Cara Atasi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs pada Mesin Pencari 

Tidak dapat mengambil peta situs

Share:

Tidak dapat mengambil peta situs merupakan salah satu status yang mungkin didapatkan administrator website saat menggunakan Google Search Console. Tepatnya ketika di bagian pengecekan sitemap atau peta situs. 

Lantas, apa maksud dari status tersebut? Apa pengaruhnya bagi website serta bagaimana cara mengatasinya? Jika Anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, pastikan simak artikel berikut ini hingga tuntas!

Apa  itu Tidak Dapat Mengambil Peta Situs di Google Search Console?

Tidak dapat mengambil peta situs adalah status yang menginformasikan bahwa sitemap belum berhasil terkirim ke Google. Jika status ini Anda lihat di Google Search Console, artinya halaman-halaman konten dalam website belum ditemukan.

Selain itu, status tadi juga menunjukkan bahwa halaman konten di website tergolong sulit untuk diindeks. Alhasil, situs Anda maupun konten-kontennya akan sulit masuk ke search engine results page (SERP), apalagi menduduki peringkat teratas.

Sekilas tentang Peta Situs

Sebelum melanjutkan bahasan tentang status tidak dapat mengambil peta situs di Google Search Console, tahukah Anda bagaimana bentuk sitemap ini. Secara umum, sitemap berbentuk teks link-link konten dalam website Anda yang dibuat dengan style HTML.

Adapun format dokumen tersebut biasanya adalah XML. Namun, ada juga yang menggunakan format RSS, mRSS, Atom, dan atau txt.

Meskipun berbeda-beda, fungsi dari peta situs tetap sama. Yakni, memudahkan mesin perayap dalam menemukan konten-konten dari situs web Anda yang perlu ditampilkan ke laman hasil penelusuran. 

Sitemap akan sangat membantu website dengan ukuran besar. Yang di dalamnya telah memuat ratusan atau bahkan ribuan konten. Entah itu dengan topik sama, entah berbeda-beda.

Kendati begitu, situs web yang tergolong masih kecil juga bisa memanfaatkan peta situs. Pasalnya, peta situs yang dikirimkan dapat mempercepat adanya proses crawling dan indexing di website Anda. 

Baca lebih lanjut  Update Algoritma Google Core dan Update Spam Maret 2024 pada SEO

Untuk diketahui, pembuatan sitemap sendiri bisa dilakukan secara manual maupun menggunakan generator. Mulai dari Yoast SEO, Inspyder Sitemap Creator, XML-Sitemaps.com, dan masih banyak lagi.

Jika membuat peta situs bisa menggunakan alat, pengirimannya ke Google perlu dilakukan secara mandiri. Di bagian inilah kerap kali administrator atau pengelola mengalami kesulitan. Terutama saat mendapati status peta situs belum berhasil dikirimkan.

Alasan Tidak Dapat Mengambil Peta Situs 

Untuk diketahui, terdapat sejumlah alasan yang bisa menjadi penyebab tampilnya status tidak dapat mengambil peta situs. Diantara alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terdapat Kesalahan dalam Penulisan URL Sitemap yang Dikirimkan  

Beberapa orang terkadang tidak menyadari adanya kesalahan dalam penulisan URL sitemap yang dikirimkan. Oleh karena itu, peta situs gagal dikirimkan San memunculkan status tidak dapat mengambilnya.

  • Kesalahan dalam Nama File 

Bukan hanya di bagian URL yang dikirimkan, Anda juga mungkin membuat kesalahan dalam pembuatan nama file. Kendati tampak sepele, hal ini juga berisiko menyebabkan gagalnya proses mengirim peta situs.

  • Terdapat Tag Noindex di Laman Sitemap 

Untuk tahu faktor penyebab sitemap tidak berhasil dikirimkan, Anda juga bisa menggunakan alat inspeksi URL. Kemudian klik tombol Uji Langsung untuk mendapatkan informasi mengenai kesalahan di URL yang dikirimkan sehingga tidak langsung terindeks.

  • URL Sitemap Berubah karena Melebihi Batas Jumlah Artikel 

Jika sebelumnya Anda sudah terbiasa berhasil mengirimkan sitemap tetapi berikutnya tidak bisa, kesalahannya mungkin terdapat di URL. Namun bukan karena pengetikan yang tipo, melainkan adanya perubahan URL sitemap.

Sebagai informasi, perubahan URL sitemap akan terjadi pada website yang diberdayakan oleh Blogger. Begitu juga dengan pembuatan peta situsnya.

