Mengenal Google Discover dan Cara agar Artikel Bisa Muncul di Google Discover 

Google Discover

Share:

Google Discover diperkenalkan pertama kali pada tahun 2018. Fitur buatan pengembang Google ini dapat membantu pengguna dalam menemukan konten-konten berkualitas sesuai dengan minatnya. 

Selain bagi pengguna, fitur yang tak jarang disebut Discover Google juga bermanfaat untuk para pengelola blog atau website. Pasalnya, adanya fitur tersebut bisa menambah jumlah trafik, meningkatkan otoritas, dan berbagai manfaat lainnya. Untuk mengetahui selengkapnya tentang fitur Discover Google ini, yuk, simak artikel berikut!

Sekilas tentang Google Discover 

Google Discover adalah halaman pertama yang terdapat di browser Google ataupun aplikasinya. Halaman tersebut dapat dipersonalisasi oleh pengguna internet sehingga bisa menampilkan konten-konten yang relevan dengan kebutuhannya.

Adapun jenis konten yang dapat masuk ke halaman tersebut umumnya tergolong baru. Kendati begitu, bukan berarti konten yang telah lama diunggah tidak berkesempatan masuk ke halaman Discover.

Hal ini terjadi karena algoritma yang kompleks dalam menentukan laman mana yang bisa masuk ke Discover page. Pada umumnya, konten-konten dalam halaman Discover ditentukan berdasarkan interaksi pengguna, seperti riwayat pencarian dan penjelajahan.

Akibat algoritma tersebut, Google yang digunakan oleh Anda dan teman Anda bisa jadi menampilkan konten berbeda di laman Discover-nya. Pasalnya, seringkali konten di Discover Google juga ditentukan mesin pencari setelah membaca riwayat pencarian pengguna dalam beberapa hari terakhir.

Apakah Google Discover Sama dengan Google Feed?

Untuk diketahui, Google Discover adalah nama baru untuk fitur lama yang biasa disebut Google Feed. Kendati bisa dikatakan sama kegunaannya, terdapat cukup banyak pembaruan di fitur ini. Apa saja pembaruannya?

  • Tampilan UI/UX yang disederhanakan sehingga lebih memudahkan pengguna dalam memakainya. 
  • Terdapat fitur personalisasi minat hingga topik yang bisa diikuti pengguna.
  • Discover Google kini tersedia dalam aplikasi ataupun browser.
  • Topik konten yang bisa muncul di Discover lebih variatif dibandingkan Google Feed yang hanya menampilkan berita.

Cara Kerja Google Discover 

Mengenai cara kerjanya sendiri, Google terlebih dulu mengindeks suatu konten sebelum dimunculkan ke laman Discover. Dalam pengindeksan, terdapat aspek-aspek yang dicek, seperti kebijakan Webmaster dipenuhi atau tidak hingga relevansinya dengan minat pengguna.

Baca lebih lanjut  Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

Sama halnya dengan feed TikTok hingga YouTube, Google Discover menampilkan konten-konten berdasarkan algoritma khusus. Jadi, tanpa mengetikkan apa pun di kolom pencarian, feed akan tetap dipenuhi konten yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Optimasi Google Discover Penting?

Optimasi konten tidak hanya penting untuk memungkinkannya muncul di search engine results page (SERP). Akan tetapi, optimasi agar masuk laman Discover juga tak kalah penting.

Tujuannya untuk meningkatkan performa SEO  sehingga konten-konten website Anda berpeluang tetap mendapatkan kunjungan organik. Bahkan meskipun di laman pencarian, konten situs Anda belum masuk halaman pertama ataupun tanggal publikasinya termasuk sudah lama.

Keuntungan Artikel Muncul di Google Discover 

Dari munculnya konten website pada laman Google Discover, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Adapun di antara keuntungan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Visibilitas

Visibilitas sangat penting untuk konten. Sebab dari hal ini dapat menentukan peluang besar kecilnya lalu lintas di website. Makin tinggi visibilitasnya maka peluang lalu lintas di website juga makin besar. Sebaliknya, rendahnya tingkat visibilitas akan menurunkan peluang adanya trafik dalam situs web.

  • Menguatkan Brand Awareness

Dengan masuknya konten website ke laman Discover secara teratur, manfaat selanjutnya adalah menguatkan brand awareness. Ini sangat berguna bagi situs-situs yang dibuat untuk tujuan mendapatkan keuntungan.

Baik itu website perusahaan ataupun situs pribadi yang dipakai untuk berjualan. Kuatnya brand awareness nantinya akan bermanfaat untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar serta loyal.

