkan Anda harus memastikan keduannya relevan.

5. Mencoba Menggunakan Tools Riset Kata Kunci

Cara terakhir yang dapat dilakukan dalam mencari kata kunci adalah dengan mengecek peluangnya di aplikasi riset. Anda akan belajar memilih kata kunci yang berbobot dengan menggunakan tools. Pada beberapa aplikasi memang tidak gratis, meskipun demikian ada peluang bagi Anda untuk menggunakan aplikasi serupa.

Baca lebih lanjut  Cara Cepat Menghilangkan Malware Menggunakan Plugin Wordfence Security

Sekarang ini aplikasi riset keyword ada beraneka macam, Anda bisa leluasa menggunakannya. Bila Anda merupakan seorang pemula, menggunakan tools gratisan terlebih dahulu untuk menghindari kerugian. Fitur yang ditawarkan lebih dari cukup untuk membantu dalam riset sebagai pemula, meskipun tools yang digunakan adalah gratisan.

Mudah Mencari Kata Kunci Tepat dengan Jasa Ahli SEO

Dari kelima langkah di atas manakah yang belum Anda kuasai? Memang tidak mudah untuk menentukan kata kunci yang tepat dan tertarget. Optimasi paling maksimal bisa Anda peroleh dari jasa SEO berpengalaman serta profesional. 

Jasa Ahli SEO hadir untuk membantu para pengelola website mulai dari pemula hingga mereka yang sudah berkecimpung di dunia internet untuk lebih menumbuhkan profit yang lebih besar. 

Banyak layanan terbaik yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari pembuatan website untuk berbagai keperluan, konten berkualitas, optimasi website, jasa social management hingga jasa iklan Google Ads. Hubungi contact resmi kami melalui situs utama di www.jasaahliseo.com.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Apa itu FB Pro dan Cara Menghasilkan Uangnya
Facebook

Apa itu FB Pro dan Cara Menghasilkan Uangnya

Apa itu FB Pro? Pernahkan Anda menyadari bahwa sekarang ini ada cara khusus untuk mendapatkan uang melalui Facebook. Bisa saja selama bertahun-tahun terdaftar sebagai pengguna FB banyak yang tidak menyadarinya.

Baca »
Need Help? Chat with us