Hal tersebut terjadi sebab adanya kebijakan satu halaman sitemap hanya bisa berisi 150 link konten. Oleh sebab itu, saat Anda mengunggah konten ke 151 dan seterusnya, proses mengirim sitemap bisa jadi terkendala. 

Kendati begitu, masalah ini biasanya bisa dengan mudah diatasi. Namun pertama-tama, fokuskan pada pembuatan artikel yang berkualitas saja.  

  • Domain Dianggap Spam oleh Google 

Alasan ketiga kenapa peta situs tidak berhasil terkirim adalah nama domain Anda yang dianggap spam. Perlu diketahui, peraturan Google menyoal spam kian ketat sejak beberapa tahun terakhir.

Oleh karena itu, sebagian besar domain kustom yang dihosting oleh agen non-kredibel akan dianggap spam. Contohnya adalah domain my.id. 

  • Sitemap Tidak Memenuhi Pedoman

Status tidak dapat mengambil peta situs juga boleh jadi muncul dikarenakan sitemap yang dikirimkan tidak memenuhi pedoman. Untuk diketahui, pembuatan sitemap bukan hanya harus memperhatikan formatnya. Namun, ada juga batas ukuran untuk file sitemap, lokasi pembuatannya, dan lain-lain.

Baca lebih lanjut  Fungsi SEO yang Wajib Diketahui Oleh Semua Orang

7 Cara Atasi Tidak Dapat Mengambil Peta Situs 

Jika Anda mendapati status tidak dapat mengambil peta situs di laman Google Search Console, sebaiknya lakukan cara-cara berikut. Di bawah ini adalah cara mengatasi sitemap yang belum berhasil terkirim guna memastikan website lebih cepat terindeks:

1. Cek Penulisan URL Sitemap 

Jika Anda mengirimkan peta situs dengan URL yang tidak tepat, sudah tentu akan gagal. Bahkan meskipun teks URL-nya tampak sama.

Misalnya, https://namasitusanda.com/sitemaps.xml dan https://namasitusanda.com/sitemap.xml. Untuk diketahui, penulisan kata sitemap pada link peta situs tidak menggunakan huruf “s” di akhir. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan status peta situs tidak terkirim apabila melakukan kesalahan tersebut.

Begitu juga saat Anda menuliskan URL dengan diawali format www setelah https. Penulisan seperti https://www.namasitusanda.com/sitemap.xml juga akan dianggap salah sehingga tidak berhasil terkirim sitemap-nya.

2. Perbaiki Nama File Sitemap

Pada bagian nama file peta situs, Anda cukup menuliskan sitemap.xml saja. Kesalahan seperti menulis namanya sitemap-xml atau bahkan sitemap,xml akan menggagalkan usaha Anda mengirimkan peta situs tersebut. Hal ini berlaku untuk berbagai kondisi. Termasuk ketika Anda mengetikkan URL peta situsnya dengan benar.

3. Hindari Menggunakan Tag Noindex pada Sitemap

Beberapa orang mungkin tidak sadar telah mengaktifkan tag noindex pada laman sitemap. Apabila hal itu terjadi, otomatis sitemap website Anda tidak akan terindeks.

Jika Anda ingin mengecek status izin pengindeksan, buka laman pengaturan di website yang dikelola. Kemudian temukan menu tag robot.txt dan menonaktifkan permintaan noindex. 

4. Tunggu Beberapa Waktu 

Tak jarang, Google Search Console yang dulunya disebut Webmaster ini mengalami error. Alhasil, beberapa pengelola website mendapat status tidak dapat mengambil peta situs saat menggunakan alat tersebut.

Jika Anda sudah memastikan tidak ada kesalahan di bagian manapun, langkah terbaik untuk mengatasinya adalah menunggu beberapa waktu. Pasalnya, Search Console mungkin sedang mengalami gangguan atau ada perbaikan.

Selain itu, penyebab adanya status tadi tanpa diketahui penyebabnya bisa jadi karena pihak Google butuh waktu lebih lama untuk merespons. Untuk ini, Anda bisa menunggu minimal 24 jam dan maksimal 3 hari sebelum melakukan proses mengirim ulang peta situs.

Jika masalahnya masih terjadi, tak ada salahnya gunakan jasa ahli SEO untuk mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola website.

5. Pastikan Nama Domain Profesional 

Saat ini, ada banyak tools yang bisa membantu Anda untuk membuat website tampak profesional. Mulai dari tools gratis sampai yang berbayar. Meskipun begitu, pastikan Anda tidak asal dalam memilihnya. Pasalnya, jika Anda membeli domain di jasa yang tidak diketahui kredibilitasnya, besar kemungkinan timbulnya masalah di situs Anda. 