  • Penargetan Lebih Akurat

Dengan optimasi Discover Google, secara tidak langsung Anda membuat penargetan yang lebih akurat untuk setiap konten. Pasalnya, konten-konten tersebut hanya akan muncul di laman Discover pengguna yang memiliki minat serupa dengan topik dalam konten. Oleh karena itu, konten berpeluang tinggi dikunjungi pengguna yang menemukannya di laman Discover.

  • Mendorong Keterlibatan Pengguna 

Tak hanya memungkinkannya dikunjungi pengguna. Optimasi Google Discover juga dapat mendorong keterlibatan pengguna secara signifikan di situs web Anda.

Sebagai contoh, situs web Anda berfokus dalam menghadirkan informasi seputar gadget terbaru. Jika pengguna merasa tertarik dengan konten-kontennya, mereka akan terus menjelajah ke dalamnya.

Oleh sebab itu, pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi konten-konten lain dari website Anda di laman Discover-nya. Dari hal ini, keterlibatan pengguna dengan website Anda bisa makin kuat.

  • Memastikan Jumlah Trafik Signifikan 

Jumlah trafik sangat penting untuk membangun nama website Anda. Namun untuk mendapatkan trafik tersebut cenderung sulit bagi sebagian pengelola situs. Terlebih jika website tergolong baru.

Meskipun demikian, optimasi Discover Google dapat mengurangi kesan sulitnya mendapatkan trafik. Ini dikarenakan adanya fitur personalisasi minat oleh pengguna sehingga konten-konten Anda berpeluang besar hadir pada target berkualitas.

  • Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Organik

Para pengelola website tentu menyadari bahwa untuk membuat kontennya masuk halaman pertama bisa dikatakan tidak mudah. Oleh karena itu, peluang mendapatkan trafik organik juga tergolong kecil dibandingkan lalu lintas dari iklan ataupun media sosial.

Baca lebih lanjut  Strategis Cara Meningkatkan Domain Authority dan Mengoptimalkan Website

Namun, optimasi SEO untuk halaman Discover dapat memperbesar peluang website Anda mendapatkan trafik organik. Hal ini dikarenakan konten Anda bisa langsung muncul di halaman pertama mesin pencari Google meskipun pengguna tidak melakukan pencarian.

  • Menguatkan Otoritas Website 

Meningkatnya visibilitas hingga jumlah trafik sangat berguna untuk kemajuan website. Alasannya, saat konten Anda sering muncul di Discover, kepercayaan pengguna juga bisa meningkat. 

Terlebih para pengguna tahu bahwa hanya konten berkualitas yang bisa masuk laman ini. Seiring dengan meningkatnya kepercayaan pengguna, otoritas situs web juga akan semakin kuat sehingga Anda bisa lebih mudah mencapai suatu tujuan.

10 Cara agar Artikel Bisa Muncul di Google Discover 

Untuk mendapatkan berbagai keuntungan tadi, Anda bisa melakukan optimasi Discover Google terlebih dulu. Adapun caranya terbilang gampang-gampang susah, di mana Anda harus mengutamakan kebutuhan pengguna. Lebih jelasnya, simak di bawah ini!

1. Pastikan Website Mobile Friendly 

Perlu diketahui, Discover adalah fitur unggulan yang dapat ditemukan di Google versi mobile. Oleh karena itu, langkah pertama untuk memastikan konten website Anda bisa masuk ke laman tersebut ialah membuatnya bersifat mobile friendly. 

2. Pastikan Konten Informatif 

Untuk memastikan konten memenuhi kualifikasi dan syarat agar muncul di laman Discover, pastikan isinya informatif. Hindari membuat konten asal-asalan yang tidak memberikan manfaat apapun untuk pengguna.

3. Buat Judul Sesuai dengan Isi Konten 

Sebagian besar pengguna kerap kali klik konten dengan judul yang menarik. Namun, besar jumlah diantaranya yang kecewa dengan judul bersifat clickbait. Contohnya, konten dengan judul 15 Fakta Menarik IKN tetapi di dalamnya hanya terdapat 5 poin. 

Selain itu, judul konten yang bersifat subjektif juga cenderung membuat pengguna kecewa sehingga berisiko menurunkan peluangnya masuk Discover. Adapun contohnya ialah konten berjudul Cara “Mudah Bikin Mie Ayam di Rumah untuk Anak Kost”. Namun di dalamnya terdapat alat yang umumnya jarang dimiliki anak indekos, seperti mixer dan mesin pembuat mie.

4. Tambahkan Elemen Visual yang Berkualitas

Elemen visual yang berkualitas juga dapat meningkatkan peluang suatu konten untuk muncul di laman Discover. Sebagai informasi, Google menyarankan elemen visual berupa gambar setidaknya memiliki kualitas 1200 px.