Baca lebih lanjut  Apa itu HReflang untuk Optimasi Bahasa Website dan Pentingnya SEO 

Baik itu spam, malware, phising, maupun berbagai masalah lainnya. Untuk mengatasi ini, pastikan segera beralih ke domain profesional yang dihosting oleh jasa terpercaya. Pada umumnya, jasa hosting domain terpercaya memang kerap kali menawarkan layanannya dengan harga cukup tinggi. Namun, hal ini tentunya sebanding dengan kualitas.

Apalagi jika dibandingkan menggunakan hosting murah tetapi resikonya dapat mempersulit website untuk masuk peringkat teratas di SERP. Opsi selain menggunakan jasa hosting, Anda bisa memanfaatkan domain gratis berformat blogspot.com atau wordpress.com yang lebih terjamin keamanannya.

6. Ubah URL Peta Situs saat Jumlah Artikel Lebih dari 300

Sebagai informasi, situs web yang menggunakan plugin khusus bisa membuat sitemap dengan jumlah artikel hingga 50.000 di dalamnya.  Namun, para pengguna Blogger hanya bisa membuat satu halaman sitemap untuk maksimal 150 konten.

Oleh karena itu, jika Anda sudah membuat konten setidaknya 180 atau lebih, otomatis laman sitemap akan menjadi beberapa laman. Contohnya : 

https://contohsitusanda.com/sitemap.xml?page1 dan https://contoh situs anda.com/sitemap.xml?page2.

7. Lakukan Alternatif yang Disarankan Google Search Console 

Selain mendapatkan status tidak dapat mengambil peta situs, Anda mungkin mendapat pemberitahuan bahwa ada kesalahan HTTP umum. Jika hal ini terjadi, Anda sebaiknya membuka laman kode status selengkapnya di Google Search Console. 

Di platform tersebut, masalah yang menyebabkan adanya status gagal mengirim peta situs dapat diketahui lebih jelas. Anda juga bisa mendapatkan gambaran mengenai hal apa yang sebaiknya dilakukan dengan klik detail selengkapnya saat gagal mengambil sitemap.

Sudah Paham tentang Status Tidak Dapat Mengambil Peta Situs?

Dari ulasan tadi, bisa disimpulkan bahwa status tidak dapat mengambil peta situs menunjukkan adanya masalah dengan proses crawling dan indexing. Lebih jelasnya, kedua proses tadi bisa terhambat dilakukan oleh mesin pencari akibat tidak adanya peta situs di website Anda.

Secara umum, peta situs penting keberadaannya untuk situs besar yang memiliki banyak konten. Namun, bukan berarti keberadaannya tidak penting untuk situs dengan ukuran masih tergolong kecil.

Karena pentingnya elemen ini, para pengelola situs sebaiknya berupaya agar sitemap-nya berhasil terkirim. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi jika mendapatkan status tidak bisa mengambil peta situs adalah mengidentifikasinya dulu. 

Temukan apa kesalahannya dan lakukan perbaikan seperti yang disebutkan di atas. Baik itu mengganti nama file, memperbaiki tulisan URL, memastikan tag header diizinkan untuk diindeks, maupun yang lainnya.

Jasa SEO Murah

Jika Anda sudah mengupayakan langkah-langkah di atas tetapi masih menemukan adanya status tidak dapat mengambil peta situs, gunakan Jasa Ahli SEO. Perusahaan agensi SEO berpengalaman ini dapat menemukan apa kesalahannya sehingga peta situs tidak bisa dikirimkan.

Tak hanya itu, spesialis SEO yang dapat dihubungi di kontak tertera dalam website www.jasaahliseo.com ini juga menawarkan layanan terbaik lainnya. Seperti optimasi SEO untuk mendapatkan peringkat terbaik di laman hasil penelusuran, layanan management content, dan masih banyak lagi. Tidak terkecuali untuk mengatasi masalah seperti tidak dapat mengambil peta situs.

Untuk tahu selengkapnya tentang layanan Jasa Ahli SEO dan tawaran terbaik lainnya, segera hubungi sekarang juga untuk melakukan konsultasi dan reservasi jasa yang dibutuhkan.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Cara Iklan di Instagram
Digital Marketing

Tips Cara Iklan di Instagram 2024 Pasti Cuan!

Iklan di Instagram 2024 dapat dikatakan sebagai praktik digital marketing yang efektif untuk meningkatkan cuan pada bisnis Anda. Alasannya dapat dilihat dari jumlah pengguna platform ini yang tak kalah besar

Baca »
Need Help? Chat with us