Kemudian, gambar tersebut bisa diaktifkan dan laman dengan pengaturan AMP (Accelerated Mobile Pages) atau melalui  “max-image-preview:large“. Anda juga bisa menggunakan GIF, gambar tangkapan layar, kutipan, infografis, hingga video sebagai elemen visual konten.

Baca lebih lanjut  Search Term: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Optimasi

Namun hindari penggunaan logo situs sebagai gambar untuk konten sebaiknya dihindari sebab tidak memvisualisasikan isi konten sebenarnya. Terakhir, sebaiknya gunakan visual yang bebas copyright agar situs web Anda aman dari risiko terkena kasus pelanggaran hak cipta.

5. Hindari Membuat Pratinjau Konten yang Berlebihan 

Tak jarang, pengelola website membuat deskripsi berlebihan untuk menarik minat pengguna sehingga klik kontennya. Cara tersebut bisa dikatakan tak ada salahnya, tetapi akan jadi bermasalah saat deskripsi yang ditampilkan tidak sesuai dengan konten sebenarnya.

Oleh karenanya, hindari membuat pratinjau berupa meta deskripsi ataupun aspek lain yang bertujuan hanya menarik minat pengguna tanpa mementingkan kebutuhannya.

6. Hadirkan Konten dengan Topik yang Hangat 

Berdasarkan datanya, 99% konten yang muncul di laman Discover adalah artikel terbaru dengan topik yang sedang hangat diperbincangkan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda membuat konten dengan topik yang sedang trend dan cenderung bervolume tinggi tingkat pencariannya.

Pasalnya, meskipun tingkat persaingannya juga dipastikan sama tinggi, peluang konten Anda dikunjungi banyak pengguna juga bakal besar.

7. Upayakan agar Konten Topik Trend Diunggah Segera

Guna memastikan cara di poin keenam dapat memberikan hasil maksimal, upayakan agar konten dengan topik trend diunggah segera. Anda juga bisa membuat beberapa konten dengan topik serupa sekaligus untuk memperbesar peluangnya masuk laman Discover Google.

8. Gunakan Prinsip EEAT 

EEAT adalah singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness  yang menjadi pedoman prinsip kualitas konten Google. Jadi, apabila konten memenuhi prinsip tadi, Google akan menganggapnya berkualitas dan memungkinkannya masuk laman Discover.

9. Coba Tool Google Web Stories

Google Web Stories adalah tools yang dapat membantu pengelola website dalam upaya menampilkan konten sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tampilannya tidak jauh berbeda dengan sosial media pada umumnya.

Menariknya, di dalam Web Stories dapat muncul konten-konten populer dari Facebook, Instagram, hingga Discover Google. Dengan alat ini, Anda bisa lebih tau apa yang sedang trend dan dibutuhkan pengguna saat ini.

10. Lacak Performa Artikel yang Muncul di Discover 

Performa artikel yang muncul di Discover sangat penting untuk diketahui agar Anda bisa memperbaiki strategi yang digunakan sebelumnya. Adapun untuk melacak performanya, Anda bisa menggunakan Google Search Console. Tepatnya di bagian Discover yang terdapat di menu titik tiga sebelah kiri.

Ingin Artikel Situs Web Anda Masuk Google Discover?

Google Discover punya peran penting untuk pengguna dan juga pengelola website. Oleh sebab itu, optimasi untuk laman ini penting dilakukan guna meningkatkan kemajuan situs Anda.

Untuk Anda yang ingin mengoptimasi konten website agar masuk ke laman Discover, pastikan SEO on-page telah dioptimalkan. Fokuskan agar setiap hal dalam website dapat memudahkan pengguna dan memenuhi kebutuhannya. 

Jasa SEO Murah

Jika butuh bantuan untuk optimasi website, Anda bisa menghubungi kontak tertera di laman www.jasaahliseo.com. Jasa Ahli SEO adalah perusahaan jasa berpengalaman di bidang optimasi search engine yang telah berhasil meningkatkan performa banyak kliennya. 

Mengapa harus memilih jasa ini? Ada banyak alasan yang bisa Anda pertimbangkan. Dari deretan jasa serupa, Jasa Ahli SEO hadir dengan harga jasa seo yang cukup terjangkau dan kualitas performa yang bisa diandalkan. 

Anda akan mendapatkan banyak layanan yang bisa dipilih melalui website resmi. Mulai dari pembuatan website, pembuatan konten berkualitas, audit website jasa iklan Google dan sosial media management. Anda tertarik mendapatkan keuntungan serupa dari penggunaan jasa ini? Hubungi sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan simak tawaran menariknya!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us